Nov 112016
 
Kapal Selam Chang Bogo ( U-209/1400 )

Kapal Selam Chang Bogo ( U-209/1400 )

Saya kadang merasa miris mendengar beberapa fans boy militer yang terjebak dengan kata-kata Changbogo Indonesia cuma sekelas anjing kampung. Tanpa banyak yang tidak sadar ternyata kemampuan Changbogo improved Indonesia lebih dari sekedar anjing kampung. Bisa dikatakan anjing kampung blasteran Herder, di balik tubuhnya yang kecil ternyata memiliki otot-otot yang kuat untuk membunuh lawannya, bahkan menghadapi lawan yang jauh lebih besar. Banyak pertimbangan yang membuat pemerintah akhirnya memilih kapal selam ini, dikarenakan adanya modifikasi yang sesuai dengan kebutuhan TNI AL. Ternyata Changbogo Improve Indonesia memiliki beberapa keunggulan dibandingkan Amur 1650 dan masih layak disandingkan dengan kelas Herder.

image001

Chang bogo Improved ( AIP ) PT PAL kita bisa lebih unggul dari beberapa aspek, hanya kalah dalam hal Ukuran, Amament/Persenjataan, External structur coating & material.

indeks

 PERFORMANCE

U-209/1500, dari segi kecepatan dan kemampuan lama menyelam di dalam air, U-219/1500 improved lebih superior. Lebih efisien dengan mengatur kecepatan menyelam yang lebih rendah bisa memberikan daya jangkau yang lebih jauh ( mengunakan AIP ).

DESAIN ( struktur hull )

  • Amur 1650Terjadi Perubahan desain yang signifikan terhadap desain kapal selam rusia yang lebih suka dengan double hull. Amur memiliki single Hull dan single-shaft dengan dua propulsors cadangan. Amur memiliki lambung yang solid yang terbuat dari Highstrength baja campuran yang unik. Kapal selam dilengkapi dengan lapisan anto sonar baru yang lebih efesien dari generasi baru Molniya ( Lightning ). Hull Amur memiliki penutup karet berlapis-lapis yang mampu meredam suara mesin yang terdapat pada kapal selam dan memiliki sinyal sonar echo.  
  • U-209/1500 AIPAdanya perubahan dibentuk lambung (Hull) dibanding U-209/1300 lawas, Single hull & made up HY-80/HY-100 High Tensile Steel yang telah lebih dioptimalkan untuk karakteristik hidrodinamika dan siluman. baling-baling yang rendah kebisingan meningkatkan acoustic stealth kapal selam.

*)  Keduanya memiliki struktur atau desain yang baik, dimana menjaga kapal selam mempunyai kemampuan siluman sebagai prioritas dalam pembangunanya. Amur 1650, memiliki strukturs desain External Coating yang lebih baik dibanding U-209. Sementara U-209 /1400/1500 Improved memiliki Hull Sectioning & Shape yang mengoptimalkan ke stealth-annya dibanding Amur 1650.

PROPULSION dan Air Independent Propulsion ( AIP )

Amur 1650

Amur menggunakan sistem propulasi terintegrasi dengan 2 diesel generator, Electirc Propulation motor, 2 Kristall-27E AIP System dan Skewed Seven-Bladed Propeller. AIP system yang ada di Amur 1650 berdasarkan sel bahan bakar Hidrogen-Oksigen agar kemampuan menyelam dibawah yang lebih lama. Kristall-27E AIP System daya tahan menyelam kapal selam 15 – 45 hari.

image003

U-209/1500 AIP

U-209/1500 menggunakan sistem propulasi terintegrasi dengan 2 mesin MTU 16 V-396 ( 2000 KW ) yang menyajikan 600-900 Volt propulsi, 2 Siemens PEM ( Polymer Electrolyte Membrane ) 120 KW Fuel Cell modules dan Skewed Seven-Bladed Propeller. Sistem propulsi berdasarkan Silver-Oxide dan baterai alumunium.

AIP System pada saat patroli dan misi pencegat memungkinkan kapal untuk tetap terendam hingga 13 hari pada kecepatan 4 knot dan pada kecepatan 6 knot kisaran misi bisa mencapai hampir 12.000 Nmil daya tahan bisa mencapai 84 hari.

*) Siemens PEM fuel cell AIP System memiliki endurance dan energi yang lebih efesien dari Kristall-27E AIP System. Tetapi rusia mengklaim sistem AIP nya lebih aman dibanding sistem AIP Jerman karena memiliki bahan yang tidak mudah terbakar.

SISTEM SENSOR

Amur 1650

SONAR: Sistem sonar Amur 1650 terdiri dari transduser pasif dan peralatan elektornik yang sangat sensitif, yang memungkinkan mendeteksi suara rendah yang dikeluarkan dari kapal selam dan kapal permukaan dari jarak yang cukup jauh.

*              Towed Array

*              Communication Array

*              Active Sonar

*              Forward Direction Passive Array ( Lira Sonar ) dengan penginstallan sistem Quasi-Conformal ( berbatasan dengan lambung kapal ) Antena bisa mendeteksi target suara rendah dari jangkauan yang cukup jauh.

