Mar 172017
 

Monumen Pesawat Mcdonnell Douglas A4 Skyhawk di Museum Pusat Sejarah TNI Satria Mandala, Jakarta. (angkasa.co.id/Ery)


Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, melakukan peresmian monumen pesawat tempur A-4 Skyhawk menjadi koleksi museum Satria Mandala, Jakarta, pada Selasa (14/3).

Marsekal Hadi Tjahjano mengatakan bahwa penyerahan monumen pesawat A-4 Skyhawk tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada para senior TNI Angkatan Udara yang pernah berjuang menegakkan kedaulatan udara Indonesia. Ditambahkan, nilai-nilai kejuangan para senior TNI Angkatan Udara, khususnya para penerbang dan teknisi pesawat A-4 Skyhawk dalam mengoperasionalkan pesawat adalah layak untuk diwariskan dan diketahui oleh generasi penerus TNI Angkatan Udara khususnya dan masyarakat pada umumnya.

“TNI AU sengaja menempatkan monumen pesawat A-4 Skyhawk di museum pusat Satria Mandala, dengan harapan generasi penerus dapat melihat secara langsug pesawat yang pernah berkiprah di wilayah udara nasional, yang pada saat itu semua dapat dilaksanakan dengan baik dan membanggakan,” terang Kasau.

Pengadaan pesawat tempur A-4 Skyhawk memperkuat TNI Angkatan Udara pada era 1980-an, yang ditempatkan di Skadron Udara 11 Lanud Iswahjudi, Madiun. Dalam perjalanannya, sesuai kebijakan strategis TNI Angkatan Udara, pesawat kemudian dibagi dalam dua Skadron, yaitu Skadron Udara 11 di Lanud Sultan Hasanudin Makasar dan Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Selama berkiprah di TNI Angkatan Udara, pesawat A-4 Skyhawk banyak menorehkan tinta emas di berbagai medan operasi di seluruh wilayah Indonesia. Seiring dengan perjalanan waktu, pesawat A-4 Skyhawk mengakhiri pengabdiannya di TNI Angkatan Udara, dan sejak tahun 2004 pesawat dinyatakan tidak lagi digunakan TNI Angkatan Udara, keberadaannya kemudian diganti oleh pesawat tempur Sukhoi Su-27/30.

Sumber: tni-au.mil.id

Artikel Terkait :

  22 Responses to “Kasau Resmikan Monumen A-4 Skyhawk di Museum Satria Mandala”

  1. Nah loh, kok malah Sukhoi yg jadi pesawat pembom.
    saya kira pake F-16 yg multi role :v

  2. kapan f16 d museumkan

  3. pesawat botol pulpen perang yom kippur 1973 dan perang lebanon 1982

  4. .
    Masih Kalah Canggih sama Harimau TNI
    Yg lucu n imoet imoet

    Hahahhaaha

  5. Tinggal Hawk, F5 tiger dan F16 lawas yg wajib dimuseumkan jg! Masak pesawat aki2 ujur dipake jg tar klu diajak duel pd keseleo dan pikun dianya!he3.

  6. test

  7. alhamdulillah bisa komentar..
    salam kenal rekan warjager sekalian

    • Salam kenal juga bung Arima……. Salam Sejahtera…

      Ngomong2….. bukannya kemaren udah pernah post komen nih ??..

  8. kalau kita darurat perang,,bisa gak ini pespur kita hidup kan lg.itung2 nambah kwntiti

  9. sebagai pengingatmu,, bahwa nama besar yg kalian sandang saat ini,, juga adalah hasil kerja keras pendahulumu…..

  10. komen eror gak bisa” hadeuh

  11. kenyang asam garam.. tapi pamornya kalah dg merk F16

  12. Pesawat bekas e israel 😀
    Operasi Intelijen

  13. Next . F16 , F5 tiger dan Shukoi 27 . Masuk musium nasional …. klu bisa di buat musium penerbagan , dan jet militer dan maskapai penerbangan nasional !!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)