Feb 012017
 

Serbia telah mengumumkan bahwa mereka akan mengakuisisi dua sistem rudal permukaan-ke-udara BUK dan 8 unit pesawat tempur Mikoyan MiG-29 dari Belarus, sementara Kroasia berencana untuk mendapatkan truk militer, helikopter transportasi, jet tempur, self-propelled howitzer, dan kapal patroli baru tahun ini.

Sebagaimana diberitakan Sputnik News, Minsk juga dalam pembicaraan dengan Belgrade tentang kemungkinan memperoleh sistem rudal S-300. Zoran Djordjevic, Menteri Pertahanan Serbia mengatakan kepada media setempat bahwa “Ini akan menjadi varian S-300V dan varian S-300 PG yang saat ini dimiliki Minsk”, menurut Defense News.

Menteri Pertahanan Kroasia Damir Krsticevic menyatakan bahwa militer negaranya berusaha untuk memperoleh jet tempur baru sebagai tahapan keluar dari peralatan militer era Soviet yang dibangun oleh NATO.

Hal ini disinggung pada bulan Desember 2016, ketika Presiden Kroasia Kolinda Grabar Kitarovic mengumumkan bahwa Angkatan Udara Kroasia akan memilih jet tempur baru pada akhir 2017.

Dalam sebuah wawancara dengan Vecernji List, Grabar Kitarovic mengatakan, “Saya percaya kita akan memperkuat kerjasama dengan AS, mengingat bahwa angkatan bersenjata kita harus terus bergeser ke teknologi militer Barat”.

“Kami menunda keputusan tentang pembelian pesawat militer supersonik hingga akhir 2017 karena kita perlu waktu untuk mengadopsi keputusan yang rasional. Tapi kami sudah mengambil keputusan untuk pengadaan helikopter transportasi, yang paling mungkin adalah Blackhawk AS”, tambahnya.

Saab JAS-39 Gripen dan Lockheed Martin F-16 keduanya sedang bersaing untuk pengadaan jet tempur baru, diikuti Kfir dari Israel, varian T-50 Korea Selatan, dan Mirage Perancis dianggap sebagai alternatif lainnya.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  5 Responses to “Kroasia dan Serbia Beli Persenjataan Canggih”

  1. ya beli saja mumpung dapat pinjaman lunak mamrika hehehee

  2. tes

    • awas….nanti kena tipu daya da*al.

      nanti buat bamper kalau nya ameriki melawan rusia strong.

      nanti di titipin rudal jelajah tomohawk sama amer loh.

  3. Menanti kabar su 35 gmn y kabarx apakah akan d ganti typhoon nih????pencerahan dl rekan2 jktgr

  4. .

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)