Aug 202013
 
Kapal Selam Kilo Project 877 Rusia, milik India (Photo:globalsecurity.org)

Kapal Selam Kilo Project 877 Rusia, milik India (Photo:globalsecurity.org)

Ketua Komisi Satu DPR Mahfudz Siddiq menyatakan, tawaran 10 unit kapal selam dari Rusia kepada Indonesia, merupakan hal menarik dan perlu dikaji lebih lanjut. “Saya kira, tawaran dari Rusia, 10 kapal selam itu menarik untuk dikaji lebih mendalam dan ditindaklanjutinya,” ujar Mahfudz Siddiq di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (19/8).

Menurut Mahfudz, jika nantinya disetujui, pengadaan kapal selam itu baru bisa direalisasikan pada pengadaan tahap kedua atau setelah 2014 mendatang. “Saat ini sudah ada keputusan untuk pengadaan tiga kapal selam dari Korea Selatan,” ujarnya.

Dalam proses perjalanannya, saat ini pengadaan tiga kapal selam dari Korsel berjalan lambat. Ini setelah pihak Jerman, pemilik teknologi kapal selam yang diproduksi Korsel yang akan dijual ke Indonesia , mempermasalahkannya. “Karena, Jerman mengaku menjual hak paten teknologi kapal selam yang dimaksud hanya ke Turki,” katanya.

Komisi I akan mendukung pengadaan kapal selam dari Rusia itu. Sebab, sesungguhnya sebelumnya sudah pernah dilakukan penjajakan pembelian kapal selam dari Rusia. Namun karena saat itu yang ditawarkan pihak Rusia adalah kapal selam dengan spesifikasi yang besar, sementara kebutuhan kapal selam RI saat ini untuk kelas dan ukuran yang sedang.

“Secara prinsip, Komisi I pasti akan dukung upaya penjajakan kerja sama dalam pengadaan kapal selam dari Rusia tersebut, sejauh syaratnya juga dipenuhi oleh Rusia yaitu ada proses transfer teknologi pada Indonesia. Sebagian pengerjaannya juga harus dilakukan di dalam negeri Indonesia,” jelas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Menurut Mahfudz, tawaran Rusia sangat potensial ditindaklanjuti secara serius.

“Karena dalam pengadaan tiga kapal selam dari Korsel saat ini, realitanya berjalan lambat. Sementara kebutuhan akan kapal selam bagi Indonesia saat ini sangatlah besar. Sehingga sejauh spesifikasinya sesuai kebutuhan RI, harganya terjangkau, dan mau melakukan alih teknologi, DPR pasti akan mendukungnya,” tegasnya.

Sabtu (17/8), Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan, Pemerintah RI mendapat tawaran untuk dapat membeli sekitar 10 unit kapal selam dari Rusia. Jumlah ini di luar rencana pembelian tiga unit kapal selam dari Korea Selatan yang datang pada 2014.

Kapal Selam Amur 1650 Rusia (photo:ckb-rubin.ru)

Kapal Selam Amur 1650 Rusia (photo:ckb-rubin.ru)

 Mahfudz Siddiq “Cool”
Melihat komentar Ketua Komisi 1 DPR di jurnalparlemen.com, membuat kita cukup surprise dan sedikit bingung. Tidak ada tanda-tanda keterkejutan dari Ketua Komisi 1 DPR yang membidangi masalah pertahanan ini. Tidak ada pula pertanyaan : “Mengapa tidak membeli kapal selam Scorpene Perancis atau negara lain ?. Apakah sudah dilakukan uji banding dengan kapal selam lain ?. Tidak ada pula pertanyaan, mengapa membeli 10 kapal selam ?, kenapa tidak mencoba 2 unit, jika bagus baru mengambil jumlah yang lebih banyak !.

Mahfudz Siddiq lebih memfokuskan pertanyaan tentang upaya mendapatkan transfer teknologi dan agar pengerjaan sebagian kapal dilakukan di Indonesia.

Mengapa ketua komisi 1 DPR sama sekali tidak terkejut dengan rencana pembeian kapal selam dalam jumlah besar dari Rusia ?. Hal berbeda terjadi saat Indonesia hendak membeli MBT Leopard-2 eks Jerman.  Sebagian anggota DPR menolak pembelian main battle tank, karena dianggap tidak cocok dengan geografis Indonesia. Ada pula yang mengusulkan untuk mengambil tank dari Perancis atau Rusia. Perdebatannya begitu panjang.

