Jan 072017
 

Beredar kabar bahwa Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok yang bekerja di Indonesia secara ilegal jumlahnya sudah jutaan, dibantah oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto.

Sebelum memberikan statmen Menko Polhukam Wiranto telah lebih dulumengumpulkan sejumlah menteri dan kepala lembaga dalam rapat terbatas. Dalam kesempatan rapat terbatas itu, Wiranto menekankan pembahasan terkait isu tenaga kerja asing (TKA), khususnya dari Tiongkok yang membanjiri Indonesia.

“Hari ini kami khusus membicangkan isu tentang TKA yang datang dari Tiongkok. Jadi intinya harus dibedakan antara isu atau hoax dengan realitas. Ternyata setelah kita kumpulkan para menteri, kita pastikan ketakutan itu tidak benar. Yang seperti diperbincangkan kan puluhan juta, tapi tidak seperti itu,” ucap Wiranto di kantornya, Jakarta, Jumat (6/1/2017).

Dia menuturkan, pihaknya terus memonitor siapa yang datang dengan kemampuan dan menggunakan dalih turis lalu kemudian kerja.

“Itu sudah ditangkap dan sebagainya (yang pura-pura jadi turis),” tegas Wiranto.

Meski demikian, pihaknya masih terus mengawasi kedatangan warga asing ke Indonesia agar tidak terjadi seperti yang diisukan selama ini.

“Tapi tetap kita sadari, kita harus terus melakukan satu peningkatan terhadap pengawasan,” pungkas Wiranto.

Hadir dalam rapat terbatas tersebut, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perhubungan Budi Karya, Wakil Kepala Polri, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Sumber : liputan6.com

Artikel Terkait :

  60 Responses to “Menko Polhukam Pastikan Kabar Jutaan TKA Ilegal Asal Tiongkok di Indonesia Adalah Hoax”

  1. Bung@Patih Pragota mana ya.? Saya mau ngajak main tebak2an lg.
    Menurut bung@Patih…bakal ada resuffle kabinet atau ndak.? Berdasarkan kabar angin yg berhembus.?

    • @bank Ruskye
      Ini tentang isyu TKA ilegal bung. Jangan mengalihkan ke isue lain soal resapel. Ha Ha Ha…

    • Sopir dan tukang cuci piring juga impor . pekerja asing tsb PT. kusuma raya utana sengan 153 tka. PT. tansri majdud energy 10 TKA . PT. bangun tirta lestari 8 TKA. PT. eternity 7 TKA. PT. energy sakti saantoso 6 TKA. PT. ijataman 5 TKA. PT. jambi resourches 4 TKA. PT. fisto mitratama 3 TKA. PT. cipta buana seraya 3 TKA. PT. pingxiang mining 1. TKA. dri china 272 dari usa 19 dari malaysia 12. yg aktip perpanjan hanya 80 orang belum terdeteksi di perusahan tersebar di kabupaten2 lain di Bengkulu yg didominasi pertambangan dan plta, yg miris lg tka tsb tukang cuci piring dan sopir.
      jika dilakukan sidak perusahan seperti pemilik NKRI . ya Allah

      • kita harus waspada di cina cari makan susah orang bersaing.gaji murah .dah tu apabila usia masuk usia kurang produktiv akan di pecat karna cina mengutamakan kuantitas itu mengapa hampir semua alat buatan cina silahkan cek contoh saja cangku.mainan .barang barang sehari hari .elektronik dan masih banyak lagi hampir semuanya buatan cino itu mengapa mereka menggunakan bebas visa untuk bekerja di indonesia karna mereka di sana gk dipakai lagi tapi tidak semua lhoo..ya gitu

        • , jumlahnya memang belum jutaan, tapi kalo terus dibiarkan masuk maka jumlahnya akan menjadi jutaan seiring dengan berjalannya waktu..
          Saat ini mungkin sudah ribuan ato mungkin puluhan ribu TKA ilegal asal chino yg sudah masuk ke RI,

      • udah coba dilaporkan ke dinas tenaga kerja setempat bung?
        utamanya klo ada yang tk cuci piring dan supir..

        yang lain bisa jadi tka legal

    • Hoax hoex cuih….masuk langsung jutaan itu namanya exsodus,pindah negara,transportnya susah mudah digagalkan,ratusan terus ribuan lama”jutaan…

      Senang dg warga warjager yg selau siaga dan cerdas dg skenario bangsa asing yg akan perlahan menguasai NKRI…rapatkan barisan dan jaga persatuan….NKRI HARGA MATI

      saya tdk perduli bangsa apapun mau cina,kamerun,atau arab sekalipun masuk NKRI ilegal sikat,…apalagi songong mentang” sdh sukses secara ekonomi panggil pribumi dg sebutan FAN KUI..setan luh!!

  2. kebanyakan PSK Cungkok

  3. bosen liat dia mulu dari 1998 -_-

  4. Berita hoax ya, , , kalau mw digembor-gemborkan harus ny australia yang was was karena karena sering kedatangan imigran, ini memang sangat mengganggu isunya, jadi males klw politik sudah merasuk

  5. Percuma pak!!!! Mau dijelaskan sampai berbusa juga mereka kagak bakal percaya ama pemerintah….mereka percaya ny sama berhala…wkwkwk

  6. Hoax yg kudu dibuktikan kehoaxannya

  7. Pak wiranto dapat salam dari interpol. Kapan jalan² ke luar negeri ???

    wkwkwkkkkk ^_^

  8. gak jutaan tapi ratusan

  9. Coba cek daerah kalimantan dan sulawesi..paling bnyk TKA cina

  10. Dunia ini wes edan..g ktmu yg benar n salah..
    Semoga dunia cepat kiamat..

  11. tenang aja -tka ilegal cina urusan kecil buat polisi, jangankan tampang sipit gak bisa bahasa indonesia, teroris asli melayu ngumpet di atas air jatiluhur aja digrebek…

