Dec 162016
 

Drama kolosal memperingati Hari Juang Kartika atau Hari Angkatan Darat, di Lapangan Panglima Besar Jenderal Sudirman, Ambarawa, Jawa Tengah, Senin (15/12). (ANTARAR. Rekotomo)

Peringatan Hari Juang Kartika tahun 2016, yang dipusatkan di Lapangan Panglima Besar Jenderal Soedirman, di Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, kamis (15/12/2016), terlihat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Selain diisi berbagai hiburan, Peringatan hari lahir TNI AD itu, juga diselingi dengan drama kolosal Palagan Ambarawa.

Kepala Staf TNI AD, Jenderal TNI Mulyono, dalam amanatnya, saat memimpin upacara peringatan Hari Juang Kartika, menegaskan peringatan Hari Juang Kartika di berbagai daerah digelar secara sederhana yang diisi dengan kegiatan sosial kemasyarakatan.

KSAD Jenderal TNI Mulyono (tengah) didampingi Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswandi (kiri) serta sejumlah mantan Pangdam IV/Diponegoro mengikuti upacara peringatan Hari Juang Kartika di Ambarawa, Jawa Tengah.(foto: sindonews.com)

Hari Juang Kartika tahun ini mengangkat tema “Melalui Hari Juang Kartika Kita, Mantapkan Jati Diri TNI AD dan Kemanunggalan TNI-Rakyat Guna Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian”.

“TNI AD meyakini tentara akan kuat jika senantiasa manunggal dengan rakyat,” ujarnya.

Menurut dia, kekuatan TNI yang didukung oleh rakyat merupakan aplikasi pertahanan semesta dalam membela Indonesia. “Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mencurahkan kecintaan pada TNI AD sehingga dapat mengemban setiap tugas dan amanah yang dipercayakan,” katanya.

Drama kolosal Palagan Ambarawa memeriahkan peringatan Hari Juang Kartika di di Lapangan Panglima Besar Jenderal Sudirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/12/2016). (foto: sindonews.com)

Dalam amanatnya, KSAD juga mengingatkan tentang netralitas TNI dalam pelaksanaan Pilkada 2017.

Ia menjelaskan TNI menjaga komitmen netralitas dan menempatkan kepentingan bangsa di atas segalanya.

“TNI senentiasa mendukung segala upaya menjaga stabilitas dan kondusifitas sosial selama penyelenggaraan pilkada,” katanya.

Peringatan Hari Juang Kartika dimeriahkan dengan drama kolosal Palagan Ambarawa.(foto: sindonews.com)

Lebih jauh, KSAD Jenderal TNI Mulyono, mengisahkan pada 15 Desember 1945, Soedirman mengilhami, menginisiasi, dan memimpin serangan besar-besaran atas kedudukan Belanda dan Jepang di Ambarawa dan sekitarnya, melalui taktik serangan semesta “Supit Udang”.

Semua kekuatan cikal-bakal TNI AD dan komponen lain TNI serta rakyat bahu-membahu menyerang semua posisi strategis penjajah itu. Inilah pertama kali operasi militer gabungan dilaksanakan Tentara Keamanan Rakyat.

Peringatan Hari Juang Kartika dimeriahkan dengan drama kolosal Palagan Ambarawa. (foto: sindonews.com)

Serangan itu sukses gilang-gemilang dengan Ambarawa sebagai sentral utama, sekalipun saat itu tidak ada kesatuan besar Tentara Keamanan Rakyat di ketinggian Ungaran, Kabupaten Semarang itu. Titik fokus serangan Soedirman dan semua pasukan TNI saat itu adalah lokasi yang kini menjadi lokasi monumen Palagan Ambarawa.

“Serangan pada 12-15 Desember itulah yang kemudian dikenang sebagai Hari Juang Kartika pada 15 Desember dan sekaligus kemudian menjadi Hari Infantri. Akhirnya Hari Infantri ini ditetapkan menjadi Hari Juang Kartika sebagai hari jadi TNI AD pada 1999 saat Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu menjadi kepala staf TNI AD,” pungkasnya mengakhiri sambutan.

Sumber : antaranews.com

  7 Responses to “KSAD Jenderal TNI Mulyono Pimpin Upacara Peringatan Hari Juang Kartika”

  1. Di Kediri dulu ada napak tilas Jendral Sudirman, apa sekarng masih ada ?

  2. selamat hari juang kartika..
    jaya trz TNI AD
    dan jayalaah semua TNI kalianlah tulang punggung dan benteng pertahanan negara kita..
    bravooo TNI

  3. rawa pening mubal dahono, kali tuntang banjir getih.
    (rawa pening lautan api, sungai tuntang banjir darah)

    Tulisan di monumen lama peringatan palagan ambarawa yang lalu dihancurkan belanda saat agresi militer. Londo jengkel liat tugu tsb.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)