Aug 282016
 

Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) menuduh Paris mengekspor peralatan militer ke negara-negara yang menggunakannya terhadap warga sipil, demikian menurut laporan Radio France Internationale (RFI).

RFI seperti dikutip Rob Perkins, seorang ahli dari Organisasi Non Pemerintah (NGO) Arms Control, mengatakan bahwa mereka mengutuk Amerika Serikat, Perancis, Jerman, Spanyol, Italia dan negara-negara Eropa lainnya yang telah menjual senjata ke negara-negara yang merupakan bagian dari koalisi Saudi yang memimpin pertempuran di Yaman.

Menurut Perkins, pada tahun 2015 Paris resmi penjualan senjata ke Arab Saudi senilai 16 milyar euro, tapi “senapan serbu , kendaraan lapis baja pengangkut personel dan bom digunakan untuk membunuh warga sipil”.

France Dasault Rafale

Dia juga menyampaikan pesan dari Anna MacDonald, kepala Organisasi Arms Control, yang mengatakan bahwa eksport persenjataan ke Riyadh “menunjukkan tanda-tanda terburuk dari sebuah kemunafikan”.

Yaman telah tenggelam dalam konflik militer antara pemerintah, yang dipimpin oleh Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi, dan pemberontak Houthi, sebagai kekuatan oposisi utama negara itu. Pemberontak Houthi didukung oleh unit tentara yang setia kepada mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh.

Sejak Maret 2015, koalisi Saudi yang dipimpin negara-negara Teluk Persia sebagian besar telah melaksanakan serangan udara terhadap Houthi atas permintaan Al-Hadi, sehingga mendorong pemberontak Houthi untuk membalas dengan melakukan serangan di wilayah perbatasan Saudi.

Setidaknya 6.500 orang telah tewas dan lebih dari 30.000 lainnya terluka dalam konflik Yaman dalam satu tahun terakhir, menurut laporan FRI.

France Leclerc Tank 2

Aymeric Elluin, seorang ahli senjata dan hukum internasional dari Amnesty International, mengatakan bahwa pada gilirannya organisasi telah berusaha menarik perhatian masyarakat internasional terhadap peristiwa di Yaman selama beberapa bulan. Ia menambahkan negara-negara koalisi pendukung Al-Hadi harus dibawa ke Mahkamah Pidana Internasional dan didakwa dengan telah melakukan kejahatan di negara Arab ini (Yaman).

Menurutnya, negara-negara koalisi pendukung Al-Hadi sering menargetkan rumah sakit, sekolah, dan masjid, menggunakan senjata yang dibeli dari Perancis. Sebagai contoh, Uni Emirat Arab menggunakan puluhan tank Leclerc buatan Prancis.

Informasi itu dikonfirmasi oleh Stephane Mayer, kepala perusahaan pertahanan Nexter Systems, yang mengatakan keheranannya bahwa tank Perancis itu digunakan oleh militer di seluruh wilayah.

France Light Scout Sherpa

France Light Scout Sherpa

Sementara itu, Menteri Pertahanan Perancis Jean-Yves Le Drian yang mengunjungi Kuwait awal bulan ini untuk menandatangani kontrak penjualan 30 helikopter Perancis senilai lebih dari satu miliar euro. Pada 2015, Qatar telah mencapai kesepakatan 6,3 miliar euro dengan Paris untuk membeli 24 jet tempur Rafale.

Pada bagian itu, Aymeric Elluin mengingatkan bahwa kendaraan lapis baja Sherpa, telah digunakan pada tahun 2013 untuk membubarkan demonstrasi damai.

“Opini publik di Perancis tidak terlalu responsif terhadap isu-isu ini, karena pemerintah melakukan banyak PR. Setiap kali Presiden Perancis mengunjungi sebuah negara asing ia mengatakan telah menandatangani kontrak besar yang akan membantu menciptakan lapangan pekerjaan di Perancis”, kata Ellyuin.

