Sep 242016
 

Menjelang saat pembentukan kabinet pada Agustus 2000, banyak pihak menyarankan pada presiden Indonesia kala itu, Gus Dur agar ia membentuk kabinet yang ramping. Demi efisiensi bentuklah kabinet seramping mungkin. Demikian pernyataan yang banyak dilontarkan waktu itu.

Sekalipun, ketika susunan kabinet diumumkan masih terdapat tiga menteri muda di dalamnya. Tetapi, dengan jumlah menteri sebanyak 26 orang, tentu saja kabinet ini jauh lebih ramping dibandingkan kabinet-kabinet pada masa pemerintahan Presiden Sukarno.

Presiden pertama RI ini dikenal sebagai orang yang royal dalam mengangkat menteri-menteri. Sehingga waktu itu dikenal kabinet seratus menteri. Sampai-sampai ada menteri yang seharusnya cukup dijabat seorang dirjen. Seperti menteri pengairan, menteri agraria, menteri perhubungan laut, menteri perhubungan udara, menteri jalan raya Sumatra, dan masih banyak lagi.

Ia juga mengangkat sembilan menteri yang diperbantukan pada Presidium Kabinet. Bahkan beberapa pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan dan Direktur Jenderal Badan Tenaga Atom didudukkan sebagai menteri.

Bung Karno menyatakan ia memerlukan banyak menteri karena demikian besar persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia. Hingga ketika itu beredar humor, bahwa nantinya kabinet tidak lagi bersidang di Istana, tapi di Istora Senayan. Para menteri tampil dengan pakaian seragam putih dengan pet warna hitam dan sepatu hitam.

Bung Karno sendiri sangat suka tampil dengan pakaian seragam panglima tertinggi dengan bintang emas. Dengan berkopiah hitam dan bertongkat Bung Karno selalu tampil gagah di hadapan massa rakyat.

soekarno-2
Sukarno Presiden Seumur Hidup

Dalam kabinetnya Bung Karno juga mendudukkan para pimpinan lembaga tertinggi dan tinggi negara (legislatif dan yudikatif). Seperti Ketua MPRS, DPR dan DPA didudukkan sebagai wakil Menteri Pertama (Wampa) dalam kabinetnya.

Bung Karno sendiri adalah Ketua DPA. Dengan wakil-wakil ketua Ruslan Abdulgani, Ali Sastroamidjojo (PNI), Idham Chalid (NU) dan DN Aidit (PKI). Dengan formasi ini membuat pengaruh DPA melebihi lembaga-lembaga lain. Dalam prakteknya DPA inilah yang lebih menentukan katimbang MPR-DPR-Kabinet (Dr AH Nasution: Memenuhi Panggilan Tugas jilid V).

Sedangkan ketua Mahkamah Agung (MA) dan para wakil ketua DPR-GR sebagai menteri. Para wakil ketua MPRS setingkat lebih tinggi, sebagai menteri koordinator (menko). Para wakil ketua MPRS juga terdiri dari orang pertama di tiga partai besar diatas. Sehingga mereka menjabat sebagai wakil ketua MPRS dan wakil ketua DPA. Sedangkan ketuanya Chaerul Saleh.

Ketika pada 1963, Bung Karno mendapat gelar presiden seumur hidup, timbul humor di antara para pemuda di Ibu Kota. “Ngapain lu sekolah pinter-pinter. Presidennya kan seumur hidup.”

Tentu saja itu terjadi setelah RI kembali ke UUD 1945 melalui Dekrit Presiden 5 Juli 1959. Hanya beberapa hari setelah pelaksanaan Demokrasi Terpimpin, Bung Karno menyatakan bahwa ia tidak perlu lagi mengadakan hearing dengan parpol-parpol dalam membentuk kabinet.

soekarno-3
Pemberontakan Permesta

Bung Karno dalam masa demokrasi liberal (1950-1959), dipusingkan dengan 17 kali penggantian kabinet. Yang berarti rata-rata tiap delapan bulan kabinet jatuh. “Saat pertentangan yang tidak habis-habisnya antara pemerintah dan oposisi, pertentangan ideologi antar partai dan antargolongan,” katanya ketika itu.

