Sep 242013
 
Sistem Pertahanan Udara S-300 MPU

Sistem Pertahanan Udara S-300 MPU

Beberapa hari sebelum Tim Kementerian Pertahanan, TNI AL dan TNI AU berangkat ke Rusia untuk melihat rencana hibah 10 kapal selam Rusia, Tim Kemenhan dipimpin Wakil Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin, menemui Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Pertemuan Kementerian Pertahanan dengan Pemerintah Provinsi Jakarta, untuk membahas strategi pertahanan ibu Kota Negara. Wakil Menteri Pertahanan meminta rencana pembangunan ruang bawah tanah di kawasan Monas, diintegrasikan dengan strategi pertahanan ibukota.

Apakah urusan pembangunan sistem pertahanan Jakarta, akan menjadi bagian pembicaraan di Rusia ?.

Usulan membangun sistem pertahanan Indonesia yang lebih baik dan terintegrasi sebenarnya telah disampaikan Rusia pada tahun 2012. Pada event Indo Defence 7 November 2012, Rusia menawarkan kerjasama pembangunan sistem pertahanan udara advance, karena sistem pertahanan udara Indonesia saat ini masih sistem rudal dan senjata jarak pendek.

Wakil Kepala Eksportir Persenjataan Rusia, Rosoboroneksport menawarkan konsep integrasi pertahanan udara berbasis sistem rudal pertahanan udara jarak menengah Buk-M2E dikombinasikan dengan Pantsir-S1 sebagai sistem rudal/senjata anti-udara jarak pendek. Ahli senjata Rusia mempercayai konfigurasi tersebut akan efektif melindungi obyek-obyek vital Indonesia dari seluruh jenis serangan udara musuh, termasuk serangan udara yang masif.

Kita berharap sistem pertahanan itu bisa lebih advance lagi, yakni paduan sistem anti-udara jarak jauh S-300 dikombinasikan dengan jarak pendek Pantsir S-1. Sistem pertahanan yang akan dibangun harus masih efektif dalam 10-20 tahun ke depan, dimana teknologi pesawat tempur dan rudal akan semakin canggih.

Namun Indonesia menemukan posisinya dalam sebuah dilema. Sistem pertahanan udara jarak pendek Indonesia saat ini, khususnya Jakarta berbasis kepada sistem NATO. Batalyon Arhanudse 10/1/F Kodam Jaya, menggunakan Starstreak buatan Inggris. Adapun TNI AU sedang mendatangkan 6 baterai Oerlikon Skyshield dari Rheinmetall Air Defence Swiss, untuk pertahanan jarak pendek bagi sejumlah Pangkalan Udara. Begitu pula dengan sistem radar Indonesia. Sebagian besar menggunakan produk Perancis dan Inggris.

Apakah sistem pertahanan jarak pendek dan radar NATO ini bisa diintegrasikan dengan sistem pertahanan udara jarak menengah/jauh buatan Rusia ?.

Sistem Pertahanan Udara S-300 MPU

Sistem Pertahanan Udara S-300 MPU 

s-300-diagram

Dilema Turki
Kasus yang mirip terjadi dengan negara Turki. Turki berencana membangun sistem pertahanan udara jarak jauh dengan mengucurkan dana 4 miliar USD. Tiga perusahaan besar mengajukan proposal. Pihak Barat gabungan dari Raytheon dan Lockheed Martin menawarkan sistem pertahanan udara Patriot. Rusia melalui Rosoboronexport menawarkan S-300. Sementara China mengajukan sistem HQ-9.

Namun pilihan Turki tampaknya akan jatuh ke sistem HQ-9 China. Alasannya China mau berbagi teknologi. Keputusan finalnya tinggal menunggu persetujuan dari Menteri Pertahanan Turki Ismet Yilmaz dan Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan.

Sejumlah diplomat dan pakar senjata Barat mengatakan, Turki tidak akan diperbolehkan mengintegrasikan sistem Turki-China ke dalam Sistem peringatan dini Turki yang saat ini menggunakan sistem NATO.

“Saya melihat Turki tetap menantang dan akan tetap maju. Tapi, saya berpikir tidak mungkin mengintegrasikan sistem pertahanan udara maupun sistem anti-rudal buatan Turki-Cina ke dalam radar NATO, ” ujar pakar militer di London yang mencermati militer Turki. “Turki akan memiliki masalah yang sama jika memilih sistem Rusia, tapi saya pikir kehadiran sistem pertahanann udara dan anti-rudal China di Turki, akan dianggap Amerika Serikat, sebagai ancaman langsung”.

Sekitar setengah dari jaringan radar Turki (air defense picture), dibiayai oleh NATO, ujar seorang pejabat pertahanan Turki yang bekerja di NATO. Sistem itu bagian dari Pertahanan Udara NATO secara keseluruhan. Apa jadinya jika Turki menggabungkannya dengan sistem yang diadopsi dari China ?.

Untuk menghalau ancaman rudal jarak jauh, Turki membutuhkan satelit serta alat pelacak rudal yang dedicated serta radar tracking seperti yang dipasang NATO di Pangkalan Angkatan Udara Kucerik Turki. Untuk komponen pertahanan anti-pesawat tempur, Turki membutuhkan gambar yang menyeluruh tentang wilayah udaranya. Patriot dalam waktu singkat bisa menanggulanginya dengan radar yang ada di Turki. Namun lain halnya dengan sistem pertahanan China jika jadi dibeli. Sistem pertahanan udara itu tidak akan efektif tanpa integrasi dengan gambaran udara Turki secara menyeluruh.

patriot

Turki bisa saja membangun sistemnya sendiri (stand alone), tapi hal itu akan mengabaikan milik NATO yang terpasang di Turki. Turki akan kehilangan setengah dari kemampuan radar mereka. Turki membutuhkan data penghubung (interface) untuk membuat sistem pertahanan udara mereka (Turki-China) bisa dioperasikan dengan aset NATO di Turki, khususnya data sistem pengenalan teman dan lawan (friend or foe). “Data ini rahasia dan tidak bisa diinstal ke dalam sistem China”, ujar seorang pakar militer.

Pertanyaan yang tidak kalah penting adalah bagaimana mengintegrasikan sistem IIF (Identification Friend or Foe (IFF) China ke dalam armada pesawat tempur F-16 Turki. Sejumlah pakar menilai akan banyak ketidakcocokan jika sistem NATO dan China digabungkan ke dalam sistem Pertahanan udara Jarak jauh milik Turki.

Kasus Turki ini bisa jadi akan dialami oleh Indonesia, apalagi doktrin pengadaan persenjataan TNI saat ini adalah menganut azas keseimbangan, yakni mendatangkan alutsista dari dari Negara Barat maupun Rusia, untuk mengindari ketergantungan atau embargo. Dan kini Indonesia merupakan lahan berebut pengaruh dari negara barat dan Rusia, dalam urusan suplai alat pertahanan.

Sistem Pertahanan Udara HQ-9 China (photo: china-defense-mashup.com)

Sistem Pertahanan Udara HQ-9 China (photo: china-defense-mashup.com)

Kehadiran Rusia dan AS di Indonesia.
Menguatnya hubungan militer Indonesia dengan Rusia, disebabkan kebijakan Amerika Serikat yang melakukan embargo senjata termasuk suku cadang ke Indonesia 1999-2005, dengan alasan pelanggaran HAM Timor Timur.

Sejak tahun 2003 hingga tahun 2013, Rusia telah mengirim 16 pesawat tempur Sukhoi. Rusia pun telah menjual Helikopter Serang Mi-35, Helikopter Angkut Mi-17, IFV BMP-3F, APC BTR-80A serta senjata serbu AK-102.

Bahkan kedua negara melakukan kerjasama untuk urusan teknis militer, pada tahun 2005. Adapun tahun 2007, Moskow peningkatkan kredit import senjata kepada Indonesia menjadi 1 miliar USD. Selama rentang waktu itu, terjadi pembelian sejumlah alutsista dari Indonesia. Pada tahun 2011, Angkatan Laut kedua negara juga melakukan latihan anti-bajak laut, yang merupakan latihan bersama pertama kali militer Indonesia-Rusia.

Situasi ini akhirnya dibaca oleh Amerika Serikat. Mereka merasa mulai kehilangan grip penjualan peralatan militer di Indonesia. Amerika Serikat bergerak dengan cepat. Pada tahun 2011 mereka memperbaiki hubungan militer itu dengan hibah/ refurbish pesawat tempur 24 F-16 C/D Block 25. Pada tahun 2012, Indonesia-AS juga membicarakan pengadaan helikopter multirole Sikorsky UH-60 Black Hawk, serta Helikopter Serang Boeing AH-64E. Hingga saat ini kedua negara telah sepakat mendatangkan 8 helikopter AH-64E.