France Dassault Rafale

France Dassault Rafale

Pada akhir 2014, lebih dari 130 negara menandatangani Perjanjian Perdagangan Senjata diprakarsai PBB, dengan tujuan untuk mencegah perdagangan senjata ilegal, serta mencegah penjualan bagi mereka yang mungkin melakukan kejahatan perang atau melanggar Hak Asasi Manusia.

Didalam dokumen tersebut, sejumlah 80 negara telah meratifikasi perjanjian itu yang berkewajiban untuk memberikan laporan rinci tentang situasi perdagangan senjata. Namun, hampir sepertiga dari negara-negara tersebut belum melaporkannya dalam pembukaan Konferensi Kedua, dimana Moldova dan Slovakia menolak untuk mengungkapkan informasi sama sekali.

Sumber: Sputnik News

Artikel Terkait :

  44 Responses to “Kemana Perancis Menjual Peralatan Militernya?”

  1. diam 2 memang hebat france

    • Ferang ferang terus,.
      Korban sifil tak berdosa menjadi korban tuan tuan minyak yg haus kekuasaan….
      El helm el araby(mimpi bangsa arab) menuju persatuan tidak akan pernah terwujud sebelum akhir zaman,.
      Krn selagi kedelai belum dikalahkan selama itu pula tahu dan tempe ikut nimbrung di nasi putih…..

    • Halo carin i lup yu pulll…

      • Katanya pendiri AGAMA DAMAI (THE Religon of PEACE), eh ternyata sukak perang, bunuh warga sifil demi hegemoni SUNNI

        Ah, apalah arti punya tempat SUCI untuk musim haji….
        Musim haji, musim panen duit, musim perang, In all ARAB Era => Western conspiracy, No ?

        • Arab bunuh arab karena provokasi bule .. dan eloe @rumadi katanya penganut AGAMA KASIH (THE
          Religion of LOVE), eh kok lupa sama INKUISISI di Spanyol, pembantaian “sifil” di Jerusalem oleh pasukan salib dan zaman penjajahan kolonial BULE-BULE sesembahan dan junjungan eloe pada abad 17 s/d 20 .. DASAR ZIONIS loe … nulis aja salah-salah … apa urusan nya loe ngata-ngatain dan bawa-bawa musim Haji .. ingat sejarah Nusantara ini tidak pernah ada pertumpahan darah yang dibawa orang ARAB .. tapi Islam dipeluk mayoritas bangsa Deutro Melayu pesisir sampai sekarang
          .. beda ama junjungan eropa loe .. yang haus DARAHH .. !!!

          • Tinggal kita liat kenyataan aja, perang dunia 1 dan 2 bukan islam lho yang mulai, yang gemar menjajah bukan islam lho,yang ngerampok tanah suku aborigin dan indian juga buka islam, yang ngetes bom nuklir dinegara orang juga buka islam, yang rajin bikin senjata perang juga bukan islam….hahaha

          • Tinggal kita liat kenyataan aja, perang dunia 1 dan 2 bukan islam lho yang mulai, yang gemar menjajah bukan islam lho,yang ngerampok tanah suku aborigin dan indian juga buka islam, yang ngetes bom nuklir dinegara orang juga buka islam, yang rajin bikin senjata perang juga bukan islam….hahaha

        • apa juga hubunganya….agama dan pertikaian gak seiringlah,agama hanya mengatur cara hidup sedangkan pertikaian adlh product keinginan nafsu menguasai,hanya nafsu berkuasa yg memungkinkan terjadi pertumpahan darah di sono

  2. Beli yang non embargo aja…. bambu runcing made in indonesia…

  3. ##Pada akhir 2014, lebih dari 130 negara menandatangani Perjanjian Perdagangan Senjata diprakarsai PBB##

    KAUM GHOIBIYAH AGAR PINTAR NIH…..
    JANGAN SERING BERKHAYAL…..YANG AKHIRNYA MENYESATKAN ANAK BANGSA…
    TERUTAMA YANG SDM NYA MASIH NYANGKUT DI DENGKUL
    ha ha ha

    • 5 negara DK pbb tanda tangan ga tuh beib..?

