Jul 282016
 

Ada fenomena menarik pasca reshuffle jilid II kali ini. Yakni masuknya Sri Mulyani dalam jajaran kabinet Kerja Jokowi-JK. Menurut saya masuknya Jeng Sri (sapaan akrabnya) Semakin memperkuat barisan emak-emak yang ada di kabinet. Seperti yang kita ketahui bersama dalam kabinet Kerja Jokowi-JK dihuni oleh ibu ibu tangguh yang mengisi pos menteri strategis.

Dalam perjalanannya Sri Mulyani memiliki banyak prestasi dalam bidang ekonomi, bahkan di tahun 2008 berhasil mengangkat Indonesia dari krisis ekonomi yang melanda Indonesia bahkan dunia pada saat itu.

jajaran kabinet Jokowi JK yang diisi oleh ibu ibu tangguh sangat baik menjalankan fungsinya, seperti Menteri Kelautan memiliki gaya sangat nyentrik, bahkan pernah dicibir karena beliau hanya lulusan SMP. berhasil menaklukan kapal-kapal asing yang hendak mencuri ikan di wilayah kedaulatan maritim NKRI. selain itu ada Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudirini merupakan menteri luarnegeri satu-satunya di wilayah ASEAN.Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawangsa, dan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya juga merupakan jajaran menteri perempuan yang memiliki prestasi yang baik dibidangnya masing-masing.

Bahkan Inggris dan Jerman saja dipimpin oleh ibu ibu. Bahkan Calon Presiden Amerika Serikat Hillary Clinton jg merupakan ibu-ibu. ada juga dulu Margareth thatcher The Iron Lady, dan di negara Pakistan ada Benazzir Butto

Dalam Teori Gender yang menjelaskan tentang Teori equilibrium atau teori keseimbangan menekankan pada konsep kemitraan dan keharmonisan dalam hubungan antara perempuan dan laki-laki. Dalam iklim Demokrasi saat ini peran perempuan pun tidak dapat diremehkan. menurut saya Kabinet Jokowi-JK cukup berhasil mengakomodir kepentingan perempuan yang ingin memberikan dedikasinya untuk bangsa ini.

oleh karena itu Untuk mewujudkan gagasan tersebut, maka dalam setiap kebijakan dan strategi pembangunan agar diperhitungkan kepentingan dan peran perempuan dan laki-laki secara seimbang. Hubungan di antara kedua elemen tersebut bukan saling bertentangan, melainkan komplementer, saling melengkapi satu sama lain. R.H. Tawney mengemukakan bawa keragaman peran apakah karena faktor biologis, etnis, aspirasi, minat, pillihan, atau budaya pada hakekatnya adalah realita kehidupan manusia. Hubungan antara laki-laki dan perempuan bukan hubungan yang saling bertentangan, bukan dilandasi konflik dikotomis, bukan pula structural fungsional, melainkan hubungan komplementer, saling melengkapi, dilandasi kebutuhan kebersamaan guna membangun kemitraan yang harmonis. Ini karena setiap pihak mempunyai kelebihan sekaligus kekurangan, kekuatan sekaligus kelemahan yang perlu diisi dan dilengkapi pihak lain dalam kerjasama yang setara.

Benar apa yang pernah dikatakan oleh Nabi Muhammad sang Inspirasi bagi para pemimpin yang berkata tentang orang pertama yang harus kita segani dan hormati adalah ibu. Maka dari itu teruntuk kamu dik, semoga menjadi perempuan yang tangguh dan siap menjadi ibu yang bisa membawa Rahmat bagi Abang, agama, dan bangsa.

ditulis oleh: Muhammad Sutisna (Kepala Biro Kebijakan Publik PMII Cabang Ciputat)

Artikel Terkait :

  20 Responses to “Masuknya Sri Mulyani, memperkuat barisan Perempuan Tangguh di kabinet Jokowi-JK”

  1. dang balio sri..dang baliooo

  2. tetap merah putih ya bu,

  3. Megawati mantan Presiden RI dan Puan Maharani Menko PMK juga ibu-ibu tuh kok nggak disinggung ??

  4. Seng penting ojo jotos2an lo yo…?????

  5. Sang “Putri mahkota” Apa juga termasuk ibu2 Tangguh?

  6. Jago.

  7. Kq mbak puan tak disebut?.. Beliau juga wanita tangguh…

  8. mana yang lebih tangguh, bu Sri apa suaminya ?

  9. tetap jeng sri yang yg tangguh. suaminya batuk dan muntah sekali , langsung klenger.

  10. yang penting ngerasain …

  11. Kedaulatan dan ekonomi Indonesia ditangan emak emak…kya brita kmren,,haha

  12. Salah judul… harusnya “penyelamatan” s……
    Ingat bank century?
    Dialah pemegang kartu asnya

  13. Bu puan tidak disentuh p jokowi karena bukan muhrim brow

  14. Dibalik perempuan yg tangguh di kabinet pak jokowi ada peran wanita perkasa yaitu bu mega dan mbak puan
    Yg mau menyediakan tempat yg terbaik untuk putra putri terbaik nkri
    SSiapa yg menyangka dukungan pdip untuk mencalon pak jokowi membawa sejarah yg harusnya terjadi 10 thn yg lalu
    Pemerintah sekarang terdiri dr org2 yg jujur berani tegas cerdas
    Org2 ini sudah kumpul ini indonesia siap perang dunia 3 jika perang 4 negara besar terjadi ..
    Dan pak jokowi akan jd presiden seumur hidup ..
    Gak percaya ,,haha ..percaya sama saya itu dosa

  15. Saat dia pergi dari kementrian diiringi dengan air mata dan cibiran kaum jokowers…. tp apa daya, keuangan negara sekrg memburuk, sehingga nga ada pilihan lain buat Jokowi untuk kembali memanggil salah satu Mentri ekenonomi paling cerdas di jaman SBY… skmt bekerja Bu Sri…… jgn hiraukan jokowers2 otak peot yg hanya bisa koar2 tanpa isi??