Jul 012015
 

image

Hercules milik TNI AU jatuh di Medan. Diketahui, dalam pesawat tak cuma ada personel TNI AU. Sejumlah warga sipil juga ikut dalam penerbangan tersebut.

Kepala Staf TNI AU Marsekal Agus Supriatna akan menginvestigasi kenapa sampai ada warga sipil dalam pesawat. Jangan sampai penerbangan militer dikomersialisasi.

“Nggak ada pesawat untuk angkut sipil kecuali ada perintah dari atas. Misalnya untuk bantuan bencana. Kalau keluarga iya bisa. Nggak ada dikomersilkan, kalau ada kita pecat komandannya,” tegas Marsekal Agus saat dihubungi lewat telepon, Selasa (30/6).

Agus memastikan tak ada korban selamat dalam pesawat Hercules itu. Untuk sementara, tercatat ada 113 orang yang berada dalam pesawat.

“Semua nggak ada yang selamat. Kalau investigasi kita ingin secepatnya. Tapi tidak semudah itu. Masalahnya nggak ada semuanya, jadi nggak ada yg bisa ditanyai,” katanya.

Sebelumnya, Pesawat TNI AU jenis C-130 Hercules dengan tail number A-1310 mengalami kecelakaan jatuh di Jalan Jamin Ginting Medan, Selasa (30/6).

Pesawat yang dipiloti oleh Kapten Pnb Shandy Permana (AAU 2005) itu melaksanakan take off dari Lanud Suwondo Medan, pada pukul 11.48 wib menuju Lanud Tanjung Pinang, Kepulauan Riau dengan misi melaksanakan PAUM (Penerbangan Angkutan Udara Militer).

Merdeka.com

  50 Responses to “KSAU: Kalau Hercules Dikomersilkan, Saya Pecat Komandannya”

  1. bagus

    • harus ada titik terang jika benar itu dikomersialkan. Jika ujung-ujungnya soal “dapur yang harus ngebul” memang sudah selayaknya kesejahteraan anggota TNI dinaikkan. omong-omong SR bertaun-taun baru kali ini dapat pertamax plus

      • caranya yg bijak itu, sekolah gratis sampai sma untuk anak tni…jd pendidikan gk dibebankan ke orangtua anggota TNI tsb….kalo dinaikan gaji….saya juga mau lah digaji negara…pa lagi sekolah gratis…

    • Alahhhhh berita basi……………..
      Saya pernah naik hercules ke Balikpapan hanya membayar 60rb saja, bersamaan dengan 40-an orang lainnya.

      dan saya yakin Panglima TNI juga tahu hal itu, tapi di biarkan saja

      Caranya gampang…..tinggal cari informasi di bandara tentang keberadaan Helcules TNI…ngomong aja di petugasnya…saya NUNUT pak

      • Wkwkwk….kayak nunut numpak cikar?

      • bisa dikatakan anda telah melakukan penyuapan atau tidak…hayo…koar koar..

        • Jadi naik kereta api, naik becak, naik angkot, apakah itu penyuapan ???

        • ente ngerti gak yg anda naikin itu pesawat kargo militer. dan seharusnya dengan sadar anda tau itu bukan untuk sipil..walapun ada oknum yg mengkomersilkannya…kalo anda sadar seharusnya mengurungkan niat untuk nunut. gitu maksud saya…

          kalo kereta, becak,angkot itu memang kendaraan angkut umum……ngerti orak son…

          contoh, penjual rokok tidak akan pernah ada jika tidak ada pembelinya, sama halnya itu jika tidak ada orang yg pingin mudik ngeteng murah saya yakin dengan sendirinya tidak akan ada kendaraan militer di jadikan obyekan…kecuali yg diangkut adalah keluarga militer, saya maklumin lah…..tp semua tergantung sop nya…salam damai bung….NKRI harga mati..

    • Nggak usah kita bicara pesawat hercules dikomersilkan, BUS TNI AD aja dikomersilkan,….saya masih ingat terbang dengan mengunakan pesawat hercules dari Atambua ke Halim Perdana Kesuma,…cuma bayar 150 ribu pada tahun 2000,….wajar saja itu terjadi, karena dapur para prajurit indonesia jauh dari kata sejahtera, seharusnya pemerintah tanggap dengan masalah ini,…Alusista yang harganya triliunan rupiah, sedangkan para prajurit TNI kita tidak sejahtera,….masak kita mau makan harus beli piring yang mahal dulu,….dan isi piringnya cuma singkong rebus!!!!!…….sungguh sedih nasib prajurit TNI.

