Jan 052017
 

AASAM Australia 2016

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Ryamizard Ryacudu mengatakan otoritas militer Australia sudah memberikan tindakan tegas terhadap anggota Angkatan Pertahanan Australia yang terlibat kasus pelecehan Pancasila.

“Australia sudah tegas terhadap anggota yang melecehkan Pancasila itu. Komandan yang memimpin sekolah bahasa angkatan bersenjata di pangkalan militer, Perth itu sudah diskors,” ujar Menhan RI di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Kamis.

Sementara itu, seorang oknum perwira pertama Australia, yang menyajikan materi pembelajaran mengandung pelecehan terhadap Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga telah dikenakan sanksi administratif, kata mantan Kepala Staf Angkatan Darat tersebut.

Menurut dia, saat ini penyelidikan tentang kasus pelecehan lambang negara ini masih berlangung dan telah memasuki tahap akhir. Menhan Australia Marise Payne juga telah berkomitmen untuk melakuan penyelidikan hingga tuntas, kata Ryamizard.

“Dengan adanya kejadian ini persahabatan negara rusak. Kedepannya kasus seperti begini tidak boleh terjadi lagi,” ucapnya.

Terkait kasus pelecehan tesebut, Australia, melalui Menteri Pertahanan Marise Payne minta maaf kepada Indonesia dan mengungkapkan penyesalan atas sikap anggota angkatan pertahanan mereka.

Kejadian ini membuat Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menangguhkan sementara kerja sama militer dengan Australian Defence Force (ADF) sejak pertengahan Desember 2016.

Dengan adanya penangguhan ini latihan militer bersama, serta pertukaran perwira antara Indonesia dengan Australia saat ini dihentikan.

Antara

Artikel Terkait :

  58 Responses to “Menteri Pertahanan Australia Minta Maaf ke Indonesia”

  1. Alasan aja. Hrs ada yg di kambing hitam kan.

    • Biasa anglo saxon merasa bangsa yg paling unggul,sama seperti cina diasia merasa paling hebat bertindak semena mena..

      • Betul sekali

      • Betul sangat

      • -Permintaan maaf aja Kurang , Harus ada perubahan di kurikulum militer asutralia
        -kalo kasus ini jd inget dengan pendidikan di israel .. yg cuci sampe ke akar agar anak2 israel membenci palestina dan mengambil tanah palestina. mulai dari kurikulum anak2 sampai remaja dan dewasa
        -hampir sama dengan ini . dimana pendidikan militer ausi ditanam kebencian terhadap musuh yg dapat menjadi ancaman bagi ausi di masa depan, dimana menjelakan citra TNI bawah pelanggar ham dan jahat Dll

        – sudah jelas juga knp ausi ingin memecah indonesia .. contoh- timles = krn ingin membuat tembok pertahanan antara ausi dan indonesia agar tidak berbatasan lsg yg bisa mengancam ausi. frepot juga mau abis itu lampu merah terhadap antek2 putih

  2. COBA DI CEK LANGSUNG TENTANG KEBENARAN HUKUMAN TERSEBUT ATAU HANYA SANDIWARA BELAKA.

  3. Makanya cepwtan borroonggggg

  4. gimana lon ??? lihat sahabat dajjal mu itu bertekuk lutut sekarang kahkahkahkah

  5. Ora melon tapi malont*,nek melon isih ono segere,lha nek malont* buosok
    Kwakkk…kwakkk..kwakkk

  6. BANGKE ORAY

  7. teuing urangmah teu ngarti aslina ge

  8. Nggak apa jual mahal dikit..biar mereka yg suka mulut besar sok jago militernya akan ketar-ketir.

  9. T*ik! Uda jadi bangke minta maaf lo.. Kita sebagai anak bangsa merasa diinjak injak, tak peduli lagi sama elu ausas*.. Cuma ngerugiin kita Indonesia. Kita sebagai anak bangsa jga harus menjaga wilayah di sebelah Timur kita yaitu Papua, biar tdk diintervensi oleh mereka, kn bntar lagi marinir as* kan pngkalannya di aus..mereka hanya drama, ingin menjaga stabilitas kawasan pasifik untuk melawan china, tapi kenyataannya nanti kita akan dirugikan.. Panglima harus bisa merasakan itu ,kawasan Negara kita trancam diintervensi oleh mereka.. Gausah dilanjutin kerjasama! Sudah muak anak muda bangsa! Tak peduli lagi maaf mereka! Dan apapun dgn aus harus diputuskan! Kalo mau mnta maaf,yg bilang itu semua harus diadili di Indonesia! Brani ga aus?! Harga diri lo mana klo brani mempertanggung jawabkan?!

  10. PANCASILA adalah lambang Negara,,,.tapi klo dihina oleh negara lain,kita harus bersatu untuk membelanya,,,,pastikah orangnya sudah hukum,,,

  11. di web sebelah pak jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan “curut-curut gak jelas” sepertinya pesan ke kaum sosialis sayap kiri Australia apalagi hinaan mereka sama dgn dulu yg pernah ada
    (masih ada kyaknya) disini,
    awasi terus pak universitas2 di australi terutama di sydney dan melbourne
    tuh sarang doktrin mereka

  12. widih langsung minta maaf 😀 negara kita sekarang di segani!!!!! komandan dan perwiranya di jadikan target AASAM Australia 2017 saja (saya gk mau komen yg nyinyir apalagi memandingkan cukup ini saja)

  13. Nasi sdh menjadi bubur pdhl tukang bubur lg naik mistral.. Permintaan maaf diterima klo tukang bubur sdh selesai jualan bubur di mistral.. Selama tukang bubur blm kembali nasi susah mjd bubur..

