Dec 242016
 


Setelah diluncurkan pada 17 Oktober lalu, seluruh tiang kapal layar KRI Bima Suci akan terpasang sempurna pada bulan Januari 2017 mendatang. Tiang-tiang layar tersebut dibuat oleh perusahaan khusus tiang layar kapal di Jerman.

Saat peluncuran KRI Bima Suci, badan kapal belum dilengkapi dengan tiang-tiang layar. Kelaziman dalam pembangunan kapal layar tiang tinggi, tiang-tiang layar itu dibangun setelah badan kapal mengapung sempurna di perairan pasca peluncuran.

Salah seorang pejabat di Satuan Tugas Proyek Pengadaan Kapal Layar Latih TNI Angkatan Laut, Kolonel Victor Laban, mengatakan bahwa badan KRI Bima Suci yang berkelir putih dengan guratan garis-garis biru di haluan kapal itu masih ditambat di galangan kapal Contruccon Navales Freire di Vigo, Spanyol.

“Proyek pembangunan kapal latih baru TNI AL ini berjalan terus, di antaranya di bagian interior dan mesin kapal. Akomodasi dan berbagai subsistem kapal ini nanti akan yang paling canggih di kelas kapal layar tiang tinggi di seluruh dunia,” ujar Kolonel Victor Laban, seperti dikutip antaranews.com pada Sabtu (24/11).

KRI Bima Suci akan memiliki 26 lembar layar yang berkedudukan di ketiga tiang kapalnya. Akan tetapi, nama-nama tiang itu belum diberikan secara resmi laiknya nama-nama tiang KRI Dewaruci.


KRI Bima Suci merupakan kapal layar tiang tinggi di kelas Bark, yaitu kapal dengan tiang-tiang utama tempat layar persegi diletakkan. Kapal dengan panjang 111,20 meter dan lebar 13,65 meter ini menyediakan akomodasi bagi 203 personel dan perangkat multimedia, serta ruang resepsi untuk 250 orang.

KRI Bima Suci memiliki kecepatan maksimal mencapai 12 knot per jam jika mengandalkan daya dorong mesin dan 15 knot per jam jika menggunakan layar. Untuk tingkat ketahanan berlayar tanpa mengisi BBM, KRI Bima Suci dapat mencapai 30 hari.

KRI Bima Suci merupakan kapal perang non kombatan sehingga kapal ini tidak memakai nomor lambung, sekalipun dilengkapi ular-ular perang di titik tertinggi tiang utamanya. Ular-ular perang (bendera kecil mirip pita berkelir merah-putih) adalah penanda kapal itu merupakan kapal perang dalam adab dan tradisi angkatan laut seluruh dunia.

Keseluruhan pekerjaan pembangunan KRI Bima Suci dijadwalkan rampung pada bulan Juni 2017. Kapal ini diharapkan bisa tiba di Tanah Air pada Oktober 2017 agar dapat ditampilkan pada parade kapal-kapal TNI Angkatan Laut di peringatan Hari TNI, 5 Oktober 2017.

Artikel Terkait :

  9 Responses to “KRI Bima Suci Dijadwalkan Tiba di Tanah Air pada Oktober 2017”

  1. Celameeed eeaaa …

  2. sialan link wayang lg 😀
    tobaaaaaaat gan

  3. Ini kapal bagus, sarana berlatih untuk para calon komandan kri, dibutuhkan lebih dari 400 komandan KRI untuk 18 tahun ke depan.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)