Aug 192015
 
Menko Polhukam Luhut Pandjaitan

Menko Polhukam Luhut Pandjaitan

Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) Luhut Binsar Panjaitan menyatakan pemerintah bakal mengurus persoalan di Papua dengan serius. Pemerintah tidak mau didikte oleh opini dari luar negeri.

“Kita tidak mau didikte dengan persepsi dari luar seolah-olah kita tidak mengurus Papua dengan benar,” kata Luhut di kantor Kemenpolhukam, Jakarta Pusat, Selasa (18/8).

Menurut dia, pemerintah telah memberikan anggaran dana yang besar untuk pembangunan di Papua. Namun, hal itu tidak jelas ke mana habisnya.

“Kita sudah memberikan dana lebih dari Rp 30 triliun tiap tahun. Tapi kita lihat dana itu sebagian besar, menguap tidak jelas,” terangnya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan jika ada kekurangan anggaran di Papua maka pemerintah akan menambahnya. Akan tetapi, pejabat di Papua harus membuktikan kinerjanya secara nyata.

“Tetapi pejabat di Papua harus membuktikan bahwa mereka itu melaksanakan tugas pokoknya, memberikan contoh keteladanan kepada masyarakatnya bahwa mereka pemimpin yang selalu ada di tengah mereka (masyarakat). Kalau Anda lihat alokasi budget yang terbesar adalah provinsi Papua dibanding daerah lain,” ujarnya.

Di sisi lain, dia mengungkapkan para pejabat daerah yang menghabiskan waktu untuk melancong ke Jakarta akan dikenai sanksi. Sebab, mereka mengabaikan daerahnya dalam waktu yang lama.

“Mereka banyak membuang waktu di Jakarta dan tempat lain dan ini oleh Mendagri ada peraturan dan kami bersepakat akan mengambil tindakan tegas sesuai perundangan yang berlaku kepada pejabat yang meninggalkan pos-nya dalam kurun waktu tertentu,” pungkas dia.

Merdeka.com

https://web.facebook.com/JakartaGreater

  61 Responses to “Luhut : Tak Mau Didikte Opini Asing Soal Papua”

  1. Sipp

  2. bener

    • Ntar kalo pembangunan udah selesai, jalan2 sudah dibangun, ruko2 sudah berdiri , baru deh minta referendum. habis referendum nasibnya nggak lebih baik dr sebelumnya seperti timor leste. heran deh saya.

      • jgn di samakan bro……komen ente seakan akan saudara2 kita di papua sana adalah separatis yg ingin memerdekakan diri

        salam NKRI

      • Lihatlah Quebec di Canada selalu mau referendum utk merdeka tapi gagal terus atau Skotlandia di UK, semuanya lebih banyak yang pilih ‘Tidak Pisah’…krn mereka merasa ‘Rugi’ kalo pisah dari Inggris….Perasaan itulah yg harus ‘ada’ di Rakyat Papua,,..spt juga Aussie yg betah di Persemakmuran walau berapa kali ide utk jadi Republik..krn merasa lebih ‘hepi’ jadi warga persemakmuran…Itu tugas kita bersama…bagaimana ‘Rasa’; itu ada…

  3. kerja kerja kerja

    • yg kerja aja pada di phk,,,,,

    • Kerja apa bro. malah di PHK ni je. penak jaman si Mbah. dulu sembako murah, kerjaan banyak. sekarang kebanyakan janji, janji, janji. PHP

      • Mbah udah kena tagihan dari Mahkamah 4.4 T.. soalnya mbah kebanyakan korupsi … biasane caranya minjem ke luar 100, 10 buat biaya negara yang 90 mbah tilep.. wkwkwkw

        • itu dana mengalir ke yayasannya bung, aliran dana ke rekening pribadi memang ada? Banyak warga negara disini yang sudah pernah menerima beasiswa supersemar seperti saya dulu waktu kuliah. Utk dana utang dari cina kemana tuh, alokasi anggaran infrastruktur larinya kemana saja, jangan2 larinya ke perusahaannya sendiri atau dibuatkan proyeknya sendiri. BPK dan KPK harus segera mengawasi aliran dana yg sangat besar ini terutama utang dari cina tsb.