ELECTRONIC :

Kapal Selam Amur dilengkapi dengan LITIY-Automated Combar Control System, yang mengintegrasikan dan mengontrol sistem tempur dan teknis sistem kapal selam Amur. Sistem komunikasi yang ada di Amur 1650 dilengkapi dengan sistem yang dapat menerima atau mengirim informasi pada kedalaman 100 meter.

image005

U-209/1500 AIP

SONAR : Sonar suite CSU-90 ( DBQS-40FTC ) :

*              Cylindrical Array ( CAH ) for medeium frequency passive detection.

*              FAS-3-1 Flank Array Sonar

*              Thin Line Tower Array ( TAS-3 )

*              Passsive Rangging Sonar ( PRS ) 3-15 untuk kalkulasi data target

*              Active Sonar ( CTA ) untuk mementukan kisaran target.

*              Intercept Array Sonar untuk mendeteksi emisi aktif kapal permukaan.

*              Mine Detection Sonar ( MAS ) MOA-3070

ELECTRONIC :

CMS MSI -90U Mk-2 Kongsberg Defence System; Radar dan Electronic Support Measure ( RESM )-PEGASO, Radar ARIES-S Low Probability of Intercept ( LPI ) and High Resolution Radar ( HRR ) buatan Indra Spanyol, Integrated Navigation System ( INS ) buatan SAGEM Prancis; Optronic dan Periscop buatan Casadian ( SERO 400 ) yang merupakan produk premium Casadian dan OMS 110.

State-of the-Art Radar Aries-S LPI memiliki sistem resolusi tinggi untuk mendeteksi target kecil. Sinyalnya yang rendah membuat lebih praktis tidak terdeteksi, sehingga dapat “melihat tanpa terlihat”. SERO – 400 dilengkapi dengan tiang elektronik-optik OMS110. Tiang elektronik akan dilengkapi dengan kamera termal, laser range finder and low lightness TV ( LLLTV ).

*)   Sistem sonar suite CSU-90 secara menyeluruh lebih komplex dan memiliki teknologi yang lebih unggul dibanding LIRA sonar. Hampir disetiap sudut U-209 dilengkapi sistem sensor sebagai mata dari U-209. Radar Aries-S LPI merupakan State-of the-Art yang saat ini bisa digunakan dikapal selam U-209/U-214/U-212/S-80.

Tidak terlalu banyak data yang didapat memang mengenai data kemampuan secara menyeluruh tentang 2 kapal selam ini, dikarenakan adanya kerahasian mengenai kapal selam sebagai alutsista strategis. Setidaknya dengan adanya beberapa kemampuan yang ada dichangbogo masih bisa mengimbangi kemampuan kapal selam tetangga. Tampilan luar yang terlihat lawas ternyata dibagian dalam changbogo improved Indonesia tersimpan perangkat premium teknologi terbaru yang hampir mirip dengan U-214. Dengan transfer teknologi yang didapat dari korsel sangat mungkin Indonesia membangun kapal selam yang jauh lebih besar.

Dengan adanya rencana pembangunan kapal selam dengan sistem AIP di kapal selam changbogo U-209/1500 jelas memberikan efek deteren kemampuan tempur bawah air Indonesia. India saat ini sedang mengembangkan U-209/1500 lawas dan kapal selam Scorpone untuk bisa di install rudal brahmos. Kalau memang U-209/1500 India sudah bisa di install rudal Brahmos, bukan hal yang tidak mungkin U-209 Improved PT PAL bisa membawa Rudal Brahmos.

Masih Perlukah pembelian Kilo 636/Amur 1650?

Perlu, sebagai tindak lanjut pengembangan kelemahan Changbogo Improved. Terutama dalam hal persenjataan dan mencari perbandingan bahan material yang lebih baik. Minimal kita bisa dapat TOT dari segi pengintasallan senjata, sistem acoustic stealth dan bahan material yang menjadi kelebihan dari kapal selam Rusia untuk bisa dicangkokan di kapal selam PT PAL. Dengan jumlah 8 lubang tabung torpedo berukuran 63 cm, sangat memungkinkan kapal selam changbogo Indonesia untuk di install rudal Klub-S yang berdiameter 533 mm.

Saya yakin, PT PAL bisa membuat ras baru hasil dari perkawinan anjing blasteran herder dengan Pitbull. Perpaduan anjing kampung yang punya daya tahan ( Endurance ) yang baik, memiliki pengalaman berburu yang alami dan mudah dalam perawatan, dikawinkan dengan Pitbull yang memiliki karakter petarung.  Yang pasti, Changbogo Improved yang dibuat PT PAL bakal jauh lebih kuat daripada anjing tetangga. Masih gak PEDE sama Changbogo Indonesia????

By : Welleeehh

Sumber: Wikipedia; Navy-recognation;GobalSecurity.org: www.elSnorkel.com; naval-technology.com, dll.

