Sep 092016
 

Tentara Pembebasan Rakyat telah melengkapi semua unit penerbangan Angkatan Daratnya dengan helikopter tempur canggih WZ-10, menurut media PLA. Sejumlah heli WZ-10 telah dikirim ke sebuah brigade penerbangan Grup 13 PLA di bawah Komando Western Theater, saluran TV militer melaporkan.

Ini berarti bahwa semua unit penerbangan Angkatan Darat sekarang memiliki helikopter serang canggih ini, kata laporan itu. Pengiriman juga menandai ulang tahun ke-30 pembentukan kekuatan penerbangan Angkatan Darat dan membuka bab baru dalam pengembangan pasukan itu, tambahnya.

Penerbangan Angkatan Darat dibentuk pada Oktober 1986 dengan resimen yang dilengkapi kombinasi helikopter dalam negeri yang diproduksi dengan teknologi lama dan beberapa helikopter impor yang canggih.

Selama lebih dari dua dekade, tulang punggung tim helikopter tempur PLA menggunakan WZ-9, yang dikembangkan berdasarkan Eurocopter Dolphin Perancis. Angkatan Darat tidak memiliki helikopter tempur khusus hingga tahun 2011, ketika WZ-10 pertama diyakini telah memasuki layanan bersama PLA.

Kolonel Senior Xu Guolin, wakil kepala Biro Peralatan Penerbangan Angkatan Darat PLA, mengatakan kepada saluran berita bahwa semua group militer akan memiliki minimal satu brigade penerbangan atau resimen.

Menurut sebuah dokumen militer yang dirilis pada tahun 2013, Angkatan Darat PLA memiliki 18 group militer saat itu, tetapi tidak jelas apakah beberapa diantaranya telah digabung atau dibubarkan selama pemangkasan jumlah pasukan yang diumumkan pada awal tahun ini.

Helikopter WZ-10 dikembangkan dan diproduksi oleh Changhe Aircraft Industries Group, anak perusahaan dari Aviation Industry Corp of China, produsen pesawat terkemuka di negara itu. Membuat debut publik pada bulan November 2012 di China International Aviation ke-9 dan Pameran Aerospace, yang juga dikenal sebagai Zhuhai Air Show.

Sumber industri penerbangan mengatakan, helikopter tersebut awalnya dirancang terutama untuk misi anti-tank, tapi sekarang memiliki kemampuan tempur sekunder udara-ke-udara.

Wu Ximing, kepala desainer helikopter di Changhe Aircraft Industries, mengatakan WZ-10 memiliki kemampuan manuver yang superior dan kompatibilitas tempur dibandingkan dengan WZ-9, meskipun sedikit lemah dalam hal kapasitas mesin, kemampuan membawa amunisi dan persenjataan.

Wu Peixin, seorang analis penerbangan di Beijing, mengatakan Angkatan Darat PLA sekarang memiliki kekuatan helikopter tempur yang besar berkat layanan dari WZ-10 dan WZ-19, helikopter serangan lain yang memiliki kemampuan dibawah WZ-10.

“Tentara sekarang perlu lebih banyak pengangkut medium, helikopter multiguna seperti Sikorsky UH-60 Black Hawk Angkatan Darat AS”, katanya. “Helikopter ini mampu melakukan kedua operasi tempur dan tugas transportasi”.

Gao Zhuo, seorang pengamat militer di Shanghai, mengatakan bahwa Angkatan Darat PLA membutuhkan sedikitnya 3.000 helikopter, terutama pengangkut kelas berat jenis transportasi dan model serbaguna.

Menurut publikasi pertahanan Barat bahwa kekuatan penerbangan Angkatan Darat PLA memiliki hampir 1.000 helikopter.

Sumber: Defense Aerospace

Peminat manga, anime, gadget, sains & teknologi, sosial-politik dan militer
Link medsos ada dibawah
– Facebook
– Google Plus
– Twitter

  18 Responses to “Militer China Dapatkan Heli Tempur Canggih Terbaru”

  1. helicak

  2. mereka memiliki kepercayaan diri yg tinggi akan ciptaannya, salut!

  3. Cintailah ploduk2 dalam negri, kata om Alim Markus..

  4. CINTAILAH PRODUK PRODUK DARI CHINA………………..!!!!!!

  5. Heli ini bakal jd mangsa empuk super tukimin tni

  6. Helikopternya mengingatkan Helikopter GANDIWA….????

  7. indonesia hrs terus belajar tuk bisa mandiri

  8. 1.000 unit….ready perang…
    3.000 rencana ke’dpn…

    pakai duit semua yaa…???

    ck..ck…ck….
    me’ngeri’kan Boo….

  9. bentuknya kaya‘ mainan anak2.lucu.

  10. Harus diakui perkembangan Militer China memang hebat dan yg lebih luar biasa hampir smuanya dibuat didalam negeri ga perduli dari hasil ToT atau Spanyol (separoh nyolong) teknologinya..itu target heli serangnya sampai 3000 buah..itu kalau dijejerin bisa sampai dari Jakarta sampai Bogor..he3

  11. menurut saya WZ-10 bakal hancur dengan sekejap jika bertemu dgn thunderbolt a-10 warthog
    http://pesawat-kaleng.carin.cz

  12. Kpn ni Pt.DI ngembangin helicopter sendiri?ya mesti anggaran cekak ini bkn alasan terbesar untuk maju dn berkembang,masak cuman bs merakit doank udh puas he..he..he…..

  13. barang bagus ini..copi paste dari apache. dan comanche.tingal liat radar dan pensil tentengan nya

  14. Jangan beli buatan saya

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)