  4. Korupsi itu biang keladiy, coba bayangkan 30 triliun setiap tahun anjrit harus y pembangunan infrasruktur di papua itu lebih maju di bandingkan provinsi lain,,,, korupsi biangy, korupsi biangy,,, korupsiiiiiiiiiii,,, kehancuran negara

    • Jadi teringat seorang seorang teman dari Papua yg suka pelesir ke Jakarta…. kalo makan penginnya di Atrium mulu…
      selamat pagi bung Elang…

  5. Akur pak, dalam hal urusan dalam negeri RI, khususnya papua, jangan mau di pengaruhi apalagi ditekan oleh asing, karena itu lakukan lah pembersihan papua dari orang2 asing yang berkedok sbg misionaris padahal menghasut/memprovokasi/mengadu domba rakyat papua ……….. !!!

    • darimana kamu tau itu kerjaan misionaris, jangan ngawur dan sara kamu…mau dikarungin hahhhhhh

      • baca baik2 bung, saya bilang ” yang berkedok sbg misionaris ” itu artinya bukan misionaris yang sebenarnya !!!
        Jangan sedikit sedikit2 main ” dikarungin “, seperti karakter GPK saja ……. !!!

        • haha hehe … benar benar

          termasuk militant/ teroris berkedok kyai,ustadz, biara, biksu
          hancurkan yang berfaham militant , tidak terkecuali faham apapun

          Akur Kan

    • @bung CAG
      Dibawah bung ada yg ngamuk2 …. kayaknya mutant yg sekian hari bersitegang sama bung CAG… keep calm bung….

  6. Beneeeer !&#§.^{€¿

  7. Kan memang terkenal korup,mangknya daerah yg telat pembangunan padahal sdh otonomi khusus tp gak maju”. Patut dipertanyakan ke pemerintah daerahnya atau dinasti daerah yg mimpin

  8. 30 T waw… bsar bget..
    klo di bliin kapal mistral dpt tu.. tiap tahun 1

  9. orang luar itu tau apa? bisanya koar2 merdeka papua seperti Papua nugini.

    itu aja bisanya. tapi apa mereka tau kalo papua dikasih jatah paling gede? dikadih otonomi kusus? apa mereka tau kalo papua lebih makmur daripada si papua nugini yang katanya merdeka itu?

    persen apa kata mereka. ra urus. rumangsa ngempani

  10. kalau tidak mau di dikte bangsa asing ya segera tumpas habis tu OPM, mereka cuma tentara boneka asing untuk menggerogoti Indonesia lewat Papua, asing merasa berhasil mengoyak Indonesia lewat timor timur pasti tidak akan berhenti begitu saja

  11. Sebagian besar daya pikir masyarakat Papua emang sangat sederhana. mereka mudah dipengaruhi pemikiran2 dari Barat denghan alasan kemerdekaan. Apalagi rata2 acuh tak acuh dan tdk mengerti pada sejarahnya yang nota bene dijajah Belanda serta kekejamannya. Banyak mahasiswa anak papua di negeri ini, tapi mereka mudah dihasut kebencian pada Indonesia dan rak adil penalarannya dalam memandang partisipasi Indonesia memberikan kebebasan dan mnegusir penjajahan dari tanah lelhurnya. Mereka lebih didominasi rasa ketidakpuasan pada keadaan tanpa memahami sejarahnya dan berterimakasih pada Indoensia. Dan mereka tak berpikir akan kekejaman panjajahan dan keinginan tersembunyi para bangsa yang seakan2 mendukung perjuangannya saat ini. Jadi sangat menyedihkan orang Papua dengan bangganya menuntut kemerdekaan pada Indonesia padahal kita semua tahu bahwa Papua tdklah dijajah Indonesia seperti yg digembar-gemborkan para aktivis Ham dan penjajah yg sbenarnya. Harusnya masyarkata papua bisa membandingkan mereka situasi saat dulu, sekarang dibandingkan suku ABORIGIN, yang katanya hidup pada negara penjujung Ham tapi mereka tidaklah diakui sbg warganegara Australia. Padhl oarang Papua hidup ssederajat dengan suku2 lain indonesia dan rasa aman, bebas dimanapun diwilayah NKRI. Orang Papua …mikir donk, jgn mudah dihasut orang atas alasan merdeka. Katanya orang Papua sudah pada pandai2 tapi kok mudah dipengaruhi bangsa lain??? Ingat ada kepentingan tersebunyi diantara mereka itu. Buktikan daya pikirmu drpd rasa bencimu…..OBYEKTIF bung………

