Aug 232016
 

Tiga dari empat tawaran untuk kompetisi jet tempur latih T-X Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) sekarang telah diketahui, dengan desain yang jelas dari Northrop Grumman telah difoto untuk pertama kalinya pada hari jumat (19/08/2016).

Jet bermesin tunggal terlihat melakukan uji coba taksi kecepatan tinggi di Pangkalan Mojave Air and Space di California menjelang penerbangan perdana seperti yang direncanakan.

Rincian dari pesawat berkursi ganda hingga sekarang sebagian besar masih dirahasiakan oleh perusahaan. Sebuah model yang sebelumnya ditunjukkan secara singkat kepada wartawan, tapi tidak diperbolehkan mengambil foto. dengan nomor ekor N400NT, pesawat bersayap rendah yang telah dibangun oleh Northrop Grumman anak perusahaan Scaled Composites terlihat agak mirip dengan Northrop T-38 Talon yang kemungkinan akan menjadi penggantinya, meskipun dengan konfigurasi bermesin tunggal.

Northrop Grumman sebenarnya berencana untuk menawarkan Jet Latih Hawk Lanjutan (AJT) dengan mitranya, BAE Systems. Opsi ini kemudian ditinggalkan demi desain baru. Selain tim Northrop Grumman/BAE Systems, persyaratan T-X US$ 1 milyar juga sedang dikompetisikan dengan Boeing-Saab, Lockheed Martin-Korea Aerospace Industries (KAI), dan Raytheon-Leonardo.

Boeing/Saab menawarkan desain terbarunya; Lockheed Martin menawarkan versi dari KAI T-50 (berdasarkan T-50A untuk USAF); dan Raytheon/Leonardo menawarkan M-346 (berdasarkan T-100 untuk T-X). Dari jumlah tersebut, hanya Boeing/Saab yang belum mengungkapkan rincian dari penawaran.

Menurut permintaan anggaran Angkatan Udara tahun fiskal 2016, kontrak T-X diperkirakan sekitar 450 pesawat dalam kurun waktu 12 bulan sejak proposal permintaan dirilis yang mana diharapkan sebelum akhir 2016.

Sumber: IHS Jane

Artikel Terkait :

  7 Responses to “Northrop Grumman Ungkap Desain Baru untuk Proyek T-X”

  1. Ngopi dulu ah….

  2. Pesawat jet latihnya aja kebutuhannya hingga 450 buah..ASU2 bikin ngiler aja

  3. Hoah
    Oiii
    Emang Pagi Ini Ada Apa Ea
    Hoah
    Pagi Ini Nggak Ada Burung Bernyanyi
    Putih Embun Kini Telah Terkontaminasi
    Aku Seperti Terbang Tidak Menginjak Bumi
    Diantara Merah Emosi Jakarta Yang Semskin Ternodai
    Ini Palsu Ini Asli

  4. Knp gk super tukino z

  5. Pesawat latih apabila dlm kondisi darurat dpt ditingkatkan kedudukannya sebagai pesawat perang…

  6. Desain yang cantik, stream line inilah generasi pespur F-5 E terbaru versi jet latih mula, dengan mesin tunggal yang lebih kuat tercipta pesawat latih berbiaya murah namun efektif.
    Desain boleh 1960-an tapi teknologi 2020, cocok untuk elang muda TNI AU!

  7. turunan F5 E Tiger kecil lincah, sangat gesit, dan sangat cepat buat rally2 tempur udara, ketika salah seorang pilot TNI di trainning di US, saat latih tanding dog fight dengan pilot Amerika yang gunakan F16 sementara pilot TNI gunakan F5 E, pilot F16 selalu keteter hadapi pilot TNI dan bahkan selalu ke lock F16 nya, entah faktor pesawat atau pilot yang jelas F5 E mungkin terbaik sebagai pesawat intercept jarak dekat jika ada pesawat tempur musuh berhasil nylonong masuk wilayah RI sayang F5 sekarang sudah uzur andai kita punya niat dan modal utk copy paste ni pesawat dgn modifikasi sesuai kondisi negara kita, buat dalam jumlah yang banyak dan sebar di sepanjang Nusantara….yakin deh mikr juga orang untuk macem2 dgn kita

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)