Feb 242017
 

Membandingkan militer Indonesia dan Korea Utara (Korut) mungkin adalah komparasi paling aneh. Alasannya jelas karena antara kita dan mereka baik-baik saja, tak terlibat semacam gesekan atau apa pun. Tapi, semenjak berita pembunuhan kakak Kim Jong Un mencuat dengan salah seorang terdakw adalah warga negara Indonesia, maka perbandingan ini jadi masuk akal.

Untuk urutan militer, berdasarkan data yang ada, kita menang jauh dari Korut. Global Fire Power tahun 2016 menulis kita menang peringkat. Cukup jauh lho selisihnya, Indonesia berada di urutan ke-14 sedangkan Korut di urutan ke-25, jaraknya hampir 10 poin.

Meskipun begitu, adalah salah kalau Indonesia menganggap enteng negara Kim Jong Un ini. Mungkin peringkat mereka masih dibawah kita, tapi realitanya, Korut jauh lebih menyeramkan dari negara-negara mana pun.

Masih tentang komparasi militer kita dan mereka, berikut beberapa fakta perbandingan antara Indonesia melawan Korut. Kira-kira siapa yang lebih mematikan?

Jumlah Tentara Indonesia Kalah Telak

Tentara tentu menjadi aspek pertama yang harus diperhitungkan dalam komparasi militer kedua negara. Sayangnya, di ranah ini kita harus mengakui kalau Indonesia kalah telak soal jumlah personil militer.

Berdasarkan data yang ada, Korut menang jumlah tentara aktif dengan total mencapai 700 ribu orang, sementara kita hanya memiliki 476 tentara aktif. Jumlah itu belum termasuk tentara lapis kedua mereka yang jumlahnya sekitar 4,5 juta orang.

Kekuatan Darat Korut Bikin Ciut Nyali

Jika di ranah ketentaraan kita kalah jumlah, lalu bagaimana dengan koleksi mainan angkatan darat mereka? Lagi-lagi kita harus diakui kalau Korut juga lebih unggul dan cukup telak. Jumlah tank misalnya, Indonesia tercatat hanya punya sekitar 468 unit sedangkan Korea Utara memiliki tank sekitar 4.200 unit.

Demikian juga dengan kendaraan taktis, mereka unggul dalam hal jumlah dimana rantis mereka mencapai 4.100 unit sedangkan kita hanya punya 1.000 unit lebih sedikit.

Alutsista Udara Korut Lebih Banyak

Keunggulan Korut dibandingkan dengan Indonesia juga terlihat lagi pada kendaraan udara. Ya, koleksi pesawat angkatan udara mereka lebih banyak dari pada kita.

Misalnya saja pesawat tempur Korea Utara jumlahnya sekitar 458 unit sedangkan kita hanya memiliki 35 unit, serta jet penyerang Korut sekitar 572 unit sementara Indonesia hanya memiliki 58 unitsaja. Ini belum termasuk koleksi helikopter tempur mereka yang jumlahnya juga lumayan banyak.

Indonesia Kalah Telak di Perairan

Pada ranah kekuatan darat dan udara, kita dihajar Korut. Lalu bagaimana dengan sektor kelautan? Nampaknya kita lagi-lagi harus gigit jari pasalnya Indonesia bakal ditekuk sejadi-jadinya oleh negara saingan Korea Selatan ini.

Hal ini bisa dilihat dari jumlah koleksi alutsista laut mereka yang jumlahnya tak karuan. Salah satunya adalah kapal selam, saat ini mereka memiliki 70 unit kapal selam sedangkan kita baru memiliki 2 unit saja.

Perlu diketahui, meskipun tak punya kapal induk, kekuatan laut Korut adalah termasuk yang terbaik di dunia.

Indonesia Menang di Bidang Keuangan

Meskipun Indonesia kalah telak dengan Korut di hampir semua bidang kemiliteran, tapi kita unggul di ranah keuangan. Global Fire Power mencatat kalau daya beli Indonesia jauh lebih tinggi.

Daya beli Indonesia adalah $2,6 trilyun sedangkan Korut hanya $ 40 milyar saja. Kita juga menang jumlah devisa dengan total $103 milyar sedangkan mereka hanya $ 6 milyar saja.

Meskipun demikian, keunggulan ini tak begitu berarti ketika kita mengetahui kalau Korut punya sederetan rudal nuklir yang siap meluncur kapan saja.

Seumpama kemungkinan terburuknya Kim Jong Un marah dengan Indonesia, maka probabilitas perang antara kita dan mereka cukup kecil. Hal ini tak lain karena adanya peristiwa sejarah yang penting diantara kedua negara.