      • ksau mau cuci tangan kali, lempar tanggung jawab…………..

      • bus nya dipake buat acara studi tour yh, biar aman dijalan…gk diusilin angota berseragam jaket stabilo ijo…xixixixi

      • Wah klo gaji nya ditambah makin banyak nie yg mau masuk TNI, tambah gede ni nembak masuk nya.

      • mau hidup enak banyak duit rumah gede makan enak, jangan jadi TNI mas bro, jadi pengusaha aja.

        menurut saya dah cukup kok kesejahteraan TNI skrang, cuma yang merasa tidak cukup mereka kurang bersukur., belajar hemat lah untuk tunjangan hari tua, jangan foya2, menjadi TNI tu tugas mulai bukan untuk gaya2 an, lihat deh skrang berapa persentase yang masuk jadi anggota berdasarkan murni atau nembak.
        Bukan jadi alasan kesejahteraan kurang bila jadi TNI, Klo benar merasa kurang jadi anggota TNI, salah sendiri mau masuk jadi anggota. Tidak ada kan yang memaksa harus masuk dunia militer

    • saya kepikiran pesawat kedepannya terutama buatan indonesia safetynya lebih diperhatikan misalnya dilengkapi parasut jadi klo pesawat mengalami kerusakan saat terbang dan jatuh minimal tidak terhempas terlalu keras dan korban bs diminimalisir, seperti heli serang rusia sudah ada dilengkapi parasut jika heli jatuh pada ketinggian tertentu balik-baliknya otomatis terlepas dan parasut mengembang……

  2. Siang

  3. Slamat siang..
    Stanby ngopi dulu mbah.

  4. Pecat aja. Pesawat renta masih aja diduitin.

  5. cukup sekali kehilangan…
    jangan dua kali….

    • dah berkali2 pun kehilangan bung,,, bukan cm kali ini saja,, itupun belum kapok2 jg yg duduk di parlemen dan mentri sono,,,

      • kebangetan klo smpai skrg belum nyadar ….kirain cm 12 korbanya, ternyata sampai 100++ dan meninggal semua …… miris kalau sampai terulang & tidak diantisipasi dgn mengganti semua aset2 tua….

  6. Tanpa mengurang rasa belangsungkawa untuk para korban namun selalu ada hikmah dibalik kejadian, sekarang bangsa ini sedang memerangi alutsista hibah.

  7. setuju pak, tata kelola harus benar2 di perbaiki dengan tegas. militer logistik harus murni logistik. personil tni yg mau mau bepergian baik pindah tugas maupun mudik harus menggunakan pesawat komersil. pesawat angkut militer kusus untuk pergerakan pasukan dengan surat tugas.
    anggota keluarga yg sipil siapapun dia wajib menggunakan pesawat komersil.

  8. Masuk catatan terburuk dalam sejarah kecelakaan pesawat militer dunia (reuters)
    140 denadah sejauh ini (okz)
    ga heran pom sampe razia taksi uber beberapa waktu lalu.

  9. Semua berdasarkan UUD (ujung ujungnya duit). Yawa orang kaya yawa ayam. Pesawat tua2 udah dikiloin aj ke lapak besi tua jendral, ini mci dipke juga otaknya udah kaga waras apa.

  10. Sebenarnya hingga saat ini masih banyak negara yang mengoperasikan pesawat jenis ini dan baik-baik saja….human eror kah???

    • Yg jatuh itu tipe B bro…di dunia tpie pling bru itu tipe J ygdsebut siper herkules..baik negara2 eropa udh pensiunkan beragam tipe herkules dri tipe H,K.ausiie terakjir tipe H yg di hibah buat kita..jadi tipe B itu msuk seri pertma herkules thn 60..herkules y msi di pkai itu tipe J..

  11. banyak prajurit terbaik kita yang gugur tanpa berperang, justru mati sama alutista kita sendiri, sampai kapan ini akan terus terjadi? giliran kita dah punya alutista canggih, negara lain dah serba robotik.gk butuh byk tentara.

