Jan 042017
 

Screenshot KCTV

Seoul – Peringatan keras presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump kepada Korea Utara menunjukkan dia sangat memperhatikan ancaman kegiatan nuklir dan tidak akan mengubah hukumannya terhadap negara terkucil tersebut, kata pernyataan pemerintah Korea Selatan, Selasa.

Pemimpin Korut Kim Jong-un pada Minggu menyatakan negaranya yang memiliki kemampuan nuklir, akan melakukan uji luncur peluru kendali balistik antarbenua (ICBM). Ucapan itu menyita perhatian AS.

Trump menyangkal pernyataan tersebut dengan mengatakan di Twitter-nya, “Itu tidak akan terjadi.” Kementerian Luar Negeri Korsel menyatakan tanggapan Trump itu, yang pertama kali menyebut masalah nuklir Korut sejak terpilih menjadi Presiden AS pada pemilihan umum pada November, dapat ditafsirkan sebagai peringatan keras terhadap Korut.

“Oleh karena di luar jangkauan aktif kami, presiden terpilih Trump dan pejabat AS sangat memperhatikan terhadap kegawatan situasi dan pentingnya ancaman nuklir Korut,” kata juru bicara Kemenlu Korsel Cho June-hyuck dalam jumpa persnya.

“Mereka akan tetap tidak mengubah kebijakan atas perlunya sanksi terhadap Korut dan untuk mendekatkan kerja sama antara Korsel dan AS,” katanya.

Trump tidak menguraikan kebijakan terhadap Korut, namun selama kampanye Pilpres AS mengindikasikan dia berkeinginan untuk melakukan pembicaraan dengan pemimpin Korut Kim kalau diberikan kesempatan.

Dia juga mengkritik China terkait isu tersebut. Pada Senin, Trump menyatakan bahwa China mendapatkan keuntungan dari hubungan ekonomi dengan AS, namun tidak ingin menggunakan pengaruhnya untuk membantu mengontrol sikap Korut itu.

Dalam menanggapi komentar tersebut, juru bicara Kemenlu China Geng Shuang menyatakan bahwa China telah menekan pentingnya denuklirisasi di Semenanjung Korea.

“Upaya China dalam persoalan ini sangat jelas,” kata Geng dalam jumpa pers.

“Sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, kami proaktif berpartisipasi dalam pembicaraan terkait isu nuklir di Korut dan bersama-besama meloloskan beberapa resolusi dengan pihak lain. Hal ini menunjukka sikap tanggung jawab China,” katanya.

AS selama beberapa tahun menolak permintaan berdiskusi dengan Korut dengan bersikeras harus melucuti persenjataan nuklirnya terlebih dulu.

Sebagai gantinya, AS dan sekutunya, Korsel menanggapi uji coba nuklir dan berbagai jenis rudal Korut pada tahun lalu dengan memberikan beberapa sanksi tambahan.

Dewan Keamanan PBB menjatuhkan sanksi terhadap Korut pada akhir bulan November lalu setelah Pyongyang melakukan uji coba kelima dan sejauh ini menjadi uji coba nuklir terbesar pada bulan September.

ICBM Korut yang dikembangkan sepenuhnya akan mengancam daratan AS yang berjarak sekitar 9.000 kilometer dari Korut.

Daya jelajah minimum ICBM sekitar 5.500 kilometer, namun dirancang bisa melakukan perjalanan hingga 10.000 kilometer lebih.

Korut pada tahun lalu mengerjakan pengembangan unsur ICBM, yang dinyatakan hendak diuji kemungkinan peluncurannya, demikian pernyataan pakar senjata internasional pada Senin.

Antara/Reuters

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  12 Responses to “Korut Akan Ujicoba Nuklir. Trump : Tidak Akan Terjadi !”

  1. Mantap bisa ampe 10.000KM

    • Nuklir hanya untuk negara adidaya,.
      Motto inilah yg terus di dengungkan melalui pbb
      Pbb bertindak sangat cepat dlm memberikan sanksi ketika ada negara yg memiliki kekuatan nuklir selain negri superpower russia,asu,china,inggris,prancis,israhell
      Sekelas india n pakistan pbb tidak bisa berkutik krn masih menengok siapa di balik dua negara tsb.
      Keseimbangan dunia akan terjaga jika suatu negara memiliki senjata nuklir krn agresor pun akan mikir berkali kali untuk melakukan invasi..
      Namun itu tidak akan terjadi selagi negri adidaya menduduki posisi tinggi di pbb
      Ibarat gengster hanya merekalah yg boleh maju dlm teknologi n ingin ditakuti…
      Jika ingin dunia bebas dari senjata nuklir alangkah arifnya pbb melucuti negara pemilik senjata nuklir tanpa terkecuali…..

  2. Ni orang beken banged disini….heran deh?

  3. AS bnyak memiliki pertahanan udara,, klo cuma 1 yg di tembakan,, saya yakin bakal di tangkis,, kecuali di salvo ,, tp itu juga belum tentu berhasil,, cos AS punya banyak waktu utk menangkis nya,, disamping punya satelit mata2, yg bisa melihat pergerakan ICBM , ada juga dari unsur SAM , dan pespur pencegat juga,, baik AURORA, atau drone lain nya yg bisa di gunakan utk menabrak ICBM

    • Yg jadi masalah kalo ngintersep rudal nuklir itu akan tetep meledak bung,wlwpun meledak sbelum fase masuk kembali ke atmosfir,tp efek ledakannya,radiasi dan material radioaktifnya udh pasti bakalan nyebar ke mana2,apalagi kekuatan nuklir sekarang meningkat jauh dri bom atom PD2,semoga saja tidak ada satupun negara bodoh yg mw terpancing menggunakan nuklir untuk menyerang negara musuhnya,satu serangan nuklir pasti akan dibalas nuklir juga

  4. Kl manusia yg hrs di gapai dunia dan akherat
    Kl negara yg hrs di gapai kemakmuran dan militer.
    Minimal salah satu hrs bisa di dapat.

    Pertinyiinnyi mana ada negara masuk surga ?

    Trump menagih china krn lbh untung dlm kerjasama ekonominya dg usa.

    Pertinyiinnyi apakah korut akan rela melakukan denuklirisasi kl cuma di embargo spti sblm sblmnya..apakah sebanding dg pengorbanan yg sebanding yg tlah di lakukan berpuluh tahun sampai menjadi salah satu negara termiskin di dunia.

    Pertinyiinyi apakah indonesia tetap berkopminten anti nuklir jika malaysia keluar dr pakta anti nuklir dan mengembangkan senjata nuklir ?

    Pertinyiinnyi jika malay memiliki senjata nuklir beranikah Indonesia andai di bom nuklir malay ?

  5. Boroooonggg…..

  6. mantab

  7. Sepertinya akan ada Sabotase dari ASU..dari lapak sebelah ada info Korsel berhasil instalasi rudal Taurus di pesawat tempur F 15..pertimbangannya karna jarak tembaknya hingga 500 km dan dapat ToT untuk dibuat di Korsel buat penempatan di pesawat KFX pada 2020 nanti..btw kita kebagian ga y ilmunya..ok banget kallau kebagian teknologinya..coz bisa nembak tepat dari pesawat IFX dari jarak 500 km..

  8. Selama ini China yg memback up ekonomi Korut. Makanya walaupun kena sanksi dari internasional, negara itu tetap dpt bertahan.
    Karena bagi China wil. Korut adl penyangga dari kekuatan AS, Korsel & Jepang.

  9. hanya propaganda komunis….

  10. ayo kim uji cobanya langsung kenai tanah paklek sam dikit berani nggk?

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)