Feb 102015
 

black panther

Menurut situs Pertahanan Korea Selatan, industri raksasa otomotif Hyundai Rotem Co berencana membawa MBT K2 Black Panther yang baru ke pameran IDEX 2015 yang diselenggarakan dari 22-26 Februari 2015 di Dubai (UEA). Negara-negara di Timur Tengah dan Afrika diharapkan bisa menjadi pelanggan potensial tank baru ini.

K2 Black Panther adalah tank tempur utama Korea Selatan yang akan menggantikan sebagian besar berbagai varian tank M48 Patton dan melengkapi MBT seri K1 yang sekarang digunakan militer Republik Korea.

https://web.facebook.com/JakartaGreater

Artikel Terkait :

  31 Responses to “Korea Selatan Bawa K2 Black Panther ke IDEX 2015”

  1. Izin Baca

    • gila kemapuan tank korea ini .. bisa merontokkan Leopard jerman .. mumpung blm di duluin malay .. ayo .. beli .. beli

    • Korea Selatan berguru ke Jerman (mengikuti jalan Jerman) dengan memperkuat industri material dasar. Jepang sebenarnya memulai lebih dahulu tetapi mereka kurang agresif dibanding Korea Selatan. Salah satu sebab Korea Selatan begitu agresif adalah semangat untuk mengalahkan Jepang di segala bidang. Memori penjajahan Jepang begitu membekas. Alih-alih menjadi kebencian mereka menjadikan memori penjajahan tersebut sebagai penyemangat untuk berinovasi lebih cepat daripada Jepang.

      Kini Korea Selatan memetik hasil dari pengambangan industri material dasar tersebut. Industri alutsista adalah industri yang “rakus” material berkualitas tinggi. Bagaimana kita bisa membuat laras meriam, laras senapan, armor, rocket nozzle, turbine blade, dll jika industri baja dan logam berkualias tinggi tidak kita kuasai?

      Maka jangan heran jika pengambangan roket nasional jalan di tempat salah satu alasannya karena nozzle-nya tidak cukup kuat menahan semburan gas berkecepatan dan bersuhu tinggi. Jangan heran juga meskipun KCR dan LPD dibuat di dalam negeri tetapi sebagian besar bajanya diimpor (holland steel profile).

      cmiiw

      • revolusi mental mungkin jln terbaik & tercepat tp bgmn memulai & siapa yg memulai .. Elitnya aja kayak gtu.

        Posisi strategis .. SDA melimpah ..pangsa pasar meakjubkan .. bingung jd Siapa/apa yg salah ??

        Aloen-Aloen pokok kelakoen .. heee

        • Wahai presiden kami yang baru
          Kamu harus dengar suara ini
          Suara yang keluar dari dalam goa
          Goa yang penuh lumut kebosanan

          Walau hidup adalah permainan
          Walau hidup adalah hiburan
          Tetapi kami tak mau dipermainkan
          Dan kami juga bukan hiburan

          Turunkan harga secepatnya
          Berikan kami pekerjaan
          Pasti kuangkat engkau
          Menjadi manusia setengah dewa

          Masalah moral masalah akhlak
          Biar kami cari sendiri
          Urus saja moralmu urus saja akhlakmu
          Peraturan yang sehat yang kami mau

          Tegakkan hukum setegak-tegaknya
          Adil dan tegas tak pandang bulu
          Pasti kuangkat engkau
          Menjadi manusia setengah dewa

        • Yang harus mulai merevolusi mentalnya adalah yang mencetuskan revolusi mental itu sendiri bung..baru berpikir untuk merevolusi mental yang lainnnya

        • Alon Alon pokok kelakon, lek gk kelakon kita kehabisan waktu bung..
          Hehehe

      • jadi jgn pada pesimis dgn pesanan kapal selam dri korsel so’ korsel pasti up to date teknologi kasel.
        korsel memang dendam sama jepang tapi mrk membalas lewat perlombaan penguasaan teknologi.dendam mrk dibawah kearah positif mengantarkan negara ini salah negara maju diasia bersama jepang.

      • Itu semua karena ada sebabnya yaitu dia (“Korea Selatan”) berlomba dengan musuh bebuyutan: “Korea Utara” dalam segala bidang, yang berhadapan dengan “Korea Selatan” pas di depan pintu. Sedangkan Indonesia musuhnya siapa ???. Semoga kedepannya pemerintah dapat lebih memperhatikan hal ini sebelum terlambat (walaupun sudah).