Tak lama setelah gebrakan AS dengan penjualan Apache AH-64E, Rusia langsung menawarkan hibah 10 kapal selam, dengan model pengadaan seperti hibah 24 F-16 AS. Rusia ikut memperkuat posisinya.

Kini Indonesia berada di persimpangan jalan. Apakah Indonesia menerima tawaran Rusia untuk membangun sistem pertahanan udara yang lebih canggih, atau beralih ke barat, karena radar dan pertahanan udara jarak pendek Indonesia berbasis NATO.(JKGR).

  107 Responses to “Membangun Sistem Pertahanan Udara Indonesia”

  1. Saya optimis setidaknya tahun 2025 nanti NKRI sudah ada leopard,ifv marder,bisa membikin MBT medium seperti marder jerman, roket RHAN yang sedang dikembangkan oleh LAPAN untuk bisa membawa satelit/roket 4 digit,membuat kapal selam berdasarkan TOT Cangbogo, telah memiliki stidaknya 1 skuadron IFX generasi 4.5(bila rencana 50 IFX tidak berjalan mulus dari rencana awal yang mana Korsel 100KFX dan INA 50IFX) satu skuadron ks campuran (Kilo,cangbogo dan ks buatan NKRI) menambah sukhoi familly (mungkin su35bm) dan mempunyai rudal jarak menengah s300 serta mungkin rudal jarak menengah produksi LAPAN bila sukses dengan roket pembawa satelit yang 4 digit^__^.

    • saya juga optiimis mas,,di tahun 2015..
      saya ingin korupsi hilang dari NKRI,
      koruptor di hukum mati,
      Lsm di kikis sampai habist,,

      slanjutnya..
      List nya sama sampean di atas
      xixixixxi

      • Usul menghukum mati koruptor mendapat banyak tentangan dari anggota dewan. Mereka gak mau mati bunuh diri :D Belakangan ini anggota dewan sinomin untuk calon potensial terpidana korupsi.

        Urusan pertahanan saya cenderung pada produk Rusia. Dengan produk NATO kita akan selalu diposisikan dibawah Singapura dan Australia. Dengan produk NATO sampe kapanpun kita akan dibuat underdog

        S300!!!

        • hukuman mati untuk koruptor,itu biar gak engakar terus phak,,
          jerih payah rakyat menyumbang dari memmbuat siM. Di korupsi (j**o su***lo)
          gimmana mau maju,, -:P
          kalau gk begitu,koruptor makin maju dgn taktik Politik… :-) :-) :-)

          • Kalau saya pribadi kurang setuju dihukum mati. Orang Indonesia itu banyak yang berani mati…dalam sejarahnya dulu ada pasukan berani mati di era modern ada ‘pengantin’ berani mati. Dia mati tapi keluarganya hidup kaya hasil korupsi.
            Menurut saya selain hukuman penjara dia juga harus mengembalikan dana sebanyak 2x yang dikorupsi dan ditambah sanksi sosial. Dana kembalian selain mengembalikan uang negara sisanya untuk membangun insfrastruktur pengentasan kemiskinan. Jika kurang maka harus ditanggung renteng oleh keluarganya. Dengan kata lain koruptor harus dimiskinkan bahkan melebihi sebelum dia korupsi.
            Para koruptor selain dihukum penjara perlu juga dihukum menjadi pekerja sosial (bahasa halus kerja paksa) misalnya membangun bandara baru, jalan, saluran irigasi, jembatan di pelosok negeri. Sebagai pekerja kasar fasilitasnya dibuat orang miskin juga, makan seadanya asal kenyang, pakaian seragam. Mirip cara Soeharto membuang eks Tapol ke P. Buru yang akhirnya malah membuat pulau itu salah satu lumbung pangan padi. Hukuman kerja sosial ini bisa dilakukan setelah separuh masa hukuman dijalani. Katakanlah dihukum 7 tahun penjara maka 3,5 tahun dijalani di penjara 3,5 tahun sebagai pekerja sosial (kuli kasar/kerja paksa)
            Setelah selesai menjalani hukuman, dilarang masuk organisasi apapun yang bersifat politik atau massa.
            Pada KTPnya dan juga KTP anaknya diberi kode misalnya EK (eks korupstor) sehingga akan membawa sanki malu.Orang yang di KTPnya ada tulisan EK tidak boleh menjadi PNS, Pegawai BUMN atau masuk parpol.
            Saya rasa tanpa penerapan hukuman mati kalau hukuman model begini diterapkan dalam waktu 20-30 tahun korupsi akan hilang dari bumi Indonesia. Mengapa? Karena cerita-cerita orang yang justru menjadi lebih miskin setelah korupsi serta cerita sengsaranya menjalani kerja sosial bisa membuat orang lain takut melakukan korupsi.

          • kang tarjo….

            Ceritanya mirip dengan eks PKI,,tidak boleh masuk tentara,dokter,guru,selaama 7keturunan (kalao tdk salah) temmanku sediri crt,dia gagal masuk bidan,karena kakeknya ekx PKI..bisa di jadikan alternatif pertaamma,,
            dan yg kee-2tetep di hukum mati,dgn begitu,,akan mengurangi ayoritas penjilat/antek”yg berkedok LsM,,

            TP SEMUA ITU TAK JAMIN GK TEREALISASI,KARENA PEMMERINTAHAN KITA MASIH BELU MAU MELIHAT,ORANG KAYA MATI,,BERARTI SAMA LAGUNYA RHOMA” …”YG KAYA MAKIN KAYA,YG MISKIN MMAKIN MISKIN”

          • sep ntar aq sampaikan ke dosen q om biar di jadikan wacana di diskusi di kampus2 ketika ada wacana rrevisi undang2 anti korupsi

      • mase banas pati wah klo soal optimis sampean menurut ane ga ada dasar kuat,kecuali klo dari sekarang KPK mempunyai wewenang menghukum mati Koruptor baru saya juga optimis 2015 NKRI bersih dari koruptor xixixixixixii

        • kang mas Q “R2L”

          KpK ne dapet jatah .
          Coba pemerintahan membuatkan UU ttg korupsi.. Mosok korupsi cuma dihukum 7th,,
          curi ayam juga 7th korupsi jg 7th..
          Timbangan di pengadilan sudah aus. Perlu di refurbish xixixixixixi

          kapan iso maju yo kang
          gkgkgkgk

          • Setuju deh sama mase “banas patie” ^_6
            klo Indonesia bisa kaya cina yang korupsi dijatuhin hukuman mate,dijamin ga ada yang berani korupsi coz takut ketauan terus sangsinya juga “wow”. Klo udah gini perlahan tapi pasti NKRI akan maju di segala aspek bukan hanya ekonomi dan militer dan tidak menutup kemungkinan status NKRI akan berubah bukan lagi negara berkembang tapi negara maju, jos gandos bukan begitu mase “banas patie” ? wkkkkk

          • kangmas “R2L

            bener bgitu mas.
            nah begitu mas,meniru gaya china,di hukum mati, d masukin di air es selama beberapa jam,sedikit demmi sedikit. Indonesia pasti maju,,trutama dirut migas di bumn,,dpr, dkk

    • RUSIA YES…….EMBARGO SAKIT YG SULIT DI OBATI MEN……JANGAN SAMPAI JADI KELEDEAI DUNGU…..BOS……..YG JATUH KE LUBANG YANG SAMA..!!!!!!!!!. EBARGO…EMBARGO…EMBARGO….SAKI.I.I.I…….I…………T

  2. Kalau berkaca dari pengalaman mengintegrasikan Rudal Yakont pada kapal standar NATO saya pikir ahli-ahli Indonesia juga akan bisa mengintegrasikannya. Namun masalahnya apa pihak produsen senjata standar NATO membolehkan Indonesia mengintegrasikannya.

    • Sebaiknya tetap menyeimbangkan antara alutsista barat dan rusia demi memajukan kemandirian beralutsista.kalau untuk pertahanan jarak pendek sudah di duduki eropa.mka untuk pertahanan jarak menengah dan jauh sudah selayaknya rusia yg menempati karena sudah terbukti kualitasnya.

  3. Dilema negara bebas aktif. An enemy of none is a friend of none. Barangnya gado-gado. Logistiknya nightmare….

  4. Wah orang indo jagonya…jgn diragukan lg bro….urusan pake nato atau rusky…di merger

    • Akusisi 10 kasel hibah rusia + pertahanan udara s-300 + varian sukhoi family su 35 sebagai fundamental ri untuk beralutsista tk usah muluk2.NKRI akan di segani di kawasan.

