Feb 282017
 

Angkatan Laut Rusia akan mengerahkan baterai rudal BUK di Krimea untuk melindungi kapal perang permukaan dan kapal selam terhadap drone dan rudal jelajah untuk menjaga zona anti-akses/larangan terbang di sekitar semenanjung Laut Hitam, tulis surat kabar Izvestia.


Sistem Rudal BUK-M2E

Para ahli militer yakin bahwa BUK, bersama dengan S-300 dan sistem rudal S-400 yang sudah ditempatkan di Krimea akan efektif mengamankan wilayah udara di atas semenanjung Laut Hitam.

Resimen pertahanan udara 1096, yang berbasis di Sevastopol, akan menerima batch awal rudal BUK-M2 dan rudal BUK-3M yang lebih canggih menyusul kemudian, kata para pejabat di markas Armada Laut Hitam kepada surat kabar Izvestia tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Resimen 1096 saat ini dipersenjatai dengan sistem rudal permukaan-ke-udara jarak pendek OSA.

Buk-M2 memiliki rudal baru dan radar AESA generasi ketiga serta kendali penembakan baru. Rudal ini dapat melacak hingga 24 target dan mampu menyerang empat target secara bersamaan.

Rudal BUK-M2 mampu menembak jatuh pesawat dan UAV dari jarak 3 – 45 kilometer jauhnya, rudal jelajah dan rudal balistik hingga 20 kilometer jauhnya dan bahkan pesawat mata-mata strategis yang terbang di ketinggian hingga 25 kilometer.

Sistem rudal OSA memiliki jangkauan horisontal maksimum sejauh 10 kilometer dan jangkauan vertikal lebih dari 5 kilometer.

Divisi ke 51 Angkatan Udara Rusia juga dikerahkan di Krimea, dipersenjatai dengan sistem rudal S-300 dan S-400 serta rudal Pantsir maupun sistem senjata artileri anti-pesawat.

“Resimen pertahanan udara dari divisi 51 akan mengamankan infrastruktur strategis di Krimea”, kata ahli militer independen, Anto Lavrov kepada Izvestia.

Sputnik News

Artikel Terkait :

  17 Responses to “Krimea Akan Dapatkan Sistem Rudal BUK”

  1. Sudah independentkah krimea?

  2. Rudal Buk Minah Emang Mantap.

  3. SLAVA NOVOROSSIYA……

  4. Indonesia beli BUK2 ini pasti deterentnya bakal tinggi .Pesawat UAV amerika pasti nggak berani lagi nyelonong dari Aussie ke LCS lewat wilayah Indonesia.

  5. Mantab..bila rudal Buk diintegrasikan dengan radar low band..untuk bantu hajar pespur siluman tetangga yg bakal nylonong ke dapur belakang.

  6. S500
    saya sering sekali ketik itu ketika teman2 mengatakan S400 ha ha ha..
    1. saya rasa jangkauan sampai 600 km adalah kebutuhan masa depan kita..
    walaupun ada aturan internasional agar negara produsen tidak menjual atau menurunkan jarak jangkau rudal yg dijual hanya sampai 300 km. tapi ini SAM untuk pertahanan.. saya rasa Indonesia bisa mengindahkan aturan itu xixixixi… (US sudah memakai 1000km)
    2. kombinasi pertahanan udara..
    A. 230 Pantsyr S-2 / GREYHOUND
    sistem ini untuk pertahanan udara jarak pendek.. untuk melindungi pasukan maupun instalasi militer dari serangan presisi baik pada ketinggian rendah maupun extrem low altitude.
    peletakan disesuaikan dengan keberadaan tempat bernilai tinggi dan strategis..
    B. 32 baterai BUK M3
    jangkauan tembak terhadap target mencapai 70 kilometer.
    Kementerian Pertahananan Rusia mengatakan bahwa kemampuan dari Buk-3M dalam menghancurkan sasaran mencapai 0,9999, dan kemampuan ini tidak dimiliki oleh S-300.
    C. 34 baterai S-500
    S-500, yang dirancang oleh Almaz Antey, memiliki jangkauan hingga 600 kilometer (lebih dari 370 mil). Sistem senjata ini dapat secara bersamaan mencegat dan menghancurkan hingga sepuluh rudal balistik dan hipersonik dengan kecepatan 5 mach. Prometey mampu mencegat rudal balistik dan pesawat pada ketinggian hingga 200 kilometer (lebih dari 120 mil). Mampu mencegat pesawat tempur, pembom dan UAV, serta menghancurkan satelit yang melayang di orbit rendah, pesawat ruang angkasa dan persenjataan diluar orbit bumi.
    beban keamanan udara diatas 12 mil laut adalah seluruhnya dilaksanakan oleh S500. Untuk mengurangi beban pemeliharaan, pelatihan, dan modernisasi…

