Sep 192016
 

Dalam editorial hari Sabtu, 17 September 2016, kantor berita Xinhua, Pemerintah Xi Jinping tampaknya memberi ancaman langsung kepada Jepang agar jangan melintasi “garis merah” dengan berpartisipasi bersama Angkatan Laut AS dalam latihan “Kebebasan Navigasi” di Laut Cina Selatan karena Jepang tidak memiliki klaim teritorial diwilayah itu.

“Untuk menjaga ketertiban maritim di Laut Cina Selatan merupakan tugas bersama dari negara-negara pesisir di kawasan itu, kepentingan besar orang luar seperti Jepang dengan mengikuti jejak Amerika Serikat hampir tidak dapat dibenarkan”, kata editorial mempertanyakan motif Tokyo.

Komentar berpendapat bahwa minat sejati Jepang di Laut China Selatan adalah untuk menggunakannya sebagai tawar-menawar dalam sengketanya dengan China atas Kepulauan Senkaku (Diaoyu) di Laut Cina Timur.

“Pada masalah ini, Jepang telah meninggalkan batu dalam mengaduk air yang menyebabkan ketegangan, misalnya dengan rencana yang baru-baru ini bermaksud untuk menjual murah persenjataan ke India dengan imbalan dukungan melawan China”.

Sumber: Xinhua News Agency

Bagikan Artikel:

  36 Responses to “Media China Peringatkan AS-Jepang Jangan Cari Masalah di LCS”

  1. Lhah padahal sumber masalahnya adalah si Cincong sendiri!

    • Biang kerok di Laut Asia Timur dan Laut Asia Tenggara adalah Cincong. USA ikutan memperkeruh perkara.
      Jepang sangat berkepentingan dengan keamanan di laut wilayah situ karena sebagian besar komoditi yang diekspor dan diimpor oleh Jepang dikirim melalui lautan itu. Jika keamanan laut itu tidak terjamin maka ekspor-impor Jepang sangat terganggu, ekonomi Jepang bisa kelimpungan.

    • Ah dasar maling ni china,Klo ga ingin ribut ya jangan klaim laut asia
      Ayo Jepang hajar china biar tau siapa cahaya asia !!
      Ayo US hajar china jgn sampai hegemoni mu hancur di Asia !! Kalian is the best !!!
      Kami rakyat Indonesia akan mendukung Mu dengan DOA yang tulus … jangan ragu menindak China …
      :D 😛

    • Tinggal tunggu indonesia sebagai negara kepulauan,.TAK LAMA LAGI ASU CS akan menggaungkan ALKI sebagai area kebebasan navigasi….
      Untuk sementara ini mereka masih bermain di lautan lepas,namun ketika perekonomian asia melambung zamrud khatulistiwa yg berada di antara 2 benua dan dua samudra akan menjadi sasaran berikutnya.

  2. Jatah komen Mbah Bowo nih. :)

  3. jika jepang dan AS tidak boleh campur tangan… philipine, malaysia, vietnam dan indonesia boleh dong.. lewat…

  4. Jepang, Amerika dan semua negara2 yg berbatasan dgn LCS (termasuk RI) harus bersikap dewasa & bijaksana : Jangan ladeni ocehan Negara Gila..!

  5. Xinhua hrs lebih nyantai bikin berita. Beritanya bikin tegang otak terus.

    Bikinlah kolom “sungguh sungguh terjadi” atau sejenisnya biar gk mikir perang teruuss..

  6. cina serakah lg sewot, tidak ada yg mau mengakui claim sepihak mereka.
    sekarang mereka mulai menggonggong, menggertak siapa saja yg ingin ikut campur dalam drama LCS
    wkwkwkwk

  7. cina cuma gertak sambal saja, pede amat senjata mereka belum ada yang battle proven sama sekali…paling Silk Worm nya yang dulu dimiliki Irak saja terkenal sangat tidak akurat makanya Irak kalah total, sekarang diturunkan ke C705 kmrn gagal total sampai beritanya terdengar seantero dunia, yang paling malu ya TNI, kalau cina mah sudah tahu kalau itu rudal musti dijamin bermasalah sudah telat terbang hilang pula mungkin kembali ke cina trus diisi bahan bakar lagi untuk dijual ke TNI lagi, mereka gak punya malu gak urusan mereka, media dunia menyalahkan KRI yang tidak adaptable dengan teknologi C705 padahal jelas operator penembakan masih dikomisioning teknisi cina didalam KRI

  8. Yg aneh dan serakah ma Amerika padahal gak berbatasan langsung dengan LCS pun bisa ikut campur utk menghentikan hegemoni Tiongkok di LCS, kalo Asean,Taiwan dan Jepang wajar punya kepentingan di LCS krn berbatas langsung dengan LCS lah apa peran Amerika di LCS

  9. ausi, meley dan singkek ini kumpulan ngr2 songong yg harus disunat lebih dulu termasuk mbah bowo.

