Feb 072017
 

Industri pertahanan Rusia telah mengembangkan dan memproduksi kendaraan dukungan tempur BMP-T dan BMPT-72 didasarkan pada desain dari tank tempur utama T-72 untuk meningkatkan kemampuan daya tembak saat mengerahkan pasukan dimedan perang. Jenis kendaraan ini dipersenjatai dengan meriam otomatis dan peluru kendali anti-tank yang mampu menghancurkan berbagai ancaman militer modern di medan perang. (Army Recognition)

Kendaraan dukungan tempur BMPT-72 Terminator 2 buatan Rusia

Kendaraan dukungan tempur BMPT-72 Terminator 2

Industri pertahanan Rusia di bawah payung Rosoboronexport yang merupakan BUMN eksportir senjata Rusia mempromosikan kendaraan dukungan tempur BMP-T Terminator 1 dan BMPT-72 Terminator 2 untuk pasar militer internasional.

Kendaraan Boyevaya Mashina Podderzhki Tankov-72 (BMPT-72) dikembangkan untuk mendukung tank dan unit senapan bermotor. Desain kendaraan ini didasarkan pada chassis dari tank tempur utama (MBT) T-72 dan fitur perlindungan yang mirip dengan salah satu MBT.

BMPT-72 memiliki persenjataan yang mampu mendeteksi dan mengeliminasi target disamarkan (kamuflase) berukuran kecil. Dilengkapi sistem pencarian dan deteksi target modern, sistem kendali penembakan otomatis, senjata otomatis multi kanal, dan aspek perlindungan kru yang memungkinkan BMPT-72 untuk mencapai misi dukungan tembakan di semua jenis lingkungan pertempuran.

BMPT-72 diproduksi menggunakan MBT T-72. Tank T-72 usang yang tidak mungkin lagi di upgrade karena tidak efektif dari segi ekonomi untuk melakukan modernisasi dapat dibangun kembali menjadi kendaraan BMPT-72 Terminator 2.

Proses pembangunan kembali terdiri penggantian menara tank yang ada pada modul tempur BMPT dengan RCWS (meriam otomatis, senapan mesin dan peluru kendali) yang terletak pada struktur terpisah, serta perbaikan dan upgrade kerangka (atas permintaan pelanggan). Pengerjaan untuk membangun kembali Tank T-72 menjadi BMPT-72 dapat dilakukan pada fasilitas produksi yang dimiliki pelanggan.

Persenjataan utama dari BMPT-72 terdiri dari meriam otomatis dua laras 2A42 kaliber 30 mm yang mampu menembakkan peluru berdaya ledak tinggi dan armor-piercing. Sistem senjata dipandu yang menggabungkan 2 buah peluncur dengan 4 peluru kendali yang dipersenjatai dengan anti-tank berdaya ledak tinggi atau hulu ledak thermobaric. Kendaraan memiliki kemampuan menembakkan rudal pada siang dan malam hari. Juga dilengkapi dengan senapanmesin koaksial 7,62 mm.

Penggunaan kerangka tank mampu memberikan perlindungan tingkat tinggi pada BMPT-72 dan memungkinkan untuk mencapai misi dalam formasi tank di bawah tembakan musuh. Rangkaian perlindungan BMPT-72 menggabungkan armor dasar, ERA terintegrasi, sistem tabir asap otomatis, tambahan batangan slat armor, corak kamuflase dan tanda tangan visual yang rendah.

Kendaraan dukungan tempur BMP-T Terminator 1

Kendaraan dukungan tempur versi pertama BMP-T Terminator 1 buatan Rusia.

Kendaraan dukungan tempur BMP-T Terminator 1 dirancang untuk memberikan dukungan tembakan pada unit tank dan senapan bermotor serta untuk mendeteksi dan mengeliminasi target pengamatan rendah dan tersebar terutama, personil militer musuh yang dilengkapi dengan persenjataan kecil maupun persenjataan anti tank di medan perang.

Fitur persenjataan kendaraan ini memungkinkan menghancurkan platform kendaraan dengan perlindungan berat seperti tank dan kendaraan yang dibangun berbasis tank, benteng maupun target udara. Namun, tugas utamanya adalah mengeliminasi target pengamatan rendah sebelum memberikan dukungan tembakan.

