Jan 072017
 

Pangdam VI/Mlw, Mayjen TNI Johny L Tobing, saat melepas 350 prajurit Yonif 611/Awl ke Nunukan, Rabu (4/1). (BTV/Hendra En)


Pangdam VI Mulawarman, Mayjen TNI Johny L Tobing, mengatakan bahwa masih terjadi sengketa kawasan perbatasan antara Republik Indonesia dengan Malaysia. Ia mencontohkan, di kawasan Sebatik ada klaim titik perbatasan berdasarkan persetujuan atau konvensi antara Inggris Raya dan kolonial Belanda yang mengatur batas wilayah Malaysia dan Indonesia setelah merdeka.

“Ada 4 titik perbatasan yang masih bersengketa dan tidak bisa diselesaikan di tingkat Panglima TNI karena menyangkut urusan antar negara. Jadi urusan Menteri Pertahanan dan Menteri Luar Negeri,” kata Mayjen Johny usai melepas 350 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 611 Awang Long di pelabuhan Semayang, seperti dikutip prokal.co pada Jumat (6/1).

Pangdam VI Mulawarman mengatakan bahwa posisi dan tugas TNI adalah menjaga dan mempertahankan batas negara. “Kalau kawasan itu masih status quo, ya TNI tidak melibatkan diri. Tapi yang pasti kita maksimalkan pengamanan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mayjen Johny menjelaskan bahwa ancaman yang paling nyata di kawasan perbatasan adalah praktik ilegal dan penyelundupan narkoba. “Itu yang kita lawan sekarang ini karena perbatasan jalur rawan masuknya narkoba ke Indonesia,” tegasnya.

Sumber: prokal.co

Artikel Terkait :

  16 Responses to “Masih Ada Sengketa di Wilayah Perbatasan Indonesia-Malaysia”

  1. what the hell… malay maning…?

  2. malay kalau lagi lemah aja pake diplomasi bilateral, kalau merasa kuat langsung ngacir ngadu ke denhag

  3. Buat jalan raya sepanjang sempadan kalau perlu buat tembok seperti perbatasan Israel Palestina biar Malingsial gak macem2. Tp duite kudu akeh heeee… O.. biaya STNK BPKB wis mundak dadi wis duwe akeh.

  4. hati-hati kecolongan lagi, status quo ada yang menduduki lalu dijadikan tempat wisata/bisnis …

  5. Ganyang malingsial

  6. Bagus sabah serawak juga anti indonesia kih3..

    • baguslah sabah sarawak juga anti semenanjong ,,,sabah sarawak kan memang asalnya bukan milik maleysia tapi warisan british je kahkahkahkah

      • Betul bung,tanah sabah sarawak adalah tanah yg disewa british dari sultan sulu yg direbut semenanjung secara paksa dari sultan sulu

  7. sabah serawak ganyang kalimantan dengan drug hahaha. saya suka saya suka

    • malon yang jalur drug itu dari riau bukan sabah sarawak kalimantan

      nak ganyang pon buat lah benda yang betul sikit ,, pakai narkoba itu bodoh bukan ganyang namanya

      jadi bandar narkoba kok bangga malon dan bodoh tak pernah nyambung kahkahkah

  8. Sabah serawak merupakan penduduk derajat 2. Jadi biar apapun malaysia tetap utamakan malaysia barat atau semenanjung. Penduduk Sabah serawak cukup dicukupi kebutuhan makannya saja sudah senang dan gak berani macam macam pada pemerintah malaysia barat. Kalau anda penduduk malaysia sabah tentunya bisa merasakan banyak hal yang berbeda dengan malaysia KL.. Saya tahu bah… Karena orang perbatasan kalimantan utara.

    • Betul bung,semenanjung tdk adil ke sabah sarawak,semua kekayaan sabah sarawak di sedot semenanjung dan tdk diberikan ke sabah sarawak

    • seberapapon teruknye malaysia timur sabah dan sarawak, lebih teruk lagi kalimantan borneo ulayat indon, jom ayuh kalimantan, merdekakan diri korang dari regime jawakarta, atau bergabunglah dengan jiran semenanjung, nanti standard hidup korang macam kat singapore dan brunei kahkahkahkah

  9. Harus nya acuan nya peta jaman leluhur kita , majapahit, sriwijaya, padjajaran, bukan penjajah macam british n londo.

  10. Malaysia Sengaja Mengulur ngulur waktu mengenai penyelesaian Perbatasan dengan Indonesia …..Malaysia apabila ingin punya Tekat Bersahabat dengan Indonesia seperti yang biasa didengungkan sebagai Saudara Serumpun maka Segeralah dilakukan penyelesaian secara Damai mengenai penyelesaian sengketa perbatasan …..Contoh Pilifina…..Sudah Clear dengan Indonesia…..Ternyata Malaysia Susah sekali dan keras kepala…..Indonesia sudah hapal betul tentang perwatakan dan politik Kancil Malaiysia….Licik , Bebal dan Sombong……Apabila Pemerintahan Indonesia Kuat , maka Malaysia Buru buru Baik….mengaku saudara serumpun dan mendekat mesra…..Tetapi apabila Pemerintah Indonesia Lemah…Malaysia Berulah , menekan , melecehkan dan merendahkan dan paling berbahaya mengklaim Pulau ini , pulau itu yang sudah jelas milik Indonesia…..INDONESIA JANGAN TERPANCING DENGAN KEBAIKAN NEGARA MANAPUN….YANG PENTING….INDONESIA HARUS KUAT , GAHAR DAN DISEGANI OLEH NEGARA MANAPUN….TITIK…

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)