Seperti yang kita tahu, Bung Karno dulu begitu akrab dengan Kim Il Sung, sang pendiri Korut. Jong Un sangat mencintai kakeknya dan semua hal tentang kakeknya tersebut. Jadi, mungkin ia takkan menyerang Indonesia dalam rangka menghormati kakeknya itu.

Boombastis

Artikel Terkait :

  42 Responses to “Militer Indonesia vs Korea Utara, Mana yang Lebih Gahar?”

  1. Korut lbh gaharlah.lawong berani nantangi si amer.emnh kta berani.

    • klo kita mah cukup bertani saja bung, namun sebentar lagi “akan” berani, lha wong urusan perut saja masih bersaing dengan pekerja asing ilegal πŸ˜€ hahaha

      • yup anda benar sekali bang…….soal perut aja kita masing di jajah.

        • yah, semoga saja swasembada beras yg diberitakan beberapa waktu lalu bukan sekedar pencitraan πŸ˜€ kita lihat saja bagaimana harga beras didalam negeri πŸ˜€ dengan swasembada semestinya harga bisa tetap dijaga dan lebih baik lagi bila dapat diturunkan πŸ˜€

  2. Korut lbh gaharlah.lawong berani nantangi si amer.emnh kta berani.kgk bkln berani.

  3. Kalau soal korupsi….negara indonesia yg kita cintai ini juara nmr satu.dan terbaik.

    Apalagi soal parpol.indonesia juara satu.dgn puluhan parpolnya..

    Perlu di ingat.smkin kita bnyk parpol smkin gmpng pula negara lain memecag belah kita.

    • maksudnya juara bertahan bung?

    • sabar bung, semoga Indonesia tidak terpecah dan menjadi RIS lagi…

      • itu jga harapan saya bang.smg kita tdk gampang di pecah belah.
        cuma saya miris kita kebanyakan parpol.

        banyak yg tiba2 orng jadi jadian jadi anggota DPR.

        setlah itu banyak ngomong lagi.

        • itulah parahnya, makin banyak parpol, berarti makin banyak Rupiah yg harus dikeluarkan untuk dibagi-bagi sesuai jumlah parpol yang ada…

          semoga untuk kedepan cukup dibatasi maksimal 5 parpol saja, janganlah lagi ditambah hingga setara dengan jumlah suku yang ada di Indonesia.

          • apalagi yg kebingungan cara balik modal kampanye bung…
            memang harus dibatasi karena dampaknya mulai terlihat pelan2 dalam jangka waktu yg lama

          • tapi sepertinya bakal sulit untuk bisa mencapainya, toh yang duduk di parpol sudah ke enakan mendapatkan jatah rupiah, jadi klo dibatasi jumlah parpolnya, terus mereka dpt uang dari mana? sudah pasti partai gurem bakal jadi yang pertama menentang rencana tersebut πŸ˜€

            Jelas bung, semakin lama, semakin banyak bertebaran parpol baru, dan ini mengindikasikan perpecahan di dalam tubuh parpol yg ada sekarang, dan ini bisa jadi mencerminkan kondisi bangsa dan negara kita secara keseluruhan bahwa sebenarnya negara kita tidak kompak, meski demi urusan kedaulatan saya rasa kita masih cukup kuat.

          • musyawarah mufakat.. hehehe
            biar gg kampanye2 an.

    • hehehe deg-deg sernya elit2 politik masa 1998-2005

  4. Sbnrnya kita ada juara top lagi yg agan2 tahu.

    Kita juara bilang AKAN.

    Akan membeli.
    Akan menandatangani.
    Akan menambah.
    Akan negosiasi.dsb.

  5. oh jadi begitu,…. pantas USA dan KORSEL cuma demo antidot doang tapi takut bertindak secara tejas dengan militer KORUT ternyata kekuatan tempur mereka sudah dipersiapakan dengan begitu Ambigu. Mr. Kim Jong

  6. penulisnya suka main game strategi perang ya?

    • Agem, CoC, Warcraft, Empire Earth dan masih banyak lagi sepertinya bung πŸ˜› hahahaha…

      Tapi ada untungnya klo pernah main game strategi, supaya tahu bagaimana cara memimpin negara, bagaimana mengatur perekonomian, kesejahteraan masyarakat agar dapat mendukung belanja militer πŸ˜€

      Memang tidak semudah koar-koar saja sih πŸ˜€ game strategi sebenarnya adalah miniatur sebuah negara, ada perdagangan, industri, pertanian, riset/penelitian, angkatan bersenjata, semua itu membutuhkan strategi.

