Mistral ATLAS-RC, Sistem Pertahanan Udara Terbaru dari MBDA

10
4

Dalam ajang pameran Teknologi Keamanan dan Pertahanan di Madrid, Spanyol yang berlangsung pada tanggal 14-16 Maret 2017, MBDA meluncurkan sebuah sistem pertahanan udara jarak pendek terbaru yang disebut Mistral ATLAS-RC.

MBDA menambahkan Mistral Atlas RC ke dalam jajaran sistem pertahanan udara jarak pendek. (© MBDA)

Sebagai respon terhadap kebutuhan Departemen Pertahanan Spanyol untuk memodernisasi peluncur Mistral yang ada, sistem baru ini didasarkan pada menara yang dikendalikan dari jarak jauh, dilengkapi dengan dua rudal Mistral dan penglihatan termal generasi terbaru, mampu dipasang pada kendaraan lapis baja ringan seperti URO VAMTAC ST5, kendaraan taktis mobilitas tinggi Angkatan Darat Spanyol.

Pada sistem Mistral ATLAS standar, peluncur rudal kembar dioperasikan secara manual, sedangkan pada sistem Mistral ATLAS-RC baru mampu memberikan perlindungan yang lebih besar kepada kru, karena dapat dioperasikan dari dalam kabin kendaraan atau jarak jauh, melalui kecanggihan sepenuhnya dari workstation mobile.

Mampu berputar 360°, menara bermotor tersebut mudah dioperasikan, menyediakan kemampuan operasional yang optimal dan pada saat yang sama menjaga biaya seminmal mungkin.

Mistral ATLAS-RC kompatibel dengan semua versi dari rudal Mistral yang “combat proven” dan manfaat dari banyak keuntungan kinerjanya. Ini termasuk kemampuan tembak danlupakan; kehandalan yang tinggi; probabilitas membunuh yang sangat tinggi terhadap pesawat bersayap tetap, helikopter dan pesawat terbang nirawak.

Mistral menggabungkan teknologi tercanggih untuk memastikan efektivitas optimal, seperti pencitraan penuh pencari IR yang mampu menyediakan resistensi yang sangat tinggi dalam penanggulangan IR serta kemampuan untuk terlibat target yang memiliki tanda tangan IR rendah.

Mistral ATLAS-RC adalah respon MBDA untuk memenuhi kebutuhan sistem persenjataan masa ini yang menggabungkan daya tinggi, waktu reaksi singkat, kemampuan pengawasan dan penyergapan siang/malam hari, mobilitas taktis dan strategis, bersamaan dengan tingkat perlindungan kru yang tinggi.

Sistem ini dapat diintegrasikan ke dalam jaringan kendali terkoordinasi dan beradaptasi dengan sistem komunikasi yang dipilih oleh pelanggan. Sistem ini telah dirancang untuk meminimalkan beban kerja dan jumlah kru karena hanya butuh 1 personil, dapat dengan mudah diintegrasikan pada berbagai kendaraan lapis baja mobilitas tinggi ataupun kendaraan tempur non-lapis baja serta bisa digunakan pada pesawat angkut seperti A400M dan C130.

MBDA Spanyol akan mengembangkan, memproduksi dan mendukung sistem ini, didukung oleh pengalaman yang luas kelompok MBDA pada sistem peluncur yang dikendalikan remote, bersama dengan partisipasi yang signifikan dari rantai pasokan industri pertahanan Spanyol.

MBDA Missile Systems

10 COMMENTS

LEAVE A REPLY