      • di tambahin polesan dikit gan…
        BuLavA mau gak yang di cantolin di si bongsor,
        pasti banyak serumpun,beli lahan sapi pun langsung di kasih,,
        hehehhe

        gak muluk” juga khan..??

    • mas jenggo,,

      kata” indo mohon di ( ralat ) di hilangi..
      Jangan di samain dengan negeri yg sekarang blg serumpun sama kita dunk..
      Hehehe thanks

  5. saya pikir HANUD adalah sebuah keharusan walaupun dengan cara apapun, dengan sebuah analisis kebutuhan tentunya.
    indonesia harus menerapkan sistem keamanan dan pertahanan BERLAPIS
    saya kira, gabungan alutsista juga tidak apa2, walaupun dihawatirkan akan membawa ketidak efektifan dalam gelar operasi (seperti sulitnya pengintegrasian)
    penggunaan sistem hanud dari rusia akan jauh lebih menguntungkan bagi indonesia, setidaknya dalam hal deterent nya.
    cobalah berbuat dan mengorbankan sedikit kekawatiran kita, lebih baik mencoba dari pada tidak sama sekali. toh, berkaca dari kejayaan kita tahun 60_an, LUAR BIASA !!!

  6. Memang dlm suatu sistem pertahanan udara ter-integrasi berlapis, meliputi arhanud dan pesawat dgn jenis dan kelas yg berbeda, masing masing menempati posisi yg saling,mengisi dan memperkuat satu sama lainnya, dan tdk dilupakan peran radar pendeteksi target.
    Lewat sistem integrasi yg makin modern, sistem rusia dan nato bisa disatukan.
    Contoh: apa dikatakan bung sutarjo, integrasi yakhont di kapal kri kita, juga sistem integrasi di rudal grom dgn menggunkan target data receiver buatan pt di, kerjasama tni al dgn pt LEN untuk litbang elektronika pertahanan, c-mov tni au dll
    Sebenarnya sederhana aja dulu, kita pilih sistem pertahanan udara dari rusia untuk ibukota jakarta. Sistem pertahanan udara buk air defense missile misalnya, 1 baterei terdiri dari 4 telar, 2 tel/t, 1 unit mobile command post, 1 unit target asquasition radar, dua missile realoded transporter kr az 260 dan ditambah dgn pantsir S1 yg kebagian menjagal target yg terbang rendah. Buk jangkaun 45 km, dan pantsir maks 20 km. Sitem ini bisa berdiri sendiri atau mandiri. Krn mempunyai radar pengakusisi target sendiri yg msk dl sistem buk.
    Kita nggak muluk2, rudal kelas menengah dgn su 30mk2 + f16cd block 30++ sudah alhamdullillah
    Klo ditambah sistem lengkap s300+ 1skuadron su35 ya mjd pertahanan udara 3 lapis

    • lebih baik mulai skrg ditata Strategi Perencanaan Sistem Pertahanan dan Sistem Manajemen Pertempuran, menyeluruh di tni dan semua yg terkait di dalamnya.
      Sudah saatnya Indonesia memunculkan wacana untuk menggunakan sistem managemen pertempuran. Hal yang perlu dipersiapkan adalah menyiapkan SDM terutama dapat merekrut SDM dari lulusan PTN dan PTS khususnya Elektro arus lemah dan teknologi informatika sebagaimana di USA, ROTC adalah perwira cadangan yang berbasis kepada keakhlian elektro dan TI. dan litbang yg melibatkan semua lembaga, instansi terkait seperti bppt, pt di, pt len, pindad, litbang tni, dll.

      • “mas gue”

        dari segi kualitas,Quantitas SdM kita banyak yang ahli,tapi masih kurangnya perhatian dari pemerintahan kita aja,,
        banyak ilmuan yg lebih memilih kerja di luar negeri,krena kurangnya perhatian dr peemmerintahan kita,dari segi anggaran,kurang perhatian dan fasilitas yg kurang memadai seperti gaji yg minimmalist,seupama di tarik lagi ke NKrI,,
        NKRi gak berani menjamin kehidupan ekonomi yg mmumpuni,berbeda dengan pakistan,iran,justru ilmuan dan org trampil di nomer 1 kan..

  7. kalau indonesia memilih mengintegrasikan S-300 untuk pertahanan udara serta menerima tawaran kilo,,bERARTI PEMERINTAH KITA CERDAS,,
    SEPULUH JEMPOL,,
    ………….KENAPA???
    Secara (perlu di garis bawahi) musuh kita ke depan bukan dari ruskie,tetapi tetangga kita yang rata” berkiblat pada barat,,
    dari segi alutsista kita pasti dapet yg number slikur,beda dengan anak”nya british/pun Us,
    dari rudal,pespur kita dapat yg ecek” ehemm..dr Us..
    pertahanan udara kita kalau ammbil dari barat pasti kita dapat yang sedang” saja.tapi kalau dr eyang ruskie kita bisa dapet yg lebih,yg negeri lain gk tau ,(banyak contoh lah anggap saja)heheehe.
    EMBARGO…..SUATU SAAT INDONESIA PASTI DI EMBARGO LAGI BILA TERJADI SENGKETA DENGAN aUST,SINGO/MALAY,,,YANG DI CONTACT DAN DI KONTROLL USA ND INGGRIS,,

    SAYA RASA PARA TECHNICI KITA MAMPU MENYELESAIKAN PROBLEMATIKA PENGINTEGRASI ANS-300 DENGAN RADAR” MADE IN EROPA..BAHKAN BISA JADI LEBIH POWER FULL,,DAN PERLU KERJA KERS SERTA SEMMANGAT,,

    SEMOGA PEERINTAHAN KITA
    TIDAK BUTAA MATA,,KARENA HIBAH,,
    TIDAK BISU KATA” KARENA UANG YG MENJANJIKAN
    TIDAK TULI MMENDENGARKAN JERITAN RAKYAT..

    Mohon tambahanya../di koreksi bila ad yg salah
    terima kasih
    Salam 1jiwa NkrI

    • Sebenarnya para pemerintah kita sudah tau mana yg terbaik untuk nkri kita bung.namun inilah perbedaan oknum pemerintah sekarang dgn pemerintah tempo doloe yg mencapai kejayaan d thn 60 an.oknum pemerintah skrng rela mengorbankan rakyat n negara demi kekayaan diri semata.

  8. untuk hanud dibutuhkan kombinasi kemampuan daya jangkau seperti untuk Hanud Indonesia butuh 1. jarak pendek Pansir, menengah BUK M2 untuk melindungi Ibu kota dan objek vital Industry militer serta daerah perbatasan dan strategis juga di payungi rudal jarak jauh S 350. S400.

    2.pengamanan udara NKRI diperlukan su 35BM 5 skuadron

    3. Untuk dilaut perlu direalisasi tawaran Rusia untuk Kilo class type 636 atau refurbish.

  9. Ks kita itu….bukan kilo lg…yg bisa manggul icbm…..coba aja ntar patriot pada dipasangin ama asu di timor leste…heeee…ausit singasu malon…..tunggu aja…

  10. yup ! bung jenggo !!!! tdi siang ja selasa tanggal 24 september bincang2 di TV ONE panglima baru kita jendral TNI MOELDOKO menyampaikan 2 hibah KS dari rusia yang di tawarkan sepuluh ke indonesia mampu membawa missil surface to surface sejauh 300 km dan 2 ks ini yang paling canggih yang di tawarkan dari 10 ks dari RUSIA dan pemerintah yang terkait sedag NEGO dengan pihak RUSIA ( obrolan tadi siang di TV ONE )

    • Wow, sudah mulai dibuka ya?
      Sekarang tinggal jenisnya apa saja, berdasarkan berita lama jenis yang mau dibeli adalah jenis Kilo, Kilo improved dan Amur 950
      Ini saya kutip sebagian berita 2-3 tahun yll dari ANTARANEWS
      “TNI AL berencana membeli enam kapal selam masing-masing dua kapal selam jenis Kilo Class (B/M), dua kapal selam Kilo (S/H) dan dua Amur Class 950 (B/M)…
      dilengkapi rudal Yakhont dan senjata antiranjau, sedangkan Amur Class akan dilengkapi dengan enam torpedo 533 mm, antipeluru kendali 3M-54E-1 dan antiranjau..”