  7. Kalo ane lebih optimis indonesia akan menang lawan korut,walaupun arsenal senjata mereka seabrek tp kebanyakan jadul semua seperti MIG21…tapi yg ditakutin dari korut yaitu pensil nukenya itu lho yg buat merinding….muehehehe

    • anggaplah dengan armada yg kita miliki kita bisa hancurkan 100-200 pesawat, bila Korut mengerahkan seluruh armada (udara, darat dan laut) secara bersamaan, kemungkinan besar salah satu pulau besar kita bakal mereka kuasai πŸ˜€ hihihi…

      Berapa banyak sih pespur kita mampu menggotong rudal? berapa cepat waktu yang mereka butuhkan untuk melepas rudal dan mengisi ulang persenjataan di pangkalan militer? dan yang patut kita pertimbangkan adalah seberapa banyak cadangan rudal yang kita miliki, apakah itu semua cukup??? πŸ˜€

    • Korut bukan punya MiG-21 saja bung, mereka punya MiG-23, Su-25K, MiG-29 dan MiG-19 juga koq πŸ˜€

  8. Kalo dilihat pada Foto artikel diatas itu, yg motif bendera korut dan yg warna pink itu tentara semua ya.? Atau cuma masyarakat yg dikerahkan spy terlihat jumlah yg banyak sbg propaganda.? atau hanya penonton tp diwajibkan menggunakan atribut utk kemeriah parade militer korut.?

    • Yg pasti, kita seepertinya tdk pernah melakukan hal yg sama πŸ˜€ kapan yah bisa melihat yg seperti itu di Hut kemerdekaan RI, Gambarnya Merah putih dan lambang garuda

    • Sptnya itu tentara cadangan nya bung…militer utamanya kan lg defile di depan stage si kim jong un..

  9. Adeh, korut ini mikirin supaya rakyat bisa makan ajah udah susah πŸ˜€ mikirin supaya negara kagak kolaps ajah udah susah, lalu mau perang??? πŸ˜€ mangkanya tuh korut mengembangkan bom nuklir, karna tanpa itu, nih korut bakalan “Digilas” oleh korsel

  10. Presiden RI lebih hati2.
    Presiden Korut berangasan dan gegabah.

    Lawan pespur mereka ? Kita punya rudal dari darat dan rudal dari kapal.

    Lawan kapal selam mereka ? Kita punya ranjau laut yg diam di dasar laut dan akan aktif sendiri melepas torpedo saat ada kapal selam melintas di dekatnya.

    Tentara mereka walau banyak masih kurang kapal pendarat.

    Lawan hovercraft mereka ? Peluru tajam kita bisa merobek karetnya.

    Lawan helikopter mereka ? Kejauhan jarak mereka ke kita hingga heli mereka jatuh sendiri di laut kehabisan bbm.

    Kalaupun diterjunkan, kita punya AA gun.

    Kita pun punya banyak sniper yg pelurunya mampu menembus lapis baja mereka.

    lawan rudal balistik mereka ? Belum lewat ZEE kita udah jatuh sendiri rudal itu.

    Mereka mau lewat mana ?
    Ke arah timur akan dihadang Jepang.
    Ke arah selatan akan dihadang Korsel dan Taiwan.

    Walau ks dan pespur mereka banyak tetapi jadul, jauh lebih up to date punya kita.

    Sebelum sampai di ZEE RI, kekuatan mereka akan berkurang setengah, sampai ZEE RI hanya tersisa 10% saja dan sampai wilayah kedaulatan RI hanya tersisa 1% saja.

    Jadi yg menang siapa ? RI lah.

    • Udah ngopi bung?..biar tenang pikirannya…hehheeh

    • Masalah pemimpin, ya wajarlah, jgn samakan wiwi dan u’un, beda usia dan beda pengalaman bung, biasa lah, Masih darah muda πŸ˜€
      Dan masalah perang, ya memang nih korut tdk “diciptakan” untuk kita bung, yg “diciptakan” untuk kita tu ya Singapoor dan australia, kekuatan militer mereka cukup cocok untuk battle dengan kita, tapi tetep aja mereka gk akan bisa menang meskipun dengan beking AS

  11. Jadi inget poros Jakarta Beijing Pyongyang, bersaudara………. heeeee…..

  12. Penulise salah alamat,harusnya malingsial vs korut,karena yang lagi tegang saat ini malingsial vs korut.

    • Trus kita dukung yang mana bung? Kan enggak seru kalo cuma nonton…

      • Ya dukung korut lah.musuh dari musuh kita adalah kawan kita.malingsial cuma ngaku-ngaku saja sebagai tetangga&sahabat yang baik buat kita.kenyataannya malon musuh dalam selimut yg selalu siap menikam kita kapan saja kalau kita lengah.

  13. Indonesia jauh lebih hebat…. Apa enaknya diktator…lebih enak pancasila..

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)