Sep 082016
 

Korea Selatan telah meningkatkan anggaran pertahanan tahun depan sebesar 4% untuk untuk menambah kemampuan pertahanan rudal di tengah meningkatnya ancaman dari Korea Utara, kata Kementerian Pertahanan pada hari Selasa (06/09/2016). Pemerintah telah mengalokasikan anggaran dengan total US $36,5 milyar untuk memperkuat kemampuan pertahanan negara pada tahun 2017, naik dari sebelumnya sebesar US $34 milyar seperti yang ditetapkan untuk tahun ini, Departemen Pertahanan Nasional mengatakan dalam siaran pers.

“Untuk mengatasi ancaman asimetris Korut yang berasal dari senjata pemusnah massal, negara sangat membutuhkan untuk membangun Sistem Pertahanan Rudal dan Udara Korea serta ‘kill chain’ untuk mendeteksi, mengidentifikasi dan mencegat rudal yang menerobos masuk dalam waktu sesingkat mungkin”, demikian kata pejabat resmi.

Dari total anggaran yang diusulkan, sejumlah US $11 milyar akan dihabiskan untuk meningkatkan kemampuan pesawat dan kemampuan anti-rudal negara dimana sisanya sejumlah US $25,2 milyar akan disuntikkan sebagai biaya operasi bagi pasukan dan persenjataan, kata pernyataan itu.

Dimulai dengan uji keempat nuklir bawah tanah pada bulan Januari 2016, Korea Utara telah meningkatkan provokasi perang tahun ini dengan menembakkan rudal balistik dalam jumlah banyak, termasuk peluncuran rudal balistik dari kapal selam.

Baru-baru ini, negara yang terisolasi dibawah rezim komunis melakukan pengujian dengan menembakkan tiga rudal balistik ke Laut Timur dalam sebuah unjuk kekuatan baru menjelang ulang tahun ke-68 berdirinya pemerintah Pyongyang yang jatuh pada hari Jumat (09/09/2016).

Rudal – yang diketahui merupakan Rudal balistik jarak menengah Rodong telah mengalami peningkatan – terbang bersamaan sekitar 1.000 kilometer dan mendarat di sekitar perairan yang berjarak 400 km di dalam zona identifikasi pertahanan udara Jepang di Laut Timur. Tidak ada peringatan sebelumnya diterbitkan oleh Pyongyang saat melakukan uji peluncuran rudal tersebut.

Sumber: Yonhap

  7 Responses to “Korea Selatan Meningkatkan Anggaran Pertahanan Sebesar 4% Tahun 2017”

  1. o

  2. bagi dong

  3. ternyata lucu lucu bentuknya…

  4. Katanya kita jg?

  5. Rudal Taepodong masih di panasi sama korea utara, mau di uji coba. Iya kali, mungkin.

    Itu kan masih rudal rodong yang di uji coba , udah pada bingung semua.

  6. Di tank ada gambar nuclear..maksudnya apa ya ??

  7. Gara gara korut amerika banyak meraup untung dari korsel dan jepang.pantas amerika ogah ngancurin korut

 Leave a Reply