Mar 052017
 

Putrajaya telah menawarkan fasilitas pelatihan kapal selam kepada Angkatan Laut Kerajaan Saudi (RSN) dalam upaya terakhir untuk mengejar kemampuan tempur bawah air awal, seperti diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein melalui saluran media sosial resmi.

Pernyataan itu dikeluarkan pada kesempatan kunjungan Raja Salman Bin Abdul Aziz al-Saud ke Malaysia, yang berlangsung pada akhir Februari hingga awal Maret 2017.

“Malaysia, melalui Angkatan Laut Malaysia (TLDM), telah setuju untuk membagi keahlian kami dalam operasi kapal selam dan menyediakan pelatihan untuk Angkatan Laut Kerajaan Saudi”, kata Hishammuddin dalam pernyataannya.

“Malaysia akan memastikan bahwa pelatihan tersebut dilakukan terus menerus sementara kapal selam RSN pertama sedang dalam pembangunan”, tambahnya.

IHS Jane

Artikel Terkait :

  116 Responses to “Malaysia Tawarkan Fasilitas Pelatihan Kapal Selam ke Arab Saudi”

  1. Pertamax berhadiah kaos.

  2. simulator kasel adalah langkah maju malay,, untuk mendidik awak kaselnya..
    kita sudah datang dan mulai di rakit,,,
    minimal tahun ini kita sejajar dengan mereka dalam pelatihan awak kasel.
    kalo dalam produksi,, maaf saja ya malay,, kami didepanmu….

  3. Wah apa gk salah tuh malay mau ngajari awak kasel arab perasaan awak kasel malay aja masih gk bisa awakin scorpung ntar nanti kaselnya arab sama lagi nasibnya kaya si scorpung

  4. wkwkwk….

  5. Heeee mau ngajarii bangsa lain..????????????????????????????????
    Nyelemiiin kapaal aja blm bisa kok sok mau ngajarin bangsa lain maloon2…
    Bloon kok dipiaraa…

  6. mereka bukan mo ngajarin bung, tp minjemin fasilitas pelatihan kasel, mungkin make fasilitas pelatihan ny blm jaguh, jd ibarat pr anak sekolah kalo susah dikerjakan sendiri ya bagusan nyari temen bt belajar kelompok….apalg kl temen belajarny byk fulus pasti bekel bawaannya enyak enyaak….wkwkekek

  7. Assalamu’alaikum wr. wb.
    Indonesia sudah lebih berpengalaman mengoperasikan kapal selam.
    1. kapal selam whiskey dari rusia
    2. kapal selam 204 diesel german
    yang belum kapal selam nuklir

    la sebelah masih tahap bisa menjalankan atau operasional belum sampai tahap siap tempur, jadi kalau ada masalah dengan kaselnya pasti panik.
    misal kejadian kasel inggris yang lubang pendinginnya tersumbat oleh anemon laut, itu salah satu jenis masalah, atau bila ada kebocoran atau ledakan.
    Indonesia malah pernah mengoperasikan kasel tanpa periskop.

    tetangga masih awam dengan yang namanya kapal selam, simulator tidak bisa menggambarkan total dari kondisi sebenarnya.
    mungkin simulatornya cuma cara menyelam cara muncul ke purmukaan cara meluncurkan senjata cara mengemudi udah paling gitu aja.

  8. Edisi gagal faham

  9. Mungkin maksudnya malon mau nyewakan fasilitas pelatihan kapal selam ke arab saudi, maklum duit lagi cekak hi..hi..

    • sebagai barter mungkin, karena Malaysia pengen dapat hibah kelebihan stok pesawat tempur milik Arab Saudi 😀

      • Masa sih bung lingkar saya kira arab gk sebodoh itu deh jelas untungnya di malay.malay dpt pesawat sedangkan arab dpt musibah coba anda bayangkan jika kasel arab nasibnya sama kaya punya jiran langsung ancur tuh harga diri RSN

        • Sudah tentu Arab tidak bodoh bung @Jimmy Sullivan, tapi mungkin negeri jiran menganggap hal yang mereka tawarkan bisa menarik perhatian Arab 😀 hehehe

  10. haaaaaahhhhh..!!!!

