Dec 282016
 

KAL Bunyu saat bersandar di Dermaga Mamburungan.


Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XIII/Tarakan mendapat tambahan kekuatan berupa KAL Bunyu yang diproduksi oleh PT Tesco Indomaritim.

Komandan Lantamal XIII/Tarakan, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Ferial Fachroni, mengatakan bahwa KAL Bunyu akan memperkuat pengamanan untuk antisipasi ancaman dari luar maupun dari dalam.

“KAL Bunyu merupakan kekuatan ke 10. Sebelumnya ada 8 Kamla dan satu KAL. Sekarang 8 Kamla, 2 Kal. Jadi ada 10 unsur yang akan membantu tugas pokok kita,” ujar Laksma Ferial, seperti dilansir Prokal.co pada Rabu (28/12).

KAL Bunyu dilengkapi dengan persenjataan yang canggih, seperti persenjataan kaliber 20 yang berada di depan kapal dan persenjataan kaliber 12,7 di bagian belakang.

“Persenjataan ini digunakan untuk ancaman-ancaman permukaan laut, kalau kaliber 20 bisa menjangkau kurang lebih dua kilo efektif, maksimal bisa sampai empat kilo”, kata Danlantamal XIII.

Kedatangan KAL Bunyu disambut jajaran Lantamal Tarakan, Selasa (27/12/2016).


Laksma Ferial juga menjelaskan bahwa KAL Bunyu memiliki 15 prajurit yang telah terlatih, disertai dengan berbagai kelengkapan di dalam kapal. “Mereka (personel TNI) juga dilengkapi dengan senjata AK-47,” ujarnya.

KAL Bunyu memilik panjang 28 meter, lebar 5,85 meter, kecepatan maksimum 28 knot, dan mampu berlayar sejauh 1.200 kilometer. Jarak tempuh sejauh 1.200 meter tersebut dapat dicapai bila kapal dipacu dengan kecepatan 18 knot.

Sumber: prokal.co

Artikel Terkait :

  9 Responses to “Lantamal XIII Tarakan Diperkuat oleh KAL Bunyu”

  1. DENDAM PERTAMAX !!

  2. apakah aku keduax.. santai aahhh

  3. tiap lantamal di isi dengan kcr 40/60 meter dengan rudal pasti mantep, apalagi di tambah korvet 90m tambah keren,edisi ngayal…

  4. kapalny mantap.tapi sayangny gak ada rudalny

  5. Tarakan itu diujung Kalimantan Utara dekat Ambalat/Perbatasan, tp dikasih Kapal2an yg jangkauannya terbatas. Kenapa tdk min kapal2 kls FPB57 atau KCR60 saja, yg jangkauan & arms nya lebih baik.

  6. Bisa dibuat Mengusir siapa Dan bisa digunakan untuk Fungsi apa???
    Patroli Ronda pantai ….kelas ringan Dan Jarak dekat sekali???

  7. entahlah
    mungkin untuk atasi perompak
    bajak laut
    kalau untuk gembongnya perompak ya tunggu dulu

  8. Kenapa pakai ak-47? Bukan SS-2 ataupun m4? Mohon pencerahan