  14. yang berbahaya klo itu sudah disengaja seijin atasannya… sebuah Pertanda

    untung TNI tegas

  15. arahnya sudah ketahuan.. oknum.
    bedanya dg TNI yg garis komandonya tegas.
    ADF,, seperti memberi ruang pemikiran bebas anggotanya.
    dan sayangnya sekarang pikiran kebenciannya ditunjukkan pada Indonesia..

  16. bule koplak, minta maaf mah gampang, serahkan orang yang menghina Pancasila & TNI ke negeri kami, biar kami yang memberi ” pelajaran ” buat kalian bule2 bromocorah, ………. !!!

  17. Tiada maaf bagimu australala…sdh kesekian kali kau sakiti kami, hilangkan semua kesombongan dan merasa sok benarmu, mawas diri lah dan kita putus hubungan dulu sampai waktu tak terbatas. Sampai kami sadar relasi kita harus sederajat saling hormat menghormati satu sama lain.
    Relasi antar negara sementara pause, relasi antar orang silakan saja.

  18. Lambang negara dihina cuma minta maaf,

  19. jangan kasih maaf .. bosen dengarnya ntr juga dia berulah lagi… namanya bangsa prompak..

  20. Klo negara tercinta ini msh punya harga diri…lbh baik putuskan kerja sama dlm semua bidang

  21. .

  22. seharusnya lebih tegas bung, ini menyangkut idelogi bangsa dan harga diri bangsa ini, Bagaimana bisa ideologi bangsa ini di lecehkan dan hanya meminta maaf semua urusan kelar, ini bangsa bukan sekedar bangsa yang kecil, bangsa ini merdeka bukan dari berikan Negara lain, bangsa ini merdeka tanpa bantuan Negara manapun, Seharusnya Anda menteri yang diatas sana yg memiliki kekuasaan Untuk bisa berbicara dengan Negara lain Menlu, maupun MenHan anda sebaiknya lebih tegas tarik dubes Indonesia untuk australia, hentikan semua hubungan bilateral, kita tidak akan rugi mereka yang rugi kita bangsa yg besar jangan mau dilecehkan begitu pak,
    #NKRIHARGAMATI

  23. Yakiiin pertamaax………. ini kelihatannya klo ga ketahuan program ajarannya yaa seperti itu teruss….. jadi kepikiran lambang negara sutraliar apa yaaa?

  24. tes

  25. benar benar brengsek masa pancasila di pkesetkan jadi pancagila klo ngomong di depan ane seperti itu udah ane belah tu kepala

  26. tesy

  27. Saatnya membuka kran imigran, kita kirimkan jutaan gelombang imigran ke australia..

  28. Diajarin haibiep tuh melesetin ideologi negara…tp kok TNI gak pernah segeram spt skrang ini

  29. mdh2an para pemangku jabatan diatas tdk cuma trima kata maaf saja,sudah sering kita trima maaf dri cecunguk2 yg menghina INDONESIA,

  30. Harusnya Indonesia bisa lbh keras pd sutrali… krn kejadian spt ini bkn kali ini saja terjadi… sutrali sdh berkali2 menghina & melecehkan Indonesia… msh segar dlm ingatan betapa sutrali sangat merendahkan Indonesia dg berbagai macam cara…. bagaimana PRESIDEN Indonesia d sadap… pejabat2 Indonesia d sadap… skrng Ideologi negara d plesetkan… apa Indonesia hrs d bom dulu oleh sutrali spy bisa lbh tegas lagi dlm menyikapi kejadian spt ini…????

  31. jadi inget semboyan “ganyang malaysial” salah satu sebabnya krna melecehkan pancasila yg diinjak2!

  32. Mbok ya sekali-sekali anggota tni /Indonesia yg mengetes Australia..toh anggota yg ngetes cuma dikasih skors..dimata Australia jelek,tapi dimata masyarakat Indonesia tni akan dibilang pemberani..jiwa corsa kepada pancasila mana,jangan cuma sama temen doang..Ayo seperti bung karno kepada Singapore..berani kepada bangsa lain,pemaaf kepada bangsa sendiri..jangan dibalik bro berani kandang…

  33. Menteri Pertahanan Marise Payne minta maaf kepada Indonesia…minta maaf boleh-boleh saja, tapi untuk apa? perbaikan hubungan pertahanan? ora usah…itu trik saja….mereka itu licik, memang dari moyang mereka seperti itu. Indonesia akan di jadikan tameng Asutralia jika terjadi pecah konflik di LCS apabila itu terjadi, karena China jelas kebijakan mereka bertentangan dgn AS dan sekutunya termasuk aushitralia. ASEAN adalah perekat kesatuan sesama warga asia tenggara….itu lebih bermanfaat.

  34. Lihat tuh fotonya, tertara Aussie berdiri selutut tingginya udah sama dg tentara ASEAN. Yg kayak gini katanya mau ngelawan? Komen aja digedein!

  35. makanya sesama anak bangsa kita harus bersatu,bersatu menyokong pemerintahan yg bersih dan jujur, biar negara cepat maju biar bisa menghadapi negara australi. jgn bisanya mengganggu pemerintahan sj klu kita asik cakar2ran sj mana bisa menghadapi musuh negara.