BMP-T Terminator 1 dapat digunakan dalam formasi tank atau secara terpisah. Sebuah unit tank ini dilengkapi dengan fitur efisiensi canggih BMPT mampu menghancurkan benteng musuh sama seperti MBT. Penggunaan terpisah dari kendaraan dukungan tempur dapat meningkatkan efisiensi pengerahan pasukan tempur.

Persenjataan dari kendaraan BMP-T Terminator 1 mencakup meriam otomatis dua laras 2A42 kaliber 30 mm dengan penstabil dual-axis berkapasitas 850 butir amunisi, senapan mesin PKT 7,62 mm dengan kapasitas 2.000 butir amunisi, 4 buah rudal anti-tank dipandu laser dan dua peluncur granat otomatis 30 mm dengan kapasitas 600 amunisi.

BMP-T Terminator 1 memiliki perlindungan canggih untuk melindungi kru dari serangan amunisi anti-tank. BMPT memiliki perlindungan armor dasar. Pelindung dibagian depan tidak dilemahkan oleh port penembakan yang ditujukan pada senjata tank. Pada bagian sisi kendaraan ditambahkan pelindung ERA dan pada bagian belakang kendaraan juga dilengkapi dengan batangan slat armor.

JakartaGreater

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  14 Responses to “Mengenal BMP-T dan BMPT-72 Produk Industri Pertahanan Rusia”

  1. Ternyata MBT T-72 bekas ada fungsinya πŸ˜€ gak jadi besi tua…

  2. hasil pengalaman perang chechnya pertama yg juga menjadi acuanpengembangan kendaraan tempur infanteri modular kelas berat T-15

  3. Boroooooooonnggggggg………..

  4. Buat TOT PT Pindad

  5. Kok bentuknya seperti robot transformer decepticon ya ?

    Xixixixi

  6. Warna dr terminator 2 gila, keren abis….rusia ga ada matinya, buktinya banyak negara mulai mendekati rusia, tp kita malah memunggunginya…justru pilih produk as dan nato….kacau jeeeee!!!!,,

    • Iya bung, sepertinya itu merupakan bagian dari strategi perang secara psikologis dr Rusia πŸ˜€ sama seperti camo seragam TNI, tp rusia sudah selangkah lebih maju dmna camo alutsistanya bikin lawan kagum πŸ˜€

  7. Ini bukannya menggunakan basis T-72 yang di Rusia sendiri sudah di tinggalkan? Trus ngapain mengidamkan mempunyai barang obsolete design tahun 1971-an seperti ini ?

    Russia saja tdk menggunakan ini barang dan hanya Khazakstan saja yg menggunakan. Jika ada niat modif untuk banput mending menggunakan chassis Leopard lumayan tehnologi 90-an, ada commonality, kemungkinan bisa alih tehnologi, efesien dsb…

    • Mungkin agar MBT T-72 yang akan digantikan T-14 Armata tidak sia sia. Diubah jadi IFV dan dijual ke negara lain.

    • emang pabrikan jerman ngijinin bung …. ???
      bisa ngamuk2 ntar parlemen jerman, trus cost untuk kawin silang leo dgn perangkat rusia jg lumayan mahal
      terutama di sistem kelistrikan untuk sensornya

    • Makanya baca lagi tulisan diatas, pelan-pelan aja πŸ˜€ pasti akan menemukan kalimat:

      “Proses pembangunan kembali terdiri penggantian menara tank yang ada pada modul tempur BMPT dengan RCWS (meriam otomatis, senapan mesin dan peluru kendali) yang terletak pada struktur terpisah, serta perbaikan dan upgrade kerangka (atas permintaan pelanggan)”.

      Perbaikan dan upgrade kerangka atas permintaan pelanggan, pastinya akan menambah keunggulan dan daya tahannya, ditambah lagi perlindungan lainnya yang disebutkan dibawahnya.

      Hehehehe

  8. keren,…
    tapi tetep aku mah suka tang yang buat sam tonguska….

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)