Bahkan Kavaleri harus membuat perbandingan titik berat/ titik pijak antara tracked MBT Leopard dengan 4 ban mobil Kijang, untuk menunjukkan kendaraan tempur tracked tersebut tidak akan amblas dan memiliki titik pijak yang lebih ringan dari mobil kijang. Namun ketika pemerintah menyatakan hendak membeli 10 kapal selam Rusia, situasi di DPR adem-ayem, seakan sudah familiar dengan kapal selam dari Rusia ini. (JKRR/Jurnalparlemen.com).

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  33 Responses to “Lampu Hijau Pembelian 10 Kapal Selam Rusia”

  1. once why, always why..why?….

  2. hi hi hi ks kilo yang di sotosop

    • Hahaha… biar warga pada sadar yg di kalender itu hoax…

      Ntar kalo pake kalender itu lg lalu ada warga komen: “Lho, kita kan udah punya Kilo. Tuh muncul di kalender..” kan gk asik lg buat bahas isu baru: tawaran 10 KS Kilo.

      (eforianya kayak udah pasti aja semuanya bakal dibeli :D)

      • Kalo KS ane nonton aja deh, banyak opini ini itu, tapi kan agak aneh ya gan, nanti pangkalan yg di palu sestrategis gitu masa cuman buat nampung 2 KS reot sama 3 KS anjing kampung? Abis itu Rusia juga mau bangun pusat perawatan KS apalah gitu

  3. sudah banyak analisa terutama mengenai komentar para petinggi rusia, mulai dari dubes hingga menhannya, dan semua mengerucut ke satu arah: Bahwa Indonesia memang sudah mengoperasikan 2 unit Kilo rusia. Ogut cuma mau nambahin berdasar pidato SBY di Australia mengenai perlunya TNI sekuat dan bahkan lebih besar dari tentara tetangga, menyambung statement keras bahwa tidak ada jaminan Asean tidak perang. Disambung pula pidatonya sekitar 17an agustus, agar jangan ada yang melukai hati rakyat Indonesia. Ketiga statement itu, yang jelas ditujukan kepada negara tetangga yang usil, tidak akan keluar dari seorang kepala negara, jika dibelakangnya tidak ada jaminan bahwa Indonesia sudah terjaga dengan kuat baik di darat, udara, laut bahkan bawah laut. Karena statement itu bisa saja mengundang sejumlah pihak untuk mencoba-coba kekuatan lewat gerakan rahasia, dan yang paling aman untuk melakukannya tanpa menimbulkan friksi diplomatik adalah dengan mengirim kapal selam secara diam-diam.
    Jadi disini dapat disimpulkan bahwa SBY sudah sangat siap mengeluarkan statement keras tersebut. Dan salah satu indikasinya diperkuat dengan ucapan pembesar rusia dan juga pejabat Malaysia baru-baru ini….

    • Jadi inget berita di formil beberapa minggu yg lalu bahwa KS Malay pernah dilock salah satu kapal selam Indonesia…. Apa benar ya ..?? :)

      • tul gan, ane juga pernah baca di formil seberang utara, tapi lupa namanya, katanya scorpene yang satu (bukan yang gk bisa nyelem itu) pernah kena highlight kapal asing, yaitu disorot dengan sonar dari kapal asing, cuma mereka tidak tau apa dari sesama KS, ato helikopter atau kapal permukaan. Tapi kalo dari Heli ato kapal, pastinya masuk radar mereka….

  4. Guys, kalo sebagian anggaran di Departemen Agama bisa dialihkan ke pembelian alutsista, 10 kapal selam ini bener2 langsung berbendera Indonesia deh.

    Heran bener kok anggaran Depag gede banget yaa. Emang buat apa aja sih?

    Ato jangan2, itu emang kamuflase. Aslinya itu anggaran alutsista rahasia kita…. Negara lain kan gk paham item2 urusan keagamaan di Indonesia (*item buat hari raya inilah, buat upacara itulah,buat syukuran ini-itulah… buat selametan apalah… dsb….)

    Mr. Diego, mohon indikasi ini turut dibahas karena memperkuat dugaan keberadaan Kilo di Indonesia.

  5. Namun karena saat itu
    yang ditawarkan pihak
    Rusia adalah kapal selam
    dengan spesifikasi yang
    besar, ….
    —————-
    Besar? Jangan2 dulu yg ditawarkan rusia adalah kapal selam dari kelas delta

  6. gan kalo boleh tau, kilo sama amur lebih besar mana? dan spesifikasinya lebih bagus mana ?