 

 

Artikel Terkait :

  123 Responses to “KRISIS PEDE CHANG BOGO ( U-209/1400IN )”

  1. ok la kalau begitu

    • Sangat setuju .. buatan sendiri pasti lebih membanggakan

      • lee min hoo memang hebat

      • Kenapa semua memuja (gila) Kalibr
        Toh kalau versi ekspor hanya dibatasi 290 km
        LIG Nex1 Korea telah bekerjasama dengan dengan LEN dan PINDAD untuk membuat Rudal anti kapal (alternatif dari China C-705) berjarak lebih jauh lagi lebih dari 300km

        Yang penting ToT
        dan Rusia paling anti dengan ToT (Gratisan/Murah)
        makanya negoisasi Harga Su-35 sangat aloooooooot

        • Artikel panjang lebar tentang CBG,
          Ujung2nya demen ama Club-S & Brahmos,
          Dari dulu ajah beli si KILO, langsung dapet Club-S
          Wakwakwaaaaaakk….

    • Mantap Jhon …..
      Chang bo 2 unit korea sudah AIP blom ya?

      • Changbogo Indonesia yang buatan Korea itu juga merupakan Improved, karena lebih canggih dari milik korea sendiri dahulu.

        terutama di sektor Elektronik dan sensornya
        Meskipun tanpa AIP, kapal selam ini lebih menakutkan dari U-209 milik Indonesia lawas (Cakra/Nenggala)

        Peluncur torpedonya sekarang bisa menembakan Rudal (Harpoon/Exocet/LIG NEX1) serta Ranjau Laut

        juga bisa membawa sub boat kecil milik pasukan khusus untuk tugas penyusupan

    • saya tetap gak pe de sebelum tu 3 lontong dah ganti bpkb dan plat nomernya 403, 404, dan 405 riil masing2 di Armabar, Armatim, dan Samudera Indonesia

    • Kapal selam ke-3 di rakit di surabaya jadi modul-modul semua dibuat di korea indonesia cuma menyatukan modul agar menjadi sebuah kapal selam,saya msih ragu dgn tot kasel cangbogo paling Pt.pal nasibnya seperti pt.di yg cuma bs merakit tapi tdk bs membuat dari penyediaan bahan,membuat modul,apalagi mesin dan jeroan-jeroannya. Tapi tetap optimis pt.pal menguasai sebagian besar teknologinya dgn kehadiran cangbogo ke-4,5,30 dsbnya….

  2. Aku kasih PERTAMAX aja deh

  3. Di blog militer tertutup kami kl menyinggung kapal selam indonesia begini :

    Dalam air indonesia itu spti gadis tak perawen lagi..
    Masuk mudah keluar lancar tp melelahken karena dalem dan lebar…

    Saat mendengar di blog militer indonesia kl tni tlah memiliki kiloclass.
    Di blog militer tertutup kami spti ada orkestra cekikikan… Xixixi kah kah kah
    Koh koh koh kwaakk kwaak huek huek broot broot pleketeek pleketeek pleketeek

    • NDASMU PEANG LON…. LON….
      utekMU NANGDI…

    • Sultan…sultan….hr gini msh kepingin diakui sbg warga maloon. Kok doyan amat minta diakui warga beruk.? Emang ente keturunan beruk rabies.?
      Di blok militer kami yg terbuka selalu bilang gini ” Update status : Ada kapal selam tetangga yg gak pernah bisa nyilem, baru belajar nyilem jd hrs pake pelampung…wk..wk.wk..”

      Diblok militer kami yg terbuka ada anekdot begini noh sultan, “Apa persamaan kotoran manusia dng kapal selam maloon.? Jawabnya, sama2 ngapung di air gak bisa nyelam..bisanya cuma hanyut doank…ck..ck..wk..wk

      • wkwkwkwk….alamat jumat ini gak bisa kerja serius gara-gara komen bang ruskye nih…..

      • Bukan hal yg baru kalo bangsa malon spt kalian menertawakan apapun yg terjadi dlm negeri kami, bukan hal yg perlu dirisaukan, bahkan bukan sesuatu yg perlu dipikirkan. Saat kami jatuh, kalian tertawa, saat kami mulai bangun dan beranjak memulai segala sesuatunya dgn cara dan upaya kami, kalian masih tertawa. Pada saatnya nanti, saat kami mencapai hasil dari jerih payah kami selama ini, kami tdk akan membalas kalian dgn tertawa, bahkan senyum pun tidak, krn kalian tidak lah penting utk dipikirkan, ya seperti forum dan kalian sebagai bangsa itu, tertutup-serba kikuk, dingin dan tanpa jiwa, persis spt ucapan bapak bangsa kami Bung Karno, kalian bangsa tanpa konsep.

    • sultan..dicari dimas kanjeng noh..

      • Bukan hal yg baru kalo bangsa malon spt kalian menertawakan apapun yg terjadi dlm negeri kami, bukan hal yg perlu dirisaukan, bahkan bukan sesuatu yg perlu dipikirkan. Saat kami jatuh, kalian tertawa, saat kami mulai bangun dan beranjak memulai segala sesuatunya dgn cara dan upaya kami, kalian masih tertawa. Pada saatnya nanti, saat kami mencapai hasil dari jerih payah kami selama ini, kami tdk akan membalas kalian dgn tertawa, bahkan senyum pun tidak, krn kalian tidak lah penting utk dipikirkan, ya seperti forum dan kalian sebagai bangsa itu, tertutup-serba kikuk, dingin dan tanpa jiwa, persis spt ucapan bapak bangsa kami Bung Karno, kalian bangsa tanpa konsep.

