May 252016
 

Rheinmetall Defence selalu punya solusi untuk menutup gap antara biaya tinggi dan kebutuhan persenjataan yang mumpuni. Ada sejumlah persenjataan yang pada dasar, handal dan tangguh namun mulai tertinggal di sejumlah teknologi yang terus berkembang. Adalah Tank Leopard 2 yang dinilai Rheinmetall Defence, bisa ditumbuh kembangkan dengan teknologi terkini. Antara lain upgrade sistem elektronik, sistem penembakan, jenis meriam, hingga ke body armor. Gambar yang dibuat oleh @ivantenges dan @Jakartans@PkDef dari Defence.PK, menunjukkan Tank Leopard Revolution hasil upgrade dari Rheinmetall Defence, berbeda untuk sejumlah varian dari negara-negara pemesannya. Secara kasat mata, berikut sejumlah perbedaannya :

tank leopard

Sumber : Defence.PK

Artikel Terkait :

  38 Responses to “Mencermati Negara Pengguna MBT Leopard Revolution”

  1. Ping

    • yang jelas Leopard RI gak ada fitur AMAP-ADS (Active Defence System) dan sepertinya fitur AMAP-M (Mine Protection ) juga dihilangkan …

      • Kan AMAP punyanya IBD Deisenroth… Kita punya kan hasil upgrade Rheinmetall, siapa tahu mereka juga punya upgrade proteksi serupa, termasuk ADS nya.

  2. tolong dbedain leo sg itu evolution yg upgradenya bukan dr rheinmetal. sedangkan leo ri itu revolution upgrade dri rheinmetal namun bukan pket upgrade komplit soalnya cuma ambil bbrapa item dr upgrade yg dtawarin rheinmetal.

  3. ya saya mau beli 3000 rupiah ya….
    bungkus ikat tepi ya…
    jaagan lupa sekali ammunition ya..
    bungkus 1 plastik …

  4. Intinya punya negara lain lebih canggih…

  5. kalau sama yang di indo defence 2012..yang tempat kita tidak ada sensor infra red penembak ATGM dipojokan2 kubahnya..ntah kita tidak minta atau mungkin ada perangkat laen yang funsinya sama,lebih murah,Dan dipasang sambil jalan…atau itu saja sudah cukup..soalnya kedepannya kita gandeng aselsan untuk pembuatan tank medium..kemungkinan besar upgradenya sambil jalan..oh iya yg ditengah itu fungsinya apa ya?..malah dileo revo indo defence 2012 tidak ada…..tetapi secara kesuluruh..jooooos gandos…daripada naek scorpion atau BMP 3f..lebih aman ini..hehheh,…ayo ditambahin lagi…genepin..ke angka 250-350…beli 2nd aja..untuk Leo..(kira2 masih ada tidak ya 2ndnya soalnya jerman sendiri sekarang baru butuh)…jerman sendiri yang 2a4..akan diupgrade seperti ini…

    • yang di tengah itu fungsinya apa ?
      ” driver night vision camera”

    • Sensor infra Red dalam perang modern kemungkinan fungsinya sangat kurang, kecuali berhadapan dng perang gerilya (pemberontak) atau perang kota. Konsep pembelian MBT Indonesia utk skenario melawan agresor, maka yg dikerahkan pertama utk perang darat adalah artileri medannya seperti MLRS dan Howitser berjangkau diatas 30 Km. Kemungkinan pasukan penembak ATGM sudah bubar duluan. Sehingga pembelian perlengkapan perang berdasarkan ancaman dan type perang yg dihadapi. Agar tidak buang uang percuma utk hal-hal yg tdk digunakan. Begitu kira-kira. (edisi sotoy_lg.com)

    • @indo elita

      Bukan sensor infra merah bung….tapi detektor jika tank kita dipindai dg “laser pengukur jarak” milik ATGM lawan.

      Sensor infra merah lawan tidak bisa deteksi krn bersifat pasif…sebelum menembakkan ATGM, operator menembakkan pancaran sinar laser lebih dulu kearah target utk mengukur jaraknya, apakah masuk dalam jarak tembak atau tidak

    • Jiah….asal cuap aja Bandingin Leo ama Scorpio n BMP 3F…Beda Bang,Light Tank nyang atu IFV,jelas Aman Leo lah…Leo Tuh MBT bang tau ga artinya MBT,Jelas lbh bagus Leo,bikin perbandingan yg bener ah,jng asal ngemeng…ntar ketauan bloonya lo bang.
      klo ente mau aman…diem di rumah ga usah ikut perang….wuakakkaa…

  6. Sudah sudah yg penting nih Leo udah mulai bertahap dateng brarti kemungkinan kalo ada kontrak penambahan MBT kemungkinan yg akan di akuisisi adalah T-14, atau T90MS.