  12. tni lucu sekali.. wakakaka

  13. Pura pura ndak tau ajaa deehh..

  14. Bukan perkara mudah juga beli pesawat baru…bukan Perkara ini pesawat hibah ataupun baru…bukan Perkara karena anggaran militer sudah diperbesar kita hrs beli baru semua peralatan militer yang modern..toh itu semua pilot n kru sedang menjalankan tugasnya…Tugas abdi negara…menghantarkan logistik dan beberapa keluarga dan anggota TNI…tugasnya juga sangat MUlia… bila Tidak dijalankan juga berakibat dgn kelangsungan hidup mereka dan matra TNI yang lain…ini bukan masalah dr kebijakan pemerintahan yang lalu2…baca2 sejarahlah…kita, saya, sebagai rakyat memahami juga uang yang bertrilyun2 itu jg dibelikan alutsista yg bermacam2 alutsista strategis utk 3 matra…dan itu semua secara bertahap…dan baru berjalan MEF 1…adapun kenapa kita menerima barang hibah…itu juga untuk menunjang kelancaran logistik militer atau bantuan bencana atau perkuatan alutsista strategis lainnya…karena kita disaat ini darurat pesawat angkut berat…sebagai contoh pesawat herky yg celaka tsb…54 tahun bung…itu barang masih mampu terbang hingga akhirhayatnya…( Dan kecelakan tersebut Diindikasikan karena gagal mesin atau istilahnya Engine Failure)…. ini merupakan pengabdian terlama pesawat herky di NKRI…negara kita selama ini belum mampu membeli yang baru ketika usia pesawat itu menginjak 30 tahun saat itu di NKRI…namun negara kita hanya mampu mengUpgrade pesawat tersebut hingga sekarang dgn biaya yg tdk sedikit pula….bila tdk diupgrade dimasa perawatan dan pemeliharaannya, TNI AU dan matra TNI yg lainnya tdk bisa cepat bereaksi memberi airsupport logistik ketika dibutuhkan logistik amunisi maupun bencana…apalagi bila lokasi yg dibutuhkan tidak mempunyai landasan pacu beraspal ataupun panjang…yang akhirnya ujung2nya kembali rakyat menyalahkan pemangku kebijakan…dari dulu kenapa gak beli baru sih??…kenapa pesawat rusak tetep dipake??…pesawat barupun macam airbus A400 M Atlas juga celaka gara2 engine failure…pesawat herky pesawat angkut generasi terlama yang hingga sekarang masih dipake oleh USAF dan negara 2 barat lainnya…ini semua musibah bung…jangan dikait2kan dgn program2 hibah ato barang2 bekas…CMIIW…salam

    • Ah..jangan mengecilkan kemampuan keuangan negara kita. Sebenarnya bukan tak mampu, tapi political will nya yang nggak ada. Nyatanya kasih 11,2 T setiap tahun ke Anggota DPR aja mampu, dan UU sudah disyahkan. Berapa sih harga 1 unit Hercules type-J terbaru, tak sampai 11,2T bung. Kasihan prajurit kita harus gugur hanya karena kita terlalu pelit untuk memberi pasilitas militer yang terbaik. Innalillahi wainna Ilaihi rojiun.

      • betul juga bung yudi…bukan saya pribadi mengecilkan kemampuan keuangan negara…namun perlu diingat juga kalo 11,2 T itu keadaan sekarang ( koreksi bila saya salah )…kita mampu bung utk beli pesawat angkut kelas berat meski hanya 2 biji namun DO nya kan gak bisa sak det sak nyet langsung datang kan bung… butuh beberapa proses negosiasi dan pembuatannya…semua matra kan juga membutuhkan alutsista strategis utk mengimbanngi militer kawasan…kalo jamannya MEF 1 atau bahkan sebelumnya mgkin pemangku kebijakan pinginnya beli baru juga…namun apa daya pertumbuhan ekonomi melambat kala itu…inshaAllah dgn pemerintahan baru akan semakin membaik perkembangan alutsista strategis kita dr alutsista kecil hingga yang segede gaban mampu kita beli dan kembangakan sendiri…
        sedikit saya kutip ungkapan dr mantan seorang pilot herky A1310 :

        Saya dan kenangan menerbangkan pesawat C-130 Hercules A-1310.

        Selama 3 tahun berdinas di Skadron Udara 32, Wing 2, Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, mungkin ada puluhan bahkan ratusan jam terbang saya menggunakan pesawat ini, A-1310.

        Pesawat ini handal, salah satu pesawat yang menjadi tumpuan skadron dalam melaksanakan tugas baik itu Operasi Militer Perang(OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang(OMSP).

        Banyak kenangan indah, suka dan duka tentunya saat melaksanakan tugas negara dengan menerbangkan pesawat ini.

        Namun, karena saya harus mengejar cita-cita saya dari kecil, pada akhir tahun 2009, saya minta mundur dari Skadron dan ditempatkan di Jakarta.

        Dalam pelaksanaan dinas luarpun dari Jakarta ke Lanud-Lanud tempat pelaksanaan Operasi Penerangan Langsung yang kami laksanakan, sering juga saya dan tim menumpang pesawat ini.