  4. Hemmmmm. . . Kebesaran Indonesia tidak dapat dibandingkan dengan Malaysia dari segi manapun. Jadi biarlah monyet ber kah kah kah dalam imajinasi tempurungnya. Tempurung made in najib

  5. Lebih bangga buatan bangsa sendiri..kalau toch ada kekurangan dapat diperbaiki dikemudian hari..ambil contoh Senjata SS1 sekarang dikembangkan jadi SS2 dan SS3 yg lebih baik..dan hal KS jg bisa seperti itu..yg penting bisa dulu nanti kembanglkan dan perbnaiki..@Jaya Indonesia..

    • yang parah:

      sudah pon tak boleh bine tempatan, skorpung yang beli pon tak boleh gune sebab askar tak de kualiti…. kah…kah…kah…

  6. Tambah maneh wong konyol… hedeeh…

  7. biarin aja tetangga meringis cekikian liat perkembangan alat pertahanan indonesia kita, tp sbenernya dlm hati mereka termangu tertegun tertekan melihat cepatnya moderisasi alat senjata penyerang kita.. jorna bae mereka2 menggonggong toh klu kita ambil krikil mereka past lari..

  8. baru satu sultan aja bingung..cuma cari perhatian di tanggapi …

  9. tes

  10. Silahkan bung waduh membuat artikel yang mencerahkan kita semua. Sekadar menjadi pembuktian untuk tidak hanya menghujat………

  11. Arti membeli masa depan bisa jadi segera terbukti…..

  12. Setelah diuraikan diatas secara gamblang, skr kita sangat pede utk produksi changbogo class sebanyak mungkin…tp utk mef 2024 kita hrs sdh punya minimal 12 unit, jika lbh dr itu, bagus bgt doonggg…yg trpenting seluruh wilayah laut indonesia sdh ada yg jaga bersliweran dr sabang smpe merauke dr miangas smpe pulau rote…keren, indonesia tambah sangar nie….!!,,

  13. Mudah mudahan NKRi bikin changbogo mutant sampai 12 unit dengan berbagai kemampuan..tapi beli Amur 1650 juga wajib 3unit..atau kilo 636 dengan rudal kalibr nya..

  14. jika ingin teknologi vls di ks ya seharusnya beli amur. dan minta tot khusus untuk hal tersebut selain ijin beli kalibr xixixixixixi

  15. Nice share bung wheleeh artikelnya.

  16. mulai dah ngayal ngimpi….sejak kapan cangbogo pal ada aip????mbok ya kalau hoax yg pinter dikit….wong kontrak nilai aja tetep kok ada fitur aip segala????aip itu mahal banget tauuuu…PT pal cuma dapat pelajaran tukang ngelas hulll…..design aip itu pasti hitung ulang seluruh design karena ada titik berat kapal yg akan beda….jadi kalau ngayal jangan berlebihan

    • Mosokkk..???!

    • Kamu sebelum komentar coba cari informasi dulu ya. Sudah jelas di brosur DSME bahwa panjang kapal selam ketiga yang dibuat PT PAL lebih panjang dari dua kapal selam sebelumnya. Nih baca dulu http://jakartagreater.com/kapal-selam-chang-bogo-ketiga-kri-405-nagarangsang-dengan-sistem-aip/

    • Kontrak nilai memang tetap, tp kontrak bisa di adendum berdasarkan kesepakatan para pihak. Jd gak masalah kedepannya mau dimolorin panjangnya atau di tambah aip atau ditambah peluncur VLS asal nambah duit. Yg gak boleh itu kalo mnta tambah panjang tp gak mau nambah duit, pasti pihak pembuat akan bilang ” panjangin aja di mak Erot. Betul toh….ya toh…!!!

    • @sigma lovers

      Bung (BHP/rem becak) bener oom….

      KS ketiga yang dibangun di pt.pal sama dan identik dg 2 lainnya, krn dg nilai kontrak segitu gak akan kebeli AIP…kalopun dipaksakan bisa-bisa yang diperoleh malah AIB, xixixixixi

      KS ketiga adalah kesempatan pertama pt.pal merakit KS didalam negri (proses menekuk plat mjd silinder masih dikerjakan di korsel, jd tahapannya mirip PKR)….sangat beresiko dg pengalaman pertama yang masih terbatas tiba2 pt.pal langsung loncat membangun kasel dg AIP.

      Mengenai brosus dsme….”Semua gara-gara kita gak bisa baca huruf korea”.

      Pada brosur tsb tidak ada keterangan ttg skala dimensi kapal….tapi time frame penyerahan kasel ke pihak Indonesia ( maka tercantum angka 17.3-17.10-18.12) yang menerangkan skedulnya : maret 2017, oktober 2017 dan desember 2018

    • Mohon dimaafkan kata2 si bung bulat ini.
      Bisa jadi bung bulat ini baru beberapa bulan ada di warjag.