      Berita lama dari blog militer juga mencantumkan kepastian kedatangan 2 Kilo Class untuk Des 2013, yang menarik konon data diperoleh dari Jane’s defence 2010 dan di daftar belanja TNI ada terdapat
      >>> 5 unit S-300 interceptor batteries (dijadwalkan Mei 2013) , dan
      >>>10 unit Su35 (dijadwalkan akhir 2014)

      Dari daftar itu kebanyakan sudah terealisasi sesuai dengan list, kecuali pesawat latih Yak 130 (dijadwalkan akhir 2013) yang ternyata jadinya T50 untuk latih/light attack dan Grob untuk murni pesawat latih.

      Dari berita tahun 2010:
      “Kepala Dinas Penerangan TNI-AL Laksma TNI Sugeng Darmawan mengungkapkan, TNI Angkatan Laut berencana membeli 12 kapal selam dari Rusia. Rencana itu bagian dari proyek senjata hingga 2024. Dua di antara kapal yang dipesan itu termasuk dalam paket pembelian senjata senilai USD 1 miliar yang telah diteken Presiden SBY”

      dari arsip Forum 10/30/2006
      Indonesia set to order 4 Kilo, 2 Amur submarines

      2 Kilo Class sudah ada, 10 menyusul untuk menggenapi jadi 12, Kilo dan Amur dilengkapi VLS dgn rudal jarak 300km (yakhont?). Harapan untuk S300 dan Su35 juga beralasan dan sangat memungkinkan terwujud tidak lama lagi

      • Untuk lebih menyakinkan bagi jamaah “analisiah” yang berdasarkan dalil argument2/berkas2 terkait pembelanjaan alutsista yang belum resmi di publikasikan oleh instansi pemerintah terkait, bukan jamaah “pastisiyah” yang berdasarkan dalil info resmi lembaga pemerintah yang terkait dengan pembelian alutsista :
        http://www.nti.org/media/pdfs/russian_submarine_exports.pdf?_=1341877885&=1341877885
        Pada link diatas NKRI telah memesan 2 Kilo class project 636 atau BNV sama dengan yang dipesan oleh Vietnam.

      • Ingin nambahin dikit :
        Ks Improved Kilo dilengkapi dengan rudal ASM (Anti Ship Missile) 3M54E / 3M54E1 (SS-N-27 Sizzler) yang diluncurkan melalui tabung torpedonya. Jarak jangkau 200 -300 km. Keduanya melayang 10-15 m DPL. Setelah mendekati sasaran sekitar 30-40 km, rudal naik ke ketinggian dan mengaktifkan radarnya. Setelah sasaran dideteksi dan dikunci, 3M54E1 terbang dgn kecepatan subsonic menghancurkan sasaran. Sedangkan 3M54E berbeda, pada jarak 20 km dari sasaran, tingkat 3 berisi hulu ledak memisahkan diri dan terbang dgn kecepatan Mach 2,9 secara zig zag menghantam sasaran. Rasanya Barat belum punya tandingannya.

      • bung nowyoudont…klo ga salah di daerah papua….kayanya hornet aushit udah gak terbang kesono lg…termasuk asu…..jadi harus kulo nuwun dulu…..ada apa tuh…..tni lu lawan

    • bung killo……penampakan hull ks kelas icbm tni al…..blum di publish….rhs….percayalah….tni al…joss sekarang…..panjangnya lebih kurang ..100 meter….sstttt..ntar kaya mu’im idris lg…….salam buat korp selain tni…..klo masih ga becus…kerja..tni dalam waktu dekat ambil alih keamanan nkri……kita tunggu

  11. Pada sibuk sendiri2, padahal kiamat sudah dekat.

  12. Bung “Killo” info anda sama persis seperti info media massa cetak nasional ternama yang meuliskan berita bahwa untuk pertama kalinya Indonesia akan meluncurkan rudal yakhnot yang beradius 300km dari kapal selam di tahun 2012 silam. Info anda juga ada terkaitan sama analisis bung “Babe” yang mengatkan dalam anlaisi terkait 10 kapal selam hibah Rusia: Analisis….. (dari beberbagai sumber)
    Sebenarnya dari tawaran 10 KS hibah itu, perkiraan sebenarnya yg udah dtg sekitar ……. biji tahun 2011, …… ks operasional, ……biji KS latih (sewa) (rahasia ktnya he he he).
    Dari Yg operasional sekarang membutuhkan perawatan, sehingga rusia menawarkan perawatan/reparasi dan suku cadang di Indonesia.
    Jadi Tawaran hibah ini untuk menutupi yg sudah menyelem di perairan Indonesia. Malaysia aja udah tau…. hi hi hi….. , Itu Australia tu dah bingung dgn keberadaan KS siluman kita yg akhirnya beli byk alutsista khusus deteksi KS siluman kita…. hi hi hi ……
    believe or not believe (silahkan) he he he ……….

    • akur dgn Bung “R2L”.. saya juga mo nambahkan kl barangnya sudah ada. bentuk dan jumlahnya saat ini bukan waktu yang tepat buat nunjukin bentuknya..buat mas” bro yg mengetahuinya, saya kira alangkah lebih bijak kalo di”silent” dahulu biar kawasan gag makin tegang.. heheheh… #maaf kl salah komentar ( sirip di punuk )…

  13. Secara pribadi saya setuju untuk berpaling dulu ke Rusia utk alutsista, karena kita pernah ngalami macam2 alasan untuk di embargo sama USA (pake alutsista USA). Lupakan dulu politik bebas aktif NKRI. Bebas memilih produk alutsista dan Aktif mencari alutsista yang terbaik dari penggunaannya (Jangan dikit2 di embargo, khan sudah beli bukan pinjam). Lagian ASEAN sudah dikepung produk USA. Kita beda dikit ngapa, biar tetangga sebelah (pada sok belagu) sedikit keder. Itung2 buat alat negosiasi/diplomasi. Pasukan kita sudah OK (Kopassus-disegani sampai2 mau ditambah/mekarin grup nya ada negara yang keberatan (mohon koreksi bila salah)). Tinggal alutsista kita yang uzur. Jangan sampe salah beli P’ Syafrie.

  14. numpang kkoment aja..kalo buat pertahanan udara kayanya cocok ke rusia,soalnya kita udah pakai Sukhoy family,KS KILO yg di “umpetin” juga udah paakai,jadi lebih baik “utamakan” tawaran dari rusia, lupakan sejenak produk NATO/AMERIKA, sebab, kita harus ingat, “barang apa pun yg di berikan oleh AMERIKA/NATO, walau jenis dan tipe nya sama, baik itu PESPUR, RUDAL PERTAHANAN UDARA,HELIKOPTER, semua tetap “level” nya yg paling jelek/paling jadul, paling kuno” di banding dengan yg di pakai NATO/AMERIKA dan SEKUTU2 nya termasuk singopura, malay,australia..,mau bukti,? F16 kita dikasih cuma yg level nya jauh dibawah punya singapura, kita punya yg blok 25, sementara singapura blok 52 yg ,cangih,, dikasih helicopter APACHE, ternyata “spesipikasi” nya dibawah punya singapura juga,dikasih lagi F16 yg second yg udah sempet ” di gudangkan” lalu di upgrade, lvl nya masih dibawah yg punya singapura,terutama untuk sistem radar yg di pakai nya MASIH KETINGALAN , untuk pertahanan udara,cuma punya sekelas RAPIER dan STARTREEK(haisl baca di web tetangga) ( maaf klo salah nulis nya) semua jarak pendek,dan kembali ke kasus BAWEAN, menandakan lemahnya kekuatan pemukul PESPUR dan anti pertahanan udara, jd apa pun yg diberikan oleh AMERIKA/NATO , semua nya hanya barang KW atau kelas 2 nya,sehingga jika terjadi” perang” akan lebih mudah di kalahkan, karena mereka tentu saja sudah tahu kelebihan dan kekurangan teknologi yg mereka buat,kalau pun memang terpaksa di beli, mending buat di pelajari atau di “utak atik” lalu di bikin yg lebih baik, contohnya CINA dengan byk beli produck rusia mereka bisa bikin COPY PASTE nya,,,

  15. buat bung @diego,,,denger denger AMERIKA nawarin F35 nya ke pemerintah indonesia, dengan harga 1 unit nya Rp.1,2 trilyun,? apa bener. mending belu sukhoy SU-30MK LG, BISA DPT 24 BIJI,,sebagai gambaran perbandingan Vietnam resmi membeli12 ( dua belas) pesawat tempur Sukhoi Su-30MK2 dari Rusia dengan harga masing-masing lebih dari AS$ 46 juta (sekitar Rp 500 miliar).Pesanan Vietnam ini baru akan dikirimkan pada tahun 2015 nanti. jadi klo bener 1 biji F-35 SEHARGA Rp.1,2 Trilyun,, rugi banget, cuma dpt 1, blom klo rusak, jatoh, di embargo ,

    • Belum dengar infonya. Kan ke negara AS sudah pesan 24 pesawat F-16 block 25+ yang datang tahun 2014-up. Ditambah 8 pesawat F-16 A/B yang existing, berarti sudah ada 2 skadron F-16.