        Sekarang, kisah perjuangan panjang pesawat tersebut sudah berakhir di Medan, melaksanakan tugas tugas muliA dari negara.

        Saya angkat topi dan merasakan duka cita mendalam kepada seluruh kru pesawat ini, junior dan sahabat-sahabat saya yang dulu juga menjadi kru saya, yang telah menjadi Kusuma Bangsa, yang gugur dalam melaksanakan tugas negara.

        Saya juga berbelasungkawa kepada seluruh keluarga yang sanak saudaranya, keluarga mereka yang turut menjadi korban dari akhir kisah perjuangan A-1310 untuk negara kita.

        Semoga, kita semua bisa mengambil hikmah yang amat besar dari kejadian ini.

        Selamat jalan para Kusuma Bangsa. Terimakasih atas pengabdian kalian semua untuk negara dan bangsa ini.

        Terimakasih A-1310, yang sudah lama menjadi Alat Pertahanan yang Hebat bagi Indonesia dan seluruh rakyatnya.

        ?#?PRAYFORA1310?

        Salam Indonesia Jaya!
        by Captain Oktoberiandi Yusuf

        dan ini juga :

        Saudara-saudara sebangsa, setanah air dan seudara Indonesia dimanapun berada…

        ?#?PRAYFORA131O?

        TUGAS TNI ANGKATAN UDARA

        a. Dalam menjamin kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI, TNI Angkatan Udara bertugas :

        1) Melaksanakan tugas TNI matra udara di bidang pertahanan.

        2) Menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan hukum internasional yang telah diratifikasi.

        3) Melaksanakan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra udara.

        4) Melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan udara.

        b. Pelaksanaan tugas diatas diwujudkan dalam kegiatan operasi militer untuk perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP) meliputi :

        1) Operasi Militer untuk Perang terdiri atas :

        a) Operasi Pertahanan Udara, meliputi kegiatan Operasi Hanud Aktif dan Operasi Hanud Pasif.

        b) Operasi Serangan Udara Strategis, meliputi kegiatan Operasi Pengamatan dan Pengintaian Udara Strategis, Operasi Penyerangan Udara dan Operasi Perlindungan Udara.

        c) Operasi Lawan Udara Ofensif, meliputi kegiatan Operasi Penyerangan dan Operasi Perlindungan Udara.

        d) Operasi Dukungan Udara, meliputi kegiatan Operasi Penyekatan Udara, Operasi Serangan Udara Langsung, Operasi Pengungsian Medis Udara, Operasi Angkutan Udara, Operasi Patroli Udara, Operasi Pengintaian Udara Taktis, Operasi Pengisian Bahan Bakar di Udara, Operasi Perlindungan Udara, Operasi SAR Tempur, Operasi Pengamanan Alutsista, Operasi Bantuan Tembakan Udara dan Operasi Khusus.

        e) Operasi Informasi, meliputi kegiatan Operasi Lawan Informasi Ofensif dan Operasi Lawan Informasi Defensif.

        2) Operasi Militer Selain Perang (OMSP) berupa Operasi Pertahanan Udara, Operasi Dukungan Udara dan Operasi Informasi, dalam rangka :

        a) Mengatasi gerakan separatis bersenjata.

        b) Mengatasi pemberontakan bersenjata.

        c) Mengatasi aksi terorisme.

        d) Mengamankan wilayah perbatasan.

        e) Mengamankan objek vital nasional yang bersifat strategis.

        f) Melaksanakan tugas perdamaian dunia sesuai dengan kebijakan politik luar negeri.

        g) Mendukung mengamankan Presiden dan Wakil Presiden RI beserta keluarganya.

        h) Memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini dalam rangka sistem pertahanan semesta.

        i) Membantu tugas pemerintahan di daerah.

        j) Membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia dalam rangka tugas keamanan dan ketertiban masyarakat yang diatur dalam undang-undang.

        k) Mendukung mengamankan tamu negara setingkat kepala negara dan perwakilan asing yang sedang berada di Indonesia.

        l) Membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

        m) Membantu pencarian dan pertolongan dalam kecelakaan (search and rescue).

        n) Membantu pemerintah untuk pengamanan pelayaran dan penerbangan terhadap pembajakan, perompakan dan penyelundupan.

        http://tni-au.mil.id/content/tugas-tni-angkatan-udara

        TNI Angkatan Udara siap siaga senantiasa menjaga persada Indonesia…

        Ikuti kegiatan TNI Angkatan Udara melalui :
        – Fanpage Resmi TNI AU : https://www.facebook.com/TNIAU
        – Twitter Resmi TNI AU : https://twitter.com/_TNIAU
        – Instagram Resmi TNI AU : http://instagram.com/tniudara
        – Youtube Resmi TNI AU : http://www.youtube.com/Dispenau
        – Website Resmi TNI AU : http://www.tni-au.mil.id

        BERSAMA RAKYAT, TNI ANGKATAN UDARA KUAT DAN HEBAT!