      O ya bung bulat silakan riset dulu lagi, ada artikel yang ditunjuk oleh bung sigma lover.

    • Bung@BHP,, kalo ente anggap ini hoax.. minimal ente bisa ngeliat potensi.. itu juga kalo ente tipikal orng yg mau ngeliat bangsa ini maju..

    • @sigma lover

      Maksudnya dg PKR 10514 bagaimana?

    • @sigma lover

      Oooh…mungkin maksudnya begini ya bung?

      Antara pembangunan kasel dan kaprang menggunakan standarisasi kendali mutu&jaminan mutu yang berbeda, demikian juga dg desain tingkat keselamatannya (kasel jauh lebih kompleks)

      Desain sigma mengacu pd standarisasi mutu (lloyd, dnv, solas) dr badan internasional yang juga sudah diterapkan oleh pt.pal shg pt.pal diijinkan membangun sendiri bbrp modul…(pt.dumas surabaya juga menerapkan standar mutu yang sama krn sering mengerjakan kapal dg desain dari damen)

      Sementara dlm pembangunan kapal selam menggunakan standar kendali mutu yang berbeda yang belum dikuasai pt.pal karena belum pernah membangun kasel.

      • Iya memang sih om PT PAL belum punya pengalaman merakit kapal selam, makanya PT PAL minta ToT ke DSME. DSME sendiri memang pernah menawarkan konsep AIP untuk Changbogo Class, tapi memang belum ada konfirmasi resmi mengenai spek kapal selam yang akan dibuat PT PAL. Perihal kontrak pun kita sebagai rakyat sipil tidak tahu detailnya seperti apa, yang jelas betul seperti yang dikatakan bung ruskye, asal ada dana, kontrak bisa diaddendum.
        Type 209 juga sudah ada contohnya yang pakai AIP seperti punya yunani. Disini kita lihat Potensi kapal selam CBG yang ketiga akan seperti itu.
        Optimis aja ya om, time will tell laagghh

      • @sigma lover

        Jawaban atas pertanyaan bung@SL sudah dijawab oleh artikel baru di Garuda Militer.

        Saat ini RI sedang mengejar kuantitas…tanpa AIP-pun impr.CBG (dg berbagai jenis sonar dan sensornya) sudah sangat mumpuni.

    • @bulat hitam panjang : Yang di angkat bung @welleeehh di sini kan next KS Changbogo (pengembangan dari Changbogo) / produksi mandiri PT PAL.
      Rencananya PT PAL akan membuat KS yang lebih baik dari KS Changbogo, salah satunya adalah dengan menginstal AIP.
      Btw jangan berlebihan jika berkomentar seakan-akan para tenaga ahli Indonesia tidak mampu untuk membeli, menginstal, merancang dan membangun KS yang lebih baik dari KS Changbogo.
      Indonesia lebih dari sekedar yang anda utarakan.

      Lain kali jangan menghina bangsa dan negara sendiri ya bro…

  17. Ttetap aja bung..itu hanya ulasan anda tp blm terbukti..blm di akui..kalo kelas kilo itu sdh d akui…persenjataan adalh elemen yg sangat penting..akn mmbuat musuh gemetaran..lihatlh kilo lebih mematikan..

  18. Anjing kampung saya dulu bisa beternak ayam. Ada ayam liar dibiarin makan sisa makanannya. Ayam-ayam itu jadi percaya terhadapnya. Pas harus menyusui anaknya, ayamnya dimakan. Apakah ada Herder yang bisa begitu?

    Kalau seleksi benar dan perawatan sama, anjing kampung bisa sebaik Herder. Hal yang paling beda yah harga. Herder bisa dikatakan preselected buat trait tertentu. Sedangkan anjing kampung bisa saja punya trait yang sama dan mungkin punya trait yang lebih baik. Tinggal perlu melakukan seleksi yang lebih teliti.

  19. Anjing kampung saya dulu bisa beternak ayam. Ada ayam liar dibiarin makan sisa makanannya. Ayam-ayam itu jadi percaya terhadapnya. Pas harus menyusui anaknya, ayamnya dimakan. Apakah ada Herder yang bisa begitu?

    Kalau seleksi benar dan perawatan sama, anjing kampung bisa sebaik Herder. Hal yang paling beda yah harga. Herder bisa dikatakan preselected buat trait tertentu. Sedangkan anjing kampung bisa saja punya trait yang sama dan mungkin punya trait yang lebih baik. Tinggal perlu melakukan seleksi yang lebih teliti.

  20. Artikel yang bagus bung welleh….mantaaf mengulasnya…ada perbandingan…ada solusi…

  21. Anjing Kampung hanya cocok diberikan kepada para warjag yang suka bikin rusuh dan onar, bukan untuk kasel Chang Bogo…ada gak ada sistem AIP toh Chang Bogo tetap ku suka…sistem AIP hanya soal waktu saja…

  22. @ Bung TNP,,,ada berita kalau pemerintah akan beli 3 kasel lagi, ada info kah? salam sejahtera untuk semuanya, jaga terus persatuan-NKRI harga Mati…

  23. Susah membandingkan amur vs CBG dari segi perfomanya, selain membandingkan spek.

    Amur aka Lada class baru dibuat 1 unit, itupun proyeknya dihentikan ditengah jalan karena sistem AIP-nya belum mumpuni…jadi belum ada satu negarapun yang pernah mengoperasikan.

