Aug 212016
 

Pesawat Tanker Nirawak MQ-25A Stingray Angkatan Laut Amerika Serikat tidak akan menjadi platform pengawasan rendah, kepala Armada Laut Pentagon mengatakan pada hari Kamis (18/08/2016).

Ditanya mengenai gagasannya tentang “tanker siluman”, Wakil Laksamana Mike Shoemaker mengatakan bahwa “kedua (konsep) tersebut tidak akan pergi bersama-sama”. Berbicara di Pusat Strategis dan Studi Internasional, bahwa bentuk badan pesawat bagaimanapun, akan membantu kemampuan bertahan hidup dari program penerus sistem Unmanned Carrier-Launched Aerial Surveillance and Strike (UCLASS).

“Jika ada cara untuk memanfaatkan desain yang ada dalam bentuk akhir MQ-25A – meskipun kita tidak mengatakan kemampuan bertahan hidup sebagai parameter kunci – adalah selalu ada celah menguntungkan dari bentuk tangki yang sudah ada”, katanya.

Dia menambahkan bahwa sistem pesawat udara nirawak baru (UAS) harus dioptimalkan untuk dua misi – Pengisian dan ISR (Intelijen, Surveillance and Reconnaissance). “Kami sedang melihat di mana pertukaran ruangnya”, katanya. “Ada studi tentang pertukaran tanker, dan itu benar-benar desain dari dua set misi yang kami pikir akan dilakukan pesawat. ISR adalah celah yang perlu kita isi pada kapal induk”.

Dia mencatat bahwa pesawat misi tunggal ISR dengan daya tahan tinggi dan kapal tanker biasanya akan memiliki airframe yang unik. “Platform tersebut yang melakukan salah satu dari set misi saja adalah berbeda”, katanya. “Dapat melakukan kedua misi tersebut bersamaan adalah tujuan dari pengembangan desain MQ-25”, katanya.

Sumber: IHS Jane

Bagikan Artikel:

  9 Responses to “Kemampuan Siluman Tidak Diperlukan Untuk MQ-25 Stingray”

  1. Apaaaa???

  2. Pesawat Tanker Nirawak MQ-25A buatan USA

    rusu punya apa ngak yah..?

  3. Negara Amerika Serikat ( USA) didirikan oleh sekumpulan orang2 kaya dan orang2 Pintar, mereka berimigran ke sana,jadi bisa disimpulkan kalau kalau orang2 kaya dan orang2 Pintar berkumpul

  4. seperti lundin yg kawin dengan cewek indonesia…ayo yg cewek indonesia kawin dengan para orang kaya luarnegri dan mempunyai keahlian didalam scene alutsista…bukanya kawin dengan CIA…xi..xi..

  5. Hukum Ruskye: [ …Kalo sdh ada hitung2an diatas kertasnya baru boleh kita babar… ]

    ..pesawat misi tunggal ISR dengan daya tahan tinggi…

    penggunaan istilah ‘daya tahan tinggi’ tak dapat dipertanggungjawabkan tanpa lampiran hitung2an diatas kertas

    btw, platform pengawasan rendah / low observability platform diterjemahkan bebas aja dengan ‘platform siluman’

    “tanker (dan) siluman”, – “kedua (konsep) tersebut tidak akan pergi bersama-sama” terjemahan bebasnya, kedua konsep sulit disatukan dalam hal desain

  6. Keren, baru tau kalo pesawat tanpa awak bisa dijadikan pesawat tanker. Itu pesawat tanker buat sesama UAV juga atw pespur berawak juga nih ?? mohon pencerahannya ya.

Orang Bijak Isi Komentar :