Jan 102017
 

KSAL Laksamana TNI Ade Supandi usai meresmikan tiga kapal patroli cepat di Batam (sumber : republika)

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi meresmikan pengoperasian tiga kapal patroli cepat 40 M produksi dalam negeri, Selasa (10/1/2017) di Dermaga Batuampar, Batam. Ketiga kapal tersebut adalah KRI Tatihu-853, KRI Layaran-854 dan KRI Madidihang-855.

Dalam acara tersebut, KSAL menjelaskan keberadaan tiga kapal cepat tersebut merupakan bukti bahwa industri pertahanan dalam negeri mempu melaksanakan tugas dan fungsinya yaitu mengembangkan teknologi industri pertahanan yang bermanfaat bagi pertahanan, keamanan dan kepentingan nasional.

“Keberhasilan ini juga merupakan salah satu solusi konkret bagi komite kebijakan industri pertahanan dalam mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait dengan pengadaan alutsista TNI Angkatan Laut di masa yang akan datang“, tegasnya.

Ketiga kapal patroli cepat 40 M tersebut merupakan produksi PT Palindo Marine Shipyard Batam, yang selanjutnya akan diproyeksikan untuk memperkuat Satuan Kapal Patroli (Satrol) TNI Angkatan Laut.

Kapal ini dipersenjatai dengan senapan mesin kaliber 12,7mm, serta memiliki panjang keseluruhan 45,5 m, lebar 7,9 m, kecepatan maksimal 24 knot, kapasitas bahan bakar 70.000 liter dengan endurance selama 6 hari.

Beberapa kemampuan ketiga kapal ini diantaranya, mampu melaksanakan peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti udara, operasi patroli laut, dan operasi Search And Rescue (SAR).


Sumber : Dispenal Mabesal

Artikel Terkait :

  22 Responses to “KSAL Resmikan Tiga Kapal Patroli Cepat”

  1. Good job

    • moga2 kapal2 ini bawa bekal rudal panggul yang cukup banyak kalau terpaksa harus berhadapan dengan coastguard cina, jadi kalaupun kalah paling tidak masih bisa menyengat

  2. boroong

  3. Panen kaprang 😀

  4. Poros maritim dimulai dr kaprang yg kecil2 dulu…,lo dah mencukupi br yg segede gaban ya pak kasal…?

  5. kasih Rudal rhan juga Ok

  6. Ini Kapal Patroli, bukan Kapal Perang. Senjata nya hanya machine gun 12,7 mm, apa mampu menghadapi Kapal Perang terkecil ukr. Korvet yg memiliki meriam 76 mm ?

  7. Panen kapal kecil bung,ditunggu panen kapal besarnya real fregat atau destroyer

  8. Bikin yg 200m biar lbh disegani negara lain..perbanyak dan perbesar…itu baru top!!,

  9. Ada disain modern pada lambung kapal-2 ini kira-2 mulai dari haluan hingga bagian tengah yg mirip dengan disain korvet Sigma. Hal yang menggembirakan lagi adalah adanya pemerataan kesempatan dalam membangun kaprang, tidak melulu didominasi pt. Pal agar semakin banyak galangan kapal yg mumpuni.

    Mengenai kelengkapan senjata biasanya TNI-AL akan mencicil senjata yg akan diinstalasi di atas kapal. Lanjutkan!

    Salam

  10. lanjutkan,,, agar pesisir NKRI aman dari pembajakan
    berdaulat di laut..

  11. Ini adalah kapal patroli namun diberi ular2 perang sehingga bisa disebut KRI.

    Sebab dia adalah KRI maka dia bisa bertugas di mana saja termasuk ZEE 200 mil laut dari pantai terluar dan tidak terpatok ke wilayah teritorial saja. Lain halnya dengan KAL yang hanya dibatasi bertugas di 12 mil laut dari pantai terluar.

    Sebab dia adalah KRI maka senjata yang diangkut bakal tidak terbatas asal harus sesuai dengan daya angkutnya.

    Walaupun sekarang hanya dipasang SMB 12,7 mm namun bisa jadi dimasa depan bisa dipasang kanon CIWS 630 atau 730 atau naval gun 40 mm atau bahkan rudal hanud jarak pendek.

    Yang penting kapalnya jadi dulu, soal senjatanya apa nanti aja urusan belakang.

  12. kaprang imut2

  13. ini adalah KRI untuk golongan Peronda (Patrol) PC-43 dengan ciri-ciri diawali oleh angka 8

    kalau golongan Pemukul (Strike) sekelas ini KCR-40 dengan ciri-ciri diawali angka 6

    semoga semakin banyak KRI berawalan angka 3 dan 4 … hahaha …

  14. Ayo bikin kapal patroli 450 meter

  15. kapan kapal Iver nya di resmikan oleh KASAL

  16. Tes

  17. Dari pada beli 3 itu mending beli kcr 60 PT PAL

  18. Beberapa kemampuan ketiga kapal ini diantaranya, mampu melaksanakan peperangan anti kapal permukaan, peperangan anti udara, operasi patroli laut, dan operasi Search And Rescue (SAR)….
    Apa ….segala bentuk peperangan itu semua nya…apa bisa diatasi dengan machine Gun 12,7 mm….?
    Tidak Salah itu …? Yang benar ah …