Yang menyedihkan ketika itu, formatur yang ditunjuk oleh Kepala Negara tidak selalu mulus dalam membentuk kabinet. Seringkali perlu waktu lama hingga belasan hari. Karena politik dagang sapi diantara puluhan partai yang saling tawar menawar untuk mendapatkan kursi.

Ketika hendak membentuk kabinet karya (1957), Bung Karno menunjuk dirinya sendiri sebagai formatur. Karena Suwiryo (ketua umum PNI) selaku formatur sekalipun dua kali berusaha membentuk kabinet namun gagal. Bung Karno kemudian menunjuk Ir Juanda sebagai PM. Ir Juanda, yang tidak berpartai itu dikenal sebagai seorang pekerja keras dan jujur. Ia meninggal dunia Nopember 1963 akibat serangan jantung.

Dalam masa pemerintahan PM Juanda (9/4-1957-10/7-1959), pada 30 November 1957 terjadi usaha pembunuhan terhadap Presiden Sukarno ketika selaku orang tua murid menghadiri pesta sekolah putra-putrinya di Sekolah Cikini, Jakarta Pusat.

Februari 1958 terjadi pemberontakan PRRI/Permesta. Keluarnya Peraturan Pemerintah (PP 10) tahun 1959. PP-10 ini berupa larangan bertempat tinggal warganegara asing di luar ibukota kabupaten, mendapat sambutan dan dukungan dari rakyat, tetapi ditentang PKI.

PP-10 merupakan kebijakan politik di bidang ekonomi, yang menyebabkan ribuan warga negara asing Cina beramai-ramai menuju Peking. Di antara yang meninggalkan Indonesia itu terdapat pemain bulu tangkis seperti Chouw Jiaw Chung dan Tan Seng Fu. Kemudian pemain yang masih di bawah Tan Yu Hok ini, setelah berada di RRC menjadi pemain dunia yang sulit ditandingi. Bahkan, merekalah yang melatih pemain-pemain bulu tangkis Cina, sehingga memiliki kekuatan seperti sekarang ini.

Oleh: Alwi Shahab

 

Sumber: republika.co.id

Artikel Terkait :

  25 Responses to ““Ngapain Lu Sekolah Pinter-Pinter, Presidennya Kan Seumur Hidup””

  1. TOP 1

    • Numpang komen : Yang pergi kan WNA China di Indonesia, bukan WN Indonesia keturunan Tionghoa, tapi kok seakan-akan artikel ini mendukung WNA China utk tinggal Indonesia

  2. waduh..

  3. Tritamini

  4. emang bapak proklamator ini paling top sekali…… bener bener hebat bisa bawa Indonesia punya Sverdlov, Whiskey, S-75, Mig-15, Mig-17, Il-28, C-130, Tu-16 dan beberapa barang joss gandos lainya yang membuat Indonesia menjadi masan Asia.

  5. emm emm

  6. presiden seumur hidup bukan Bapak yang minta lho,tapi diusulkan oleh sekber Golkar melalui SOKSI.

  7. Masa kalah sama si doel ..

    hhe..
    —————————————–
    Alasan yang tepat hadirnya pp10 kebijakan politik di china lah yg menganggap semua warga tiongkok di dunia adalah warganya. Tentunya indonesia yang mengharamkan dwi kewarganegaraan, dan cinta mampus tanah air. bila di biar kan dapat mengancam politik, ekonomi, dan keamaman!! kenapa pki menentang pp 10 ? karena ideologi pki dan pkt itu sama makanya lebih membela kebijakan politik china. warga etnis juga di persilahkan lebih memilih menjadi wni/wna. bila menjadi wni menetap di indonesia dan bila menjadi wna kembali ke tanah airnya yang telah di fasilitasi pemerintah china bukanya di usir. semua itu juga atas perjanjian ke dua negara indonesia – china tentang dwi kewarganegaraan.
    —————————————————
    pki berontak juga karena ingin menghapus ideologi pancasila.
    —————————————————

    • Makanya jng pernah percaya dng china. Sekalipun dia bilang nasionalis sejati. Omong kosong itu.