        Salam Indonesia Jaya!

        thanks bung Yudi Nugroho atas Koment membangun nya…salam

  15. Kalau kasau tak tau bisa jadi.tpi komandannya yg mencri duit makan. Uda perkara biasa pesawat tni di komersialkan.makassar jakarta paling bnyk ambil penumpang anak mahasiswa datang aja di pos masuk bandara tni nanya ma pengawalnya jadwal pesawat berangkt pasti di minta nmor tlpnya.nanti di tlpn ma petugasnya kalau ada pesawt tenteta mau berangkat.

    • kalau kasau jatuh dari langit mgkn gak tau paum dikomersilkan. tapi kalau kasau pernah jadi danlanud ga mungkin gak tau. apa mgkn kasau sekarang gak pernah jadi danlanud.

  16. ini pesawat yg di upgrade di australia kemarin apa bukan yah…??

  17. Kenapa prajurit cari penghasilan tambahan, perbaiki permasalahan nya mulai dari atas, sebab
    Sudah bukan rahasia lagi banyak prajurit TNI & POLRI cari penghasilan tambahan !!!

  18. Saya ngga ngerti, mengapa KSAU baru tahu spt itu ?……

    apa belaga ngga ngerti ?…(ahh nanti disomasi, fitnah menuduh tanpa bukti)…

    begini aja,

    saat SMA dulu saya & beberapa teman sekelas punya rencana naik gunung di sebuah pulau di luar Jawa, ada orang tua dari teman kebetulan bertugas di TNI AU yg bisa membantu dgn mengikutkan kami di peswat Hercules yg juga punya rute menuju pulau tsb.
    tapi kami membatalkannya krn sudah terburu ujian akhir SMA.

    nah kejadian spt itu ITU SDH SEKIAN THN YG LALU,

    jadi dikalangan TNI AU pasti tahu….

  19. Ini bkn komersialisasi herlcules…..ini masalah herculesnya udh tua….ada ada aja nih….mau dikomersialkan jg kenapa….udhlah gk usah nyampuri urusan dapur…skrg fokus bgmn smua alutsista yg tua2 segera di jual ke negara2 miskin…

    • woooi sadar gak lu tong, itu pesawat militer dibeli dg duit rakyat….kalo dikomersilakan itu yang gendut cuma oknum2nya saja, lah negara dapet apa ??? korup itu namanya …. mikiiiiiiir

      kecuali tuh “dapur” punya nenek moyang elu baru bilang kaga usah ikut campurrrrr !!!!

  20. Ah Kasau pura2 tdk tahu,jgn keras2 pk bicara ke media kesannya seolah bpk cari kambing hitam dan cuci tangan tak mau tanggung jwb.BTW itu pilot wkt SD sekolah di tempat saya,Parit Tiga,Jebus kab.Bangka Barat.Nasib masih muda sudah anumerta

  21. Turut berduka cita

  22. Dari dulu persentase Prajurit TNI kita gugur persentasenya.
    1. Kecelakaan,
    2. Gam
    3. Polisi
    3. Preman
    4. OPM

    Semua saudara saudara sendiri… Hick…Hick…

    Walau harus enangis saya membuat status ini

    • Coba diconfirm itu tawaran arab saudi buat gabung koalisi perang lwn houti, atw terima ajakan us untuk gabung lawan isis di suriah….itung2 uji nyali buat tni, nambah pengalaman tempur dan yg dibarak tdk hanya kurve saja…biar makin battle proven ga cuma jago kandang

  23. Turut berdukacita, semoga hikmah dari musibah ini adalah :

    – Memensiunkan Hercules jadul dgnti baru ato A400 sxan
    – Memperketat dan memperbaiki prosedur penerbangan yg aman
    – Perawatan Alutsista diperbaiki
    – Kesejahteraan prajurit di lapangan di perbaiki

  24. hercules aja gak bisa beli yang baru apalagi mau beli a400m

  25. Kalau hercules dikomersilkan, saya akan mengundurkan diri. Saya sih gitu orangnya

    Kalau hercules dikomersilkan, disitu kadang saya merasa sedih

 Leave a Reply