      Sementara, Sukhoi baru genap satu Skuadron. Kalau penambahan, seharusnya satu skadron lagi dari Rusia. Lagian F-35 pesawat yang belum jelas. Turki saja sudah menarik diri dari project F-35.

  16. Patriot? S-300/400? HQ-9? Tanggung semua. Lebih baik pakai Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) atau pakai Arrow. Btw semoga sukses utk ToT HQ-9 dan C705

  17. Klo yg ini ana pilih dr om risky . Krn RI bukan skutu us tentulah di kasih alutsista level di bawah sekutunya biar gampang di kalahkan klo terjadi konfrontasi

  18. Kalau ada tawaran alutsista dari Barat/US, sepanjang itu tdk neko2 (dg syarat yg macam2), bisa saja dipertimbangkan, tapi tetap UTAMAKAN (tawaran) alutsista dari Rusia dan atau China… Ingat; kita pernah mengalami pengalaman buruk dg Barat (US cs). Termasuk sebodoh-bodohnya manusia jika (mau) jatuh kedalam jurang yg sama!

  19. Mungkin sudah dateng S-300 nya hehe….

    3 Sukhoi SU27 April 2010 (rali sasi 5 sep 2010 dan 15 sep 2010)
    16 Super Tucano September 2010 (DICARI ALTERNATIF LAIN)
    8 Heli tempur MI35 Nopember 2010
    12 Heli tempur MI17 Oktober 2010
    6 Sukhoi SU30 Mei 2011
    6 Hercules Desember 2010
    8 Kapal Cepat Rudal Ctmaran Nopember 2010
    6 Hercules Nopember 2011
    22 F16 CD Oktober 2011 – Juni 2012
    12 Kapal Cepat Rudal Ctmaran Desember 2011
    4 Korvet PAL Juni – Okt 2011
    16 Yak 130 April 2013
    10 Sukhoi SU27/30 Nopember 2013
    2 Kapal Selam Kilo Desember 2013
    20 Kapal Patroli Cepat Rudal Jan – Des 2011
    80 Rudal Lapan Juni – Okt 2010
    12 Korvet PAL Jan 2012- Des 2013
    5 Batteray S300 Mei 2013
    2 Kapal Selam U214 Okt 2014
    10 Sukhoi SU35 Agustus 2014
    200 Rudal Lapan Feb – Sep 2011

  20. kalau tidak salah kutip juga bung Nowyoudont kata panglima TNI baru kita ada kedatangan 12 sukhoi pada 2014 nanti maaf mungkin juga saya salah kutip karena panglima baru kita kurang pandai berbicara dan agak terbata2 penyampainnnya ( seperti ada yang disembunyikan )yang pasti untuk 2 ks yang mampu menggotong missil sampai range 300 km benar2 jelas dan saya tidak salah kutip dan beliau menyamapaikan juga 2 ks canggih itu akan datang 2014

    • Tapi bisa jadi bener gan, TNI kan pasti ada semacam buku putih perencanaan pengadaan Alutsista jangka menengah dan panjang. Walau ada juga kejutannya macam MBT yang (mungkin) mengikuti dinamika keamanan di perbatasan, efeknya Yak hilang diganti Grob dan T50 (konskuesi MBT Leo dan ToT Chang bogo?)

  21. S300 antey 2500..dari pesanan iran yang tidak di demolisi?.beli carrier 65 ribu ton.mama eli yang batal dibeli royal navy? Turet hitfat 120 mm untuk marder??…lapan yang lagi asik ngulik??..HQ apa brahmos..?? Uh..uh…

  22. Komando Pertahanan Udara Nasional disingkat Kohanudnas merupakan komando utama terpenting dalam kekuatan kita berfungsi sebagai mata dan telinga yang mengawasi berbagai pergerakan pesawat udara yang melintasi wilayah Indonesia. Sebagai pengawal keamanan wilayah Indonesia, dalam melaksanakan tugasnya Kohanudnas didukung oleh Satuan Radar TNI-AU yang ditempatkan di berbagai daerah (ada daerah yg masih bolong). Selain itu Kohanudnas juga telah mengintegrasikan data dari radar-radar sipil di seluruh Indonesia. Kalau ini yang akan diintegrasikan misalnya dengan sistem Rusia, maka memang biayanya dan tingkat kesulitannya akan besar. Karena itu lebih bagus sbb:
    1. Lapis 1 : Kohanudnas dipertahankan seperti sekarang berfungsi sebagai mata dan telinga yang mengawasi berbagai pergerakan pesawat udara yang melintasi wilayah Indonesia (tentunya daerah yg masih bolong diisi) dan sebagai pusat komunikasi pertahanan udara.
    2. Lapis 2 : Pusat pemerintahan dan komunikasi seperti Jakarta dan sekitarnya, pangkalan udara utama seperti Iswahyudi dan Makasar, serta pangkalan armada seperti Surabaya dilindungi oleh sistem pertahanan udara berlapis jarak jauh yang terintegrasi (IADS). Diusulkan Almaz S-400 Triumf atau SA-21 yang merupakan perkembangan terbaru dari famili SAM S-300P. Mobilitas tinggi karena dipasang di atas kendaraan. Disini ada masalah integrasi IFF untuk pesawat buatan Barat, tapi masak kita kalah sama Yahudi.
    3. Lapis 3: Pusat pemerintahan etc dilindungi oleh sistem radar dan rudal SAM jarak pendek & sedang jangkauan ? 50 km untuk merontokkan sasaran yang lolos dari Lapis 2, termasuk bom pintar (smart bomb). Mobilitas juga tinggi karena dipasang di atas kendaraan. Diusulkan Pantsir atau Tor-M1 / SA-15 Gauntlet dari Rusia. Disini juga ada masalah integrasi IFF untuk pesawat buatan Barat, tapi lagi-lagi masak kita kalah sama Yahudi.
    4. Lapis 4 adalah pertahanan terakhir point defence bisa TNI AU, AL atau AD berupa sistem Manpads dan meriam seperti QW-3 dan Contraves 35 mm. Integrasi IFF, bisa diganti dengan prosedur SOP.
    Saya rasa tidak perlu kuatir kalo sistemnya gado-gado, yang penting efektif pada tingkat lapis masing-masing..

    • Setuju bung Antonov… masa kalah dgn yahudi? Contoh integrasi sistem antara lain ada pada mig 21-2000 dan sukhoi 30 india menggunakan perangkat avionic n electronic warfare buatan elbit n IAI

  23. smoga KEMENHAN DAN TNI mebeli Rudal s300 rusia..jngan bepaling lagi kesenjata buatan AS dan negara sekutunya. DAn juga TNI AU harus punya SU-35 jngan puas dulu dgan skuadron su27/30 yg ada sekarang..jgn klah duluan pnya pesawat canggih dari negara tetangga..ingat malaysia berencana ganti pesawat tempur mereka. dan juga Vietnam yg ekonomi jauh dibawah Indonesia saggup borong sukhoi lebih bnyak kok kita tidak.

  24. Baru baca kapal Pengawas Hiu di jamming dan diusir untuk melepaskan tawanan yaitu kapal nelayan dari china..kapal pengawas itu kena jamming radio VHF atau UHF pasti kena blokir eh sang nahkoda pakai telepon satelit kena JAMMING juga !!

    Yang ngusirnya kapal pengawas/patroli China 301 bersenjata lengkap, cuma digertak tok pake sirene saja tuh nakoda kapal Hiu langsung kecut padahal di perairan sendiri.

    Bayangkan cuma kapal patroli china saja bisa melakukan jamming apalagi kapal perang yang sebenarnya sangat dikuatirkan kapal perang RI juga rentan di jamming bagaimana mau ngubungi pusat komando ??? jadi jgn mikir terlalu jauh kalau komunikasi saja masih ecek”

    sumber : http://garudamiliter.blogspot.com/2013/09/kisah-gesekan-di-laut-natuna.html

    • Sebenernya ini hanya kelanjutan dari beberapa peristiwa yang terjadi di Natuna semenjak Cina mengklaim hampir seluruh LCS. Mereka sengaja memasukan kapal2 nelayan untuk mencari ikan di wilayah2 yang mereka klaim walau sebenarnya masuk ZEE negara2 lain. Dan yang mencolok adalah adanya “pengawas perikanan” Cina yang menemani kapal2 nelayan itu, kapal pengawas perikanan itu dilengkapi dengan senjapan kaliber besar. Kapal patroli laut kita yang menangkapi pencuri ikan itu ditodong dengan senjata mesin kaliber besar oleh kapal “pengawas peikanan” Cina.

