Mar 112017
 

Roket RX-320. (lapan.go.id)


Pusat Teknologi Roket LAPAN mengadakan kerja sama teknis muatan roket RX-320 dengan TU Berlin, di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, pada tanggal 23—24 Februari 2017. Kerja sama ini bertujuan untuk penguatan penguasaan teknologi roket, terutama sistem separasi nosecone dan payload yang digunakan untuk on-board health monitoring maupun pengukuran parameter atmosfer.

Acara tersebut diisi dengan paparan kegiatan yang sudah dilakukan pada kerja sama muatan roket RX-320 serta tentang sistem separasi payload dan pengukuran atmosfer. Dalam acara ini juga disampaikan rencana peluncuran pada tahun 2018 mendatang. Pusat Teknologi Roket LAPAN dan TU Berlin juga membahas kontrak 2017 dan antisipasi kesulitan administrasi barang hasil kerja sama.

Melalui kerja sama ini, diharapkan Pusat Teknologi Roket LAPAN memperoleh teknologi sistem separasi nosecone, payload on-boar health management dan payload pengukur parameter atmosfer roket sonda RX-320 serta sistem ground station sebagai tahap penelitian dasar untuk mendukung program roket pengorbit satelit di masa mendatang.

Pusat Teknologi Roket bertanggung jawab atas pengembangan wahana peluncuran yang akan dipakai untuk membawa muatan berisikan sensor pengukur parameter atmosfer dan sensor-sensor sistem telemetri dan navigasi roket.

Sumber: lapan.go.id

  15 Responses to “LAPAN Lakukan Kerja Sama Teknis Muatan Roket RX-320 dengan TU Berlin”

  1. 1

    • padahal suruh universitas surya, atau prof yosapat,peneliti peneliti indonesia di luar ataupun dalam negri ataupun swasta yg bikin pasti bakal lebih cepat kemana2 hasilnya daripada yg dibikin lapan ni

      • @winoko

        Setau saya kalo Prof. Josaphat mengembangkan teknologi satelit dan radar…lha kalo kerjasama dg TU berlin ini pd platform roketnya.

        Tapi saya setuju kalo para ilmuwan kita diluar negri, perkembangannya jauh lebih pesat…tapi jangan kuatir, kalo mengikuti FB-nya Prof. josaphat, terus mengalir ilmuwan kita dr berbagai lembaga yang ngangsu kawruh dilab-nya Prof di chiba

  2. mantap

  3. Bila masakah nantinya roket ini akan hantar satelit indonesia ke angkasa

  4. .
    Mantap lanjutkan ,

    Siapa tau nanti bisa buat Rudal Balistik
    Heheheehe 🙂

  5. Matangkan ilmu perolehan Indonesia..Setelah bisa bikin roket dilanjut ke bikin rudal antar kabupaten,antar propinsi ,antar negara dan kemudian antar benua..

  6. Roket seukuran exocet mm 40 ini, kalau di isi dengan satelite.. satelite-nya segede apa? micro apa nano satelite?

  7. Kerjasama bikin iCBM sekalian napa!

  8. Tes

  9. Tes juga…

  10. Bagai mana ya kabar perkembangan dari project RX420, RX550 dan RX750….

  11. Ini cikal bakal roket ulang alik indonesia kelak..

 Leave a Reply