    Tapi kalo membandingkan kasel KILO vs U-209/1500 (setara dg improved CBG tapi dg teknologi sensor yang lama)…indialah tempatnya bertanya, karena negara ini adalah satu2nya negara yang mengoperasikan 2 jenis kasel ini

    • Coba di cek lagi bung@Uling.. Korsel juga udah bisa modifikasi 9 unit u-209/1500 AIP.. bahkan 6 unit u-209/1200 lawas di upgrade ke 1500ton..

    • @welleeeh

      Ehmm…maksud saya “live experience” dalam mengoperasikan KILO dan U-209. Darisini tentunya india memiliki pengalaman yang akurat mengenai perfoman kedua tipe kasel ini

    • @welleeeh

      Nah bagian ini yang kurang jelas….IKL/HDW sudah membuat desain kalel U-209 dg berbagai tipe : 1100~1500 ton.

      Seperti juga dengan DSNS yang menyediakan berbagai varian sigma dg berbagai tonase/ukuran dan fiturnya.

      Jadi apakah benar DSME benar2 melakukan modifikasi thd CBG/U-209/1200 secara mandiri….toh dari sononya/IKL sudah menyediakan berbagai alternatif variannya?

      Mungkin oom @welleeeh punya infonya?

      Perubahan/modifikasi pada kasel sangatlah sensitif karena berhubungan dg banyak aspek yang kompleks (bahkan jauh lebih rumit dibanding modifikasi kapal permukaan) dan beberapa usaha utk melakukan modifikasi oleh pihak yang belum berpengalaman membangun kasel secara mandiri tidak jarang berakhir dg masalah yang intensif spt pd: Collins class dan S-80/spanyol

  24. Semua alusista kunci nya di persenjataan nya.. Kapal selem yg paling di takuti adalah torpedo..dan rudal yg di tembakan dr dlm laut.. Atau kemampuan vls… Hal ini lah yg di inginkan oleh tni al.. Dan tot vls ini juga yg sangat di inginkan olleh pt.pal.. Jadi kombinasi cangbogo serta kilo atau armur dgn kemampuan VLS akan sangat mematikan. Jadi jika untuk kapal permukaan tni sdh punya yakhont.. Maka untuk kapal selem rudal club s memang sangat di inginkan

  25. Untuk Performance & Spesifikais memang spt itu adanya dar dulu yang tahu & bisa paham spec jg gak masalahin ChangBogo,,cuma, sy sii pesimis RI dp SUbHarpoon, mengingat spt biasa,,kebijakan USA selalu mensubordinat RI diabwah AUssie & Spore,,khusus missile bawah laut lbh baik pakai missile Kalibr/Club S spt halnya Yakhont dicangkokkan ke Frgat Van Speijck Class,,,

  26. Tetep AMUR yg hebat!

  27. @waduh koplak nian kau, pemuja berhala dan buzzer ahoker dan jokower.. Alhamdulillah ane udh tobat

  28. percuma banyak ini itu,yg penting rudalnya mas,rudalnya.
    sekarang yg penting untuk nkri,
    tot rudal
    tot mesin kapal,(mesin panser) yg penting mesin semua jenis kapal dan kendaraan.
    kok mesin pesawat masih jauh
    jalan tengah ukraina,mereka butuh banyak uang
    yg penting pemerintah mau berkorban uang dulu yg banyak
    karna ilmu mahal.
    percuma,beli ini,beli itu,buat ini,buat itu, kalau rudal dan mesin belum dikuasai,soal elektronik dan radar beri kesempatan pada pt len kasih uang riset besar,dengan embel2 harus bisa bila perlu ditekan sedikit,itu yg paling penting mas.
    kalau ini dilakukan baru cintia bilang mantap
    lalu ada yg bilang,emang gampang,emang dikasi,
    duit yg bicara,gak usah banyak bicara,tapi sayang mengeluarkan uang banyak.
    sdm kita melimpah,sda apalagi tinggal niat,kemauan,jangan ragu2,karna ragu kuci kegagalan.
    jadi gak usa sana rangkul,sini rangkul,kebanyakan rangkul jadi lupa siapa yg uda dirangkul,satu tapi pasti.niatkan harus bisa,usa saja ilmunya dari jerman bisakan,usa lakukan apapun demi ilmu( baca sejarah)
    .. rusiapun begitu dari jerman
    . cina dari rusia sama usa ( diambil dari israel,dari pasar gelap)
    intinya bisa dari mana2 yg penting niat,tidak sayang ngeluarkan uang banyak,mau ilmu tinggi siapkan uang anda.
    sehebat2 nya negara hasil tangan sendiri,
    cintia permisi mungkin lama gak komen,soalnya mau pergi ke
    luar negri,lihat perusahaan,lama baru pulang,ok
    ntar kok gak permisi,warjager kecarik an,makanya permisi.