    • Didalam dokumen tersebut, sejumlah 80 negara telah meratifikasi perjanjian itu yang berkewajiban untuk memberikan laporan rinci tentang situasi perdagangan senjata. Namun, hampir sepertiga dari negara-negara tersebut belum melaporkannya dalam pembukaan Konferensi Kedua.

      Dari 130 yang tanda tangan, baru 80 yang meratifikasi, dan 1/3 dari 80 (± 26) belum melaporkan perdagangan senjata.

      Kira2 yang dilaporkan, sesuai kenyataannya atau tidak?

  4. Nkri pasti tak kan beli tank lecrek.. Iris kuping sy klo smpe beli leclerc..

  5. Jangan beli senjata prancis lagi.. Krg bgitu Bagus,mahalnya doang.. Belilah buatan nkri, buatan dalam negri lbh hbt dr prancis,sbntr lagi Leo mau di copy dan bikin leopard 4 yg bs trbang

  6. yakin banget kl Produsen” senjata dunia nggak akan peduli ama ocehan ham ini yg penting dagangan laku dn duit pun banyak hehehe……

  7. pBB………..

  8. Lebih bagus france jual ke mallloon aja,tak akan ada korban manusia,yg ada jadi korban nantinya ribuan pokok sawit dan pokok pisang

  9. Ini yang ngasih pendapat juga bodoh, namanya juga senjata, pasti digunakan untuk perang lah, ngapain senjata udah dibeli tpi buat pajangan doang, masalah salah digunakan kan urusan negara oembeli, yang penting kita jualnya legal dan resmi, indonesia misalkan jadi ngejual 200 unit anoa ke oman juga ujung” nya dipake buat tempur juga, tujuannya? Ya jelas pasti mengamankan kedaulatan negara lahh, analisis yang bodoh

  10. Indonesia kapan perang nya,??!! Sekali2 asa pisau 2 atau 6 bulan perang ma upil dan malay

    • Indonesia ga usah perang sama upil dan malingsial, ga ada untungnya bung….. ane mo proxy upil vs malingsial atawa semenanjung vs Sabah Sarawak, malingsial vs Thai, malingsial vs Filipina…… malingsial vs China pasti ga mungkin, China pasti udah main cantik di proxy etnis….. xixi…

  11. Perang kok senang dan diinginkan….hadewwww…parah ni orang. Perang tuh cm bawa kehancuran,kerugian,dan korban jiwa (sipil n militer) yg besar. Perang cuma jalan terakhir kalo upaya diplomatik dll udah buntu,baru perang!!!
    Senjata yg dibeli dan dijual oleh kedua pihak baik penjual dan produsen,semua tergantung mau buat apa tuh senjata? Tergantung pemikirannya,produsen tentu akan mencari keuntungan spya industrinya tetap hidup,konsumen kalo beli senjata utk dipake membela kedaulatan negara tentu positif,tp kalo buat invasi negara orang ya negatif.

  12. KALAU SEANDAINYA SENJATA INDON LAKU PASTI BANGGA SEKALI…. BERUNTUNG GAK LAKU2…LAGIAN GAK ADA JG YG BERMUTU, HANYA ANOA SAHAJA GAK ADA YG DITAKUTKAN.. WKWKWKWK

  13. HERAN SAMA DIEGO, NAMA NEGARA MASIH DI HINA, KOK TULISAN M A L O N DI BANNED ??
    KENA RASUAH DARI TDM KALI YAAA…. 😡
    INDON KECIL August 29, 2016 at 7:35 am
    KALAU SEANDAINYA SENJATA INDON LAKU PASTI BANGGA SEKALI…. BERUNTUNG GAK LAKU2…LAGIAN GAK ADA JG YG BERMUTU, HANYA ANOA SAHAJA GAK ADA YG DITAKUTKAN.. WKWKWKWK

    • Komen ane banyak yg kena banned, sementara tiarap dulu…… xixi…

      Ane paling respect sama orang yg istiqomah ….