    • bung @PANDOVA…..emang benar orang papua itu hidup bebas di seluruh tanah air ini,emang benar orang papua itu pintar2,tapi kita juga harusnya bisa lebih obyektif menilai waga papua…..
      se tau ane di papua itu daerah yg sdh mulai maju di ikuti pula dgn standar hidup,kesejahteraan,pendidikan dan cara berpikir mereka….itu hanya terjadi di daerah2 yg sdh maju,tp kita juga harus ingat papua itu besar dan luas jd masih bnyk tempat/daerah yg belum tersentuh kemajuan pembangunan….jadi masyarakatnya masih terbelakang sekali cara berpikir mereka dan mudah di hasut dan di bodohi oleh pihak asing.salah satu penyebabnya di papua lambat perkembangan nya itu tidak lain dan tidak bukan adalah KORUPSI.hal yg sama yg terjadi di seluruh tanah air ini,cuman disana kan tdk terlalu disorot oleh KPK,padahal bunyak sekali korupsi merajalela di sana.anak papua pintar2 lho,kalau mereka mendapatkan pendidikan yg layak….

      maaf bung ini hanyalah opini pribadi saya saja,karna kita adalah sesama anak bangsa jd wajar kan kita bisa saling serr….maaf kalau ada salah kata

      salam NKRI

      • Masih ingat info ..waktu adik ipar jadi external audit utk aset pemda disalah satu kabupaten di Papua mendapati semua kendaraan dinas dipegang oleh keluarga Kadis he7x…jadilah keponakan kadis naik motor dinas…omnya naik mobil dinas…jadi itu dinas spt milik keluarganya sendiri..honorer keponakan/famili mereka semua..Makanya saya ngerti kalo Pilkada di Papua sampe2 orang perang suku…soalnya yg pecah adalah ‘piring’ dan status sosial kalo kalah pilkada..

    • Sependapat bung. Untuk masalah korupsi selain pemberian hukuman yang sangat berat dan tanpa remisi, juga sangat diperlukan utk membuat sistim yang bisa mencegah korupsi itu terjadi. Masalah dimana-mana sama, tidak di papua maupun di daerah lain yaitu perlunya sistim anggaran dan procuremet yang baik dan terkontrol.

  12. No coment ahh..

  13. Jika masyarakat Papua teriak2 karena gerak pembangunan yg relatif lamban, itu sangat wajar, karena berhubgn dengan kesejahteraannya. Bila Pemerintah pusat telah mengucurkan dana yg sedemikian besar, maka rakyat harus tahu dan sadar, bahwa pemerintah pusat senantiasa memikirkan mereka dan masy. Papua harus tahu dan sadar, serta menghargai upaya pemerintah ini, dgn tdk memudahkan diri dan mental di gerogoti intrik oleh bangsa/orang asing yg nyata belum tentu berkehendak mulia.

    Anggaran yg besar yg telah dan akan dikucurkan oleh pemerintah bila nyata di uapkan oleh “tangan-tangan” ghoib, seharusnya Pemerintah pusat harus berani tegas menegakan hukum, bila perlu “memancung” begundal2 itu, atas nama RAKYAT.

    PAPUA >NKRI HARGA MATI . Merdeka .

