Jan 092017
 

Menko Perekonomian Republik Indonesia, Darmin Nasution memberikan penjelasan terkait komentar Presiden Joko Widodo tentang naiknya biaya pembuatan STNK dan BPKB untuk meningkatkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) di bidang pelayanan masyarakat.

menurutnya Presiden Jokowi pernah menanyakan tentang PNBP di bidang pelayanan masyarakat dan berpesan agar tidak terlalu tinggi, apabila biaya untuk pelayanan masyarakat tersebut dinaikkan dalam rangka untuk meningkatkan PNBP.

“Presiden memang pernah berpesan kepada kami, jika bertujuan untuk meningkatkan PNBP jika menyangkut masyarakat luas, tolong ini diperhatikan betul dan jangan terlalu tinggi naiknya, papar Darmin Nasution menirukan ucapan Jokowi (08/01/2017).

(foto: ANTARA/SIGID KURNIAWAN)

namun pertanyaan tersebut dilontarkan oleh presiden sebelum naiknya biaya pembuatan STNK baru dan BPKB bukan setelah biaya baru tersebut diberlakukan seperti yang saat ini ramai diberitakan oleh sejumlah media.

“Jadi terkait kenaikan tarif baru pembuatan STNK dan BPKB, bukan atas usulan presiden. Jadi saya minta jangan salah dalam memberitakan. Kalo Presiden sesungguhnya justru memberikan arahan dan perhatian agar kenaikan tidak terlalu besar,” jelas Menko Perekonomian RI mengakhiri sesi Jumpa Pers di Surabaya, Jawa Timur.

Artikel Terkait :

  44 Responses to “Menko Perekonomian Jelaskan Statemen Presiden Jokowi terkait PNBP”

  1. keren pak JKW

  2. Nyimak….

  3. makanya kl presiden sudah usul sekarang diturunkan dongg… jangan ABS tok

  4. Tuh kan…kalo “naik” jangan terlalu tinggi…mohon diperhatikan ya bapak-bapak, kasihan yang dirumah udah cape seharian ngurus rumah tangga

  5. gini ya sop prosedure sebenarnya…….konglomerat silahkan gak bayar pajak…atau diampuni pajaknya…dan larikan duit 12.000 triliun ke luar negeri….sementara rakyat kecil kecipratan diinjek kepalanya lewat beban hidup tinggi….itu prosedurenya

  6. ?

  7. bukan usul presiden tp beliau menyetujuinya kan pak,klw gk setuju gk mgkin jalan peraturannya.
    kepolisian jg mengelak tu klw ni usul mereka,bbm naik,listrik naik pajak kendaraan naik,orang kaya dpt amnesty

  8. yg bawahan nya nih kyk nya ga ngerti juga,, maen naikin pajak tinggi bgt… sampe2 nyimpan duit di bank juga kena pajak..padahal baru 7 jt. blm biaya admin nya.

  9. nasionalisme digemborkan khusus buat rakyat kecil sementara yg rekeningnya gendut dan banyak oknum pejabat negara memble ,rakyat kecil serba salah

  10. Jiahaa…Ha..

  11. Apapun itu bentuk kenaikannya, seberapapun besar kenaikannya dan siapapun itu yg mengusulkannya…Semuanya Tidak Pernah Pro Ke Rakyat Kecil!!!!,!,dari dl sampe detik ini ttp spt itu, tidak bakal berubah…yg kaya smkin tertawa, yg miskin smakin menangis….ITU!!!!!

  12. No comment…wkkkkk

  13. ini naek….mau ngejar tex amnesty ya…

  14. Pengampunan pajak orng kaya tahun ini aja di ampuni ….tahun dpn mereka akan di hajar baru tau rasa…..para besnes men

  15. Hei.. Naik itu gara-gara musim penghujan..

    Cabai merah banyak yang bosok dan gagal panen. Kertas buat cetak STNK banyak yang basah kehujanan, kebanjiran. Printer juga.
    BBM banyak yang kecampur air. Pom kena Banjir.
    Listrik juga banyak yang konslet. Rusak. Wkwkwk..

    Mengertilah..

  16. Kalo emang naik dinaikkan aja tp jgn tinggi naiknya

  17. Naikkk jangan tk naik,,,!tekan rakyat,,jangan tk tekan……

  18. hahahahaha presiden terbaik se?????? cabe 200ribu/kilo, stnk dan bpkb, bbm dan listrik naik tetap aja presiden jokowi terbaik se????? klo dimari dilarang jelekin pemerintan meskipun FAKTA nya jelek… harus bilang jokowi terrrrrbaik se?????

