Jan 052017
 

Kargo di pelabuhan (Antara)

Bogor – Pemerintah sedang menyiapkan Paket Kebijakan Ekonomi ke-15 yang akan mengatur mengenai logistik termasuk di dalamnya upaya menurunkan “dwelling time” menjadi hanya dua hari.

“Sebulan ini kita juga akan siapkan dan terbitkan Paket Kebijakan Ekonomi yang ke-15, yaitu mengenai logistik bersama-sama dengan INSW atau Indonesia National Single Window,” ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution usai Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, 4/1/2016.

Darmin menyebutkan national single window merupakan bagian dari persoalan logistik dan sebahagian dari padanua adalah menyangkut dwelling time.

“Dwelling time itu bagian administrasi dan prosedurnya ada di bawah koordinasi Kemenko Perekonomian, sementara bagian infrastrukturnya di bawah koordinasi Kemenko Kemaritman.

“Kita akan bekerja sama untuk segera menurunkan lagi dwelling time yang sekarang ini kira-kira 2,9 hari ke arah yang diharapkan Presiden yaitu dua hari,” kata Darmin Nasution.

Sebelumnya Darmin menyebutkan hingga saat ini perekonomian Indonesia masih terkendala oleh masalah logistik yang haua terus diperbaiki.

Darmin mengatakan masalah logistik yang akan dibenahi melalui paket kebijakan itu terkait dengan pelayanan portal Indonesia National Single Window (INSW) serta problem waktu tunggu barang keluar dari pelabuhan (dwelling time).

“Harus ada kelembagaan yang lebih kuat agar keputusan bisa cepat diambil. Proses ini sedang kita lakukan. Mudah-mudahan bersama dengan ‘launching’ paket deregulasi, kita bisa perbaiki tata niaga,” ujarnya.

Darmin mengatakan pembenahan logistik ini sangat penting karena erat kaitannya dengan konektivitas dan efisiensi tarif agar tidak lagi menyebabkan ekonomi biaya tinggi.

“Logistik kita ketinggalan, sebagian karena infrastruktur tidak baik dan karena kita (negara) kepulauan, itu kumpul saja masalahnya,” katanya.

Sejak September 2015, pemerintah telah menurunkan paket kebijakan ekonomi jilid I-XIV sebagai upaya deregulasi maupun debirokratisasi yang bertujuan untuk memperbaiki iklim investasi dan daya saing.

Sebanyak 99 persen dari peraturan turunan dari paket kebijakan ekonomi tersebut sudah diterbitkan oleh pemerintah, sehingga dampak dari penerbitan paket diharapkan mulai terlihat pada 2017.

Salah satu dampak positif dari penerbitan paket kebijakan ekonomi telah terlihat dari pembentukan Pusat Logistik Berikat (PLB) di berbagai tempat di luar Jawa untuk mempermudah penyediaan bahan baku industri.

Yang terakhir pemerintah menerbitkan paket kebijakan ekonomi jilid XIV pada November 2016 yang berisikan peta jalan pengembangan industri e-commerce.

Salah satu alasan keluarnya paket kebijakan ekonomi tersebut adalah karena pemerintah menargetkan Indonesia menjadi negara digital ekonomi terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

Antara

Artikel Terkait :

  16 Responses to “Paket Kebijakan Ekonomi Mengenai Logistik Sedang Disiapkan”

  1. selamat pagi indonesia

  2. Negara digital ekonomi terbesar di asia tenggara thn 2020….kata kuncinya

  3. Hancur deh pungli

  4. Apa yg dilakukan presiden jokowi saat ini jika dilakukan saat spti kondisi global presiden presiden sby berkuasa pengamat eknomi meyakini indonesia bisa tumbuh 10 -12persen saat itu dan skrg masih bisa tubuh 7-8 persen.

    Luaaar biasa selisihnya ya…. luaaar biasa fitnahan hasutan yg terjadi skrg…luaaar bisa jg daya hipnotis dr hasutan dan pitnahan tsb.

    Yg rusak dibenerin yg sdh ada di lipatgandakan.
    Yg narkoba dihukum mati beneran
    Yg pungli di pd dikarungin
    Yg tidak rata diratain
    Yg ibadah sampai luber luber di jln

    Kah kah kah

  5. opo…..

  6. tambah lagi kebijakannya. kerja kerja kerja

  7. rel kereta yg di priuk gimana nasibnya?? 😀

    • Periuknya di dapur nggak muat jika diisi rel.

      Xixixi

    • @KW

      Rel priuk….?????

      Bukan dipriuk masalahnya…tapi jaringan besarnya

      Sekarang kan lg disiapkan jalur double-double track, biar jalur kereta komuter terpisah dari jalur kereta jarak jauh, termasuk utk kereta barang ini.

      Selama jalurnya DDT-nya belum kelar, ya terpaksa kereta barangnya ngalah dulu krn frekuensi perjalanan kereta komuter makin tinggi….dia bisa melintas diantara jam2 sibuk penumpang ato sekalian dimalam hari

  8. rel kereta sulawesi dan kalimantan papua gimana????

  9. Indonesia luas jaringan logistik tdk jauh dari infrastruktur ini yg digenjot jokowi..ok saya menghargai..dan terus mengharapkan konsistensi walaupun pemerintahan suatu saat berganti..road map perlu dikunci supaya koruptor manipulator tdk menggerogoti..

  10. ibarat orchestra … dirigent/konduktor nya president.
    kalo pemain musiknya 100 orang tapi setengahnya gak mahir musik,
    ya diganti aja pak !!! … ganti ma personel muda yg pinter & jujur

  11. Tes

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)