Aug 142016
 

Departemen Pertahanan Irak menunjukkan video yang dikeluarkan oleh Angkatan Udara Irak sedang menjatuhkan amunisi pembakar dari pesawat terbang di sebuah desa, bagian selatan Qayyarah sebagai bagian dari kampanye untuk membebaskan wilayah tersebut dari kendali teroris.

Laporan awal yang diperoleh dari wartawan lepas disana, menunjukkan bahwa amunisi dijatuhkan oleh Angkatan Udara Irak dan juga pasukan koalisi yang dipimpin AS dimana video tersebut hampir sama seperti video yang diunggah pleh Kementerian Pertahanan Irak di halaman Youtube.

Irak 1

Kota yang berjarak 35 mil (56 km) dari Mosul, telah lama menjadi benteng ISIS hingga saat ini ketika pasukan Irak telah memperoleh kemenangan besar terhadap Jihadis dengan mengambil kembali Pangkalan Angkatan Udara strategis Qayyarah pada bulan Juli 2016. Dikenal sebagai kota minyak, Qayyarah telah menjadi episentrum dari beberapa pertempuran yang paling keras terhadap para jihadis ISIS sebagai titik penting dalam serangan untuk merebut kembali kota Mosul.

Seorang wartawan perang lepas, Aldin Abazovic mengatakan bahwa amunisi pembakar tampak jelas dengan fosfor putih. Penggunaan fosfor putih dilarang di bawah hukum internasional dan dianggap sebagai kejahatan perang jika dijatuhkan dari pesawat perang ke daerah pemukiman penduduk.

Protokol III dari Konvensi PBB tentang Senjata Konvensional Tertentu mendefinisikan senjata pembakar sebagai senjata atau amunisi yang terutama dirancang untuk membakar benda atau menyebabkan luka bakar pada seseorang melalui api, panas, atau kombinasi keduanya, yang diproduksi oleh reaksi kimia dari zat yang mengenai target. Ini berbeda dengan senjata yang lebih jinak dengan sifat pembakar sekunder seperti pelacak. Video menunjukkan penggunaan senjata pembakar yang dituduhkan.

Selain itu, meski sebuah desa dikuasai oleh jihadis ISIS masih dikategorikan dalam definisi protokol “konsentrasi warga sipil” dimana sejumlah wajar personil non-tempur termasuk didalamnya bahkan “suku nomaden (pengembara)”. Amerika Serikat beralasan bahwa dibawah pemerintahan Bush mengatakan konvensi ini tidak dapat diterapkan secara penuh karena musuh tidak berperang sesuai dengan hukum internasional, tetapi para ulama yang ada disana adalah warga sipil, bukan pejuang, sehingga mengalahkan argumen itu.

Baik Amerika Serikat dan Irak menandatangani protokol III dari Konvensi Menentang Penggunaan Senjata Konvensional Tertentu dan tidak boleh menggunakan senjata-senjata ini di medan pertempuran dengan tujuan menakuti dan sangat dikecam oleh PBB.

Sumber: Conflict News

  23 Responses to “Kejahatan Perang? Pasukan Koalisi AS & Angkatan Udara Irak Gunakan Bom Fosfor”

  1. Horey
    1-6

  2. Hebat negara yg koar’ ham melanggar ham

  3. Melanggar HAM hanya utk musuh amrik

  4. Luweeeh….

  5. Itu mungkin campuran kapur dan minyak kayu putih…. tapi apapun itu… Hai Irak dan Amerika, yang kamu lakukan itu .,… JAHAT….

  6. Amerika tukang RUSUH,, dimana ada amerika disitu bencana menghadang

  7. Haha.. Saya yakin ntar akhirnya kejadian ini TIDAK MELANGGAR HAM..
    Ndonio iki tarah yo janc*k kok..

  8. SOK” AN BIKIN PERATURAN MELANGGAR SENDIRI GAK PUNYA MALU

  9. PBB = USA,Rusia,China,Perancis,Inggris..

  10. LSM-LSM g teriak2 ham tuh ???…ada bahan tuh…kelas internasional malah…

    Wani ne koq mungsuhi awak’e dewe…

  11. dasar ASU stres

  12. Test…

  13. Saya harap bung diego jangan menyebut klompok isis dengan jihadis karena isis bukan jihadis klompoknya tapi klompok kjahatan terorganisir.kata jihadis hanya untuk pejuang islam yg suci bukan isis

  14. SAYA TIDAK PERNAH MENDUKUNG ISIS ATAU MENDUKUNG AMERIKA TAPI BILA DATANG PADAMU SUATU BERITA TABAYUN AGAR TIDAK MENJADI FITNAH…MEDIA BARAT SUDAH TREND APA KATA MEREKA KITA AKAN IKUTI ….PERIKSALAH…APAKAH MEDIA BARAT BENAR????BAHKAN SANG NAGA JUGA TERKENA FITNAH BARAT HEHMMMMMM

  15. Sedih rasanya lihat anak2 dan kaum wanitanya yg udah jd korban perang,akibat dari ambisi,kerakusan dan angkara murka.

  16. asu bangsay melanggar ham nih…namanya…
    asu hrus di embargo nih…
    dilarang negra seluruh dunia untuk mebeli alutsista asu….

  17. Di perang Vietnam, amerika menggunakan senjata kimia memangnya orang vietnam itu hama tanaman kali…!!!!!! skrng di Irak, amerika menggunakan senjata berbasis fosfor putih memangnya orang irak mau kamu buat orang kulit putih…!!!

  18. giliran rusia aja, amerika dan sekutunya pada berisik medianya!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  19. Udah stress hadapin IS, jadi Assad, Russia, ASU pakai senjata terlarang

  20. sama saja isis juga pakai senjata kimia, gitu sja kok repot, isis sama as seperti dua sisi yang berbeda dari uang yang sama

 Leave a Reply