Jul 142016
 

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada perdagangan hari ini dibuka kembali terapresiasi setelah kemarin ditutup berada di jalur hijau. Rupiah menguat pada saat poundsterling mengalami tekanan dan semakin menguatnya yen terhadap USD.

Berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) BI, rupiah pagi dibuka pada level Rp13.088/USD. Posisi ini tercatat menguat dari posisi sebelumnya di level Rp13.095/USD.

Sementara menurut data Bloomberg, rupiah dibuka berada pada posisi Rp13.082/USD dengan kisaran harian Rp13.068-Rp13.091/USD. Posisi ini memperlihatkan rupiah menguat dibanding penutupan kemarin yang berada di level Rp13.086/USD, dan pada pukul 10.00 WIB pagi ini semakin menguat ke level Rp13.078/USD.

Namun posisi rupiah terhadap USD berdasarkan data Yahoo Finance dibuka pada level Rp13.090/USD atau sedikit melemah dibanding penutupan kemarin di level 13.084/USD. Namun, pada pukul 10.00 WIB rupiah tercatat menguat ke level Rp13.062/USD dengan kisaran harian Rp13.041-Rp13.090/USD.

Seperti dikutip dari Reuters, Kamis (14/7/2016), yen menguat di awal perdagangan Asia hari ini. Sementara poundsterling berada di bawah tekanan karena para pedagang bersiap untuk melihat pertemuan Bank of England (BoE) yang diharapkan memberikan pelonggaran terkait jatuhnya ekonomi Inggris.

BoE akan mengumumkan pemotongan suku bunga acuan ke rekor rendah 0,25% dari sebelumnya 0,5%. Sementara, penunjukan Theresa Mei sebagai perdana menteri baru Inggris atas kekhawatiran pelaku pasar tentang kekacauan politik di bangun dari bulan lalu terkait Brexit, banyak ekonom mengatakan Inggris masih bisa tergelincir kembali ke dalam resesi.

Sterling terhadap USD mereda 0,2% menjadi 1,3123. “Jika sterling naik karena Bank of England mempertahankan suku bunga tidak berubah dan beberapa bagian dari pasar kecewa, reli harus dijual,” kata Kathy Lien, direktur strategi FX di BK Asset Management di New York.

Sementara itu, dolar Kanada terhadap USD terlihat stabil di level 1,2976 setelah Bank of Canada kemarin mempertahankan suku bunga stabil, dan ekspor serta investasi bisnis akan mengambil bahkan seperti memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi 2016.

Investor tetap fokus pada apakah Bank of Japan akan memperluas stimulus moneter pada pertemuan kebijakan akhir bulan ini, terutama setelah kursi mantan Federal Reserve Ben Bernanke pada kunjungan ke Tokyo mengatakan kepada Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bahwa BOJ langkah untuk mendukung perekonomian.

USD terhadap yen tercatat tergelincir 0,4% menjadi 104,06, menarik diri dari posisi tertinggi pascabrexit di level 104,98. Selain itu, euro terhadap yen juga tercatat jatuh 0,2% menjadi 115,48, dan terhadap USD, euro naik tipis 0,1% menjadi 1,1094.

Artikel Terkait :

  17 Responses to “Melemahnya Poundsterling, Rupiah kembali menguat”

  1. oh yesss

  2. Mari berjuang bersama utk mengembalikan posisi rupiah ke 9 rb/$. Pertanyaannya, pemerintah sekarang mampu nda ya.?
    Sebelum diberlakukannya Re…., Redomi…, apa Rebonding ya.? Yg itu lho, istilah penyesuaian mata uang, atau pemenggalan nilai mata uang….ahhh jd lupa…maklum banyak ngobrol dng Mbah Bowo, jd ikutan pelupa jg….xixixi

    • waduh…..exportir hancur dong…,importir mah senang
      ngak gitu juga bang..?? parah…
      se imbang yg paling bagus.

    • Salam bung Rusky.. InsyaAllah bisa bung, yg jelas apapun langkah pemerintah untuk Indonesia yg bersatu, berdaulat, adil dan makmur, wajib kita dukung bersama.

      Ingat Indonesia kuartal I 2016 masih mempunyai defisit neraca pembayaran, yg mana diatasi dengan menggunakan cadangan devisa. Kalau tidak ada penambahan cadangan devisa kita bisa ludes jika dipakai terus.

      Yg penting sekarang kan lebih bermanfaat mana? Untuk konteks skrg hilirisasi industri harus menjadi perhatian utama. Bahan2 mentah harus diolah kembali menjadi bahan jadi maupun setengah jadi. Coklat diolah sampai jadi, dengan kemasan menarik lalu diekspor. Hasil tambang harus diolah smelter baru ekspor.
      Kandungan lokal produk jg harus ditambah. Fortuner, Avanza-Xenia, Mobilio dll, LPD, Frigate Sigma, Changbogo, Panser, N-219 dll naikan kandungan bahan baku lokalnya. Ini penting untuk membuat nilai tambah di pasar ekspor yg efeknya juga mendatangkan devisa lebih banyak, dan bisa lebih murah di pasar dalam negeri.
      Senada dengan tax amnesty yg mendatangkan investasi baru, yg akan menambah pundi $. Neng carin kmrn2 banyak kasih referensi tuh..

      Kesimpulannya sebisa mungkin KONSUMSI diarahkan kepada PRODUK DALAM NEGERI.
      Naik ataupun turun kurs Rupiah harus bisa menambah pendapatan per kapita Indonesia. Sehingga mampu untuk membangun lebih banyak lagi, mampu membeli dan atau memproduksi alutsista2 yg CETAR MEMBAHANA.. Menuju Indonesia yg bersatu, berdaulat, adil, dan makmur..

      • susah bang…bila SDM rakyat indonesia masih banyak yg ngak nyambung./kurang.
        ada lagi yg bilang gampang aja ..cetak duit aja di peruri…sebanyak banyaknya…
        inflasi donk…bisa hancur deh negeri ini..kalau …yah gitu deh…males ahh jelasinnya
        .ha ha ha….

    • Mgkin saya lbih suka Rp stabil d 12rbu ato 13 rbu,,mmbri ksempatan meraup keuntungan bgi pgusaha utk ekspor,,mmberi peluang UKM..coz klau Rp 9rbu kbwah,,pasar dlam negeri dbnjiri brang2 impor..jd UKM susah berkembang..

  3. Minyak tanah..

  4. rupiahh stroong….

  5. Menguat ke level 10ribu/$ usd gpp deh biar itung2anya gampang….

  6. Naiknya langsung drastis turunnya seencret seencret,tapi syukur alhamdulillah selow selow asal melow..

    Dimana mana pada suka naik daripada turun..wjkwjkwjk

  7. @ Bank Ruskye: namanya Reboisasi ehh Redenominasi. angka 0nya dihapus, contoh: Rp1.000,- jadi Rp 1,-

  8. mudah2n bisa menguat lagi nyampe Rp 10.000

  9. Jika di era ibu mega bisa mencapai 7 ribu
    Apakah di era jokowi bisa sama atau lebih turun lagi
    Pak jokowi anda cerdas

  10. mamantau saja, semoga ga ada beruk MALON yang slengek’an disini

  11. rupiah harus menguat tapi perlahan dan stabil agar memberi kepercayaan pada investor kalo melonjak nanti eksportir ngoceak .