  10. ausi, meley dan singkek ini kumpulan ngr2 songong yg harus disunat lebih dulu termasuk mbah bowo

  11. kira kira yg salah siapa..,??? klu jelas salah, kroyok aja..

  12. Kira” kpn Indonesia Kita berani ber’sikap spt China & ber’tindak spt Israel….???

    Sama Filipina sdh ketinggalan jauh dlm pemberantasan narkoba….

    Pemberantasan korupsi juga ketinggalan jauh sekali dgn China….

    Moga” pemimpin” Indonesia Kita juga punya keberanian yg lbh…

  13. Aconk memang rakus

  14. ayo jepang lawan cina bersama amerika,,kami akn nonton berita nya di tv sambil minum kopi,dn km mw lihat rudal2 cina yg stiap ditembakan akn delay dan salah sasaran,,ayo jepang hajar cina

  15. China vs amerika & jepang di laut terbuka.. Hhi”

  16. Nich laga2nya,blokade total akan diberlakukan terhadap chino.

  17. The problem is gonna blow as soon as China gets stronger than USA.
    That’s just a matter of time and the US is definitely only capable of delaying the inevitable, in the hope of taking advantage of the benefit of the doubts. Yet, so doubtful ! lol :D
    :p
    For middle country, such as Indonesia, delay means more time to prepare.
    Perhaps, by some rough estimation, that could happen in the next 20 – 30 years.
    Indonesia better wisely spend their limited resouces with agility, not pricky pride, — time is of the essence for Indonesian reseachers.

  18. Masalah di web jkgr masih belum selesai y admin..tidak bisa update

  19. Cina bencong

  20. Cinonot takut kalau tambang nya di lcs di ganggu , padahal bukan punya mereka

    Usa sekarang penakut , sama cinonot saja mikirnta 1000 x

  21. sebenarnya indonesia juga sudah ko ditangan cina….dalam dunia konspirasi war…..penguasaan de facto dandejure itudilakukan…..defacto cina sudah nyata merangsex masuk natuna……de jure….cina akan lakukanpenyusupan ke institusi pemerintah indo lewat proxy partai dan pengusaha…..dan penguasaan economi masif indonesia…….dan disatu pihak pengusaha tionghoa indonesia melemahkan negara dengan melarikan aset economi indonesia…….so?????game over indo

  22. Lama-lama LCS mirip krisis Balkan pemicu perang dunia pertama.

    Pertama negara besar (kerajaan austria-hongaria) vs negara kecil (serbia dan bangsa slav). Kedua, negara kecil ngadu ke negara besar pelindung (kerajaan rusia). Ketiga, kerajaan Austria Vs Kerajaan Rusia, Austria beraliansi dengan kerajaan Jerman. Jerman akhirnya menyerbu Prancis, belgia dan rusia, Inggris turun tangan.

    Sementara di LCS, China Vs Asean, Asean manggil AS dan sekutunya (Australia, Jepang dan Korsel), kemudian china memanggil Korut dan Rusia untuk masuk. Indonesia netral (mirip belgia) tapi diserbu juga oleh china. Indonesia ikut perang bawa negara sahabat seperti pakistan dan India untuk nyerbu dari selatan. China butuh wilayah buffer di Indochina, maka dari itu, Myanmar, Thailand, Kamboja, dan Laos di chinanisasi militernya. Sementara mongolia bingung mau milih netral atau ikut rusia-china, padahal militernya menyukai NATO.

  23. Yg perlu di’ingat :
    Apa Jepang sdh minta ma’af atas pemerkosaan” wanita Indonesia Kita yg sdh di’jd’kan budak bagi tentara” Nippon….???

    Jd tdk perlu sampai hrs mendukung negara” yg sdh ber’buat culas dgn Indonesia Kita…???

  24. namanya aj udah lcs. laut cina selatan. y itu milik cina. kecuali laut japan selatan. baru di ributin. yg bego siapa y. wkwkwkkwkwwkwkkwkw

 Leave a Reply