Sep 102016
 

Menteri Pertahanan Norwegia Ine Eriksen Soreide telah mendarat di air panas karena dianggap bermain menurunkan biaya pembelian jet tempur mahal F-35 buatan AS. Sementara itu, akibat melonjaknya biaya tak terduga dikhawatirkan meninggalkan beban yang lebih besar dalam pertahanan negara.

Sebelumnya, parlemen Norwegia memberi lampu hijau belanja 81,6 milyar NOK (sekitar US $9,9 milyar) pada jet tempur tersebut. Jumlah ini ditentukan dengan tingkat probabilitas P85, yang berarti ada kesempatan harga akhir akan turun 85 persen.

Namun ketika ditanya oleh parlemen, Soreide menunjukkan bahwa harganya adalah 80,2 milyar NOK (sekitar US $9,7 milyar), tapi dengan tingkat probabilitas P50, sehingga diam-diam mengakui terdapat risiko kenaikan harga yang mungkit mencapai 50%, menurut surat kabar Norwegia Dagbladet.

Menurut profesor dari Universitas Sains dan Teknologi Norwegia (NTNU), Olav Torp, ada perbedaan besar antara dua tokoh, yang mungkin berarti terjadinya pengeluaran pertahanan ekstra. Oleh karena itu pertahanan Norwegia hanya memiliki probabilitas 50 persen dari harga keseluruhan untuk jet tempur akan melebihi frame yang ada, bukan seperti yang telah ditetapkan oleh parlemen sebelumnya.

Selama terjadinya sengketa jet tempur mahal itu, wakil Partai Liberal, Ola Elvestuen meminta Menteri Pertahanan untuk “tenang” dalam perjalanan belanja ke Amerika Serikat. Sejauh ini, sejumlah 22 pesawat F-35 telah dipesan. Menurut dia, pembelian 18 jet F-35 berikutnya harus ditunda sampai Departemen Pertahanan menetapkan hal-hal tepat.

“Pertama kita harus mendapatkan kontrol pembiayaan. Perbandingan Soreide untuk P50 dan P85 bukanlah masalah sepele. Ketika P50 tampaknya hampir setara dengan P85, pada kenyataannya itu berarti peningkatan biaya yang signifikan”, kata Elvestuen Dagbladet, mengutip risiko dari situasi lepasnya kendali di tengah menguatnya dolar.

Menteri Pertahanan Norwegia, Ine Eriksen Soreide

Menteri Pertahanan Norwegia, Ine Eriksen Soreide

Pada tahun 2008, Norwegia memilih F-35 untuk menggantikan armada usang F-16nya. Secara total, Oslo mengharapkan untuk membeli 52 pesawat F-35, yang pertama ditugaskan pada tahun 2012. Pesawat F-35 pertama Norwegia akan ditempatkan di AS, di mana kru Norwegia akan dilatih. Pengiriman pesawat pertama ke Norwegia diperkirakan akan terjadi pada tahun 2017.

Pada bulan Juni, pemerintah Norwegia menyajikan rencana jangka panjang untuk update militer. Prioritas terbesar menyebutkan untuk pesawat tempur dan kapal selam, dengan mengorbankan Angkatan Darat dan Garda Nasional, yang memicu banyak reaksi kemarahan di antara para pejabat tinggi militer dan pakar keamanan karena akan melemahkan potensi pertahanan Norwegia secara keseluruhan. Sebelumnya, surat kabar Norwegia Klassekampen mengungkapkan bahwa Soreide telah kalah dalam perjuangan internal partai dan dipaksa untuk mengurangi hingga 41 miliar NOK (sekitar US $5 miliar) atas permintaan dia untuk pembelian jet tempur.

Anehnya, Soreide mempertahankan pilihannya dengan alasan kekhawatiran peningkatan ketergantungan kepada NATO. “Ketika hal-hal yang lebih mahal dari yang Anda diharapkan mengalami kemacetan, dan pemotongan anggaran akan terjadi di mana yang memungkinkan. Setelah semuanya, itulah kekuatan militer kita”, kata Elvestuen, menekankan perlunya artileri baru dan kendaraan upgrade tempur, serta melestarikan Penjaga Pantai dan Garda Nasional.

Secara keseluruhan anggaran pertahanan Soreide untuk 2015-2035 adalah sebesar 12 miliar NOK (sekitar US $1,5 miliar) lebih murah daripada Stoltenberg. Selain itu, ada perbedaan yang nyata dalam prioritas, dimana Soreide jelas mengutamakan Angkatan Laut dan Angkatan Udara dibandingkan cabang militer lainnya.

Sumber: Defense Aerospace

Artikel Terkait :

  10 Responses to “Menteri Pertahanan Norwegia Diserang Atas Mahalnya Jet Tempur F-35”

  1. Oke deh

  2. Buiar jelek yg penting mahaaall

  3. makanya bikin pesawat sendiri ….. biar murah meriah harganya…

    klo perlu teknologinya nyolong punya ASu…

    macam kayak J20 …. J31… maknyooss…. sepanyol broo.. alias separo nyolong…

  4. Ine Eriksen Soreide ini kok ribet ya .
    target awal dengan pemerintah norweig probabilitas P85 ,
    tapi ditanya media ternyata probabilitas P50, dan kemungkinan pengeluaran bakal naik 50 %.

    ibu Ine Eriksen disuruh menurunkan anggaran tapi anehnya ibu ine gak mau dengan alasan ketergantungan pada NATO.(effek ikut nato)

    norweigh diperas pelan2 sama amerika, dan dimuluskan oleh menteri pertahanannya sendiri yaitu ibu Ine Eriksen Soreide

    halah entahlah,,bingung ane juga

  5. norweigh diperas pelan2 sama amerika.

  6. Udah gembrot, lamban, mahal lagi.
    Waaakkakakakakkaakkaakk…..!!!!!

  7. seharusnya norwegia mengandalkan Gripen

  8. lapor bung diego…jakartagreter dah 2hari dari kemarin ga bisa di buka dan hari inipun kadang bisa kadang ga terus comen saya ga muncul muncul padahal ga pake kata kata kasar dan kotor,bisa minta bantuannya harus gimana apa cuma saya aja yang begini….

  9. testing….testing….comen teu muncul deui yeuh hadeuh…….

  10. Biar muahalll dan jelek yg penting Gensinya dong!!!

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)