    • Kelas amur kelas yang agak tua an gan. Kelasnya lepas pantai. Kelas kilo untuk shallow water alias perairan dangkal. Ini lebih cocok untuk mobilitas perairan indonesia dgn kedalaman sampai 200 meter

    • Kebalik ente gan, amur malah adiknya kilo. Beratnya jauh dibawah kilo, versi amur950 cuman 1000-an ton trus yg versi amur1650 sekitar 1700-an ton. Udah pake CMS lebih baru dari Kilo dan lebih senyap karena make acoustic stealth baru (isolasi karet buat meredam getaran mekanik biar nggak mudah terdeteksi pasive sonar lawan) dan katanya bisa dipasang AIP biar lebih lama nyelemnya. Amur malah lebih cocok buat perairan dangkal dibanding Kilo gan.CMIIW..

      • Ha…ha…ha…sori…soalnya banyak baca info..ktlingsut…tapi memang rasanya yang ditawarkan versi kilo gan…selain sudah tersedia tot nya dak akan terlalu rumit..

  7. Sejatinya Indonesia memang sudah bisa Kapal Selam dari dulu dengan pabrik empek-empek Kapal Selam di Palembang he…he….

  8. kyknya beberepa anggota komisi pertahanan sdah diajak2 darmawisata dkapal selam rusia..

  9. Kalau punya KS yg banyak apa berani menenggelamkan kapal perang asing yg nerobos masuk ?? atau cuma disundul dari bawah laut :D

    • Gak boleh. Yang boleh adalah menenggelamkan KS lain yang menerobos masuk. Pihak kapal selam asing tidak mungkin ngomong: “tolong, kapal selam kami ditenggelamkan KS Indonesia”. Orang akan tertawa dan tidak percaya, karena tidak ada bukti. Itulah strategisnya kapal selam. Aturan main/berperang kapal selam memang unik…makanya motonya: Tabah sampai akhir…

      • Nanti dikira pemain sepak bola koq ada acara sundul segala….. Hi hi hi bisa bisa ks juga Ikut tenggelam hi hi hi hi

  10. Bukankah..kelas kilo akan segera tersisih dengan suksesor nya yaitu kelas Lada..?

  11. Tni punya ks….yg bisa bawa icbmnya jkt48…heeee….ausit singo malon sam…..udah meriang dari 2 taon yg lalu…..jepun…aja bingung….ks tni banyak amat….bukan kilo class lg kita punya….malah tuh ks dah merapat ke ausit…foto2….pangkalam sam…di sono……

  12. Cakep gan….. Pak pur lgsg kirim team ke rusia dipimpin ksal liat 10 ks kilo . Hebat deh ….. Gue bangga . Koq di team itu ada delegasi tni au ….. Jgn2 su-35BM+s-350 jg dibungkus….. Gue aminin deh… Amin yra .
    Kira2 berapa ks ya. ….. Main tebak2an

  13. Om Diego…… Amin 3x .

  14. Ks dah datang kok,kunjungan itu bwt bhs s 400 sama su 35 bm.kayak biasanya start duluan tiba2 dtg

  15. Angkatan laut Indonesia sdh latihan bersama dg AS selanjutnya segera latihan bersama dg rusia, cina agar terjadi komunikasi bila pecah perang Siria samapai menjalar ke LCS

  16. mmmm. u semua comment nya hebat gan. so qt tunggu apa kata agan mahfudz s untuk ToT sekaligus semacam pusat perawatan semua jenis KS/sukhoi rusia kawasan asia di Indonesia mulai 2014 mendatang dream ny come true. n satu lg klo bs ada referensi asli dri pihak rusia ato situs asliny lah untuk memperkuat bukti. great nkri

  17. y y y y. u semua comment nya hebat gan. so qt tunggu apa kata agan mahfudz s untuk ToT sekaligus semacam pusat perawatan semua jenis KS/sukhoi rusia kawasan asia di Indonesia mulai 2014 mendatang dream ny come true. n satu lg klo bs ada referensi asli dri pihak rusia ato situs asliny lah untuk memperkuat bukti. great nkri

  18. Indonesia emg hebat utk urusan ngapusi si rese’ ausit and malingsit, … barang dateng duluan baru ngomongin belinya….!. Tolong donk yg tau spec si AMUR, klo ada yg tau ….!.

 Leave a Reply

(wajib isi)

(wajib isi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>