  29. KAPAL SELAM BUATAN ASLI INDONESIA TERHEBAT DI DUNIA HIKS…HIKS… HIKS

  30. tes

  31. Top Marco Top

  32. jangan lupa bawa PAK SARMAT 😀

  33. jangan lupa gendong PAK SARMAT 😀

  34. Indonesia negara yg terakhir membeli type 209 yg udah ketinggalan jaman.
    Ngak ada lg negara maju yg Mau type 209 ini.
    Apa pun emang cocok ama Indonesia yg masih belajar teknologi tinggi..
    Ngak perlu kejar Singapore Malaysia karna mereka udah jauh kedepan.
    Apa pun kalian tetep akan bilang paling jaguh di dunia kan..
    Walau pun chabonggo mmg anjing kg yg coba mencari glamor..
    Ama forumer jkarta greater mmg mudah diperdaya.
    Hehehe

    • Scorpene Malaysia hanya macan kertas ,diatas kertas lengkap tapi sebenarnya spec nya di dawn grade oleh NAJIB untuk membayar uang tutup mulut Altantuya . Entah sekarang Malaysia baru melengkapi ?

    • “Ngak perlu kejar Singapore Malaysia karna mereka udah jauh kedepan”…hehe, jangan terlalu tinggi bermimpi lon, jatuhnya sakit
      Negara Maling, Gak berbudaya, Pengecut….mana mungkin

    • M + S sudah jauh di depan ?

      Nggak apa2 sih… yg ada di depan itu bakal nyemplung jurang duluan…bakal nginjek ranjau duluan…bakal kena jerat duluan…bakal kejeblos lubang duluan…

      Kalo RI jalan mindik2, berhati-hati, alon2, waspada, lihat kiri, kanan, depan, bawah dan atas…mana tahu ada ranjau, mana tahu ada perangkap, mana tahu ada lobang, mana tahu ada jurang…

      Tiba2 terdengar Buuuuumm, buuuuum dari arah depan…yah M + S kena ranjau tuh…

    • @tukang itung, phd

      Iya…tapi jangan lengah, sapa tau musuhnya mengendap-endap dari belakang, xixixixixi

    • Peace aka santoso aka sultan@ come on idiot,indonesia bukan beli type 209 idiot,indonesia belajar nak bine submarine buatan tempatan,belajar dari south korea bukan berarti indonesia buat type 209,indonesia buat yg lebih canggih dari type 209..
      Malayshit n singaporn selalu di depan,di depan apanya idiot,kau tengok scorpene lembikmu tak bisa nyelam,beli submarinepun malayshit cuma bisa beli rongsokan,nak bine submarine buatan tempatanpun malayshit tak boleh kerana otaknya bodoh n idiot semua

  35. Heemmm….Kita sebagai Anak Bangsa ini harus Bangga Kepada Kemajuan dan Teknologi Alutsista Negara Tercinta kita ini.
    Mgkn Alutsista kita masih Jauh” tertinggal dibanding Negara” besar lain…, Tapi ingat lah Bahwa Kita Belajar, Belajar Dan Belajar Teknologi dari Keberhasilan Negara” besar itu…
    Bangsa yang Besar adalah Bangsa yang mau Belajar dan Bangun akan semua ketertinggalan nya…
    Ga Cuma Omong Tok….

  36. Kita butuh CBG tapi harus banyak dan senjata nya harus maximal ,jangan seperti kapal permukaan lainnya ,kapalnya bagus tapi sistem senjata tidak di pasang semuanya seperti direncanakan . Harpoon harus terpasang ,kalau bisa di subsitusi dengan Brahmos . Percuma punya kapal bagus tapi ompong.

  37. sri sultan yang mulia jokowi mendatangi korp brimob dan marinir guna melindungi sri baginda sultan ahok dari tangan2 usil hiks…hiks…hiks…

  38. Yang penting bukan perpaduan antara kelas anjing Pitbull dan anjing Shiatsu,jadinya kelas BULLSHIT…WKWKWKWKWK

  39. @welleeehh : Sebutan anjing kampung untuk KS Changbogo untuk di forum JKGR jika tidak salah adalah dari pemuat artikel tentang KS Changbogo di JKGR dan itupun untuk KS Changbogo I dan II yang tanpa di lengkapi AIP.
    Saya pribadi menilai lebih kepada kebanggaan / nikmat lahir – batin, karena dalam hal KS, Indonesia sudah ada kemajuan untuk ke arah kemandirian dan terlepas dari teknologi dan komponen yang di instalnya.
    Karena jika kita bicara teknologi dan komponen yang di instalnya, kita pasti akan berbicara panjang lebar dari hal yang paling kecil hingga besar.
    KS Changbogo akan di ibaratkan “Anjing Kampung” atau “Anjing Kampung blasteran Herder” ataupun di ibaratkan seperti “Anjing Herder” pun saya tidak ambil pusing, karena tidak akan mengurangi tanggung jawab saya untuk Indonesia dan mencintai produksi Indonesia.

