Dec 302016
 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumantri menegaskan telah mengirim surat teguran keras kepada pihak maskapai Citilink terkait insiden pilot yang diduga mabuk berat, saat hendak terbang dari surabaya menuju jakarta pada rabu pagi lalu.

Pernyataan ini disampaikan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumantri, saat tiba di bandara Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur terkait insiden pilot yang diduga mabuk berat bernama Tekad Purna.

Menurut Menhub, dalam surat yang berisi peringatan keras untuk maskapai citilink tersebut, tertulis pilot yang diduga kuat mabuk telah dibebastugaskan oleh pihak maskapai yang bersangkutan.  Budi Karya Sumantri, menegaskan Citilink lakukan beberapa pelanggaran prosedur yang tidak ditaati salah satunya memeriksa kesehatan pilot sebelum diijinkan menerbangkan pesawat.

“Dalam kasus pilot mabuk ini., Citilink telah mendapatkan surat peringatan pertama, karena tidak melakukan beberapa prosedur yang telah ditetapkan, ” tegas Menhub kepada jakarta greater Jum’at (30/12/2016).

Meskipun begitu, Kementerian Perhubungan belum memberi sanksi pada maskapai ini, sebab saat ini masih dilakukan penyelidikan lebih mendalam terkait pilot diduga mabuk tersebut.

Agar peristiwa serupa tidak terulang, Kementerian Perhubungan akan memperketat pengawasan dan pemeriksaan kepada seluruh awak kabin maskapai termasuk pilot yang melayani penerbangan di Indonesia.

Artikel Terkait :

  13 Responses to “Menhub : Citilink Melanggar Prosedur Penerbangan terkait Pilot yang diduga Mabuk”

  1. setuju pak menteri, yg begini harus
    ditindak tegas, dan salut buat pimpinancitilink yg langsung mengambil tindakam tegas, dan jempol buat penumpang yg kritis dgn menolak terbang. itu smua untuk dunia penerbangan ditanah air.

    • Gak harus kritis lihat kelakuan pilot yg satu ini bung,
      Bicara ke para penumpang lewat mic. Dengan gak jelas dan aneh, orang awam pun pasti tau pilotnya kalo mabok ya gila.!!!

      Sebelum mati gara2 pilot mabok, mending turun aja lah..

  2. Tu Pilot Suruh terbang aja Sndirian. Udh nyampe ketinggian di Laut P.Jawa. baru Di Lock pake R-73 Atau R-77 Dari “Penggebuk” Yg Nongkrong di Makasar

  3. Mustinya klo mo mabok2an ketika mo terbang, jangan lupa minum obat anti mabuk (Antim*) jadi di pesawat tenang semua…… wkwkwkwkw

  4. pak menhub jgn hanya maskapai city yg di beri peringatan, kalau berani beri peringatan juga pihak juanda dan TNI AL bahwa petugas mereka membiarkan dg sengaja pilot mabuk lolos dari pemeriksaan

  5. Gak harus kritis lihat kelakuan pilot yg satu ini bung,
    Bicara ke para penumpang lewat mic. Dengan gak jelas dan aneh, orang awam pun pasti tau pilotnya kalo mabok ya gila.!!!

    Sebelum mati gara2 pilot mabok, mending turun aja lah..

  6. Sangat miris lihat SOP mengenai kesehatan PILOD yg bisa lolos tes medis. Bisa di bayangkan gimana kalo pesawat itu jadi terbang dengan pilod yg ngelantur kek gitu..

  7. @patih pragota

    Bung Patih, ngomong2 soal pilot mabok….itu yang pake baju merah dibelakang pak mentri siapa ya?

    Kayaknya cucok gitu….

  8. gimana bisa jadi anggota ICAO kalo kelakuan pilotny kya gini,maskapai yg sering delay,kecelakaan,dll?
    rasanya fir natuna akan tetap dipegang sama singapore..