      Lalu ahok gimana.? Biarkan dia tetap jd gubernur DKI…he..he

  8. Dosen salah satu Universitas Islam di Indonesia….

  9. kalo malon ngapain sekolah tinggi tinggi gak akan bisa jadi raja

    enak cuy jadi raja gak ada kerjaan gak ada urusan cuma makan tidur doang tapi dapat gaji hihihihihhii

  10. Setau yang saya baca bukannya bung karno waktu itu mempersiapkan jendral ahmad yani untuk menjadi penggantinya? Selain itu dari jendral yg membuat pemberontakkan sebenarnya ada campur tangan pres ke dua raulah siapa dalangnya

  11. Salah satu bukti pembangunan masa soekarno: kota palangkaraya yg kelak buat jadi ibu kota negara indonesia dengan insinyur sofyet terbukti sampai sekarang palangkaraya menjadi kota yg rapih tata kota nya,waduk jati luhur yg dibangun masa soekarno,jalan trans kalimantan yg sudah mulai masa soekarno,stadion gbk yg dibuat masa soekarno ,monas yg di buat masa soekarno,patung dirgantara ,menasionalisadikan perusahaan asing seperti bang java ,membuat pabrik baja krkatau steel yg dibuat sampai sekarang masih ada dan banyak lagi bahkan soekarno sudah membuat blueprint perencannaan pembanunan nasional ,soekarno juga ingin menjadikan pertamina sebagai perusahhaan minyak terbesar di dunia ,seokarno juga berniat agar kekayaan alam indonesia diolah oleh indonesia sendiri dengan menyekolahkan orang rang indonesia ke luar saat kembali dapat menjalankan pertambangan nasional,banyak lagi ,soekarno juga ingin membuat indonesia menjadi sosialis pancasila dari pidatonya memang hebat soekarno

  12. Anda tau alisadikin itu yang mengangkat soekarno karna soekarno butuh orang orang yg “tegas dan keras kepala” untuk memimpin soekarno dalam pidato pengangkatan ali sadikin berkata kelak orang akan mengingat ali sadikin dan terbukti sekarang yg ali sadikinctermasuk yg bagus

  13. @Bung ruskye

    Benar sekali bung.

    ——————-
    kelebihan dari ahok tidak peduli kucing itu hitam atau putih yang penting dapat menerkam tikus.
    ——————–

  14. jadi intinya artikel ini apa ya.. membanggakan ras sipit ya ?

  15. strategi itu tentang pilihan, monas gbk yg dibanggakan berimbas pd inflasi yg tinggi krn politik mercusuar nya,,, klo skr bangga,, dlu itu keluhan,, ya semua ada pilihan baik buruknya

  16. Alwi shahab mau menilai bung karno..
    Susah menebak jalan pikiran bung karno ,apalagi org dulu kental dgn yg nama gaib adat dll
    Bung karno orang yg religius dan cerdas kalau bukan orang cerdas mana mungkin jadi bapak NKRI
    BUng karno juga penggagas sumpah pemuda 28 oktober

    Dan penulis alwi shahab ..apa yg anda punya sehingga lebih tahu dari bung karno..ente saja merantau dan numpang hidup di tanah yg di perjuangan dan di satukan oleh bung karno

  17. Yang seumur hidup itu mbah karto. Ini artikel sampah,….mada soekarno adalah masa genting indonesia baru merdeka, dan istora senYan kpan di bangun, dan rumor ngapain pinter” kapan? Sangat mengada ada….

  18. Carin asuu…sesuai jamannya sekarang aja yg sekolahnya pinter gajinya sama sama yg sekolahnya guoblok coz yg pinter gak diperhatiin sama pemerintah…buat apa lo sekolah pinter itu cocok jaman sekarang bukan jaman bung karno guoblok carin asuu

  19. Saya masih gagal paham dengan artikel di atas.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)