  7. kalo yg ini

    http://www.janes.com/article/51850/germany-looks-towards-leopard-2-replacement

    koq beda banget sama leopard kita ya? apa bedanya yg revolution ini sama yg punya TNI? ngarep yg seperti ini eh datangnya yg lampu mbulet

  8. Leopard kta masi cat dasar jadi agak kelihatan jadul , tunggu saja wajah barunya pasti kelihatan sangar.a ,
    Kemungkinan armor bagian belakang akan dipasang oleh pt.pindad..

    Bersyukur kita sudah memiliki tank ini , jangan main asal kritik belum tentu dugaan warjag bener…, tunggu saja informasi dari kemenhan..

  9. Spek Alutsista kalo punya Indonesia biasanya lebh inferior dari punya tetangga

  10. Paket upgrade dari Revolution kn sperti nasi padang. Karena menggunakan modul2 yg separasi pemasangannya. Intinya memudahkan bagi negara pengupgrade utk memilih pket yg d inginkan ato yg sesuai dgn anggarannya. Yg pasti Leo 2 Ri jauh lebih mumpuni dari Leo 2A4 standar, sdh lawan sebanding Leo 2SG ato abrams ausie.

    • Kita orang indonesia bang, kita sukanya modif bang ?.jadi beli mentahnya aja dulu ntar baru ikut kontes ???

  11. Oh ga salah Indonesia memilih leopard 2 ini dijamin sampe pusing orang mau nenbak ni tank karena armornya kliatan tebal sekali di jamin peluru pada mental2 smua karena ketebalan armor ni tank. Dan dari tampang yg bisa kita liat tank leo ri adalah yg paling proposional ga berlekuk2 seksy seperti punya Turki dan tak terlalu bongsor seperti punya Singapur ga salah kita beli langsung upgrade dari rheinmetal Jerman, apalagi kalo kita pilih Eurofighter typhuun ketimbang Sukino 27 yg kurang stealth sedikit.

  12. Apa cuma perasaan q saja tank ini mirip kepiting…. hahahaha

  13. harusnya para komentar disini perlu ganti ama pak joko dan harus
    bisa buat sendiri tank nya..
    mau2 aja canggih kok nya ngak tahu dari mana ilmunya…
    kayak bebal

  14. Ada beberapa titik kelemahan tank yg perlu ditingkatkan, khususnya bila dalam pertempuran terbuka yg tak terduga, yaitu Body armornya harus dipilih yg benar2 terkuat, kemudian pada Kepekaan Sensor+Radar jarak jauhnya serta kemampuan tank dalam berkamuflase, sebagai pertahanan diri sekaligus melumpuhkan musuh pada pandangan pertama sebelum didahului mereka!

    Untuk urusan Up-grade tank Leo 2RI serta amunisinya, Pindad sebelumnya juga sudah menjalin kerjasama dengan Belgia, Jerman, Rusia dan Turki, mudah2an dapat mencapai hasil yang terbaik sesuai kebutuhan yang diinginkan oleh TNI.

    • cukup kawat jala cukup kok mas…. soale atgm atau RPG sekelasnya ada 2 letusan…dimana standartnya letusan pertama membuka body armor tank dan kedua meletup di dalam tank… nah kalau memakai jala kawat, 1 meletup di kawat dan letusan ke dua dekat armor tank sehingga dalam tank masih aman….. itu samping ya… kalau dari rudal drone yo rontok… hehehe… rata2 tank body armor untuk arah samping…. (lupakan kalau ulasan saya rada ngawur.com)… hehe

      • jala kawat/baja tidak mampu memicu detonator pertama atgm untuk meledak, karena diseting menahan benturan hingga sekian kg/mm.

  15. selamat bertugas kang leo,,!!

  16. pd tenang aja………..jangan liat sesuatu / menilai sesuatu dari luarnya aja……yg pasti leo kita lebih canggih dr leo nya singapura

  17. Negara kt dah pertimbangkan smwanya, makanya kt belinya kosongan dan barang bekas pula, tp jgn kawatir negara kita ahlinya otak atik brang bkas dan selain itu negara jg tlah krjasama dengan berbagai negara bidang senjata dan pertahanan. Kita akan tingkatkan kmampuan leo lbih dr yg lain yg negara lain tdk tau, krn itu rahasia….dan tdk bs diprediksi musuh…. Misalnya bisa ngilang….bs pura2 mati….bs ilmu meringankan beban….ato mungkin jg dipasang panah beracun…..wkwkwkwkwkw….

  18. Yg penting sampai tu leo…

  19. leo kripik kentang asli

  20. Saat nye copas…copy paste..jangan lupa edit..biar yahudd…

  21. semoga nanti pas datang kesini, camo nya leo bagus gak ngasal kaya M113..

  22. warna ijonya bikin ilfil,,,

  23. Turut berduka cita atas tenggelamnya KRI 384 semoga keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan.. Akan ada pembalasan segera… Tunggu saja ASU kami tidak gentar walau kaian WORLD CLASS NAVY sekalipun

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)