Mar 092017
 

BEIJING – China tidak akan pernah membiarkan jerih payah stabilitas di Laut China Selatan diganggu atau dirusak lagi, menurut Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, pada hari Rabu.

Menteri Luar Negeri China, Wang Yi menjawab pertanyaan tentang kebijakan dan hubungan luar negeri China pada sebuah konferensi pers di Kongres Rakyat Nasional (KRN) ke-12 di Beijing, 8 Maret 2017. (© Xinhua)

Situasi di Laut China Selatan telah tenang terlihat sebagai hasil dari upaya bersama dari China dan negara-negara ASEAN, ini adalah berkah bagi kawasan dan dunia, katanya dalam konferensi pers di sela-sela sidang tahunan parlemen nasional.

Deklarasi tentang Perilaku (DoC) dari Politik di Laut China Selatan sedang dilaksanakan secara penuh dan efektif, dan pihak-pihak yang berkaitan langsung akan kembali ke jalur yang benar untuk menyelesaikan sengketa mereka melalui dialog dan konsultasi, katanya.

China dan negara-negara ASEAN memajukan konsultasi tentang Kode Etik di Laut China Selatan (Code of Conduct) untuk bekerja di luar aturan daerah umum, tambahnya.

Wang juga mengatakan bahwa pada akhir Februari, Grup Kerja Bersama China-ASEAN telah membuat kemajuan dalam konsultasi dan ditandai dengan menghasilkan draft pertama dari kerangka CoC.

“Pada saat ini, jika ada yang mencoba untuk membuat gelombang dan mengaduk masalah, mereka tidak akan memiliki dukungan dan menghadapi oposisi umum dari seluruh wilayah”, kata Wang.

Wang Yi menambahkan bahwa pada abad ke-21, China ingin melihat lebih banyak kerjasama maritim dan kepercayaan yang lebih besar di antara pihak-pihak yang berbeda.

“Bahkan antara China dan Amerika Serikat, jika kita mengubah pola pikir kita, lautan luas akan menjadi tahap kerja sama yang luas”, kata Wang.

China Military

Artikel Terkait :

  27 Responses to “Menlu China: “Jangan Ganggu Stabilitas Laut China Selatan!””

  1. Ini nih yg namanya maling teriak maling, dasar chinok kampret

  2. “Wang Yi menambahkan bahwa pada abad ke-21, China ingin melihat lebih banyak kerjasama maritim dan kepercayaan yang lebih besar di antara pihak-pihak yang berbeda.”

    Apakah mengklaim lautan org termasuk kerjasama maritim?
    Jd kalo kita pengen ngambil istri org, lu bilang aja sama suaminya, “kita kerjasama ke-istrian bleh”
    😆

  3. Merasa telah memilliki udah di dengungkan , yg lain berani gak

  4. telah tenang apaan

    kalau mereka kembali kerjasama perdagangan dgn asia tenggara seperti zaman dinasti tang, song dan ming
    saya gak masalah namun situasi saat ini tak ubahnya 900 tahun lalu dimana kekaisaran china dibawah pengaruh mongol

    revolusi budaya mao zedong yg sebelumnya didahului puluhan tahun peperangan memang merusak tata hidup dan sifat asli orang china daratan

  5. biasanya negara klu udah merasa kuat senjatanya akan jumawa..
    ibarat orang klu merasa dirinya kebal ato punya pegangan kbanyakan akan petentang petenteng..

    😀

  6. Maklumlah namanya jg China komunis..Otaknya jahat..Begal teriak begal

  7. Enaknya jadi negara kuat secara militer dan ekonomi..Bicara seenaknya,memutar balikan fakta seenak udelnya..Maling teriak maling..Tanpa malu dan merasa berdosa..

  8. just wait and see…
    di samudra saat permukaan tenang, arus dalam deras….
    memberi peringatan berarti china dalam keadaan takut… auuuuuuu

  9. benci kali tengok muka macam ini… Bah..

  10. maksud loh.
    !!!” lautan milik loh berdua..dadar loh..

  11. Dari tadi saya bingung mau berkomentar, karena saya memang bingung juga dgn cara berpikir wang yi yg aneh ini ….. hahaha

  12. yang satu kaum munafikun, yg satunya lg kaum musrikun, , sama sama perusak kedamaian dunia. keduanya sok-sokan saling ancam mengancam tapi nyatanya cuman adu bacot doang. banci semua. kalo niat berani perang sama amrik ya buktikan. begitu jg amrik kalo perang jngan jd pengecut gak gentle beraninya ngajak rombongan/kroyokan.

    • Maklum juga…namanya AS…bisanya main sekutu kroyokan….kalau China bisa bacot doang…perang juga ngak berani…belum punya pengalaman berperang….cuman nakut-nakuti aja…

    • Enak bener yah perang antar negara dibandingkan dengan org yg adu tinju, emangnya perang itu cuma modal nyali doang?

  13. China memang punya budaya silat, termasuk silat lidah.

  14. Pantat cinok gaya kau itu, jerih payah???????, jerih payah hasil rampas Zona Internasional di LCS Maksud lu???

  15. Paranoid! Ngebacot paling bener, AS merasa Polisi dunia China merasa Cukong dunia jadi semaunya aja semua.

  16. Lambemu….cook!

  17. Nanti kalau Tuhan marah,tuh nuklirx meledak sendiri,gempa bumi,tanah longsor,sunami,tornado,bocornya gas2 beracun dr senjata pembunuh masal yg mereka buat.
    Seperti itulah kisah hancurx firaun pd abad ke 21 ini.Tenggelam dengan ketamakan.
    Jikapun harus perang dengan itu firaun,tak perlu negri ini pk nuklir,cukup cari tau dimana posisi nuklir mereka,kirim bbrp pasukan khusus buat sabotase, kelar hidupx firaun.meskipun sulit,tp tdk ada yg tdk mungkin.
    Saatx intelejen bekerja lbh ekstra.
    Dr pernyataan Menlu Fiuraun mata sipit di atas,sprt ada niatan untuk berkoloni sm firaun mamrika guna mengusasi lautan didunia,khususx lcs dab lct.
    Siap2 bela negara

  18. Itulah bahasa diplomasi munafik Tiongkok…kita dan negara kawasan LCS harus bersiap2 dengan kemungkinan terburuk didepan.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)