  11. Udah habis akal malon,tak ada yg bisa ditawarkan lagi,kok nggk nawarkan kursus nyolong and ngeklaim barang tetangga aja ya?saya rasa itu tawaran yg cukup menggiurkan.

  12. “Malaysia,terutama TLDM telah setuju membagi keahlian operasi kapal selam”…keahlian apa???..keahlian scorpung,keahlian membawa kapal selam mengapung terus macam t**k…muehehehe…Wkwkwk

  13. Pelatihan kapal selam terapung xixixi ..

  14. malon mengharapkan imbal balik berharap dpt hibah pesawat tempur dari arab. lonnn lon ngakunya loe itu negara paling kaya lonn huahahaha

  15. Hehehehehehe

  16. bung@colibri…demmen yang kek ginian…….sikattttttttt!!!!!!!!!!!!!!!!

  17. Walah lon… Emboh karepmu kono… Edan kok turun temurun…

  18. untuk negara sekelas arab saudi belajarnya ya klo ndak ke jerman yo ke USA
    malon bingung karena Raja Salman mo mindahin 50% hibahnya ke Indonesia

  19. mau ngajarin selam atau nyembul trus?kau aja blajar nyelam hrus pke pelampung,pke mau ajari negara besar sprti Saudi,klo mau dia bisa lngsung blajar dr ahlinya AS ataupun Rusia.

  20. Indon iri……..wkwwkwkkww…….jawa emang selalu iri pantas negaranya digelar negara k***kan…….wkwkwkwk

  21. gagal selam??haduhh nembak rudal exocet anti kapal pun sdh om..indon punya kapal selam brengsek gak punya rudal..kihkihkih

    https://youtu.be/jP6VFtY4IFw

    • Scorpung nembakin Exocet !!??….. mimpi …. 😆

      Berita malingsial mah songlapan semua !!…

      kwaaakk…kwaaakkk…kwaaakk…..

      • Iya saya percaya kalau scorpung malon bisa meluncurkan rudal yaitu rudal PSG-1 Rudal ini memiliki berat 220kg dan memilki kecepatan mach 0,01 dan di tambah hulu ledak high explosive yaitu hulu ledak pisang seberat 120kg dan konon rudal ini di ciptakan karena negara malon mau bangruk begini nih ceritanya kang wang negara di korupsi sama bapak najib nah setelah itu banyak beruk semenanjung yg kelaparan setelah itu pemerintah malon berpikir bagaimana cara untuk mengatasi beruk2 yg kelaparan nah setelah itu pemerintah malon menyuruh para insinyur untuk mengembangkan rudal yg bisa memiat hulu ledak pisang dlm jumlah yg besar karena pengiram pisang lewat darat terlalu mahal jadi kalau ada beruk yg lelaparan tinggal luncurkan rudal PSG-1 dari submarine scorpung ke daerah yg di tentukan..KAHKAHKAH 😆

    • Yang jadi pertanyaan :

      “Seandainya Scorpung malon memang sudah bisa nembakin Exocet, emang mau nembak siapa ??…..

