Dec 302014
 
Ilustrasi : Pesawat Tempur SU-35BM (photo: Sukhoi)

Ilustrasi : Pesawat Tempur SU-35BM (photo: Sukhoi)

Dalam pertemuan dengan media di Puspen TNI sekitar bulan september 2014, Kadispenau Marsma TNI Hadi Tjahjanto, S.IP yang mendampingi Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Fuad Basya memaparkan rencana strategis Minimum Essential Force (MEF) TNI AU th 2009-2024.

Berikut diantaranya :

Pesawat :

  • 11 Skadron Udara Tempur
  • 6 Skadron Udara Angkut
  • 2 Skadron VIP/VVIP
  • 2 Skadron Udara intai
  • 4 Skadron Udara Helikopter
  • 2 Skadron Udara Latih
  • 2 Skadron Udara UAV

Pertahanan Udara

  • 32 Satuan Radar
  • 4 Satbak Rudal Jarak Sedang
  • 18 Baterei PSU Jarak Pendek

Organisasi

  • 10 Lanud Tipe A
  • 12 Lanud Tipe B
  • 14 Lanud Tipe C
  • 8 Lanud Tipe D
  • 16 Detasemen
  • 65 Pos TNI AU
  • 3 Wing Paskhas
  • 7 Depohar (26 Sathar)
  • 9 Skatek

 

Sumber : Majalah ANGKASA Edisi No 1 Oktober 2014/Th. XXV

  69 Responses to “Menengok Rencana Strategis Minimum Essential Force (MEF) TNI AU th 2009-2024.”

  1. Absen dulu

    • Sebuah Arus Balik di Nusantara

      Dahulu, di jaman kejayaan Majapahit, arus bergerak dari selatan ke utara, dari Nusantara ke Atas Angin. Majapahit adalah kerajaan laut terbesar di antara bangsa-bangsa beradab di muka bumi ini.

      Kapal-kapalnya, muatannya, manusianya, amal dan perbuatannya, cita-citanya – semua, itulah arus selatan ke utara. Segala-galanya datang dari selatan.

      Majapahit jatuh. Sekarang orang tak mampu lagi membuat kapal besar. Kapal kita makin lama makin kecil seperti kerajaannya. Karena, ya, kapal besar hanya bisa dibikin oleh kerajaan besar.

      Kapal kecil dan kerajaan kecil menyebabkan arus tidak bergerak ke utara, sebaliknya, dari utara sekarang ke selatan, karena Atas Angin lebih unggul, membawa segala-galanya ke Jawa, termasuk penghancuran, penindasan dan penipuan. Makin lama kapal-kapal kita akan semakin kecil untuk kemudian tidak mempunyai sama sekali.”

      dari Arus Balik Karya Pramoedya Ananta Toer.

      Negeri atas angin = India, Persia, China, dan Eropa

  2. what next….???

  3. Pesimis

    • saya banyak berharap bung reaper hunter, semoga dapat terealisasi, itu adalah persiapan masa damai, sebelum terjadi sesuatu yg tidak kita inginkan, salam,

      • Melihat perkembangan alutsista 2010-2014 yg terkesan lambat (apalagi ada yang datang 2018 segala) saya cukup pesimis,…. Contoh saja pengadaan 11 sk pespur, dalam MEF I saja hanya terdapat penambahan 1 sk pespur (bukan penggantian (T-50) dan melengkapi (SU series) itupun baru lengkap 2015-2016. Saat ini kita punya 8 sk, sehingga butuh 3 sk lagi. Kelihatannya kecil, tapi ini cukup sulit bagi Indonesia. Contoh, MEF II 2015-2019 untuk membeli pengganti F-5, berarti tidak terjadi penambahan sk. Mungkin ada penambahan 1 sk baru di tahun 2015-2019. Di tahun 2019-2024 misal akan dilakukan pembelian 2 sk pespur. Tapi saya kira ini untuk penggantian Hawk kita yang sudah tua ditahun 2024. Ditahun 2024 saya kira IFX baru akan diproduksi secara massal.

  4. Sepi…gresik d guyur hjn lbt…

  5. sama sekali tak mengesankan SAM JARAK MENENGAHPUN TAK ADA MEMILUKAN …..

  6. 2 Skadron VIP/VVIP ?

    banyak amat ?
    ciri bangsa tempe emang sulit banget dikikis…

  7. Bosen…

  8. Kok PSU jarak menengah gak ada? padahal Natuna butuh PSU jarak pendek dan menengah,

  9. JozzZ……pelan pelan yg penting tambah terussss….MANTAPS

  10. semoga terwujud,,, amiiiiiinnn

  11. http://abarky.blogspot.in/2014/12/rencana-kanal-di-kra-isthmus-mengancam.html

    klo nie jadi 🙂
    bisa” singapura khilangan 50% penghasilanya 🙂

  12. Keren rencananya TNI AU… bunker2 rahasia sekalian di bangun..Komandan !!!
    http://primbon.infoberguna.com/2013/05/china-miliki-lebih-dari-40-hangar-bawah.html

  13. kata admin, memakai niccck name orang lain atau yg sdh ada rekomended banned.

