Jan 102017
 


Kikav 8 Kostrad melakukan pemeriksaan Alutsista dalam kontek Pemeliharaan Harian dan Pemeliharaan Mingguan Ranpur di Markas Kompi Kavaleri 8 Kostrad, Jabung, Jumat (6/1). Pemeliharaan ini bertujuan untuk menjadikan Alutsista dalam keadaan siap siaga sehingga dapat menunjang tugas para prajurit Kikav 8 Kostrad.

Pemeliharaan Gerak Ranpur ditujukan pada Trio Panser, yaitu Panser Saladin, Panser Saracen dan Panser Ferret. Ketiga panser itu merupakan asal pabrikan Alvis di Inggris yang sama-sama didatangkan pada awal tahun 60-an.

Pjs Komandan Kompi Kikav 8 Kostrad, Lettu Kav Edward, mengatakan bahwa Trio Panser memiliki sejarah yang menentukan pada saat terjadinya pemberontakan G30S/PKI. Menurutnya, Trio Panser bertugas sebagai pelindung sekaligus benteng Istana Negara saat terjadinya pemberontakan.


“Meski sudah berusia lanjut, Trio Panser ini masih aktif dioperasikan hingga saat ini. Kiprahnya bisa dilihat dalam tiap latihan tempur yang dilaksanakan oleh Kikav 8 Kostrad. Trio Panser ini masih dapat menunjukkan performanya saat melewati medan-medan latihan yang ekstrem”, ujar Lettu Kav Edward.

Pemeliharaan Gerak Ranpur dilaksanakan dengan mengelilingi Asrama Kikav 8 Kostrad dan Brigif Para Raider 18 Kostrad sejauh 4 kilometer. Kegiatan pemeliharaan gerak bertujuan untuk memanaskan mesin dan mengecek seluruh sistem yang terdapat pada Alutsista tersebut.


Selain pemeliharaan gerak Ranpur, dilaksanakan pula pengecekan terhadap sistem kemudi, pengereman, kelistrikan dan pengapian Ranpur.

Sumber: Divif 2 Kostrad

  36 Responses to “Kikav 8 Kostrad Lakukan Pemeliharaan Trio Panser”

  1. Mantaap…

  2. Dimusiumkan saja untuk pengingat sejarah..ganti panser buatan pindad yg pasti lebih berguna

  3. awal tahun 60an..
    kayaknya sudah bisa diganti dengan anoa.

  4. Bagus tuh buat menghadang serangan marinir ASu dari selatan, menangkis rudal tomahawk, serta melumpuhkan F-22 , F-35 ASu dari Ausitai, …….. tidak usah beli S-300/S-400, apa lagi SU-35, ………. !!!

  5. Kalo terjadi perang tetep berguna itu..musuhna hanya doble cabin…lumayan berlindung disebaliknya…

    • tul sekali…biar tua tetap berguna misal untuk menghadapi separatis ……miris sekali ngeliat foto TNI waktu operasi ngelawan gam di aceh pakai truk komersil bak terbuka dilapis proteksi batang kelapa…..mending pakai ini…
      lagian nyia-nyiain aki2 bisa kualat….harus dirawat..

  6. Masih berguna buat bikin film kemerdekaan..bro

  7. Itu panser yang paling depan kalo ketemu jalan yang macet pansernya tinggal dijinjing sama drivernya

  8. Tank T55 buatan tahun 1950an masih ikut perang di timur tengah skrg.. ga percaya kan?

  9. Betul, kurang angin 😀

  10. tolong jangan di museumkan jadiin taxi aja..ntr ada berita tv
    KINI TELAH HADIR DI INDONESIA PANSER TAXI.

  11. kalo masih bisa jalan yaa,, gak apa apa deh sebgai back up..
    lumayan !!!

  12. Lumayan buat nakutin preman pasar

  13. aki2 lagi jalan2 keliling komplek biar lutut gak kaku karena pengaruh asam urat,,

    miris dan merasa kasian TNI masih pakai, kasian tentara jadi seperti lagi naik odong2,,

  14. suspensi belakang sudah mati mas, makanya agak dikempesin dikit.

  15. Hadew…imut” banget…, lumayan bila masuk Museum atau buat Jalan” di jalanan.
    Parah banget klu Jaman udah maju ini TNI pakai Panser ginian.., habis” kan Uang Negara aja buat Perawatan Spare part nya..

  16. Kinclong bingit pansernya..

  17. Kasihan yg sdh sepuh dipaksa jalan….istirahatkanlah dimusium.

  18. Jual saja ke studio Hollywood..
    Untuk property studios …kalau ada adegan Film perang atau spionase actions …
    Mungkin sekali mereka itu mau terima…
    Atau dibuat Menjaga fasilitas milik USA Dan sekutu terdekat nya …pilihkan yang terjelek …supaya dikasih jubah gratis Oshkosh atau Humvee baru …

  19. mungkin sudah waktunya istirahat tuh bung

  20. Sopir nya jongkok ya

  21. Selama sekian tahun saya aktif jadi pembaca di group ini….baru kali ini koment koment nya bikin tertawa ngakak sampai guling guling…..
    Wkwkwkwkwkwkwkwkw……….

    Biasanya mah mbuly malon doang….

  22. kakek mau kemanaaaa? duuuh kasiian tapi hebat biar udah sepuh masih kuat angkat rapawan. allahhuakbar. ah

  23. Jangan dibuang, modif aja jadi robo-panzer atau uav-panzer. Jadi lebih keren pastinya.

 Leave a Reply