Jan 152015
 

komando

Merdeka.com – Latihan pasukan komando Korea Selatan mengundang decak kagum dunia. Pasukan ini berlatih di dalam sungai es yang membeku. Pasukan Batalyon 707 tersebut juga melakukan latihan serangan di tengah cuaca buruk dan hawa dingin yang sangat menusuk.

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD rupanya rutin melakukan latihan dengan pasukan khusus Korea Selatan. Biasanya mereka berlatih bersama di Training Site 47-Kwangju. Sebuah area latihan untuk latihan antiteror dengan fasilitas sangat lengkap. Di sini ada sebuah pesawat Boeing 747, kereta api, bus, gedung perkantoran dan bank. Semuanya untuk latihan pembebasan sandera dan pertempuran jarak dekat.

TNI merasa perlu mengirimkan prajurit Kopassus berlatih di Korea Selatan. Meski jagoan perang hutan dan berasal dari daerah tropis, pasukan elite ini juga harus mampu bertempur di daerah bersalju dan wilayah ekstrem lainnya.

Pada awalnya pasukan Kopassus yang datang sempat kedinginan saat tiba di Korea Selatan. Namun dalam beberapa hari, mereka segera bisa menyesuaikan diri karena gemblengan dan fisik yang kuat.

Cuaca dingin tak lagi jadi halangan. Bahkan ketika ada latihan fisik berupa lomba lari menuju bukit dengan pasukan Korea, prajurit Kopassus bisa menang dan mencapai puncak lebih dulu. Hal ini membuktikan kemampuan Kopassus yang tinggi.

Kisah ini dimuat dalam buku Kopassus untuk Indonesia yang ditulis Iwan Santosa dan EA Natanegara dan diterbitkan R&W.

“Salah satu latihan yang unik dan berbahaya bagi Kopassus adalah terjun di permukaan salju yang mengeras. Jika tidak ada salju, tanahnya merupakan tanah lunak sehingga ketika mengeras tertutup salju timbul crack (rekahan) di permukaannya dengan pinggiran setajam pisau. Mendarat di permukaan seperti ini adalah hal baru untuk Kopassus. Sehingga untuk menghindari salah mendarat mereka harus berhati-hati sambil memilih permukaan salju,” kata Letkol IGP Danny Karya yang pernah mengikuti latihan di bawah nol derajat celcius ini.

Selama latihan dengan Korea Selatan, ada juga aturan yang cukup unik. Yaitu keharusan mencari selongsong peluru setelah latihan menembak. Hal ini disebabkan Korea Selatan khawatir adanya penyelundupan amunisi ke Korea Utara.

Nah, mencari selongsong di salju mungkin mudah karena meninggalkan lubang. Tetapi berbeda jika berlatih di gedung-gedung atau perkantoran. Masalahnya, sebelum semua selongsong ditemukan, semua prajurit tak boleh pulang. Kadang usaha pencarian ini baru selesai lewat tengah malam.

“Untuk Korea Selatan yang kondisi politiknya mengharuskan mereka untuk waspada, memang merupakan tempat berlatih yang baik untuk menajamkan kemampuan prajurit Kopassus.”

Merdeka.com

Bagikan Artikel :
 Posted by on January 15, 2015  Tagged with:

  129 Responses to “Kopassus kalahkan pasukan komando Korea Selatan di medan bersalju”

  1. Sejak kapan Medan bersalju??
    Hebat kopassus!!

  2. Wah telat..

  3. Rahasia yg tersembunyi KOPASSUS.

  4. Cakeeeebbb….!!!!

  5. luput dari pantauan…

  6. senyap tapi mematikan….

  7. Pasukan hebaaaaat….!!!! Semua medan bisa dikuasai..itulah tentara sejati..saluut ane..ga usah salju musim Ujan pasang AC dirumah aje dah meriang kedinginan ane..

    ….NKRI HARGA MATI…

  8. koq nggak ada gambar kopassus nya,yg ada cm gambar pasukan khusus korea doank,gambar paling atas itu bkn di korea

    • Beli buku Kopassus untuk Indonesia yang ditulis Iwan Santosa dan EA Natanegara dan diterbitkan R&W nanti terjawab pertanyaan anda.