    • Sebab lain Korea Selatan memperoleh kemajuan dengan cepat adalah kecintaannya yang luar biasa terhadap produksi dalam negeri. Ke manapun kita pergi di Korea Selatan, mobil-mobil yang kita jumpai adalah Hyundai, KIA dan Daewoo. Amat sangat sulit sekali menemukan mobl Eropa di Korea Selatan, mobil Jepang apalagi. Selama enam bulan saya berada di kota Kumi tidak sekalipun saya menemukan mobil Eropa. Mobil Eropa hanya bisa saya temui ketika berkunjung ke kota besar (Daegu) itupun jumlahnya hanya segelintir.

      Ketika mereka membangun/membeli barang/proyek berteknologi tinggi dari negara lain, Korea Selatan selalu “memaksakan ToT”. Salah satu contohnya saat mereka membangun jaringan kereta api berkecepatan tinggi antara Seoul – Busan (KTX) mereka memaksa adanya trasnfer teknologi dari Alstom TGV (Perancis). Setelah proyek tersebut selesai maka perusahaan Korea yang menjadi mitra dalam proyek tersebut, Hyundai-Rotem, memiliki kemampuan untuk mengembangkan sendiri. Kini proyek KTX II sepenuhnya dikerjakan oleh perusahaan tersebut.

      Di ujung barat benua Asia, sebuah negara memiliki strategi serupa dengan Korea Selatan yaitu Turki. Bahkan kedua negara ini memiliki aliansi industri pertahanan yang cukup kuat. MBT Altay yang dikembangkan Turki memakai teknologi armor dari K2 Black Panther. Kedua negara tersebut setelah berguru ke Jerman juga memiliki kemampuan membangun kapal selam diesel paling canggih di kelasnya.

      Bagaimana dengan Indonesia? Apakah selalu menjadi pembeli atau mulai memproduksi sendiri? Kita tahu jawabannya 🙂

      • Yang jadi masalah kita Bung ,pengen barang bagus,dapat Tot tapi beli maunya ketengan.Tunggulah APBN 2016 mudah mudahan anggaran alutsista kita bisa minimal 2 % sebagaimana anggaran standar Nato.

      • Betul bung.. tapi tidak untuk gadget. Pengalaman di Seoul selama 6 hari banyak banget masyarakat Seoul yang nenteng2 produk gadget non Korsel.

      • Yang jadi masalahnya ni pemerintah sndiri, ntar TOT nya udh dapat taunya pemerintah tdk mendukung dgn membuat program yang berhubungan dgn TOT yang didapat….contoh yang paling nyata skrg ni mengenai Mobil nasional. !

  2. yang ini ambil juga kesempatan kalo ada ToTnya

  3. akankah Indonesia bisa mengejar korea

  4. Lebih baik BADAK. Biar byk kekurangan lebih aman dari embargo onderdil. Toh ada upgrate , penyempurnaan.

  5. Gila korsel byk bgt produk dlm negrinya wkwk,, moga j kita bs ikuti jejak mrk

  6. Korsel sepertinya ingin menggeser jepang dalam kualitas hubungan dengan RI. Korsel melihat hubungan jepang-RI hanya paket ekonomi dan pendidikan tanpa militer. Nilai militer pertahanan inilah yang ingin digunakan korsel untuk menyegel RI untuk kepentingan ekonomi dan pertahanan korsel yang lebih besar. Mungkin dalam strateginya korsel, jika terjadi perang korea jilid II maka seluruh industri korea akan berhenti tetapi tidak dengan miliknya dan kerjasama yang ada di RI, akan menjadi suplier logistiknya. SMART.

  7. Gak sekalian bawa Cheolmae-2 ?

  8. MBT kah..?

  9. DESTROYER KDX III

  10. Inikan tank termahal didunia saat ini, saya masih heran apanya yg bikin mahal?

  11. Mending Alutsista laut nya yg di lirik mis. KDX-II ato KDX-III nya berkaca pada kasus LPD yg sudah bisa kita buat sendiri

  12. Setelah jerman membatalkan penjualan 500 MBT Leopard ke Arab Saudi, sepertinya Korea Selatan bakal sukses menjual banyak MBT K2-Black Panther di IDEX 2015 Dubai.

  13. Salah satu mbt termahal di dunia, harga (wiki) perunit 8,8 juta dollars. Leo 2a6 = 5,7 juta dollars/unit

  14. Apa yang terjadi hari ini adalah buah dari jalan yang terjal, berat dan berliku yang telah di tempuh negri ini sejak tahun 70-an. Bukan proses 10 tahun. Korea membangun pendidikan, riset dan industrinya berkesinambungan walaupun berganti pemerintahan. Semuanya konsisten. Kita persis kebalikannya.

  15. Tank bagus untuk menghantam korut..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)