Sep 192016
 

Perusahaan LMT Afrika Selatan pada pameran AAD 2016, Afrika Aerospace and Defence memperkenalkan kendaraan tempur (ranpur) multi-guna 4×4 baru LM13 yang dipasangi Meerkat, stasiun senjata lipat. LMT adalah desainer dan produsen kendaraan lapis baja berdasarkan permintaan pelanggan.

 

afsel-lmt-lm13a
Ranpur multi-guna 4×4 LMT LM13 dalam pameran AAD 2016 di Waterkloof Air Force Base, Afrika Selatan, Jumat 16 September 2016.

Dengan LM13 tersebut, Perusahaan LMT meluncurkan kendaraan tempur 4×4 baru dengan fokus desain pada mobilitas dan perlindungan. LM13 memiliki berat tempur 13 ton dan bisa membawa total 9 personil militer termasuk pengemudi, komandan, penembak dan 6 tentara.

Desain dari LM13 sangat mirip dengan kendaraan lapis baja 4×4 modern, mesin di depan, kru di tengah dan kompartemen pasukan di bagian belakang. Ada dua anti peluru besar di depan kendaraan, dan satu pintu tunggal. Pada setiap sisi lambung ada tiga jendela anti peluru kecil dengan port tembak di bagian bawah.

Pasukan masuk dan keluar LM13 melalui pintu ganda tanpa di bagian belakang yang membuka ke arah luar.

LM13 menggunakan mesin turbo diesel 6 silinder Cummins 400 hp digabungkan dengan transmisi otomatis dan 6 percepatan. Kendaraan dapat melaju pada kecepatan maksimal 120 km/jam dengan daya jelajah maksimum 540 km.
afsel-lmt-lm13b

LM13 dilengkapi dengan stasiun senjata lipat Meerkat terintegrasi dengan Sel-Defence Remotely Operated Weapon (SDROW) dipersenjatai dengan senapan mesin 7.62 mm yang dikembangkan oleh Denel Mechatronics, unit bisnis dari Denel Vehicle Systems.

Dalam posisi jalan, stasiun senjata Meerkat disimpan di dalam kendaraan. Menara Meerkat dapat terbuka dan siapa dalam 15 detik menggunakan mekanisme listrik 24v. Menara ini juga dilengkapi dengan tiga granat asap yang terpasang di setiap sisi senapan mesin.

LM13 dapat juga dilengkapi dengan berbagai stasiun senjata yang dapat dipersenjatai dengan meriam ringan kaliber 20 mm, peluncur granat otomatis 40 mm atau senapan mesin berat 12,7 mm.

Spesifikasi Utama LM13:

  • Ranpur Multifungsi dengan Mobilitas dan Perlindungan Tinggi.
  • Mesin Diesel 400 hp digabungkan dengan gearbox otomatis 6 kecepatan.
  • Suspensi independen dengan CTIS dan ABS terintegrasi.
  • Perlindungan ranjau darat STANAG 4569 (Bersertifikat).
  • Perlindungan balistik STANAG 4569 (Bersertifikat).
  • Perlindungan IED (Bersertifikat).
  • Dapat dilengkapi dengan berbagai menara dan sistem senjata.
  • Dukungan penuh C130 dengan menara terpasang.

Sumber: Army Recognition

Artikel Terkait :

  14 Responses to “LMT Pamerkan LM13 4×4 Dilengkapi Meerkat”

  1. Waduh dari tampangnya aja sudah sangar begitu

  2. Contek aja d yah…gak usah borong….

  3. Barang bagus, bungkus beberapa biji buat perbandingan dan peningkatan komodo.

  4. Pindad jg bisa bikin yang ginian…

  5. Lebih sangar Komodo nya pindad, krew nya nekat2

  6. Kalau di lawan tanding dengan “KOMODO Hamvee” PT Pindad kira-kira bagaimana ya?

  7. Please.. Jangan borong

  8. kayak lipan bara bentuknya hihihi

  9. Beli sedikit buat di pelajari, untuk bahan perbandingan dan peningkatan komodo

  10. perusahaan pembuat meerkat ini kyknya hrus belajar lg sama PT PINDAD biar bisa buat kendaraan tempur dengan desain keren semacam komodo…

  11. Terlihat lbh sangar dan gahar ketimbang anoa jika dari persenjataannya, klo dr segi modelnya ya sama2 keren sih..cintailah ploduk2 dlm negli..ucap koh acong!!! : )

  12. Bagusan lipan bara daripada nich barang.LMT 4×4 barang nggak berkualitas. 😛

  13. Model kayax bagus tp armor kira2 bagusan mana komodo ato lm13????

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)