    3.Untuk melindungi pergerakan pasukan besar baik infantri dan kavaleri dibebankan pada GROM-2 Portable SAM, STARSTREAK, RBS70 NG dan MK2.

    4. penyesuaian dengan Indonesia.
    sesuai MEF 2
    Pengadaan rudal SAM jarak menengah untuk 10 hanud area (10 baterai BUK-M3)
    Pengadaan rudal SAM jarak pendek 30 obyek vital dan pangkalan (120 Pantsyr S-2)
    Untuk S-500,, karena kekurangan uang diperuntukkan sementara di Medan, Natuna, Tarakan, Biak, Merauke, Kupang, dan Jakarta. Jika uangnya tidak cukup maka,, untuk Jakarta, Natuna, dan saumlaki dengan total 3 baterai…
    saya rasa keuangan bisa untuk memenuhinya…

    ah semoga bukan mimpi,,,

    • Ahh ngapain beli yang mereknya Buk…

      Sesuai dengan namanya kalo kena nanti bunyinya hanya buk… gitu aja…trus pesawat yang kena cuma benjol saja.

      Mestinya beli yang mereknya Dhuuuuuaaaarrr atau Blaaaaaaarrrr….

      Xixixixi

      Tuh udah komen khan ?

      • yahhhh,,, ngeles dehhhhhhh
        konsep yg jelas kan!!! kenapa selalu saya bilang S-500
        tak ada di mef 2 untuk long surface to air missil
        kedua karena produksi massalnya mundur di rusia
        ketiga,,, konsep saya yg selalu konsisten untuk TNI diberikan alutsista terkini (bukan pantsyr S1, bukan BUK M2, bukan S 300 atau S400)…

        uweeeee dalam catatan notepad saya,, ada sumber juga sebagian dari artikel bung TN!!!!!!!!!! arrrrrggggg

    • Pantsyir kelihatannya belum jadi ngambil. Harga per unitnya hampir USD 15 juta. Mahal.

      Adapun USD 200 juta pinjaman luar negeri untuk arhanud TNI AD saya prediksi akan ambil SIDAM 25 SPAAG (self Propheled Anti Air Gun) dapat sekitar 40 – 44 unit untuk mengawal iring-iringan sekitar 10 – 11 batalyon mekanis yang baru.

      Buk ? Peluang NASAM dan Bamse lebih besar.

      S-500 itu nanti saja… masih sangaaat lama.

      • jika peluang buk kecil?
        integrasi, link dan iff nya pake apa bung TN?
        jika nanti SU35 kita punya, sedang melakukan tugas penghadangan pespur lawan, apakah nasam dan bamse bisa diaktifkan??
        jangan2 Su35/27/30 kita kena blarrr dan dhuarrrrrr… xixixixi

        • Rudal darat diaktifkan jika pespur heavy yang bertugas sudah rontok semua.

          Beres khan ? Dijamin nggak ada friendly fire.

          • yah,, perangnya satu satu,, balik lagi perang sebelum soempah pemoeda….

            team work dan terintegrasilah mas broooo bung TN wkwkwk

          • Ya udah, kalo gitu pilot Sukhoi bilang ke musuh begini :

            Bro, rudal gue udah habis nih, khan nggak adil mau dog fight sama elu tapi gue kagak ada rudalnya, lu masuk aja lewat sono biar hadap2an sama temen gue, sementara itu gue mau jalan2 dulu ah gue muter dulu ya ke Andaman, udah ada cewek gue nih nunggu di sana.

            Xixixixi

  7. Barat terus yg diperkuat sm rusia, yg wil timur kosong dan wil siberia jgn sdh dimata2i oleh as, jika lengah rusia timur akan di jadikan satu dgn alaska….hehehehheee!!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)