Dec 302016
 


Pada hari Kamis (29/12/2016), siaran pers Splav State Research and Production Enterprise yang berbasis di Tula, sebuah perusahaan yang bertanggung jawab menyediakan sistem untuk militer, menegaskan bahwa batch pertama dari platform MLRS Tornado-S telah dikirim ke Angkatan Bersenjata Rusia.

“Produksi MLRS Tornado-S telah dimulai. Kontrak pertama untuk pasokan sistem bagi Angkatan Bersenjata Federasi Rusia telah selesai”, ungkap keterangan pers tersebut. Perusahaan tidak menyebut secara rinci berapa banyak unit MLRS yang dikirimkan.

Uji coba Tornado-S telak diadakan awal tahun ini dan Departemen Pertahanan telah mengkonfirmasi bahwa akan memperkenalkan sistem ini mulai pada tahun 2017.

Tornado 9A52-4, adalah sebagai pendahulu dari Tornado-S ini, merupakan sistem MLRS tercanggih yang tersedia untuk Angkatan Bersenjata Rusia. Dirancang sejak tahun 2000-an dan diperkenalkan pada tahun 2011, Tornado dibangun sebagai versi ringan, dari sistem BM-30 Smerch dengan beberapa peluncur roket.

Tornado telah secara bertahap menggantikan sistem artileri roket yang lebih tua, termasuk BM-21 Grad yang terkenal dan BM-27 Uragan, yang digunakan oleh militer Rusia.

Tornado-S adalah upgrade substantif atas Tornado. Yang paling mencolok adalah fitur otomatis sistem bimbingan dan kendali peluncuran baru sehingga memungkinkan untuk koordinasi otomatis secara simultan dan pengendalian penembakan seluruh batalion artileri. Sistem ini juga mampu secara otomatis menghitung data target.

Sistem baru ini juga memiliki perbaikan jangkauan, berkat putaran roket berpemandu, memungkinkan untuk menembak hingga sejauh 120 km, dibandingkan Tornado standar dengan jangkauan 90 km.

Tornado-S juga telah ditingkatkan akurasinya berkat penggunaan dari sistem navigasi satelit GLONASS yang terintegrasi. Tornado-S akan melengkapi batalyon artileri Tornado yang ada karena kedua sistem akan menggantikan sistem era Soviet yang sudah tua.

Produksi Splav telah meningkatnya sejalan permintaan dari Rusia dan pasar luar negeri dalam beberapa tahun terakhir, dengan peningkatan produksi 2,5 kali pada tahun lalu, terutama berkat pesanan asing. Keuntungan perusahaan telah meningkat sebesar 38,5% dibandingkan dengan tahun 2015. Perusahaan berencana untuk menyelesaikan modernisasi kemampuan produksi, sesuai dengan program federal pada pengembangan kompleks industri militer.

Sumber: Sputniknews

Artikel Terkait :

  10 Responses to “Militer Rusia Terima Batch Pertama MLRS Tornado-S”

  1. Hati-hati ada jebakan video wayang lagi!

  2. mmmmmm……………………….Borong nggak ya………………………

  3. Sippp lahhhh

  4. Kita cukup made in Chino saja

  5. Wajib dipertimbangkan MLRS ini

  6. Pindand sudah mampu bikin R-HAN 122,dan R-450 ,moga bisa menyamai kemampuan roket Rusia ,dan usahan berpemandu canggih rancangan dalam negri .

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)