  14. HERAN SAMA DIEGO, NAMA NEGARA MASIH DI HINA, KOK TULISAN M A L O N DI BANNED ??
    KENA RASUAH DARI TDM KALI YAAA… 😡

    INDON KECIL August 29, 2016 at 7:35 am
    KALAU SEANDAINYA SENJATA INDON LAKU PASTI BANGGA SEKALI…. BERUNTUNG GAK LAKU2…LAGIAN GAK ADA JG YG BERMUTU, HANYA ANOA SAHAJA GAK ADA YG DITAKUTKAN.. WKWKWKWK

  15. @Gelek.. Pda thun2014 lalu swaktu aku di malays…ada org sna yg tanya aku,, di bilang “kmu org indon ya?”aku jawab aku bukan org indon , aku org indonesia… Trkadang aku mrsa sngat marah kalau ada org setanah air yg sbut perkataan negara indon… Mrka gak perna fikir kah yg brjuta nyawa pra pahlawan trkorban hnya untuk mmerdekakan INDONESIA “bukan indon”

  16. Gimana dgn ZIONIS YAHUDI … membunuh jutaan warga arab, sejak puluhan tahun ??? NGACA ENTE HAM atas nama sekuler

  17. ada pepatah mengatakan kalau bisnis perang bisa menumpuk kekayaan dengan cepat maka perang akan kami ciptakan itulah prinsip ekonomi negara barat, sepertinya itulah yg terjadi sekarang dimana produsen senjata top dunia sedang menggaruk untung yg luarbiasa diatas tragedi kemanusiaan luarbiasa yg sedang terjadi ditimur tengah dan afrika dimana manusia saling membunuh, sedangkan negara negara maju masih saja saling berdebat tentang siapa yg harus di jadikan boneka ditempat itu sembari mesin perang mereka saling pamer kekuatan dan keakuratan membunuh..KAWAN APAKAH ANDATIDAK BEREMPATI DGN KONDISI INI,. katanya manusia adalah mahluk tuhan yg paling sempurna tpi kok kelakuanya lebih rendah dari binatang..

  18. Baru ADA suara aktivis HAM..

    Klo kata politikus orang orang HAM adalah orang bodoh yg gk peduli sama perekonomian negaranya. Negaranya jual senjata ITU untuk memdongkrak ekonominya dari krisis, tuh liat mama rika.

  19. Soal jual beli senjata kok dihubung-hubungkan dengan HAM itu jelas berlawanan. Karena senjata adalah alat untuk membunuh apapun alasannya. Orang2 pembela HAM saja tidak setuju dengan hukuman mati yg nyata2 sudah diputuskan melalui peradilan apalagi dengan orang yg terbunuh oleh senjata karena perang. Sudahlah tidak nyambung.

  20. Wah…komen saya yg kmren mana bung diego jangan diumpetin.

  21. Malingsial itu malu nyebut kita indo krena mreka mnganggap bngsa mereka lebih maju dari kita….bangsa bodoh tpi sombong

  22. Jika tak ada perang produsen senjata akan bangkrut,apa gunanya senjata canggih menumpuk di gudang,dan buat apa Riset mahal-mahal jika akhirnya hanya jadi pajangan,lihat dari mata kapitalis ,jika ada perang maka negara-negara yang berkomplik akan butuh alat perang yang untung produsen senjata,setelah selesai perang di butuhkan konstruksi pembangunan kembali,sarana telokomunikasi,listrik,pembangunan sekolah,pembangunan rumah sakit,yang untung siapa negara kapitalis sekaligus produsen senjata.negara yang baru luluh lantak akibat perang akan butuh dana besar untuk menata ulang negaranya tak punya dana,negara besar akan beri pinjaman ,tak sanggup bayar barter dengan sumber daya alam,yang untung siapa produsen senjata dan juga para kapitalis.perdamaian hanya pemanis ,tidak akan ada perdamaian selagi senjata pemusnah massal di produksi#Howkis

  23. Webnya kaga update ya??

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)