      • klo saya mau tahu gampang koq bang cm kan nggak penting bgt,saya ada kenal bbrp anggota tsb walau nggak deketlah..kenal2 dijln,kbtulan rmh saya kan di kelapa dua nggak jauh dr hankam/cijantung

        • iya…masa sih….cinn…

          • Hankam sebelah mananya om? Daerah situ ane suka lewat hehe. Suka diajak sodara masuk lewat belakang, diajarin pake alat diving yang ada dikolam disitu. Kadang klo lagi ada course diving suka bantu instruktur juga beliau disitu. Klo kelapa dua wetan mah PKP, keong, centex, mustika ratu, munjul, kpad, arundina, gas alam, radar auri, cijantung,penganten ali, kalisari, brigif, yonkavser, kelapa 2 brimob, rindam condet, ane sering lewat situ.

  9. Menunjukkan bahwa TNI makin professional. Bagaimana dengan Polri? Makin bau aja ya?

  10. Kopassus hebat…tapi boleh ditiru fasilitas pelatihadn pasukan khusus Korea selatan..apa sudah punya

  11. coba salju d rusia saat napoleon dan hitler KO!!

  12. Bravo kopasus

  13. kopassus sering ke puncak jayawijaya, jadi salju bukan hal baru bagi kopassus…

  14. hebat PASKAL

  15. PASKAL TAI ASU ISONE JOGO SAWIT TOK

  16. PASKAL=PASUKAN ABAL-ABAL ….ehhh maaf salah ya…hihi

  17. mbah ngaco, kalo ganteng ngapain jadi brimob. main sinetron aja mbah!!

  18. mbah bowo selalu muncul setelah tgl 13 keatas..dan selalu malam jum’at???…
    satu hal yg aneh buat saya…..hehe

  19. beras beras beras mana,,,!!!

  20. Tidak ada kata “menang”… mungkin terlewat. Bagaimanapun ini sangat diperlukan, siapa tahu TNI harus membebaskan sandera di medan bersalju

  21. Hade lu lagi lu lagi

  22. Sumbernya mana om

    • saya tdk sepert kebanyakani org yg suka dgn cerita bualan/omong kosong…klo mau tau tanya polda kalbar..
      Dulu katanya ada jg tentara kita yg lari terbirit2 pake taksi ya..alasannya dehidrasi..cm nggak tau dimana ya..bahkan tni jd bahan olok2 media lokal?

    • sipadan ligitan menjadi contoh betapa nyali tentara malaysia luar biasa..mereka tempatkan aparat mereka disana,sedikitpun nggak ada aparat kita yg berani protes..pdhl klo mmg merasa itu bagian nkri ya waktu itu serang dong..

      • Teman2 semua nggak usah diladeni si frans, dia memang orang malasyia . Pasti dukung negaranya dong.
        Coba setiap ada berita atau artikel ttg malasyia dia pasti bela malasyia.

      • tp tayangan di televisi nggak bs di bohongi kawan,terlihat dua anggota tni turun dr mobil sedan dgn terburu2,yg namanya lari dr medan pertempuran itu disebut apa ya?

      • inyong mah nggak percaya…..

      • TNI yg dikirim menjadi pasukan perdamain PBB byk jasa dan prestasinya silahkan cari lgs di mbah google
        Dari dulu kamu sama teman2mu yg dari malasyia paling2 diceritain 2 tentara dari tni tsb aja…
        Udahlah frans , ngaku aja klo kamu ditugasi sama malasyia untuk masuk ke blog2 formil indonesia untuk jelek2 tni dan indonesia

      • penghargaan PBB itu jg tdk bisa d bohongi brader. itu berarti TNI sdh melaksanakan tugas nya dgn baik, maka nya d beri penghargaan.
        masa’ lari/mundur saat bertugas d beri penghargaan.