      Sebelumnya insiden hanya terjadi di daerah ZEE Pilipina dan Vietnam, kemudian masuk ke ZEE Malaysia dan Brunai. Cukup jadi perhatian internasional (USA) ketika mereka mulai masuk ke wilayah ZEE Indonesia, karena 9 dash line Cina (sekarang jadi 10 dash line) tidak jelas apa memasuki wilayah ZEE kita atau tidak. Sekarang bisa dipastikan mereka mengincar juga laut di utara Natuna yang kaya migas. Dengan klaim terbaru Cina itu wilayah ZEE Indonesia dicaplok hanya tinggal sekitar 50 nM dari pantai Natuna

      Kebanyakan hanya berpendapat MEF adalah reaksi terhadap Malaysia, itu ada benernya, tapi sebenarnya ada ancaman yang jauh lebih besar dan nyata dari utara.Seperti yang Chuck Hagel bilang bahwa mereka butuh TNI kuat untuk menyeimbangkan kekuatan di LCS. Dan hibahpun berdatangan plus persetujuan senat Amerika untuk pengadaan persenjataan dan alat tempur canggih yang normalnya hanya mungkin diperoleh Singapura atau Australia.

      Why is China Picking Fights with Indonesia?
      http://www.weeklystandard.com/blogs/why-china-picking-fights-indonesia

  25. Kalau ane komandan kapalnya, pasti ane bom aja tuh kapal cina.
    Soalnya di laut tuh berlaku hukum rimba. Siapa yang kuat dia yang menang.
    Kalo laporan itu belakangan. Korut aja ga takut ngebom kapal selam korsel. Palingan kena protes diplomatik…
    Seharusnya kapal patroli cina itu juga harus ditangkap.

    Engga usah takut kalilah sama cina, apalagi kalo di laut.
    LIBAS AJA TUH KAPAL-KAPAL CiNA.

    Terus buat Komandan Pangkalan daerah Natuna sana, udah tau cina ngincer2 tuh laut kita, kirim aja kapal perang, minimal kirim kapal yang memiliki kemampuan serang donk.
    jangan kirim kapal nelayan donk untuk patroli di laut natuna sana.

    • Udah syukur petugas Macan Hiu itu engga diculik dan disiksa kayak sama malon taon2 kemaren ntuh…
      (Serem denger nama kapalnya)

    • anda melawak ya? biar namanya kapal patroli coast guard, kapal mereka ukurannya bisa sebesar kapal perang philipina paling besar, jika anda tembak duluan maka, anda akan ditengelamkan cukup dengan di tabrak sampai terbelah, dan dalih yang digunakan adalah membela diri (karena anda yang membuka konfrontasi lebih dulu).

  26. om diego bgmn kabarnya kapal klewang?….

    • Gak terdengar kabarnya. dulu mau buat klewang baru dengan material baru (tahan panas). Yang saya dengar justru tahun 2013 ini KCR 60 yang diluncurkan. Semoga saja tepat waktu. Ada yang punya info soal Klewang ?

  27. langkah tepat untuk para perwira tni merealisasikan apa yg ditawarkan oleh pihak rusia,walau pun ada sedikit perbedaan sistem pertahanan yg kita anut skrg ini.Langkah cepat meng kombinasikan antara s300/350 + pantsyir untuk menjaga kedaulatan didukung dgn su35 mampu menangkal ancaman dri USA yg sekarang berbasis di australia.Semakin lama penumpukan pasukan usa di ausi perlu direspon cepat dgn pertahanan yg kuat. ditambah makin gila nya china dalam kemajuan alat2 militer negaranya.

  28. Silahkan usul pengganti F-5 Tiger kita…….(Pengadaan 1 skuadron baru)

    “Menhan Purnomo Yusgiantoro, mengakui, hingga kini Kemhan memang tengah mengkaji untuk mengganti pesawat tempur F-5 Tiger.”

    Link : http://www.beritasatu.com/nusantara/140575-tahun-2024-indonesia-akan-miliki-delapan-skuadron-pesawat-tempur.html

    Usul terbanyak dari teman2 di JKGR moga2 di diakomodasi sama kemhan dan tni au.

  29. F-5 tiger replaced by F16 ( hibah ) , F16 replaced by Su 27/30 , SU 27/30 replaced by SU 35 BM

    • Idealnya memang seperti ini, dalam arti peringkat terbawah yang tadinya diisi F-5 digantikan oleh F-16, yang dikosongkan slot paling bawah, penggantinya masuk di slot paling atas, seirama dengan kemajuan teknologi…

      • Gw setuju klo f5 di ganti f16,nah kelas menengah yg kosong di ganti sm su 27/30..naah yg kelas berat ganti sm su 35 bm.jgn lupa di isi pod rudalnya itu yg penting,,

    • Itu kemungkinan yang cukup aman gan, saya setuju nambah f16 (refurbished batch III/IV atau baru blok 50/60) dan pesawat keluarga Sukhoi(27/30 atau S35) daripada alternatif baru seperti Thypoon atau Rafale.
      Dengan IFX/KFX yang semakin tidak jelas membuka juga kemungkinan PAK FA atau JSF F35 pada renstra III
      Sebagai negara non blok kita memang bebas memilih produk alutsista dari berbagai blok negara dunia, tapi terlalu banyak system yang dipakai juga menjadi beban tersendiri, apalagi ke depan harus ada system pertahanan terpadu.
      Dan mempertimbangkan dinamika kawasan TNI AL juga harus mulai memikirkan untuk menjadi blue water navy, sebagai negara Maritim terbesar mempunyai angkatan laut dengan kemampuan samudera adalah pantas jika bukan wajib

  30. Jika melihat gelaran kekuatan TNI-AU, pesawat F-5 dan F-16 diarahkan menjadi pesawat patroli/peronda dan sukhoi menjadi kekuatan pemukul utama. Jumlah F-16 yang bertambah sebanyak 24 unit dan 6 unit plus dr refurbish nantinya konsisten menjadi kekuatan patroli sekaligus tempur sergap (multi role), jumlah ini sudah diperhitungkan untuk mengganti posisi F-5 sekarang. Nah kesempatan ini sebenarnya diarahkan untuk menyiapkan kekuatan tempur ke generasi 4.5+ atau 5, dimana TNI AU sdh membuat leveling pesawat yg jelas yaitu generasi 4 u F-16, generasi 4++ u sukhoi dan KFX/IFX dan 5 yg belum ada..jadi pengganti F-5 sesungguhnya dipersiapkan u generasi 5. Jika melihat pasaran saat ini pesawat generasi 5 baru F-35 F-22 dan T-50 PAK FA..SU-35 BM masih dikategori 4.5 karena belum full kemampuan stealth..apakah TNI AU memiliih Su-35 BM? sepertinya udah cukup diisi oleh Su-27/30 saat ini…apakah T_50 PAK-FA? sepertinya akanmenjadi pilihan utama…karena tetangga kita sudah mengakuisisi F-15 silent eagle dan F-35. Apakah tim Kemenhan yang membawa TNI AU didalamnya sekalian melihat pesawat ini…? masih menjadi pertanyaan kita….

    • S35BM lebih ke PAK FA minus stealthy daripada upgrade S30, walau flatformnya sama tp kemampuannya beda level, #Dr.Kopp ausairpower.com. Berita terbaru menyebutkan PAK FA generasi awal masih akan menggunakan mesin S35 sampai setidaknya 2020
      Arguably S35 lawan sepadan dari JSF F35 apalagi F15SE, sedang T50 PAK FA diproyeksikan untuk berhadapan dgb F22 yg tidak dieksport. Export PAK FA akan menyebabkan pergeseran kekuatan udara negara2 dunia, terutama menjadi ancaman bagi negara2 sekutu USA yg hanya tergantung pada produk negara2 NATO. IMO ‘Protes’ sudah terlihat dg usulan agar RAAF menggunakan Sukhoi juga dan Turki yg berencana bikin pesawat sendiri dan mundur (sementara) sebagai calon pengguna F35
      Artinya Su35 saja sudah cukup menjadikan penyeimbang di kawasan dgn adanya F15Se, Super Hornet Growler atau bahkan JSF yang dioperasikan RSAF dan RAAF

    • Kira-kira dalam 5 – 10 tahun ke depan, pesawat jenis apa yang mungkin menyusup ke Indonesia ?. Kemungkinan: F-15 silent eagle dan F-35 (Singapura). SU 30MKM Malaysia dan Rafale (kalau jadi beli), F/A-18 Super Hornet dan F-35 Australia, China Aircraft, dll.

