Korea Selatan Pertimbangkan Uji Coba Rudal Balistik

9
8

SEOUL – Korea Selatan sedang mempertimbangkan untuk melaksanakan uji coba rudal balistik buatan dalam negeri menyusul tindakan Korea Utara yang baru-baru ini meluncurkan sebuah rudal berkemampuan nuklir, menurut sumber militer seperti dilansir dari situs Yonhap News.

“Menanggapi peluncuran rudal Korea Utara pada hari Minggu, kami saat ini sedang meninjau langkah-langkah untuk membuang ancaman keamanan dan menunjukkan tekad kami untuk membalas terhadap setiap agresi oleh Korea Utara”, kata pejabat di Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa saat ini militer sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan rudal Hyunmoo-2A yang memiliki jangkauan 186 mil (270 km) atau rudal Hyunmoo-2B yang memiliki jangkauan lebih dari 300 mil (480 km), serta akan mempublikasikan foto ataupun video dari uji coba yang akan dilakukan tersebut.

“Ada juga usulan dari kalangan militer bahwa akan lebih efektif dengan melakukan uji peluncuran rudal balistik baru yang saat ini sedang dikembangkan dengan jangkauan 800 km”, tambah sumber tersebut.

Sehari sebelum peluncuran, Korea Utara mengatakan bahwa rudal Pukguksong-2 telah berhasil. Rudal itu diluncurkan dari sebuah pangkalan udara yang ada disebelah barat provinsi Pyongan Utara dan meluncur sejauh 300 mil (480 km) sebelum jatuh di Laut Jepang.

9 COMMENTS

LEAVE A REPLY