  40. kalo saya min saya sangat kurang setuju dengan pembelian changbogo walaupun sebagai embel2 ToT penguasaan teknologi kapal selam untuk langkah pertama, kalo saya pribadi mending beli amur 1650\950 1 lusin plus ToT itu cukup untuk kebutuhan MEF 2014\2020 s\d essential force sebagai langak antisipasi Global war di masa akan datang.

  41. apapun teknologi dan armament nya, yg paling membanggakan dan mengharu kan adalah, Negeri kita telah mampu membuatnya sendiri.. Submarine Independent Production

  42. Opini saya kapal selam changbogo Indonesia masih sekelas anjing kampung, base dari U209 germany yang dimodifikasi, karena kalo gak modif, ni barang sudah ketinggalan jaman. persenjataan pun ketinggalan klo dibandingkan dengan scorpene or sejenisnya, ini bisa dibilang project belajar bikin kasel dari rejim sebelum yang digunakan untuk perairan dangkal. sedikit miris karena Indonesia negara besar dengan sdm dan sda melimpah, kasel ini gak ada efek deteran dan bukan yang terbaik. ini project ekperimen korsel. Kasel terbaik yang ada produk rusia/Germany, yang terbaru silakan di beli dengan tot untuk kemajuan teknologi.

    • Kalo mau pesen kapal selem buatan palembang malah fitur siluman radar dan pelacak magnetic pun tdk akan bs lihat

    • BIsa tolong dijelasin bung@Aby kalo scorpone lebih baik?? Emangnya scorpone bisa nyelem sampe berapa meter??

      Emangnya perancis mau kasih TOT dgn dana $ 1,1 Milyaran??

      • Efek deteren kok hanya masalah kedalaman selam ?
        Efek deteren yg sebenarnya dari suatu negara adalah “ketika negara itu bisa membuat sendiri tecknologi tinggi” dan tecknologi kapalselam adalah salah satu kemajuan yg khusus sulit didapatkan.

        Bicara mengenai Scorpen dan CBG, CBG juga dibekali CMS Kongsberg yg sangat legendaris dan proven. Blackshark pun juga sama terinstall di CBG.
        Kedalaman selam CBG juga antara 250-300 mtr.

        dengan harga 1.1 Milliar CBG mendapatkan 3 units + TOT.
        Sedangkan Scorpen dengan harga sama 1.1 milliar hanya mendapatkan 2 tanpa TOT.

        Belum lagi kemungkinan “masih rumor” bahwa unit ketiga yg akan diproduksi di PT. PAL akan lebih panjang (option) dengan kemungkinan AIP diluar biaya akuisisi awal.

        SO ???

    • Seharusnya Bung Aby, membaca tentang prestasi CBG di RIMPAC 2000-2010an…. sangat mengerikannnn …

      Disisi lain, scorpene belum ada beritanya sama sekali tentang debutnya.

      Cek dulu sebelum Ngaco …

  43. Jangan coba2 sepelekan anjing kampung bung, anjing kampung ya g kena rabies, plus kesurupan, plus tidak dikasih makan seminggu bisa menerkam habis anjing herder impor terlatih lho!!
    Bayangkan KS Changbogo terkena virus rabiesnya PINDAD dan PAL, kesurupan semangat juang TNI AL, plus haus darahnya MARINIR, apa tidak lebih berbahaya dari Scorpene dan tentara lembiknya MALON?

  44. Berarti ente salahin orng yg selama ini bilang anjing kampung.. apa ente salah satu yg bilang anjing kampung??

  45. ijin nyimak artikel bung @welleeehh

  46. krisis pede sih enggak duitnya itu yang di bagi – bagi untuk bisa menguasai teknologi dari ke tiga matra pertahanan. kalau pemerintah lebih memprioritaskan mana yang lebih dulu di utamakan iya tidak setengah² begini jadinya.

    iya tetap di syukuri saja ada usaha dari pemerintah untuk memajukan industri pertahanan Indonesia.

  47. Setelah tipe U209, lanjutkan dengan tipe U214 & U218. Sudahlah semuanya pake basis teknologi Jerman saja, selain jaminan kualitas juga memudahkan dalam maintenance nya.

  48. Nice artikel by bung Welleeh,Improved=Improvisasi= trial & error untuk mendapatkan hasil akhir yang sesempurna mungkin untuk kasel buatan Pt.PAL yang ke-4 dan seterusnya

  49. Akan lebih sempurna lagi dengan awak yg terlatih dan militan…
    Tabah Sampai Akhir…

  50. dapat pertamax g ni aku

  51. Mantep…Ijin Kehadiran…86

  52. Beli amur 12 tapi tot nya cuma diajarin bikin hull ogah ah kalo beli 12 minta produksinya disini datengin semua insinyur rusia suruh kerjain dipt pal baru mantap.

  53. Tradisi baru

  54. wow….

  55. Harus beli berapa amur/kilo class baru dapat tot bahan material/senjata amur/kilo?

  56. Mantop…

  57. Itu kebalik.. bukan anjing tetangga.. tapi tetangga anjing… hahaha…

  58. @ Bung TN, cicing wae…itu saya tanya, ada info kah pemerintah mau beli 3 kasel lagi selain chang bogo…babar dong jika tau, hihihi…makasih sebelumnya..

  59. P>

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)