      Kira-kira pesawat apa yang pantes untuk menyergap membendung fighter-fighter tersebut ?. Kalau bisa pengganti F-5 tiger, harus lompat ke SU 35 BM dengan tambahan sistem anti-udara S-300 family.

      Negara seluas gini kok hanya punya 1 skadron SU-27/30

      • bung @diego, mungkin jenis kaya gini nih bung, (PESPUR F-16 DI REMOTE CONTROL JADI TANPA AWAK)bisa saja suatu saat semua pespur amerika jd remote control tanpa perlu pilot di dalam pesawat …http://www.metrotvnews.com/tekno/read/2013/09/25/71/183996/Jet-Tempur-tak-Berawak-Dikembangkan-di-AS

      • Kekuatan pesawat tempur TNI AU perkiraan th 2014-2024 (10 tahun) dgn asumsi 8 skuadron lengkap dgn persenjataan th 2024.

        Pesawat yang masih eksis sampai th 2024 perkiraan :

        Pesawat tempur jumlah keterangan
        Sukoi Su- 27 skm/ 30 mk2 1 skuadron heavy fighter lapis pertama
        F-16 C/D block 30 ++ 2 skuadron medium fighter lapis kedua
        Super tucano+T-50i g e 2 skudron light fighter/TT lapis ketiga

        Pesawat yang waktunya dikaji untuk diganti 5-10 th kedepan

        Pesawat tempur jumlah keterangan
        F-5 E/F tiger II 1 skuadron light fighter lapis ketiga
        Hawk 100/200 2 skuadron light fighter lapis ketiga

        Alternative pertama :

        F-5 E/F tiger II ====>diganti dengan Sukoi Su-35 BM 1 skuadron (heavy fghter) gen 4++/4.,5
        Untuk mengimbangi kekuatan yg setara di wilayah asia pasifik. Waktu pengadaan 2-5 th sudah lengkap.

        Hawk 100/200 ====>untuk 5 tahun kedepan statusnya turun menjadi pesawat latih tempur dan dikaji untuk diganti 1 skuadron Pakfa dan 1 skuadron KFX/IFX (produksi sendiri) dan genap eksis th 2024.

      • mas diego saya kok ngerasa 1 skuadron Sukhoi msh kurang untuk wilayah seluas Indonesia. mungkin ada baiknya penambahan 2 skuadron SU 30 (1 skuadron refurbish,1 skuadron baru) serta 1 skuadron SU 35. sehingga persebarannya 1 skuadron di aceh,1 skuadron di jkt, 1 skuadron mks (SU 35), 1 skuadron di merauke. untuk hawk 100/200 digeser aja ke Natuna/kalimantan/morotai atau biak.

        mohon diluruskan kalau pendapat saya salah mas. hehehe

      • Sepakat Mas Fadhil. Malaysia saja mau menambah F/A – 18. Kalau F-35 jadi, berarti Australia dan Singapura akan memakainya beberapa tahun ke depan.

        Bayangkan F-35 RAAF dan RSAF jalan-jalan di sekitar wilayah udara kita dengan percaya diri.

        Saya sendiri agak bingung dengan pengadaan hibah 24 F-16 eks US. Ketika negara tetangga beli pesawat yg lebih modern, kita malah set back secara teknologi. Kalau pilihannya F-16 block 52 mungkin lain ceritanya.

        Tapi F-16 eks US itu sudah dibeli. Lalu bagaimana mengimbangi pesawat F-35 Australia dan Singapura, China….yang semua sudah stealth …nanti ?.

        Angkatan udara kita belum disegani di kawasan.

        JIka MEF I, dana 50 persen untuk darat, seharusnya MEF II ditujukan untuk modernisasi Angkatan Udara dan Laut.

        Pilihannya adalah 1 skadron SU-35 BM, plus S-300 family. agar pesawat negara tetangga ngggak bisa lenggak lenggok seenaknya mlipir-mlipir di wilayah udara Indonesia

        • Akhirnya perlombaan senjata khususnya di bidang nagkatan udara negara-negara ASEAN mulai terbuka dengan adanya penawan super hornet buat si Malon, rencana akuisisi f35 oleh si Aushit dan si Singapore. Buat pemerintah NKRI khususnya dari kalangan TNI,khususnya TNI AU segera pertambah/ganti alutsista yang usang dengan alutsista yang moderen tanpa harus takut perlombaan senjata di kawasan,toh AU malaysia,autralia dan singapore ingin membeli superhornet dan f35,masa TNI AU cuma andelin sukhoi su27/30 untuk mengintercep f35. Saran saya segera masukan “su 35 bm dan s300″ buat arhanud di daftar belanja MEF 2015-2019. Buat TNI AU two tombs buat si killo,track anda sudah benar. Untuk AD saya kira ga ada masalah matra/satuan anda telah mengakuisisi senjata2 kelas wahid di dunia seperti leopard 24a,IFV Marder,Javelin, NLAW.

          Ohya saya mau nanya perkembangan berita soal rencana pembelian helikopter OTHT atau KS buat mengekfektifkan rudal yakhnot, jadinya TNI AL beli helicopter Seasprite atau helicopter AS 565 MB Panther, adakah teman-teman di warjag yang mengetahui beritanya? salam.

        • bagaimana pendapat mas tentang MIG 35.?apakah rolex sm dengan F16.?sy melihat kebijakan refurbish f 16 lebih untuk mengejar kuantitas drpd kualitas.
          skrg tergantung keberanian pemerintah sj apakah berani menggunakan alutsista rusia secara besar-besaran dan berani menanggapi protes negara eropa secara jantan. karena kalau dari pihak rusia saya yakin mereka akan bersedia untuk menjual alutsista strategis mereka ke indonesia bahkan menggunakan kredit ekspor sekalipun

        • Bung diego, ini ada coment dari panglima tni soal klo ada anggaran tahundepan bisa mengadakan su-35
          http://m.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/09/26/mtpsoj-panglima-tni-prajurit-harus-militan

          • Terimakasih infonya bung Gue mulai dari keberadaan kilo sampe yang hot si garuda dambaan hati su 35.

          • sy kok rada khawatir klu ada rncn pembelian alutsista strategis dr rusia yg di bocorkan ke media biasanya akan batal..hehehehe
            soalnya banyak jg loh yg g suka klu kita trlu berkiblat ke rusia.
            yg lebih mantap menurut saya dibocorkan ketika sudah tanda tangan kontrak sj disitu tingkat kepuasan kita masih lebih nendang

        • Cucok banget Bung Gue. Thanks Infonya. Akan saya kliping juga dalam artikel tersendiri.

    • Minimal memang Su-35, dan jangan lupa menu wajib, sang playmaker: AWACS…

  31. kalau rencana kemhan dan tni au dulu memang pengganti F-5 tiger II yg ada di iswahyudi akan masuk 16 pesawat F-16 c/d block 30++.
    Tapi dari komentar pak pur, bahwa Kemhan tengah mengkaji pengganti pesawt tempur F-5 tsb. Berarti bisa jadi ada Kemungkinan ada pesawt baru yg akan masuk. Dgn target kita punya minimal 8 skuadron pesawt tempur.
    Klo sampai th 2024, kira2 yg masih bertahan : 2 skuadron F-16, 1 skuadron sukoi su – 27 skm/30 mk2, 1 skuadron super tucano, 1 skuadron tempur taktis T-50i. Jadi sekitar 5 skuadron.
    Maka kemhan perlu minimal 3 skuadron pesawt tempur baru pengganti 1 skadron F-5 tiger dan 2 skuadron hawk 100/200.
    Ingat F-5 E/F tiger II tni au tahun 80an jadi andalan garis depan lapis pertama. Jadi sewajarnya TNI AU melirik pengganti dari sukoi family.

