Dec 232016
 

Keluarga besar Tan Malaka, akan memindahkan jazad pahlawan revolusioner itu di kabupaten kediri, Jawa Timur ke kampung halamannya di lima puluh kota, Sumatra Barat dengan alasan pengakuan adat. Namun pemerintah kabupaten kediri masih keberatan rencana pemindahannya karena Tan Malaka sudah milik bangsa.

Rombongan keluarga besar Tan Malaka atau yang mempunyai nama lengkap Datuk Ibrahim Tan Malaka, bersama rombongan Institut Tan Malaka rabu pagi mendatangi makam Tan Malaka di desa Selopanggung Kecamatan Semen, Kabupaten kediri Jawa Timur.

Kedatangan rombongan dalam rangka upaya komunikasi dengan pemerintah Kabupaten Kediri untuk mengupayakan pemindahan jenazah Pahlawan Revolusioner ke tanah kelahiranya di Nagari Pandam Gadang, Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatra Barat.

Menurut Hengki Novar datuk tan malaka ke tujuh yang juga keluarga tan malaka alasan pemindahan jenazah tan malaka yang mempunyai gelar datuk tan malaka ke empat karena tan malaka merupakan raja di tanah kelahiranya dan harus dibawa pulang/ sebagai pengakuan adat di tanah minang

Sementara usai diskusi publik dengan tema tan malaka patriot yang hilang dan kembali di kampus stain kediri, pemerintah kabupaten kediri yang diwakili dinas sosial, eko sulistiono mengaku keberatan dengan rencana pemindahan jenazah oleh pihak keluarga.

Pemerintah beralasan tan malaka tidak hanya milik rakyat minang, namun sudah menjadi milik bangsa dan pemerintah kabupaten kediri merasa memilikinya, selain itu agar keberadaan makam tan malaka, menjadi pembelajaran sejarah bagi generasi muda.

Pemerintah kabupaten kediri juga mengelah bila dianggap tidak memperhatikan kondisi makam tan malaka. rencanaya pihak keluarga melakukan kirap penjemputan jenazah tan malaka 15 januari 2017 melalui jalur darat dan akan dimakamkan di tanah kelahiranya 13 april 2017.

Artikel Terkait :

  8 Responses to “Keluarga Besar Tan Malaka, desak Pemerintah RI Pindahkan Makam ke Kampung Halaman”

  1. om telolet om

  2. Salah satu Tokoh Revolusioner indonesia..

  3. jika tidak melanggar UU, maka jika seluruh keluarga setuju, ya pindahkan saja …

    permintaan bung Karno, ingin dimakamkan di bawah pohon rindang di Batu Tulis …

  4. Nanti org jogja jg bs minta makam p.diponegoro dipindah dari makasar ke jogja.

    • dan P.Diponegoro itu jg keturunan raja kesultanan mataram yg sah, sgt religius dan dicintai rakyat tp beliau ini lebih memilih gerilya dg rakyat untuk melawan penjajajah…waktu itu pasukan londo sebenarnya sudah kalah dan minta berunding tp P.Diponegoro ditipu dan malah ditangkap dan diasingkan…salam