  14. 18 Baterei PSU Jarak Pendek………..nambah orlikon skyshield lagi kah

  15. mudah-mudahan terwujud, bbm melimpah, sucad selalu tersedia, anggaran untuk perawatan dan operasional tidak pernah habis, sehingga alutsista2 yg di beli dgn harga mahal itu bisa menjalankan tugasnya masing2 dalam menjaga kedaulatan negara,,
    maaf, tanya bung gue,,,
    artikel diatas tidak ada uraian untuk sam jarak jauh, apakah sampai 2024 TNI-AU tidak ada rencana mengakuisisi sam jarak jauh atau mungkin TNI-AD yg kelak akan mengoperasikan sam jarak jauh ?

  16. Bung Antasena, artikel diatas saya kutip pernyataan dari Kadispenau Marsma TNI Hadi Tjahjanto, S.IP memaparkan rencana strategis Minimum Essential Force (MEF) TNI AU th 2009-2024 di Majalah ANGKASA Edisi No 1 Oktober 2014/Th. XXV di halaman 49.

    Namanya rencana, bisa sesuai dgn program MEF tsb, bisa lebih baik atau tetap atau malah sebaliknya. Semua tergantung kebijaksanaan pemerintah yang baru dan persetujuan DPR.

    Untuk renc pengadaan rudal pertahanan udara jarak sedang/menengah kita tunggu saja awal tahun 2015, pasti ada keputusan dari pemerintah sekarang ttg program pengadaan alutsista renstra 2 th 2015 – 2019.

    Moga2 semua terlaksana , amin

  17. Baiklah bung gue,,
    terimakasih pencerahannya,,,

  18. Mana tuh psu jarak sdg dan jauhnya?
    Apa yg sdh digembor2kan oleh pt dahana itu psu jarak pendek yah?
    Oke deh, ane manut2 sj. Yg penting punya psu, wlu cm yg menggunakan meriam. Hehehe!

  19. MENDINGAN DUITNYA BUAT BANTU KAMI PARA PETANI YG SINGKONGNYA DI MAKAN TIKUS TIAP HARI.
    DARI PADA BELI RUDAL JARAK PENDEK ATAU JARAK MENENGAH…
    ###### NGKONG DENGER INDIA SUDAH BISA MENCAPAI LUAR ANGKASA DENGAN ROKETNYA SENDIRI..DAN BISA MENCAPAI CINA DGN ROKETNYA JUGA…
    ##### @@@@TAPI INDONESIA MASIH SENANG…. BERMAIN2 DGN ROKET JARAK PENDEKNYA……..
    #######@@@@………
    ITUPUN BELI …. LAGI…..HEHE

    NGKONG NGOMONG SIH BEGITU….*******

  20. sabar bung danu, kita tgg alasan masuk akal dari pembelian 2 ska vip nya, saya juga penasaran.

  21. GITU AJA BANGGA….ITUPUN MASIH BELI…..

    uhuk…uhuk….uhuuk..
    uhuuukkk uhuk…aah…

    NGKONG KAMBUH..@@@

  22. KAMI PETANI KELAPARAN…..
    RAKYAT MASIH BANYAK YG GAK MAKAN……..
    KAMI KEHUJANAN…BUTUH RUMAH YG LAYAK……
    DARI PADA BELI YG GAK BEGITU JELAS MENDINGAN BANTU KAMI DULU…….

    ##########
    NGKONG PUSING

    • Yakin Bos petani kelaparan?dirumah ortu ada pegawai yg pernah bertani ,dia nya bilang “BBM mau naik kok yang dikuatir kan kok petani , tuh orang desa beli motor mayoritas cash smua”

  23. Beberapa thn yg lalu, anak unicom kan ada yg mampu membuat robot penembak yg bisa mencari sasaran sendiri secara otomatis.
    Kyknya, klu senjatanya itu diganti dgn rudal, mk itu bisa dijadikan psu yg setara dgn iron dome milik israel laknat.

  24. semalem engkong mimpi PAK KARNO(BUNG KARNO/SOEKARNO) hidup lagi menjadi presiden ke 7 menggantijan jokowi memimpin indonesia…ngkong gak bohong..ini sungguhan…
    DALAM MIMPI NGKONG bung karno berhasil mengambil freport papua..berhasil membasmi ANTEK ANTEK ASING YG BERADA DI ELIT PEMERINTAHAN RI..berhasil membangun pertahanan RI dengan membeli SU-35 dari sahabatnya dulu beserta S-400 NYA…dan berhasil menjadi anggota baru grup negara nuklir DUNIA…….

    mimpinya NGKONG sih begitu…
    ######################

  25. Ya, enggak semangat deh bacaannya, enggak ada s400nya sih, enggak ada suatu 35bm,tak 50 pakfak, masalahnya sampai 2020 nih, negara lain udah pakai psu jarak jauh tuh, udah pakai f35 versi terbaru tuh,kasihan deh nih tni au, ketinggalan banget sama kawasan, katanya mau jadi big brother nya asean gimana . Atau ada listambahan yg di rahasiakan ya.

