Jan 232016
 
Kiprah Satgas Kizi TNI di Misi Perdamaian Kongo/Puspen TNI

Kiprah Satgas Kizi TNI di Misi Perdamaian Kongo/Puspen TNI

Kiprah terbaik prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) tak hanya diberikan bagi bangsa Indonesia saja, namun juga untuk dunia internasional. Hal ini seperti yang dilakukan oleh Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Kontingen Garuda dalam misi perdamaian di Kongo. Tugas Satgas Kizi yang tergabung dalam misi Monusco (Mission de L`Organisation des Nations Unies pour La Stabilisation en Republique Democratique du Congo) ini adalah melakukan berbagai karya konstruksi, baik vertikal maupun horizontal. Beberapa diantaranya adalah membangun jalan Kiliwa-Duru sepanjang 37 kilometer dan Dungu-Duru sepanjang 98 kilometer. Dalam pelaksanaan tugas tersebut, Satgas Kizi menggunakan beberapa peralatan berat, diantaranya beberapa unit Dump Truck, Excavator, Grader, Prime Mover, Dozer dan Vibro Roller.

Satgas Kizi TNI

Kepala Pusat Penerangan TNI (Kaspuspen TNI), Mayjen TNI Tatang Sulaiman dalam acara pemberangkatan 175 Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Kizi TNI Konga XX-M/Monusco ke Kongo, hari Jumat (01/22) kemarin menyampaikan bahwa perintah melaksanakan rehabilitasi jalan dan lain-lain yang diberikan oleh Monusco kepada Satgas Kizi TNI ini merupakan kehormatan dan kebanggaan bagi seluruh personel Satgas. Lebih lanjut, Kapuspen menjelaskan bahwa tanpa dedikasi dan kerja keras yang sungguh-sungguh tidak mungkin Satgas Kizi TNI dipercaya melaksanakan pekerjaan yang seyogyanya bukanlah wilayah cakupan Satgas Kizi TNI.

Satgas Kizi TNI 3

Kaspuspen TNI juga menyatakan bahwa disamping membuat jalan, Satgas Kizi TNI juga memperbaiki berbagai infrastruktur, seperti runway bandara, pembuatan Hangar, pembuatan drainase dan tanggul. Tak hanya membangun sarana bagi militer, Satgas Kizi juga membangun berbagai sarana sosial, seperti menyediakan air minum bagi kontingen negara lain, rehabilitasi rumah dan sekolah, serta pemeliharaan sekaligus perbaikan gedung-gedung kantor. Mereka juga mempunyai tambahan tugas sebagai Civil Military Coordination (Cimic).

Satgas Kizi TNI 4

Misi perdamaian yang dilaksakan oleh Satgas Kizi ini merupakan amanat dalam Resolusi Dewan Keamanan PBB. Kiprah pasukan TNI dikancah dunia internasional memang sudah diakui, baik dari kemampuan maupun dedikasinya. Adanya kepercayaan PBB terhadap TNI untuk terlibat dalam misi perdamaian di Kongo merupakan sebuah refleksi kepercayaan bangsa internasional bahwa TNI dapat mengemban misi memelihara perdamaian dunia.

Artikel Terkait :

  8 Responses to “Kiprah Satgas Kizi TNI di Misi Perdamaian Kongo”

  1. Selamat bertuga

  2. Selamat bertugas

  3. PERTAMAX

  4. Mantap …
    Kita tunggu kiprah selanjutnya dari pasukan penjaga perdamaian kita …

  5. Selamat Bertugas TNI.
    Melakukan pekerjaan mulia, Allah SWT Bersama Kalian!!!

    SALAM NKRI

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)