    • r4ft3l @ tdk apa2 lho..jelekin pun tak apa.. gue pun tdk setujuh kenaikan biaya stnk dan bbkb, jgn kan yg ada masalah, yg tdk ada masalahpun ente cari2kan masalah gue tdk heran itu kan profesi elo..

  19. Apresiasilah, inikan hasil dari ” kerja kerja kerja “, ………… !!!

    • Rakyat disuruh kerja,, kerja,, kerja rodi,, yg diatas kerjanya naikin pajak.. yg realistis ajalah kalo ngutang,, daripd rakyat jd beban.. pembangunan infrastruktur jng jd sekedar tameng..

      • om tot om @ guepun dtk setujuh atas kenaikan biaya stnk, gue berfikir kenapa sampai negara tak ada duit ! oh.. ternyata dr orba duit kita di maling sama koruptor dan seakan2 anda pro mereka cie2….hebat betul ente ini…
        harus membangun infrastruktur sebab kita tak bisa stop orang beranak,kebutuhan tak bisa di lempar ke pemerintahan akan datang spt junjungan ente…

        • kemudian dia bilang salah SBY, lalu dia bilang jungjungan ente bocor, sedangkan junjungan nya paling benar sedunia, ……… begitulah orang yg membabi buta, logikanya menguap karena otaknya mengecil. !!!

  20. untung ane gk punya motor/ mobil, ane cuma punya kebo, jadi gk mungkin kena tilang. listrik ane cuma punya tipi,itu juga udah butut jarang di setel juga. gk punya AC, lemari ES, mesin cuci, gosokan juga jarang pake. tapi kok ane jadi seneng banget kalo harga cabe naik,soalnya ane nanem walau dikit… hihihihhi

  21. jangan sampai rakyat malah gak mau bayar pajak dan biaya administrasi STNK, sebab legalitas peraturan ini masih dipertanyakan,semuanya pada sembunyi tangan, kata bang OTTO “ini batal demi hukum”
    he he he
    jelas “gara-2 habib rizik nih” kata bang mahfud

  22. jangan ragukan terbaik asia australia versi blommberg yg disiarkan metro dan kompas 24 jam tauuuuuuu

  23. Kemaren perpanjangan pajak tahunan motor dr 189.000 naik menjadi 200000… Cuma naik seribu…lo pad berisik..u pd bayar pajak gk, jangan cocot doang…dsr lambe corong…yg naik itu klo u perpanjang 5 thnan…bisa beli mobil LCGC gk mampu bayar pajak..dsr kere sok kaya…apa lagi yg punya motor gede dikit 250cc cemen klo ngerasa gk mampu bayar pajak…mending u jual tepung sagu aja sana..

  24. Hati hati yg kritik ntr dituduh makar hahahaha.

  25. Mnding ga usah bayar aj wkwkwkwk

  26. jkw@ ada yg perlu gue lurus dan jelaskan, korupsi bukan sy tujukan ke orba sj, tapi koruptor tumbuh di mulai jaman orba dan seterusnya.
    sy tdk akan membelah siapapun pemimpin jika pemimpin itu tdk berbuat mati2an untuk membangun bangsa ini secara semestinya,
    kenaikan biaya stnk- bbkb, kemungkinan karena terpaksa untuk mendapatkan pajak dan seterusnya untuk pembangunan, seandainya negara kita uang tdk habis, tentu pemerintah tdk akan menaikkan biaya apapun.

  27. g apa2 klw g ada yg ngaku, ya udah mendingan di kasih sama kucing ajah deh….. llluuuuuuunng aluuungkeuuuunnn.

  28. zaka tingkir @ dlm hidup berbangsa dan ber negara suka duka pasti kita lalui bersama, klu negara memerlukan bantuan dr masyarakat ya harus di bantu semampu kita,
    percayalah uang itu 100 persen untuk pembangunan, kebutuhan infrastruktur kita sdh tertinggal jauh dr semestinya ,efeknya kita kesulitan mendapatkan pelabur dll.
    sy pun sangat menyadari beban di masyarakat kecil tapi apa boleh buat,inilah pil pahit yg harus kita telan demi masa depan anak cucu generasi penerus bangsa kita.

  29. Pemerintah pusing mencari cara untuk meningkatkan APBN. Ibarat kebutuhan rumah tangga tinggi tapi gaji pas-pasan

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)