      • @black label : udah gk usah dijelasin si frans ini gk bakal ngerti, wong katanya rumahnya deket cijantung tapi tugas pasukan perdamaian sja gk ngerti, menurut dia pasukan perdamaian itu harus ikut perang, padahal sebelum tni mundur tentara spanyol udah mundur duluan

      • Ngak usah pake kawan-kawanan dah, Kebanyakan nonton infotainment sama GGS sih, Ganteng Gateng Gila…hehe. Nonton tuh berita…baca SOP, kalo nggak mau baca SOP karena males, ya nggak usah cingcong. Apa perlu diongkosin berangkat ke Libanon biar tau? Siap dibuka nih celengan koin buat frans ke Libanon, klo perlu sekalian mampir ke Iraq sama Suriah

      • Kasus sipadan dan ligitan tidak ada hubungan dg tentara, murni hukum internasional dan diselesaikan lewat hukum …

  23. pernah denger 2 tni mengusir kaprang malaysia diambalat gak frans?
    2personel lawan satu kapal? gede mana tuh nyalinya?

  24. hahahaha bung frans bung frans kapan itu??? smg aja berita nya gak bener..klo bnr keterlaluan aja TNI di kadalin malingSHIT… kayanya cocok anda jadi tentara bung tuh datangin tentara malaysia di perbatasan kalimantan anda hancurkan mereka trus ente kencingin……sy akan bilang anda muuuaaantab, maaf klo kelewatan

  25. Halooooo,,, frans, jangan lupa ya PASKAL-nya malays itu dulu BERGURU ama DENJAKA,, ..jadi hayo mana yang lebih unggul.. Bravo TNI

  26. ada artikel bikin geliiii.
    Indonesia comot kapal induk ex Ukraina.

    http://m.idzsn.com/2424/desain-kapal-induk-buatan-indonesia/

  27. postur nya mantep2…klo duel 1 brimob vs 5 tni pasti tni kabur dulu manggil kawan2 1 batalion+senapan,waktu kejadian di detos anak2 kostrad cilodong serang bbrp brimob kelapa dua,eh anak2 kostrad malah di gebuki sampai babak belur masuk rmh skt

  28. he,he. he.. iso wae Mbah Bowo iki ngerubah arah topik artikel.. tambah rame wae JKGR..

  29. MBAH SANGAT MEMUJI PARA ANGGOTA BRIGADIR MOBIL

    TAMPAN, SOPAN DAN BAEK DENGAN RAKYAT KECIL.

  30. Brimob dicintai Rakyat dan ngak pernah menakut nakuti rakyat.

    Jayalah selalu Brigadir Mobil.

  31. Yang penting jika suatu saat diperlukan mereka harus siap perang ……… posisi selalu siap perang dan kecepatan reaksi merespon ancaman adalah yang paling utama, jangan terlena oleh segala jenis puja puji …. berlatih dan teruslah berlatih

  32. ya iyalah weitje..rumpi deh

  33. fakta kalau mbah bowo itu koplak dan juga edan 1 kakean cangkem 2 kuper bin nengong 3 gila hormat

  34. @frans cerita khayalannya seru juga tuh , ceritain juga dong kisah para pejuang malaysia yg berhasil mengalahkan tentara jepang ,tentara inggris yg hendak menjajah. karna kehebatan malaysia mengusir armada inggris maka inggris pun memberikan status negara persemakmuran. Kehebatan malaysia lainnya kemampuannya melepaskan singapura hingga menjadi negara yg kini bisa dibilang lebih maju dari malaysia, meski saat itu singapura mungkin ga punya kekuatan militer tapi sungguh hebat malaysia bisa terpaksa melepaskannya.
    Lucu memang dibilang melarikan diri tetapi kenapa dapat penghargaan dari PBB ?

  35. trus prestasi yg membanggakan paskal itu apa ya

  36. secara umum klo kita bicara skil di komparasi antara kopassus dan pasukan khusus malaysia,tetap saja msh unggul kopassus lah..