  14. gendeng… 3O Triliun udah dikasih ke papua tiap tahun, tpi infrastrukturnya masih ketinggalan…. Oh the iron man… pemerintahan disana bagaimana sih ? Mungkin rakyat papua udah kena propaganda murahan sehingga selalu menyalahkan pemerintah pusat

  15. Orang papua itu sudah maju, generasi muda nya banyak kuliah perguruan tinggi di pulau jawa, luar negeri, hanya saja infra struktur jalan penghubung masih kurang itu yg menyebabkan harga disana mahal, kalau bicara anggaran semua propinsi juga kurang untuk membangun daerah masing2… karena perkembangan itu gak ada habisnya…

  16. Gak jd no komen stlh bc artikel terbaru bung yayan..
    Ternyata Indonesia lebih memilih berinvestasi jangka panjaaang dlm MSG(Melanesian Sparehead Group) drpd ikut MEA..
    Krn MEA adlh jebakan bg Indonesia sdgkn MSG akan diarahkan mjd salah satu kekuatan ekonomi dunia yg baru..
    Dgn brrgabung lg ke opec kemudian mjd ahli strategi opec kmudian membuat as keok..lalu Indonesia menampung minyak opec utk menyaingi psr minyak singapur dan untuk di dayagunakan di kawasan pasifik trmasuk melanesia..

    Maaf bung yayan klo sy salah menterjemahkn artikel anda..salam..

  17. Ambil keputusan yang terbaik bagi bangsa ya pak…. Yang penting tejoo suda tak ada,,

  18. dulu jamanya bapak besar para petinggi di Irian jaya mengancam klo KPK msk Irian Jaya mereka bakal memisahkan diri dr NKRI, yg jd masalah sebenarnya para pejabat di Irian Jaya maupun di Aceh trlalu sibuk mncRi cara menekan pusat tp abai mengurusi kemajuan & kesejahteraan rakyatnya, utk 2 daerah ini tiap calon kpala daerahnya hrs di pantau track recordnya

    • kalaupu ada itu hanya gertakan segelintir orang yg punya kepentingan n rakus akan kemewahan…..tinggal pemimpin negara ini saja mau tidak…..berani,tegas dan pantang mundur(nyalinya jgn nyali krupuk)
      salam semua saudaraku

  19. Coba libatkan kpk pak, selama ini masyarakat papua hanya bisa menyalahkan indonesia(pemerintah pusat).. masyarakat ekstrim trutama mahasiswa papua yg kritis coba lebih mengkritisi pemerintah daerah disana drpd sibuk demo memerdekakan papua.. jng cuma trhasut ideologi sesat, yg tanpa sadar hanya akan membuat kisruh kampung halaman mereka(papua).. dgn lepasnya papua akan memecahbelah papua sendiri karena akan ada banyak kepentingan orng papua yg haus dgn kekuasan dan ujung2nya papua malah tidak berkembang hanya ada kegaduhan yg sibuk mempertahankan kekuasan.. niat awal utk membangun papua malah trlupakan.. lebih baik masyarakat papua memerdekakan diri mereka dari ideologi2 sesat utk lepas dari NKRI dan mengkritisi pemerintah pusat dan pemerintah daerah disana jika trjadi masalah dgn pembangunan di tanah papua.. kita yg di luar papua juga ingin kehidupan masyarakat di papua mndapatkan kehidupan yg lebih baik dan pembangun yg merata diseluruh indonesia tercinta.. segera!!

  20. Cuman opini dari saya..in patut ad kecurigaan.dana besar 30 T.lalu masih mnganggap papua krg di perhatikan..aneh.lalu kebnyakan aktivis mngatasnamakan rakyat papua.anehnya lg para aktivis it mnyuarakan protes ke pemerintah pusat minta bantuan dr asing.dan satu lagi kenapa para aktivis tdk mnyalahkan pemda papua.ini yg selalu jadi masalah dari jaman dulu.padahal anggaran untuk papua sangat besar.artinya papua paling istimewah dr prov lainya.saudara kt dr sulawesi tdk sebesar it.tp pembangunan infrasruktur sdh ad kemajuan..jadi hemat saya salah besar bila ad yg mngtakan papua tdk di perhatikan oleh pem.pusat..slam NKRI