      1. Sama Nelayan China takut.
      2. Digertak Najib juga takot.

      😆 😆 😆

    • Cecenot@ gimana scorpene malon bisa tembakkan missile bila nyelampun tak de kuase…lawak sangat kau nih…muehehehe…Wkwkwk

  22. gagal selam??haduh nembak heavy weight torpedo blackshark pun sudah om..bkn SUT torpedo murahan..hihiii..saudi gak melihat siapa lebih lama punya kasel tp siapa punya yg lebih berkualiti om..IRI…hahaha..scorpene jauh di atas changbogo anjing kampung om…bentuk kayak kasel ww2..wkwkkwkwkk

    https://youtu.be/QSfm_pEStGw

    • Scorpene gimana mau tembak missile bile nyelampun pake pelampung Wkwkwk…lawak sangat kau nih,media melon banyak songlapnya seperti scorpene yg kena songlap Wkwkwk…biar changbogo anjing kampung tapi kalo menggigit bisa menyebabkan rabies,lha ini scorpene gimana mau menggigit bile nyelampun pake pelampung Wkwkwk…sakit perut aq bile lihat scorpene nih Wkwkwk

    • Muehehehe…sakit perut saya lihat komen yg ini…teruk sangat…Wkwkwk

    • Belajar nyelem dulu….xixixi

    • Kapal selamnya berkualiti, ABK-nya bodoh forever…… Scorpene jadi Scorpung deh…. xixi…

    • Gak ada gunanya pengalaman pulohan taun guna kpl selam whiskey tp gak ada satu pun yg bisa hancurin kpl musuh dilautan.
      Dari 12 buah whiskey yg kononnya pernah dimiliki Indonesia kemana menghilangnya ..
      Cuman 3-4 buah aja yg dapat dilihat keberadaannya hgga saat ini termasuk di mesium.
      Adakah menghilangnya karna siluman ghoib terus didasar laut..
      Ato sebahagiannya udah hancur di tembak FPDA saat konfrontasi..
      Kacia ABK dan keluarga mereka yg hingga saat ini kehilangan whiskey menjadi misteri.
      Chakra dan nanggala baru ketauan semenjak dibeli cuman ompong.
      Kalo dimedia klaimnya kayak paling haibat dikawasan hgga diberitain taun 90an dan 2000 dulu Indonesia punya kpl selam paling ngeri diasean.
      Xixixi…

  23. Buat rekan-rekan dr malay silahkan dijaga tutur katanya bila tidak mau kena “tiiiiiiiiiiiiiiit” 😆

  24. Bentar lagi pasti bakal nongol beruk malon bercawat yg teriak teksi….teksi…. sambil panjat2 pohon…. xixi…

    • Bung colibri,scorpenenya pakcik najib telah berjaya tembakkan torpedo black shark sambil nyelam pake pelampung…Wkwkwk..kalah dong changbogo kita..
      Wkwkwk

    • Gak perlu ngiri bung..
      Mereka sukses saat ujicoba SM39 block 2 . Menghantam sasaran bersaiz 40 meter kayak Kpl KCR40 yg diluncurkan dari kedalaman 55 meter dibawah laut.
      Xixixi..
      Mereka punya torpedo black shark heavy torpedo yg jugak sukses saat uji coba. Itu torpedo paling gahar di asean yg Indonesia belum punya.
      Satu scorpene menggotong 18 torpedo dan 18 excocet jumlah kesemuanya 36 .
      Satu rudal bisa hancurin satu kapal .
      Mereka udah buktikan ujicoba yg dilakukan selalu sukses dan berbeda ama Indonesia yg kerap melesat hanya bisa nyetir .
      Xixixi..
      Harap chabonggo bisa tandingi kehaibatan scorpene di taun 2020,
      Itu pun jika bisa cepat memahami sistem tempurnya.
      Apapun scorpene udah terbukti kpl selam diesel paling maju karna menggunakan teknology nuklear yg dipakai peranchis.
      Udah selayaknya Malaysia tawarin Arab Saudi pelatihan kpl selam karna Malaysia udah 8 tahun berpengalaman ama kpl selam modern itu dan saat ini scorpene mencapai had 10 ribu jam operasi dan satu scorpene saat ini menjalani service life extention pogram utk melanjuti operasionalnya 15 taun kedepan.
      Gak perlu ngiri bung..
      Nanti tambah stress berat.
      Xixixi

      • Nulis panjang lebar hanya untuk memamerkan kebodohan, malon….malon

      • Hanya baru sampai 10 ribu jam operasi saja sombong betul.

