Dec 302016
 


MOSKOW – Uji penerbangan jet tempur generasi keempat Rusia, MiG-35 akan berlangsung bulan depan, Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Rogozin menyampaikan pada hari Jumat (30/12/2016).

Jet tempur Mikoyan MiG-35 Fulcrum-F adalah mengembangan lebih lanjut dari MiG29M/M2 dan MiG-29K/KUB. Purwarupa batch pertama dari versi ujicoba awal diharapkan akan diserahkan kepada Kementrian Pertahanan Rusia akhir tahun ini.

“Kami berencana untuk melaksanakan uji penerbangan (test flight) dari MiG-35 yang menyasar jet tempur ringan pada bulan Januari 2017”, kata Rogozin saat berkunjung ke Biro Desain Fakel.

Mesir dan Rusia akan menjadi negara pengguna pertama dari MiG-35 dimana Angkatan Udara Mesir telah memesan sebanyak 50 unit jet tempur ini, sementara Angkatan Udara Rusia memesan sebanyak 37 unit.

MiG-35 memiliki panjang 17,3 m dengan bentang sayap 12 m akan ditenagai dengan 2 buah mesin turbofan Klimov RD-33MK. Pesawat ini memiliki bobot 17,5 ton (penuh), mampu terbang dengan kecepatan maksimum 2,25 mach (2.400 km per jam). Radius tempur yang dimilikinya adalah 1.000 km dengan ketinggian maksimum 17,5 km.

Pesawat tempur ini akan dilengkapi dengan radar AESA Phazotron ZUK AE yang mampu melacak 30 target dan mengunci 6 target secara bersamaan, radar ini dapat mendeteksi target hingga sejauh 250 km. Persenjataan yang mampu diusungnya antara lain rudal jelajah jarak pendek hingga rudal jelajah jarak jauh, termasuk beragam bom, baik dengan pemandu maupun tanpa pemandu, menjadikan pesawat ini memiliki kemampuan multirole.

Artikel Terkait :

  25 Responses to “Rusia Mulai Lakukan Test Flight MiG-35 Pada Januari 2017”

  1. Berita dari Rusia seringnya tentang kemajuan dan kehebatan.

  2. Bisa kagak nih borrrooonggg, murah koq hix hix hix

  3. MiG-35 ini bisa jadi pilihan paling tepat untuk negara yang mengoperasikan MiG-29 dan ingin menggantinya, seandainya keuangannya juga cocok.
    Tapi ternyata justru Mesir yang sudah pesan dengan jumlah yang lebih banyak dari Rusia sendiri.

    • karena dananya masih difokuskan pada pengembangan PAK-FA… selain itu juga untuk pengadaan Su-35 yang sudah siap tempur, sedangkan MiG-35 kan masih dalam pengembangan…

  4. MiG-35 Rusia Mulai Lakukan Pengiriman Ke Indonesia Pada Januari 2020

  5. tdk ada clue Alutsista Ghoib lg di PatGa

  6. Hdeh.. Cuma ngimpi doang nek bsa dpet ni.. Buat pengganti F5 aja dah susah payah, cuma buat menghadang F22 Raptor US.. Klo ini buat lawan F22 boleh juga.. Lebih garang.. Tapi duite spo??

  7. mungkin kita bisa beli ini jet.tapi katanya korupsi yg merajarela dinegeri ini yg jadi segalanya tidak sesuai harapan.contoh,..dg uang yg sekian banyak kita.hanya dapat beberapa unit aja.padahal dg jumlah uang yg sama,negara lain bisa mendapatkan jumlah yg lebih banyak.itulah knapa kita selama ini kalo beli selalu ketengan..ya itu tadi jawabannya.

  8. Duitnya ada tinggal mau ngutang sm cina ato tdk