Jan 012017
 

Militer Swedia kembali mengaktifkan sistem pertahanan rudal RBS15 di wilayah pesisir pantai Baltik. Sebelumnya sistem pertahanan ini sempat dihilangkan dari kekuatan militer Swedia, dengan alasan tidak adanya anggaran.

Kepala Logistik Pertahanan militer Swedia, Laksamana Thomas Engevall mengatakan pengaktifan sistem pertahanan berbasis RBS15 sebenarnya telah direncanakan sejak tahun 2015. setelah melalui proses uji kelayakan, akhirnya Swedia kembali menggunakan sistem pertahanan ini.

“Ini juga merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kemampuan operasional di seluruh Angkatan Bersenjata Swedia hingga tahun 2020,” ujarnya.

sumber : janes.com

Artikel Terkait :

  11 Responses to “Militer Swedia Kembali Aktifkan Sistem Pertahanan Rudal RBS15”

  1. Ayo TNI,boronggggg…

  2. Ini ya…hasil tanda tangan kerjasama pertahanan (tot) swedia Indonesia (salahsatunya)..hehe

  3. Borong

    Xixixi

  4. rudal RBS15 mk3 bisa di luncurkan dr kapal, tank & pespur Gripen, RBS15 mk3 multi platform kemungkinan bisa di cantelkan utk IFX, jd kembang kan sja dr subsonik jd supersonik

    • @tukang tebak

      Kecepatan bukanlah satu2nya simbol kehebatan rudal anti kapal.

      Kita harus lihat konteksnya lebih dulu…kalo digunakan dilaut lepas, kecepatan yang tinggi (supersonik/hypersonik) adalah sebuah keunggulan. Tapi kalo dioperasikan pada kawasan litoral, apalagi pada kondisi geografis seperti di Indonesia yang banyak terdiri dri kepulauan dan selat-selat…rudal dg kecepatan subsonik lebih menguntungkan, apalagi dipadu dengan kemampuan sea-skimming dan hululedak yang besar.

      Waktu tante kuliah dulu di ajari sebuah rumus sederhana: benda yang terbang dg kecepatan supersonik, lintasannya cenderung lurus…sedangkan yang kecepatannya subsonik bisa bermanuver dg baik.

      Pada geografis seperti disini, rudal yang bisa terbang bermanuver dan bisa terbang rendah, memanfaatkan kondisi lingkungan (pegunungan/bukit/kepadatan lalulintas kapal dsb) untuk menyamarkan keberadaan rudal dari pantauan radr lawan, memiliki nilai keunggulan yang lebih tinggi

      Jadi kalo tukang tebak pengen tau mana yang lebih baik antara rudal supersonik vs subsonik, harus ditentukan dulu mau ditembakkan pada lokasi yang seperti apa?

  5. Moleeh juga sweden ni alutsista ny

  6. kerenan mana yah ma bastion s ?

  7. .

  8. Bastion adalah sistem rudal permukaan ke kapal mobile yang oleh NATO disebut sebagai  SSC-5 Stooge. Pembangunan dimulai pada tahun 1990-an dan tiga sistem pertama memasuki layanan aktif di pantai Laut Hitam pada tahun 2010.

    Senjata ini dirancang untuk menghancurkan berbagai kapal permukaan, konvoi dan kapal pendarat, kelompok tempur kapal induk, kapal tunggal dan penanggulangan elektronik. Peluncur Bastion  membawa sepasang rudal anti jelajah kapal P-800 Onix / Yakhont  dengan jangkauan efektif 300 km dan terbang pada lintasan tinggi-rendah dengan  120 km terbang rendah hingga sulit dideteksi dan ditembak.

    Sebuah baterai Bastions terdiri dari 4 peluncur mobile, 1-2 kendaraan komando dan kontrol, 1 kendaraan dukungan dan 4 transloaders. kendaraan peluncur dapat ditempatkan hingga 25 km jauhnya dari kendaraan komando dan kontrol.

    Seluruh baterai Bastion dikendalikan dari markas utama angkatan laut. kendaraan peluncur juga dapat beroperasi secara mandiri.