        1 tahun = 365 hari
        1 hari = 24 jam

        Jadi 1 tahun = 365 x 24 = 8760 jam.

        10 ribu jam operasi untuk kapal selam itu SANGAT SEDIKIT SEKALI sebab hanya sama dengan setahun lebih dikit.

        • Ibarat baru bisa menyalakan komputer saja sudah sombong…

          RI mengoperasikan kapal selam itu sudah BELASAN JUTA JAM Operasional.

          Tetapi memang sih lebih baik sombong daripada minder

          Xixixixi

  25. Wkwkwk…melon mimpi basah sahaje selalu

  26. Test

  27. Forumer Indonesia pasti ngiri saat berbicara soal scorpene..
    Tambah ngiri saat scorpene sukses uji coba terpedo dan rudal excocet SM39 block 2 .
    Tambah ngeri karna sasaran ujicoba nya bersaiz kecil 40 meter yg menyamai saiz KCR40 tni Al.
    Boleh dibayangkan kalo targetnya lebih besar 60 meter ato 90 meter ato 105 meter ..apa lagi kalo saiz kpl angkut ..
    Boonmmm ..
    Xixixixi…

    • Masa hrs ngiri dng kapal selam yg bisanya ngapung bagai gabus kuning. Yg benar aja ente.
      Ente pede atau keblinger.?

      • Kamu kira scorpene itu dibuat dibatam ..
        Kamu kira scorpene itu kpl selam hibahan kayak whiskey dulu..
        Kamu kira scorpene itu dibina Company setanding pt pal yg perlu ngotot dulu sebelum dibenarkan menjahit/merakit .
        Kamu kira DCNS itu Company isinyurnya sekolah dasar yg harus menipu customer dgn menjual barangan gak kualitas.
        Scorpene gak bisa nyelem itu cuman ada di Indonesia yg wajib ngiri ama Malaysia ..
        Xixixi..

        Perhatikan saat ini Indonesia udah keburu mencari frigate.. Sedangkan 2 buah frigate sigmanya masih belum diserahkan dan masih ditahap uji coba.

        Gowind masih ditahap pembinaan tp Indonesia udah nampak pkr sigma bakal jauh ketinggalan dari gowind ditahun 2020 kedepan.
        Dgn bilangan 6 buah gowind bisa menampakkan pkr sigma umpama mainan budak kecil..
        Maka sesuatu harus dilakukan maka gak perlu heran keburu mencari full frigate .
        Mau membeli FREMM kayak peranchis ato Itali pasti ongkosnya muahal..
        Akhirnya memileh frigate denmark yg udah berusia 10 tahun kira kira cocok dan harganya terjangkau buat tandingi jiran .
        Xixixi..
        Itu pun belum pasti karna ekonomi Indonesia dijangka tenat dan uang yg ada masih perlu service maintenace alutsista tua yg memenuhi hangar saat ini.
        Xixixi..
        Kacian indong.