  21. papua itu merupakan pulau kaya,seperti kalimantan,sulawesi,sumatera.kekayaan papua berupa alam baik dilaut dan keanekaragaman hayati merupakan tambang bagi indonesia itu sendiri dan pihak luar(seperti freeport),banyak tumbuhan dipapua kalo diteliti bisa menjadi obat atau vaksin penyakit2 langka(nah ini perlu penelitian dalam kesehatan)

    tanaman2,binatang2 langka banyak terdapat dipapua baik itu papua,papua barat dan papua nugini(kepentingan negara tetangga aussie main disebelah)

    usa mungkin tidak mau main dipulau seperti sumatera,kalimantan dan sulawesi,nah kalo kepentingan seperti papua,sepertinya ada kue kurang selama puluhan tahun untuk mengisi pundi22 amrik(diplomasi,militer bisa digunakan dengan memakai tetangga dekat papua nugini,ausssie)

    sekarang masalah dipihak tni selain kesejahteraan ekom pembangunan dipapua baik pusat maupun barat sudah dijalankan dengan baik(merebut hati dan pikiran masyarakat papua)

    dilain pihak tni katanya mau bangun armada 3 dan div 3kostrad sepertinya perlu disiapkan sebelum turun hujan(masalah jakarta-papua bisa makan waktu hampir 2jam lebih naik pesawat,dan bisa 2hari naik kapal paling cepat mudah diintercep baik logistik dll)malah lebih dekat darwin ke papua,kepentingan utama dipapua merupakan tonggak nkri,sekali jatuh sepertinya republik juga hancur berupa kemerdekaan propinsi lain(ini beda timles,kita masih bersatu,kkn dan hukum perlu ditegakkan selain alussita,sdm dan perlengkapan dll)

    salam selalu met siang:)

    • hehehehehe…bung Bukek,maap ya kalau ane koreksi sedikit,pesawat; maluku(contoh ternate/maluku utara)-jakarta aja 2jam lebih…nah kalau papua?
      kalau kapal PELNI ternate – tanjung priuk aja bisa 5 hari tergantung rutenya,nah kalau papua…..?
      hehehehehehe….kalau salah tolong di koreksi
      salam bung Bukek

  22. semoga pulau jawa gak lepas dari NKRI juga gan, kalo bisa negara2 sebelah ikut bergabung jadi saatu dengan nkri kek easttimor, sabah dan sarawak, papua new guine, kepulauan solomon dsb.

  23. berarti uang dr pemerintah pusat habis di embat gubernurny, bupatiny, dprdny, opmny, wkwk..

  24. Masyarakat papua pinter2 tapi mudah di pengaruh i pihak asing?telusuri bisa jadi kepintaran mereka berasal dari BEASISWA gratis dgn alasan tertentu yg mengarahkan kurikulum mengarah ideologi untk cuci otak mereka,,,mf.imajinasi liar.cmiiw

  25. diberi dana juga harus ada auditnya….

  26. kita tunggu komitmen nya untuk tidak tunduk terhadap pesanan asing

  27. Orang asing yg ada dipapua hrs dicurigai sbg agen asing

  28. Di Papua yang urgen saat ini adalah operasi Intelijen. Maka harusnya Pemerintah juga mengirim sebanyak-banyak Intel kesana. Secara di sisi laen Intel asing dah penuh sesak disana. Klo soal dana pembangunan saya rasa dah melimpah ruah tapi realisasi masih sangat jauh. Para pejabat di Papua juga memain situasi ini. Mereka akan menggertak kembali Jakarta, kalau korupsi mereka di usik apalagi di ungkit. Pejabat Papua juga memainkan standar dan politik ganda kemanapun mereka memijakkan kaki mereka selalu berada diposisi yang diuntungkan.

  29. Uang puluhan triliunan bukan solusi kekerasan Negara di Keseluruhan Wilayah Papua.

  30. Lihatlah diri mu bung, Papua nuntut Merdeka/ memisahkan diri dari NKRI bukan krn hal sekedar makan dan minun melainkan krn Jati diri bung, Hitan dgn Sowo bahkan Keriting dgn lurus sangatlah beda bung. Jangan sok dugem klo udah mulai kenakaran jenggot.

  31. I

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)