Menko Polhukam Pastikan Kabar Jutaan TKA Ilegal Asal Tiongkok di Indonesia Adalah Hoax

50
4

Beredar kabar bahwa Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang bekerja di Indonesia secara ilegal jumlahnya sudah jutaan, dibantah oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

Sebelum memberikan statmen Menko Polhukam Wiranto telah lebih dulumengumpulkan sejumlah menteri dan kepala lembaga dalam rapat terbatas. Dalam kesempatan rapat terbatas itu, Wiranto menekankan pembahasan terkait isu tenaga kerja asing (TKA), khususnya dari Tiongkok yang membanjiri Indonesia.

“Hari ini kami khusus membicangkan isu tentang TKA yang datang dari Tiongkok. Jadi intinya harus dibedakan antara isu atau hoax dengan realitas. Ternyata setelah kita kumpulkan para menteri, kita pastikan ketakutan itu tidak benar. Yang seperti diperbincangkan kan puluhan juta, tapi tidak seperti itu,” ucap Wiranto di kantornya, Jakarta, Jumat (6/1/2017).

Dia menuturkan, pihaknya terus memonitor siapa yang datang dengan kemampuan dan menggunakan dalih turis lalu kemudian kerja.

“Itu sudah ditangkap dan sebagainya (yang pura-pura jadi turis),” tegas Wiranto.

Meski demikian, pihaknya masih terus mengawasi kedatangan warga asing ke Indonesia agar tidak terjadi seperti yang diisukan selama ini.

“Tapi tetap kita sadari, kita harus terus melakukan satu peningkatan terhadap pengawasan,” pungkas Wiranto.

Hadir dalam rapat terbatas tersebut, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya, Wakil Kepala Polri, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Sumber : liputan6.com

50 COMMENTS

    • Sopir dan tukang cuci piring juga impor . pekerja asing tsb PT. kusuma raya utana sengan 153 tka. PT. tansri majdud energy 10 TKA . PT. bangun tirta lestari 8 TKA. PT. eternity 7 TKA. PT. energy sakti saantoso 6 TKA. PT. ijataman 5 TKA. PT. jambi resourches 4 TKA. PT. fisto mitratama 3 TKA. PT. cipta buana seraya 3 TKA. PT. pingxiang mining 1. TKA. dri china 272 dari usa 19 dari malaysia 12. yg aktip perpanjan hanya 80 orang belum terdeteksi di perusahan tersebar di kabupaten2 lain di Bengkulu yg didominasi pertambangan dan plta, yg miris lg tka tsb tukang cuci piring dan sopir.
      jika dilakukan sidak perusahan seperti pemilik NKRI . ya Allah

  1. Walaupun cuma 1 Orang tetap Tidak bisa diterima Dan meresahkan ….
    Harus ditindak…perusahaan yang mempekerjakan mereka …
    Kesannya ….pemerintah NKRI ini suka sekali Bohong….lemah …corrupt ..kalau begini terus …kita bisa dijajah lagi…oleh Bangsa asing…China and Australia …

      • Hey @wongcilik, TKI/TKW ada berapa???? Orang kita boleh kerja di luar masak org luar gk boleh??? Ente kagak adil, maunya untung sendiri….kalau ada kesempatan untuk anda, sodara anda, ataupun keluarga anda untuk kerja ke luar negeri dgn gaji yg lumayan diatas rata-rata apa ente kagak mau???
        Rasis amat NKRI belakangan ini, katanya demokrasi, kok malah mundur. Ramalanmu terbukti Bung Karno, salute…

  2. Iya memang benar di setiap perusahaan tambang asal Tiongkok di Indonesia ada tenaga kerja ilegal asal Tiongkok dan mereka di sembunyikan oleh perusahaan itu sendiri jumlahnya puluhan orang. Contohnya di morowali sulteng.

  3. Hey @wongcilik, TKI/TKW ada berapa???? Orang kita boleh kerja di luar masak org luar gk boleh??? Ente kagak adil, maunya untung sendiri….kalau ada kesempatan untuk anda, sodara anda, ataupun keluarga anda untuk kerja ke luar negeri dgn gaji yg lumayan diatas rata-rata apa ente kagak mau???
    Rasis amat NKRI belakangan ini, katanya demokrasi, kok malah mundur. Pertamina kagak bisa jd kayak sekarang bang tanpa pekerja asing. PT.PAL kagak bakal bisa bikin kapal kalau tidak dibantu pekerja impor. Urusan perut kagak ada abisnye.

  4. Ehem, ehem…

    Ini salah siapa ?

    1. Salah TV swasta yg gemar siarkan sinetron tentang kemewahan, sehingga timbul kesan di generasi muda bahwa mencari uang / nafkah itu mudah.

    2. Salah angkatan kerja kita sendiri : kenapa tidak mau bekerja kasar, ke mana2 hanya bawa ijazah melamar2 dan gengsi terima pekerjaan kasar. Maunya gaji gede tapi sedikit kerja tapi malas berupaya.

    3. Sudah diterima bekerja pun masih reseh, tuntut upah setinggi2nya tanpa bedakan pengalaman dan ketrampilan, ngobrol saja di tempat kerja, main gadget di tempat kerja, waktu ibadat yg harusnya kelar 15 menit dilama2in jadi 1 jam dan malah ngobrol di tempat ibadat.

    Daripada saling menyalahkan lebih baik kita introspeksi diri. Apakah kita seperti itu.

  5. Ok ..stop ya komen ada TKA disini, disana di itu di ono 10 org, 100, 10000, sejutaa…..stop…langsung lapor aja ke call centre 1500-133 ….(menakertrans … Simpel..silahkan nikmati akhir pekan, besok kerja lagi…heheheeh

LEAVE A REPLY