  37. maleysia nisa buat rudal tamingsari yg hulu ledaknya bisa di isi nuklir plus nasi lemang campuran teh tarik memang mantap maleysia aku salut

  38. semua anggota peace keeping force dimanapun pasti mendapatkan penghargaan dr pbb,sbg bentuk partisipasi ikut menjaga perdamaian..jd bkn cm indonesia saja yg dapet,gmna sih ini..bangga boleh tp jgn berlebihan,nyantai dong hehe

    • semua anggota peace keeping force dimanapun pasti mendapatkan penghargaan dr pbb,sbg bentuk partisipasi ikut menjaga perdamaian..jd bkn cm indonesia saja yg dapet,gmna sih ini..bangga boleh tp jgn berlebihan,nyantai dong hehe

      konteks “penghargaan” di sini untk insiden, bukan semua negara pernah mendapatkan. penghargaan. salah ente bos. jd tdk semua negara mendapatkan penghargaan saat insiden tsb. itu sebagai pembelaan PBB, bahwa tni tdk lari/mundur.

      thread closed

      siap2 pertamax thread selanjutnya.

    • Penghargaannya yang mane, yang jenis ape, suke sekate-kate yee

  39. memang tugas pasukan perdamaian ikut ikutan perang ya ? Apa pada waktu itu harus balas menyerang pasukan israel? Jadi kalau terjadi konflik harus memihak siapa dong atau memilih diam ditempat dan berdoa agar ga kena peluru nyasar? Ga banyak lho negara yg mau menaruh personilnya disana karna terlalu berbahaya

  40. FRANS memang rada SUTRIS orgnya maklum …

  41. kayaknya mbah bowo maupun frans itu nick bikinan admin deh… soalnya setiap mereka nongol pasti rame… kan JKGR udah sepi jadi biar ngramein gitu banyak yang terpancing
    wah pinter juga ni admin

  42. Salut dan bangga saya! Semoga pemerintah bisa membuat program latihan yg ekstream lagi buat pasukan2 khusus lainnya. Jaya NKRI!

  43. SDM Maksimal, Alutsista & Kesejahteraan Minimal..@prihatin jd nya..

  44. makin kayak top*x aja nih forum

  45. ngimpi ya frans…ha.ha…ha.., bangun…bangun…

  46. yg jelas ada buktinya… panglima TDLM mencium tangan SBY 2005. di koran & di televisi ha..ha..ha..

  47. Waduh ngeri yang ini bisa loncat loncat hee

  48. iya jaga2 kalo Pasukan Naga…nyerang…jadi kita bisa uber dia ampe di Beijing…he7x…

  49. Saya kecewa ligitan sipadan lepas malaysia ternyata menang dari diplomasi dan strategi ini memalukan

  50. Budaya dicuri indo cums protes kayu hutan dkalimantan malaysia curi indo dari dulu pura2 tidur ,sawit kebon dikalimantan,bank sdh malaysia kuasai,petronas lebih maju malaysia
    Publik servis malaysia lebih oke
    Aku jd iri bila memang kita ketinggalan dan kecolongan langkah sama malon
    Ini karena apa hayoo

  51. di gorontalo prada firman tewas di tangan brimob,dan bbrp tni yg lain luka tembak,dibatam brimob diserang tp yg luka2 dan tewas justru dr tni,di detos jg korbannya anak kostrad..hoax?

  52. Frans … Suatu saat saya ingin melihat bayonet nancep di mulut mu…

  53. malay berjaya

  54. ICBM pon saya kunyah trus muntahin di indo

  55. FRANS WONG GEMBLUNG …. IJIK WANI KOE RENE HA ! TAK CEBLEK BKONGMU TAK TAPUK CANGKEMU !!

  56. frans@….sue2 kayak bakicot sampean..isoh..o cangklemu tak tethel tak go bal balan trus inyong keplek2 ke kayak gawe martabak telur..isoh mateng doweeer lambemu frans…TNI jos gandos..maliho cap karak gendar..

  57. Yg komen ngasal,kelaut aja,bukan mya bangga,malah mencela,dasar mental tempe!

 Leave a Reply