    • Kedepan pasti tambah ngiri saat gowind yg dibina khas utk anti submarine bakal diluncurkan..
      Bukan 2 biji kayak pkr sigma tp 6 buah komplit ama rudalnya.
      Apalagi gowind memileh rudal siluman NSM yg dianggap rudal generasi ke5 yg turut diguna LCS Amerika.
      Yg ngiri akan selalu menghina dan mereka cerita hoax …
      Hal yg kecil akan diperbesarkan ..
      Cerita hoax dianggap benar..
      Xixixi…
      Malaysia kalo membeli pasti yg dibeli itu mengatasi apa yg dimiliki Indonesia..
      Boleh diamati dari bermulanya su30mkm yg diawal pembelian dulu sering dinyatakan gagal karna intergrated sistem nato ama Rusia.
      Tp ternyata sukses..
      Soal angkatan darat saat Malaysia sukses pt91 dgn intergrated sistem peranchis ditambah kerjasama dgn Turki maka terlahir adnan dan gempita ..turut buat indonesia stress berat..
      Yg gue heran kalo Singapore dan Vietnam yg turut sukses tp gak ada yg ngiri …
      Semoga kedepan kalian bisa berubah kearah minda sehat agar Indonesia punya warga yg bertamadun dan bukannya ditahap minda mundur jaman sukarno yg udah berlalu..
      Gak ada salahnya jika kalian Mau maju malah akan turut dibanggain jiran.
      Kalo buatan kalian berkualiti pasti akan dibeli/dipesan jiran.
      Sama sama Mau maju ..sama sama mohon dikasi tot..
      Gak perlu hina menghina..
      Dunia gak dapat ditipu ama cerita hoax..
      Dunia melihat bukti yg nyata..
      Bukannya cerita syok sendiri..
      Xixixi..

      • Ini lagi kumur-kumur ya? 😆

      • Memang PKR kami baru 2 biji tetapi SUDAH JADI DAN LUNAS, dibanding 6 Gowind Aloy yang BELUM TENTU JADI DAN BELUM TENTU SANGGUP BAYAR.

        ke depan RI bakal punya 26 PKR dan 12 Gowind.

        Dibanding yang hanya 6 biji Gowind Aloy yang BELUM LUNAS APALAGI JADI DAN MASIH DALAM MIMPI.

        • Panas ya bung? Saya juga panas tuh melihat malon dari tadi pamer kebodohan

        • Waduh.. jangan bung @TNP, kasihan… nanti budak-budak malon pada nangis guling-guling klo lihat RI mainin 12 Gowind + 26 PKR dihalaman mereka 😆

      • Malon oh malon cuma bisa pamer sahaje bentar lagi negara kau akan hancur sama korut scorpen masih gk bisa nyelam aja awak sombongkan changbogo indonesia bisa nyelam tk seperti scorpung awak

      • Coba anda bayangkan jika LEOPARD-2A4 ketemu sama tank PT-91 TWARDUT .LEOPARD adalah salah satu tank terbaik di dunia sedangkan PT-91? .saya habis hack akun.saya gk bisa sebutin siapa yg saya hack TNI tahun ini mau mengadakan tender untuk kapal fregat dari data yg saya hack. Fregat itu spesifikasinya lebih hebat dari gowind&formidable .. dah saya cuma mau bocorin segitu aja

    • Wah… anda salah bung, kami tidak iri, malah kami senang ada hiburan dari kalian 😆 hahaha

    • Masa indonesia ngiri sama malon yg buat seragam tentara sahaje masih beli dari indonesia..Wkwkwk…mimpi kau lon

  28. ganti format. malon mulai berani tampil lg unjuk kebodohan. gue ketawa geli bacanya mimpi bangun gowind sejak jaman najib masih melarat ampe najib punya rekening milyaran masih juga belum terwujud. yg bangga ya lon punya minister macam najib 😛

    • Emang gua pikirin mau bisa nembakin rudal exocet kek torpedo black shark kek yg penting masih gk bisa nyelam kahkahkah

      • Jimmy@ ane dapat bocoran dari teman ane yg bekerja di bousted bung kl scorpene malay itu bermasalah,kata dia dulu kerajaan malay beli scorpene itu penuh rasuah dan specnya diturunkan bung…makanya saat sea trial scorpene kemarin dia katakan scorpene itu pake pelampung takut2 bila nantinya scorpenenya tenggelam gak punya power lagi muncul ke permukaan bung

  29. hare gene masih percaya sama berita propajanda dari malon yang tak pernah sesuai kenyataan?? ha ha ha

  30. Scorpene lembik hasil rasuah tak boleh menyelam…kah kah kah

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)