  12. jutaan sih ga nyampe pak
    ribuan atau lebih…
    hahahaha

  13. Walaupun cuma 1 Orang tetap Tidak bisa diterima Dan meresahkan ….
    Harus ditindak…perusahaan yang mempekerjakan mereka …
    Kesannya ….pemerintah NKRI ini suka sekali Bohong….lemah …corrupt ..kalau begini terus …kita bisa dijajah lagi…oleh Bangsa asing…China and Australia …

    • yah itu seh kesan ente doang bung -santai aja…

      • Hey @wongcilik, TKI/TKW ada berapa???? Orang kita boleh kerja di luar masak org luar gk boleh??? Ente kagak adil, maunya untung sendiri….kalau ada kesempatan untuk anda, sodara anda, ataupun keluarga anda untuk kerja ke luar negeri dgn gaji yg lumayan diatas rata-rata apa ente kagak mau???
        Rasis amat NKRI belakangan ini, katanya demokrasi, kok malah mundur. Ramalanmu terbukti Bung Karno, salute…

      • lha ente justru yang fanatiknya harus dikurangin, belajarnya ditambah..

        ..Satu orang saja mereka tidak layak bekerja di indonesia..

        ingat, uu mengakui adanya tka (legal) !

        dimana rasa nasionalisme anda???

        justru nasionalisme yang membuat saya anti hoax yang sengaja dibuat oknum2 keparat untuk merongrong pemerintah yang udah membuktikan komitmen untuk membangun seluruh pelosok nusantara !

  14. Iya memang benar di setiap perusahaan tambang asal Tiongkok di Indonesia ada tenaga kerja ilegal asal Tiongkok dan mereka di sembunyikan oleh perusahaan itu sendiri jumlahnya puluhan orang. Contohnya di morowali sulteng.

  15. Jd bingung….sbnrnya ini intinya berkelit mslh simpang siur data depnaker vs imigrasi atau sekedar menolak data tka yg jutaan sih……

  16. Mau 10 orang.. atau 10 juta orang.. tugas pemerintah wajib melindungi hak ekonomi rakyat nya.. di indonesia masih bnyk pengangguran.. kenapa harus mendatangkan buruh dari china…

  17. Hey @wongcilik, TKI/TKW ada berapa???? Orang kita boleh kerja di luar masak org luar gk boleh??? Ente kagak adil, maunya untung sendiri….kalau ada kesempatan untuk anda, sodara anda, ataupun keluarga anda untuk kerja ke luar negeri dgn gaji yg lumayan diatas rata-rata apa ente kagak mau???
    Rasis amat NKRI belakangan ini, katanya demokrasi, kok malah mundur. Pertamina kagak bisa jd kayak sekarang bang tanpa pekerja asing. PT.PAL kagak bakal bisa bikin kapal kalau tidak dibantu pekerja impor. Urusan perut kagak ada abisnye.

  18. Ehem, ehem…

    Ini salah siapa ?

    1. Salah TV swasta yg gemar siarkan sinetron tentang kemewahan, sehingga timbul kesan di generasi muda bahwa mencari uang / nafkah itu mudah.

    2. Salah angkatan kerja kita sendiri : kenapa tidak mau bekerja kasar, ke mana2 hanya bawa ijazah melamar2 dan gengsi terima pekerjaan kasar. Maunya gaji gede tapi sedikit kerja tapi malas berupaya.

    3. Sudah diterima bekerja pun masih reseh, tuntut upah setinggi2nya tanpa bedakan pengalaman dan ketrampilan, ngobrol saja di tempat kerja, main gadget di tempat kerja, waktu ibadat yg harusnya kelar 15 menit dilama2in jadi 1 jam dan malah ngobrol di tempat ibadat.

    Daripada saling menyalahkan lebih baik kita introspeksi diri. Apakah kita seperti itu.

  19. Ok ..stop ya komen ada TKA disini, disana di itu di ono 10 org, 100, 10000, sejutaa…..stop…langsung lapor aja ke call centre 1500-133 ….(menakertrans … Simpel..silahkan nikmati akhir pekan, besok kerja lagi…heheheeh

  20. jika ditanya siapa yg membangun jembatan suramadu ya rakyat indonesia memangnya low uangnya pinjaman dari china itu gak dibayar alias gratis gitu.

    • anda ternyata standard ganda juga ya bung…kalo jokowi yg hutang/krja sama dgn china dan perusahaan china tsb bawa orang” china anda marah,mencaci maki jokowi,tapi jika rejim yg lain melakukannya anda enteng aja jawabnya…fix trnyata kebencian lah yg menyebabkan sebagian masyarakat indonesia memiliki standar ganda!!!

  21. woi para @njing, klo ketemu TKA ilegal langsung lapor 1500-133, gak perlu banyak bacot di media, ngerti gak loe!!!!

  22. http://m.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/01/06/ojciuo365-bupati-bandung-minta-kebijakan-bebas-visa-dihapus

    Usul yg bagus pak, apalah arti segelintir devisa dibanding keamanan negara (itu klo pada sadar)

    http://m.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/01/06/ojcwaj361-warga-cina-miliki-surat-domisili-bupati-cirebon-merasa-kecolongan

    Klo tabiat maling + penipu ya mmg susah (LCS contohnya) hayoo masih aja ngebelaa.. Wkwkwkk

  23. Woof 123