Jan 062017
 

Nigeria akhirnya menetapkan pilihan untuk mengakuisisi tiga pesawat tempur JF-17 dari Pakistan dengan biaya hanya US$ 15 juta atau US$ 5 juta untuk satu unit JF-17 Thunder.

Yang menarik adalah bagaiamana kualitas pesawat tempur dengan harga hanya 5 jutaan, sebagaimana sering ditulis dalam pemberitaan, harga termurah JF-17 atau varian Block 1 adalah sekitar US$ 15 juta.

Pakistan dan China memang membangun JF-17 dengan biaya sangat murah, menggunakan frame yang terbuat dari bahan logam bukan serat karbon komposit sebagaimana lazim digunakan pada pesawat tempur modern. Penggunaan logam biasa tersebut membatasi umur JF-17 menjadi lebih pendek dari pesawat tempur lainnya.

Harga yang murah juga didapatkan dari penggunaan avionic ‘ringan’ yang mengambil basic dari avionic pesawat tempur Chengdu J-10. Penggunaan avionic J-10 selain menghemat harga produksi secara signifikan juga sekaligus sebagai prasyarat transfer teknologi yang diinginkan Pakistan.

Sangat mungkin Nigeria akan menjadi pelanggan pertama pesawat tempur JF-17 Thunder, meski masih belum terkonfirmasi apakah pembelian tersebut pesawat tempur JF-17 baru ataukah bekas dari arsenal persenjataan Angkatan Udara Pakistan, meski dari list pembelian tertulis pesawat tempur baru.

JakartaGreater

Artikel Terkait :

  25 Responses to “Pakistan Jual JF-17 Thunder Hanya 5 Juta ?”

  1. Borong

  2. Kacang goreng..

  3. Murah nih gan
    Booorrrrooongggg

  4. Hahaha. . dulu sandal jepit hancur harganya oleh cina. . sekarang ganti pesawat tempur hàncur juga harganya. . .
    Tinggal menunggu kebangkrutannya amerika.. .

  5. Ga borooong

  6. usd $ 5000.000 * Rp13.500 = 67.500.000.000 m

  7. Penggunaan logam biasa tersebut
    membatasi umur JF-17 menjadi
    lebih pendek dari pesawat tempur
    lainnya, pantas sj murah logam biasa, kalau IFX bkn logam biasa tp titanium jd umurx lbh panjang

  8. Apapun artikelnya pokoknya
    HENTIKAN KERJASAMA DENGAN AUSTRALIA !

  9. Pakai titanium ya bung TT kaya knalpot racing dong lebih awet & garang suaranya 😀

  10. resiko retak dan kelelahan material lebih tinggi.
    tuh kan kalau RI lebih effort ke europe quality…. makanya kalau made in RI dgn sentuhan hi-tech pasti selalu diakui tak diragukan lagi.
    kalau made in china orang masing mikir2

  11. Tes

  12. Tes juga

  13. Untuk negara dg anggaran militer sangat kecil tentu alutsista murah dg kualitas seadanya sdh lebih dari cukup utk menjaga kedaulatan.

  14. IFX JALAN TERUSSSS …… JF BELUM TERBUKTI BAGUS…..

  15. Bingung maksud dan tujuan Nigeria akuisisi JF17 block 1 ini. Jika digunakan untuk fighter dengan Negara lain, pesawat ini sudah tertinggal technologinya dan jumlahnya 3 unit tidak akan memberikan efek deteren.

    Jika untuk COIN (vs boko haram) , lebih baik memakai TUCANO, warthog , frogfoot atau scorpion, selain akuisisi murah juga biaya operationanl juga sangat rendah.

  16. Wow murah, smoga ngga murahan kk

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)