  26. Mdh2an mimpi yg baik, bung ngkong!
    Smg kbijakan presiden RI yg skrg sm bagusnya dgn kbijakan presiden RI yg pertama, yaitu brusaha sekuat tenaga utk memakmurkn rakyat negeri ini & membuat mrk mrs aman dari gangguan org luar yg jahat dgn cr mmperkuat militer negeri ini dgn sekuat2nya, shgg negeri ini disegani oleh negeri2 lain.
    Kt berdoa sj smg langkah preseden kdepannya akn mmbuat rakyat merasakn hidup makmur, hidup aman tentram, & hidup bahagia. Amin!
    Oh ya, dan jg smg besok bbm turun. Hehehe!

  27. Jadi inget, beberapa bulan yang lalu sempat geger karena Pak Pur bilang Indonesia akan mempunyai 180 pesawat sukoi. mungkinkah wujudnya di rencana 11 ska pespur?

  28. Sebagian sepertinya sudah terlaksana.
    Misalnya, 2 skadron VIP / VVIP : skadron udara 17 (sayap tetap) dan skadron udara 45 (saya putar / heli); 4 skadron heli : skadud 6 (SA-330), skadud 7 (EC-120), skadud 8 (NAS-332), dan skadud 9 (EC-725), 2 skadron latih : 101 (AS202 & G-120TP) & 102 (T-34C & KT-1B).

    • Jgn lupa ada 2 skuadron latih lanjut dgn pesawat T-50i & Hawk 109

      Kalo utk skuadron udara
      3 skuadrom F-16
      1 skuadron Super Tucano
      1 skuadron Su-27/Su-30
      2 skuadron Hawk 209

      msh ada 4 skuadron tersisa
      dgn rencana 2 skuadron interceptor dgn pilihan F-16 block60, Gripen, Su35
      maka 2 skuadron tersisa kemungkinan tamnahan hibah F-16 block 52i

  29. Dari 6 skadron angkut yg direncanakan, sudah ada skadud 2 (NC-212), 4 (CN-235, CN-295), 31 (C-130), 32 (C-130). Jadi kurang 2 lagi.
    Rumornya skadrong angkut berat bakal ditambah, ada skad 33 dgn C-130 di Makassar yg dekat dgn Brigif 3 Linud Kostrad di SulSel.

    • Sprtnya 2 skuadron angkut tersisa tampaknya 1 skuadron angkut strategis yang kemungkinan diisi oleh A400M dan sisanya 1 skuadron tanker udara sprt KC150, KC767, Airbus310 MRTT

  30. 4 Satbak SAM jarak menengah sepertinya akan ditempatkan di komando sektor pertahanan udara nasional, karena jumlah kosekhanudnas juga 4.

    Jarak menengah itu seperti apa ya? Apa S-300 / Patriot termasuk?

  31. Dari 11 skadron tempur, yg sudah ada : skad 1, 3, 11, 12, 14, 15, 16, 21 alias ada 8; jadi kurang 3 lagi.

    Semoga 4 skadron buru sergap khusus utk Kosekhanudnas juga dibangun. 301 s/d 304.

    • Itu diluar Kohanudnas krn Kohandnas sendiri butuh 6 skuadron radar strategis (baru ada 2 yaitu Jakarta & Makassar), 4 sjuadron buru sergap, 5 satbak Medium Range SAM (40-75km), ^ satbak Short Range SAM (10-25km)

    • 11 skuadron Penempur diakhir 2024…jujur z sedikit mengecewakan.
      jauuh dari ideal.. namanya juga pemberitaan resmi x ya.. 😀

      jadi bagaimana idealnya..???

      Jika Lanud tipe A, B dan C sudah terisi minimal 1 skuadron penempur.
      sementara Lanud kelas D menjadi penentu dalam taktik deploy.

  32. Semoga kfx bisa mengisinya jadibisa meningkatkan industri alutsista. Dlm negeri.

  33. Itu yg mengaku petani kelaparan…. mudah2an bener terkabul do’anya…. Aamiin2… Ya Robbal Alaamiin

  34. Sebenarnya JKGR sudah mengangkat berita ini sejak bulan september kemarin…

    http://jakartagreater.com/paparan-pembangunan-kekuatan-tni-au/

  35. Sayang sekali negri ini memang terkenal dg rencananya, wacananya, namun selalu lemah dlm implementasi dr pelaksanaanya, pengadaan, pengawasan, perawatan dst sering ada bagian yg mentok,,in7 sebetulnya ciri2 kepemimpinan yg tidak kondisten & tdk kontinyu,,,jg sering lemah menghadapi tekananan atau keberatan pihak lain,,ujungnya, MEF I &II yg disusun dg sangat baik, meski dlm ststus minmum pokok bisa2 gak tercapai jg baik secara kuantitas apalai kualitass,,,yaa yg tertawa yaa negeri tetangga,,kita sesak nafass ngelus dada,,ditunggu pemimpin yg konsisten, teguh, tegar menegakkan kedaulatan & wibawa bangsa,,bukan sekedar rencana apalagi wacana..meski pesimis terpenuhi,,tetap ada harapan2 & keajaiban dlm realisasii

 Leave a Reply