  32. Hawk 100/200 sepertinya masih akan dipertahankan u jangka menengah..karena TNI AU juga sedang menjajaki kerjasama update perangkat hawk 100/200 baik radar maupun avioniknya..infonya sudah teken kontrak..peningkatan ini akan membuat kemampuan tempur hawk 100/200 lebih meningkat untuk menjalankan fungsi baru yaitu multi role…jika target 8 skuadron u 5 tahun ke depan lagi..saya justru melihat sebenarnya TNI AU sedang mempersiapkan hanya 1 skuadron khusus yaitu generasi 5….jadi komposisinya u target 5 tahun lagi adalah 1 skuad supertucano, 2 skuad hawk 100/200 (peningkatan kemampuan), 1 skuad T-50i, 2 skuad F-16, 1 skuad Sukhoi 27/30 dan 1 skuad penempur generasi 5…..(we hope all)

    • Mungkin baru seleksi 1 skuadron generasi ke 4++ macam su-35, typhon, f-15 silent, dll
      Klo hawk kyknya nggak sampe th 2024 deh
      Klo saya condong kita butuh pengganti f-5 diproses skrg 2-3 th genap 1 skuadron pengganti pespur Gen 4++, setelah itu baru pengganti 2 skuadron hawk

    • Indonesia harusnya ikut kembangin tuh pak fa,,yaah jgn muluk2 lah 20% aja kontribusinya.jadi klo pak fa sukses dan di produksinya massal kita dpt duluan di banding negara lain,,

  33. Dgn pengkajian penggantian pesawat f-5 tiger, dgn pesawat tempur heavy fighter setidaknya mengimbangi memanasnya situasi asia pasifik.
    http://indo-defense.blogspot.com/2013/09/malaysia-dapat-tawaran-super-hornet-baru.html
    Malaysia kebingungan mau ambil pesawat yg mana
    Vetnam juga menambah 12 su -30mk2
    Kita tunggu aja team kemhan plg dari rusia, tni al survey KS hibah dan tni au survey su-35 dan s-300
    Kejutan apa dari pak pur selanjutnya

  34. ada yg tau tentang pespur KFX indonesia – korea apakah ada info terbaru? kebetulan baca2 di web lain , ini faktor yg bikin program KFX di tunda oleh korea,..uangnya udah kepake beli pespur produk NATO/AMERIKA..namanya pemerintah R,I. kena tipu muslihat,.bagaimana mungkin negara yg mau bikin pespur semi siluman masih beli pespur lain yg tipe nya sama dengan yg sedang di kerjakan,sementara yg saya baca klo ga salah pemerintah R.I sdh memberikan modal awal senilai Rp. 15 Trilyun. ( byk bgt nih bs beli lontong, PAKFA,S300, ) dan sementara proyek nya di “pending” di tunda” oleh korea dgn alasan yg ga jelas, dan mengada2 ada. , nah kebeuelan nemu berita ttg ” belanja militer korsel ” buat pespur nya,mungkin karena ini korsel keabisan duit buat nerusin proyek KFX….. ini berita nya .. http://www.antaranews.com/print/366938/as-jual-pesawat-siluman-f-35-ke-korea-selatan

  35. Ada yang bisa konfirmasi rencana akuisisi destroyer eks Rusia?

    • klo bicara eks Rusia , kita prihatin & nelongso sementara lihat vietnam negara under kita belanjanya ke Rusky meyakinkan.

      • Ada tweet yang mengatakan sedang berlangsung pembicaraan mengenai kemungkinan TNI AL membeli kapal perang kelas Destroyer eks Rusia. Mudah2an saja bener dan bisa terealisasi.
        Coming soon; KRI Sudirman class. Amin

  36. USA menembakan 2 rudal balistik ke arah timur tengah (baca:Syria) dari pangkalan USA di Spanyol langsung terdeteksi dan ditembak jatuh oleh anti serangan udara Rusia yang berada wilayah Mediterania.
    S300 benar2 game changer. Mempunyai kekuatan penangkal yang bisa membatalkan rencana serangan udara negara adidaya. Ayo TNI, buruan bungkus.

    Aggression was over the Moment those Two Missiles were Fired
    http://www.almanar.com.lb/english/adetails.php?cid=31&eid=110043&frid=31&fromval=1&s1=1&seccatid=71

    • klo tahun2 depan bungkus S300 gelar di dumai n batam, jadi no fly zone donk buat f15sg dan super hornet punya 2 jiran???

      • Kemampuan pantaunya 300km gan, jika ditempatkan di Dumai atau Batam tentu bisa memantau sampai sebagian wilayah KL. Fighters RSAF hanya bisa muter2 dalam sangkar emasnya bila tak permisi dulu numpang lewat sama TNI AU. Sayangnya saat ini TNI masih ngejar fungsi deterrent dan masih jauh dari kemampuan compelling.

        • Asal jgn dgn sesama saja :D

          Media Libanon melaporkan bahwa selain 2 tomahawk, pertahan udara Syria juga berhasil menembak jatuh F22 yang mencoba masuk udara Syria. F22 itu kemudian jatuh di utara Jordania.

          Dgn S300 udara RI akan jadi no fly zone bagi pesawat tempur tak diundang, pesawat RAAF hanya akan bisa muter2 begitu take off sampai kembali landing, juling2 deh pilotnya

        • Sekalian rudal atros di arahkan ke singasu….2 batalion aja…biar jadi singasu lautan api….hell of city

  37. siap kirim
    http://www.bharat-rakshak.com/NAVY/Galleries/364-3/Picture+006.jpg
    he he he he….. guyon.com

  38. Dengan adanya insiden macanhiu yg bukan hiumacan tapi pecel lele, kemungkinan jadi terbuka, provokatif dan menarik. Buto cakil seberang lautan bukan lagi Aussie tapi China! Pengganti F-5 bukan lagi SU-35 tapi F-15SE dan Wedgetail! Kita ditawari F-35! Rencana beli S-300 langsung ditingkatkan menjadi S-500! Kita ditawari Patriot!

  39. INDO itu artinya kalo ga INDIA ya Setengah Bule

  40. Sudah sewajarnya NKRI Keluar dari kebodohan dan dalam kungkungan Nato mengenai sistim pertahanan udara jadi sebaiknya kita ambil sistimpertahanan udara jarak menengah dan jarak jauh sekaligus alih teknologi dari rusia sebab kita tidak akan dibawah kelas australia dan singaspura kalaupun nato Hibah adalah salah satu strategi saja jangan terjebab jika dengan Rusia NKRI dan Rusia sama sama akan disegani dipenjuru dunia karena menurut ramalan jangan sampai Rusia NKRI dan Cina bersatu karena akan jadi adi daya tak tertandingi didunia Ketiga negara ini mempunyai kelebihan yang tidak dipunyai oleh negara didunia Yaitu 1. NKRI Negara Kepulauan Terbersar didunia dan Negara paling penting didunia karena menguasai selat terpenting didunia dan paling banyak selat didunia yang sangat strategis 2. Cina mempunyai penduduj terbesar didunia. 3, Rusia mempunyai Negara daeatan terbesar didunia. nah jika ini dipadu apa jadinya, tak satupun yang bisa menandinginya/

  41. jangan sampai kita dibohongi lgi oleh blok US, teman yg terpecaya ya tetap Rusia dan China..TITK.

  42. kalau rakyat indonesia tidak di ragukan lagi keberaniannya.tapi yg di ragukan adalah kemampuan pemerintahnya..setiap buka internet,,di bahagian berita militer dan alutsista…rasanya yg paling tidak berguna adalah milik indonesia..pesawat perangnya,jadul.kapal selamnya tua bangka…..mimpinya berkoar-koar beli 10 unit kapal selam,tapi sayang yg bekaspun tidak boleh beli….macan asia jancok..!1!!1 vietnam yg diam2 sudah beli 6 unit dan sudah akan di terima 4 unit.tinggal dua unit aja belum rampung.kalau gitu kan jago….brengsek mulut besar indonesia…yg di banggakan cuma panser anoa,untuk apan ini……….macan asia berak kambing..

  43. Ma’af mas,, klo mau buang kotoran mulut jgn d sini…
    Anda pikir hanya anda yg memiliki nasionalisme N anda anggap bapak2 petinggi TNI kita tidak…??
    Sombong sekali anda,, tapi sy bersukur org2 spt anda tdk jd apa2 d negri ini, bisa bahaya bagi indonesia…

    • Marjuki itu sepertinya maling asia yg lagi stress dan lapar bung….

      maklum dia butuh pelampiasan coz negaranya lagi dicecar abis2an masalah pesawat malas-sia mh370, pemerintahnya gak mampu mengungkap tabir yg sebenarnya malah hari ini saya baca di koran si hisaham bilang kmungkinan mh370 gak akan bisa terungkap…..

      Biasalah maling teriak maling……

 Leave a Reply

(wajib isi)

(wajib isi)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>