Mar 152017
 

Dilansir dari Defense World, tiga orang terluka setelah sebuah pesawat tempur Sukhoi-30MKI jatuh di Barmer, Rajasthan sore ini, 15 Maret, menurut laporan TV. Kedua pilot yang berada dipesawat tempur tersebut dinyatakan selamat.

Sebuah pesawat Su-30MKI Angkatan Udara India yang terjatuh. (© News18)

Sebuah mahkamah penyelidikan telah dibentuk oleh Angkatan Udara India, untuk menyelidiki penyebab terjatuhnya pesawat tempur Su-30MKI India tersebut, menurut laporan itu.

Sementara para korban yang terluka saat ini telah dirawat di rumah sakit pemerintah. Lokasi terjadinya kecelakaan telah ditutup. Pesawat Su-30MKI ini kecelakaan dalam melakukan sortie rutin.

Insiden jatuhnya pesawat Su-30MKI itu terjadi beberapa jam setelah sebelumnya sebuah helikopter Chetak dari Angkatan Udara India juga mengalami kerusakan dan mendarat darurat di sebuah distrik di sebelah Kaushambi, beberapa menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara di pinggiran kota pagi ini.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, menurut pejabat pertahanan yang dikutip oleh Financial Express, Rabu, 15 Maret 2017.

Helikopter IAF Chetak, mengalami kecelakaan pada 15 Maret 2017 pagi. (India Today)

Menurut Defence PRO Group, Kapten B.B. Pande, helikopter Chetak Angkatan Udara India (IAF ) lepas landas dari markas Komando Pusat Udara di Bamrauli, sekitar 20 km dari sini, melakukan sortie rutin dengan dua pilot didalamnya.

“Tak lama setelah lepas landas, helikopter mengalami kegagalan teknis diikuti oleh pilot yang mencoba mendaratkan heli tersebut disebuah ladang. Akibat tanah yang tidak rata, maka helikopter terguling ketika mendarat, meskipun begitu kedua pilot bisa dikeluarkan dengan selamat”, katanya Pande dalam sebuah pernyataan.

Sebuah penyelidikan juga telah dilakukan untuk memastikan penyebab kecelakaan helikopter tersebut, kata Pande.

Artikel Terkait :

  40 Responses to “Kecelakaan Su-30MKI dan Heli Chetak India, Tidak Ada Korban Jiwa”

  1. .
    WAAW

    • “Tak lama setelah lepas landas, helikopter mengalami kegagalan teknis diikuti oleh pilot yang mencoba mendaratkan heli tersebut disebuah ladang. Akibat tanah yang tidak rata, maka helikopter terguling ketika mendarat, meskipun begitu kedua pilot bisa dikeluarkan dengan selamat”, katanya Pande dalam sebuah pernyataan.

      lah gimana,,, bukannya berita n gambarnya judulnya su30 mki ya

      • Di baca lagi dari awal biar gak gagal faham..maksudnya itu beberapa jam sebelum sukhoi india jatuh ada helikopter india yg jatuh terlebih dahulu

      • kan emang ada dua kecelakaan, pagi helikopter jatuh, trus sorenya pespur jatuh.

    • Ini barang kagak moncer.
      Buang ke laut aja.
      Indonesia harus beli F-35.
      Hidup Amerika…!
      Sir yes sir….!!!
      Muehehehehehehe

    • Berita nya sukhoi india jatuh tapi di fotonya tidak hancur ya, berarti body rangka sukhoi kuat bandingkan dgn pesawat produk barat hancur tak terbentuk dan terbakat…..

  2. Beda sehari aja… tapi syukurlah tidak ada korban jiwa

  3. F16 TERBALIK KENAPA BERITANYA TERGELINCIR… SEHARUSNYA BERITANYA F16 TNI AU TERGELINCIR DARI LANDASAN KEMUDIAN TERBALIK. SUDAH SAATNYA SAAB GRIPEN MENGGANTIKAN F16!!

    • No no no and no Gripen terlalu mahal di kelasnya mending Mig 35 untuk mediun fighter

      • Ini barang kagak moncer.
        Buang ke laut aja.
        Indonesia harus beli F-35.
        Hidup Amerika…..!
        Sir yes sir…..!!!
        Muehehehehehe

  4. Itu bukan terbalik…tapi TERGULING.

  5. Tergoreng spti telor ceplok

  6. Pasti kena senggol Tejas jadi nyungsep…..

  7. Checkmate!!!

  8. yg dari USA dan dari RUSIA sama saja, klo pilot nya kurang lihai, stok suku cadang ga ada, maintenance nya sembarangan,, jatuh juga akhir nya..
    soo jgn terlalu fanatik,, suatu saat musuh mu bisa jadi sahabat mu,, atau suatu saat sahabat mu akan menjadi musuh mu,,,

    mengalir seperti air, ikuti perkembangan zaman, dan cerdas memilih teman,,

  9. Hahaha habis baca komen warjagers di artikel lama yg tadi ane ngantuk berat sekarang jadi fresh lagi http://jakartagreater.com/dugaan-mewahnya-kehidupan-pm-najib-razak/

  10. semoga semakin sering

    dasar durhaka
    masih mending gak dikutuk jadi batu
    bisa benar2 jadi heavy fighter

  11. Apapun pswtnya bisa celaka, super tukino, t50 indonesia yg barang baru aja nisa celaka

  12. Ini bukanlah pertama kalinya su30mki mengalami accident, mungkin karna servis-nya kurang jos, senasib dengan F16 TNI

    • List su30mki accident yg saya tau

      1. 30 april 2009, satu pilot tewas, 1 selamat.
      Kalau tdk salah, disebabkan kegagalan system Fly-by-wire..
      2. 30 november 2009,
      3. 13 desember 2011, Kalau tdk salah, disebabkan oleh kegagalan system Fly-by-wire..
      4. 19 februari 2013
      5. 14 oktobor 2014,
      6. 19 May 2015.

      Jika dihitung dengan yg di artikel, maka sdh ada 7 unit su30mki yg jatuh, cukup bersaing dengan F16 TNI AU

      • waduh… istilah “bersaing”nya itu gak nahan bung @Jef 😆

        • Hehehe, supaya “mereka” sadar bahwa baik pespur baru maupun bekas/tua pasti bisa jatuh, baik itu karna kegagalan system maupun karna perawatannya yg kurang baik 🙂

          • betul bung.. makanya disitu perlunya dilakukan PM – preventive maintenance secara berkala, untuk memastikan seluruh sistem bekerja dengan semestinya untuk meminimalkan munculnya masalah

  13. lagi musim mungkin…

  14. Wis wayahe apes….sing penting masih selamat. Heli Chetak adalah heli aseli made india…heli ini jarang sekali jatuh di tembak musuh…tapi jatuh sendiri sering

  15. Pesawat secanggih dan sebaru apapun bisa jatuh selagi masih bikinan manusia. Tergantung keahlian pilot, perawatan dan tentu saja faktor keberuntungan. Makanya sebelum terbang dihitung jam dan harinya sesuai fengsui/wetonnya!ngawur tingkat dewa.ha3!

  16. Keliatanya di indihehe lebih angker ketimbang gunung salak, SSJ100* aja rontok kok

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)